Hampir setiap orang sekarang ini banyak yang memilih kredit motor bekas daripada harus membeli kendaraan baru. Itu karena kebutuhan transportasi tinggi namun tidak seimbang dengan kondisi keuangannya. Sehingga mereka lebih suka membelinya secara kredit supaya bisa diangsur dan tidak harus menyiapkan uang banyak.

Baca Juga : 4 Rekomendasi motor 250cc Terbaru 2021

Tentunya hal tersebut semakin dipilih karena sekarang ini ada banyak lembaga keuangan yang memberikan kemudahan kepada setiap orang dari berbagai lapisan supaya dapat membeli kendaraan dengan menyicil. Hanya saja terkadang masalahnya adalah banyak penjual kendaraan bermotor nakal dan kemudian memoles kendaraannya seperti baru.

Sehingga bagi orang awam yang belum mengenal seluk beluk tentang motor menjadi rawan terkena penipuan pada saat pembelian kendaraan bekas tersebut. Maka dari itu ada baiknya bila Anda ingin melakukan pembelian kendaraan bermotor secara kredit, perhatikan dulu tipsnya supaya tidak salah beli.

Berikut adalah Tips Kredit Motor Bekas Anti Repot Tetapi Aman : 

Alasan Kredit Motor Bekas Harus Teliti

Teliti itu penting dalam segala hal termasuk ketika sedang membeli sebuah kendaraan bermotor bekas. Dengan teliti, seseorang bisa mendapat apa saja yang berkualitas seperti baru. Karena membeli barang bekas itu beda sekali dengan yang baru. Anda harus sadar kualitas barang bekas tergantung dari pemilik lamanya.

Jadi Anda harus cermat dan siap bila harus melakukan servis setelah pembelian karena sudah pasti ada beberapa komponen perlu diperbaiki. Maka dari itu untuk meminimalisir hal seperti itu, sebaiknya cek dulu kondisinya sebelum membeli. Periksa mulai dari body sampai dengan mesinnya, apakah masih layak tidak.

Bila perlu cobalah untuk melakukan test drive dan menanyakan apa saja kekurangan dari kendaraan tersebut kepada pemilik terdahulunya. Sehingga Anda tahu apa yang perlu diperbaiki setelah melakukan pembelian tersebut dan mengetahui berapa kisaran harga kredit motor bekas seharusnya bila melihat dari kondisinya itu.

Untuk itu supaya tidak salah beli, sebaiknya pilih penjual yang bereputasi bagus. Caranya adalah bisa dengan membelinya dari lembaga atau dealer langsung dan kredibilitasnya harus bagus. Jangan pernah tergoda bila ada penawaran cicilan murah namun ternyata masih ada sederetan biaya tambahan lain di belakangnya.

Kemudian cek juga suku bunganya karena beberapa pihak terkadang memberikan penawaran angsuran ringan namun ternyata memiliki bunga tinggi. Sehingga hal tersebut membuat beban pembeli semakin berat. Maka dari itu bijaklah dalam membeli kendaraan bekas supaya kondisi keuangan tetap stabil dan tidak bermasalah.

Jangan Pernah Kredit Motor Bekas Melebihi Kemampuan

Beberapa lembaga keuangan tentunya memiliki peraturan yang tidak sama ketika membicarakan tentang suku bunga kreditnya. Maka dari itu supaya lebih aman, sebaiknya pilih yang memiliki suku bunga jelas dari awal. Yaitu harus fix rate atau tetap. Sehingga Anda tahu harus menyiapkan uang berapa setiap bulannya.

Karena tidak ada yang namanya fluktuasi bunga lagi. Meski fluktuasi itu terkadang memberikan keuntungan, namun justru suku bunga yang tidak stabil tersebut justru menyebabkan kondisi keuangan bermasalah. Jadi perhatikan baik-baik ketentuannya supaya tidak merasa terbebani setelah menandatangani surat perjanjian kredit tersebut.

Yang pasti, jangan pernah memilih kendaraan melebihi dari kapasitas keuangan Anda. Akan lebih baik bila semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan sendiri. Bila tidak memungkinkan mengambil tenor singkat, maka pilih saja yang jangka waktunya lama. Meski tenor singkat itu akan meringankan dalam jangka panjang.

Namun perhatikan kemampuan Anda dulu. Dengan memilih kredit motor bekas yang tenornya singkat otomatis hal tersebut mempengaruhi besaran angsurannya yang juga semakin besar. Sementara itu bila memilih tenor yang lama, maka cicilannya juga ringan. Akan tetapi hal tersebut pasti sebanding dengan total harga keseluruhannya.

