Uniknya Helm Cargloss Untuk Penyuka Gaya Retro

0
57
Uniknya Helm Cargloss Untuk Penyuka Gaya Retro
Uniknya Helm Cargloss Untuk Penyuka Gaya Retro

Bagi para pecinta sepeda motor, tentu tidak asing dengan yang namanya helm cargloss, terutama bagi Anda penikmat gaya retro. Untuk lebih mudahnya, masyarakat sering menyebutnya dengan helm bogo.

Baca Juga: Mobil BMW yang Menyajikan Berkendara Senyaman Mungkin

Di pasaran sendiri, helm seperti ini memang sudah sangat bebas dijual dengan harga bervariasi, tergantung ukuran dan aksesoris yang dibutuhkan. Tapi tidak sedikit pula para penjual palsunya.

Untuk yang asli sendiri, harganya dimulai dari 200 ribu ke atas. Namun untuk helm cargloss yang palsu, bahkan hanya dengan 50 ribu saja sudah bisa Anda dapatkan untuk dibawa pulang.

Keunikan dari helm tipe satu ini memang terlihat lebih kecil dibandingkan dengan helm biasa. Sama seperti namanya, bahannya glossy sehingga perlu melakukan perawatan yang cukup intens agar warna tetap bagus.

Helm Cargloss Memiliki Desain Unik Disukai Anak Muda

Sebelum menjelaskan hal lebih detail lagi dengan pelindung kepala satu ini, review sedikit di awal paragraf, akan memudahkan Anda mengenal lebih tentang cargloss.

Dunia otomotif memang perkembangannya sangat cepat, mengikuti perkembangan teknologi. Tidak hanya kendaraan, aksesorisnya juga terus maju dengan beragam jenis. Khususnya untuk pengguna motor.

Pengendara motor jauh lebih banyak aksesorisnya dibandingkan pengendara mobil. Salah satunya helm. Selain pelindung kepala, helm merupakan fashion untuk para pecinta motor.

Ada banyak jenis pelindung kepala, salah satunya helm cargloss. Helm satu ini dikenal dengan gaya retro. Karena bentuknya kecil, bulat dengan bahan glossy, sama seperti helm jaman 70 hingga 80-an.

Kini, anak muda memang lebih suka menggunakan pelindung kepala tipe cargloss ini. Dari segi fisik, memang sangat kecil sehingga tidak memakan tempat. Paling penting, di kepala ringan, tidak menyebabkan pusing.

Lalu, helm cargloss cukup nyaman dengan adanya busa di bagian pipi sehingga selama memakainya, tidak terlalu tertekan bagian muka Anda.

Selain bahan glossy, belum lama juga ada yang bahan doff, artinya warna tersebut tidak mengkilap.

Cargloss ini adalah tipe half face, atau setengah saja menutupi muka. Bagian depannya, bisa dipasang dengan kaca cembung atau disebut dengan bogo. Atau bisa juga kaca lurus.

Tipe kaca helmnya helm cargloss ada 2 jenis, gelap untuk melindungi paparan sinar matahari agar tidak langsung tembus ke wajah penggunanya. Dan satu lagi tipe kaca bening untuk Anda yang penglihatannya kurang bagus.

Jika ingin lebih unik dan modern dalam berkendara, cargloss juga dilengkapi dengan aksesoris tambahan, yaitu berupa masker dengan bentuk kacamata dipasang di atas helmnya. Banyak toko juga menjual paketan kaca dan masker.

Hal paling unik lainnya, pilihan warna juga sangat banyak. Bahkan ada tipe hijab friendly untuk pengguna perempuan memakai hijab.

Sebab, warna yang dihadirkan itu temanya pastel. Sangat cocok dipadukan dengan hijab dipakainya setiap hari.

Jika Anda mengira bahwa jenis helm bogo seperti ini hanya untuk pemotor vespa, sangat salah. Pada dasarnya pengguna motor skuter matic juga sangat menyukai helm ini karena cocok saja dengan gayanya.

Tips Menemukan Ukuran Helm Pas dengan Kepala

Tips Menemukan Ukuran Helm Pas dengan Kepala_Tips Menemukan Ukuran Helm Pas dengan Kepala
Tips Menemukan Ukuran Helm Pas dengan Kepala_Tips Menemukan Ukuran Helm Pas dengan Kepala

Untuk menemukan helm cargloss original asli, banyak dari masyarakat memilih pembelian secara online di e-commerce. Karena jika toko online di e-commerce statusnya sudah Mall, pasti menjual barang asli.

Membeli online juga sangat praktis, karena Anda tidak perlu jauh-jauh mencari tokonya hingga kelelahan. Cukup dengan browse melalui ponsel, sudah bisa menemukan helm jenis cargloss terbaik.

Namun permasalahannya jika membeli online, Anda tidak tahu ukuran yang pas untuk kepala sendiri. Inilah cara untuk bisa menemukan ukuran pas dalam pembelian helm.

Dari fisik helm cargloss itu memang kecil, ringan dan bentuknya bulat. Tapi tentu ada opsi ukurannya. Tentunya Anda juga tidak mau berkendara dengan helm sempit atau terlalu longgar, kan?

Jika memilih ukuran pas, tentu selama berkendara nyaman. Tidak akan sakit kepala karena kesempitan, atau pandangan mata terhalangi karena posisi helm yang terlalu longgar.

Hal pertama jika ingin beli helm secara online, ukur dulu kepala Anda sendiri menggunakan pita ukur seperti pada penjahit.

Dalam mengukurnya itu di atas telinga dan memutar di atas alis atau pelipis. Nanti Anda akan menemukan berapa ukuran kepala Anda.

Barulah setelah itu, mencocokkan opsi ukuran dalam helm cargloss dimulai dari ukuran M ukurannya 57 cm – 58 cm.

Lalu ada L jika ukuran kepalanya adalah 59-60 cm. Lalu yang terakhir untuk ukuran XL itu lingkar kepala antara 61-62 cm.

Barulah setelah itu, Anda bisa yakin membeli ukuran berapa di etalase toko. Jangan lupa, pilih warna yang paling cocok. Untuk menambah kesan keren, penambahan aksesoris biasanya tersedia dalam etalase toko tersebut.

Trik Mudah Membedakan Helm Cargloss Asli dan Palsu

Dunia helm memang masih sering dijumpai produk asli dan KWnya. Hal itu dikarenakan, banyak masyarakat ingin bergaya dengan merk helm tertentu, tapi harganya terlalu mahal hingga berlari ke helm palsunya.

Jika dilihat dari fisik, antara helm asli dan palsu itu hampir sama. Tapi jika dilihat lebih detail lagi, memang terdapat beberapa perbedaan signifikan antara keduanya.

Bahkan helm cargloss juga sudah banyak yang palsunya. Tidak hanya dijual secara offline, di online juga banyak menemukan yang palsu dengan mudah, warna bervariasi, dan fisiknya sama persis dengan yang asli.

Memang untuk masalah harga, cargloss KW dibandrol dengan harga cukup murah. Para penjual KW, biasanya me-rate harganya antara 50 ribu hingga 80 ribu per helm.

Kenapa Anda perlu waspada dengan helm palsu? Karena itu bahaya bila digunakan, tidak melindungi secara maksimal. Bahan pembuatnya tidak sesuai