Karena saat memilih tenor lama, otomatis bila dihitung-hitung itu harga motornya bisa menjadi 2x lipat dari yang seharusnya. Namun semua kembali pada kemampuan diri sendiri. Maka dari itu disaat ingin membelinya, siapkan dulu uang mukanya supaya lebih ringan.

Karena inti membelinya dengan cara mengangsur ini sebenarnya untuk meringankan keuangan. Bukan justru hanya memberatkan kondisi Anda. Jadi disesuaikan juga dengan kebutuhan serta keuangannya supaya tidak merugikan kedepannya. Akan lebih baik bila dari awal tujuan pembelian kendaraan tersebut harus jelas.

Pentingnya Kredit Motor Bekas di Tempat Terpercaya

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa membeli apa saja itu harus jelas tujuan dan fungsinya. Terlebih bila Anda ingin membelinya dengan mengangsur, maka segalanya harus dipersiapkan sejak awal. Jangan sampai hanya karena gengsi dan melihat angsurannya ringan kemudian Anda justru membeli kendaraan yang tidak perlu.

Jadi jangan pernah berlebihan dalam hal apa saja karena itu bisa mempengaruhi finansial keseluruhan. Akan lebih baik bila tujuan pembeliannya tersebut karena keperluan usaha atau karena memang membutuhkannya untuk kebutuhan transportasi sehari-hari, bukan hanya sekedar koleksi pribadi.

Selanjutnya bila tujuan utamanya sudah jelas, maka selanjutnya tugas Anda adalah mencari tempat kredit motor bekas terpercaya. Saat ini ada banyak deretan dealer menawarkan harga promo di bawah dari yang seharusnya. Melihat hal tersebut, pastikan Anda tidak tergesa-gesa.

Cari tahu kelebihan serta kekurangan dari pihak dealer tersebut. Kemudian cari tahu juga seputar harga pasar kendaraan incaran Anda. Karena ada beberapa pihak umumnya memainkan harga motor dan bahkan sampai meningkatkan harganya setinggi mungkin. Selain itu jangan pernah tergiur oleh promo yang belum jelas perhitungannya.

Yang pasti perhatikan tempat kreditnya dulu sebelum membelinya. Akan lebih menguntungkan bila pihak tersebut menyediakan jasa untuk pengurusan surat kendaraannya secara resmi. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan mengurus surat-suratnya setelah melakukan pembelian kepada mereka secara langsung.

Tips Mutlak Kredit Motor Bekas

Salah satu poin utama dan mutlak hukumnya ketika membeli kendaraan bekas adalah perhatikan surat resminya seperti STNK dan BPKB. Sekarang ini ada banyak penjual nakal yang ternyata menjual kendaraan tanpa BPKB atau bahkan ternyata keduanya sedang dijaminkan di bank.

Jadi lebih telitilah dalam melihat segala informasi yang ada, termasuk nama KTP apakah sesuai dengan BPKB untuk kebutuhan balik nama di kemudian hari. Bila ternyata surat-suratnya hilang, maka pastikan pihak dari mereka punya tanda kehilangannya tersebut. Bila mereka tidak bisa membuktikannya, sebaiknya jangan dibeli.

Maka dari itu sebaiknya jadilah orang cerdas ketika berbelanja apa saja termasuk saat membeli kendaraan bermotor bekas. Anda harus lebih memperhatikan seluk beluk seputar kualitas motornya dan juga tempat pembeliannya supaya nantinya tidak membebani keuangan di kemudian hari hanya karena salah pilih motor.

Pastikan Anda membelinya karena memang ada kepentingan mendesak dan bukan hanya keinginan saja sehingga membeli secara kredit. Dengan cara inilah Anda bisa belajar melakukan apa saja sesuai dengan porsinya dan tidak akan terbebani lagi ketika harus membelinya dengan cara mengangsur setiap bulan.

Baca Juga : Merawat Kendaraan Tersayang di Toko Otomotif Terbaik Jakarta

Jadi seperti itulah beberapa hal penting dan mutlak untuk dilakukan konsumen motor bekas. Pembeli itu harus cerdas dalam membeli apa saja, terutama bila berkaitan dengan uang besar untuk pembelian kendaraan bermotor. Meski hanya membeli kredit motor bekas, namun tetap harus jeli supaya tidak over budget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here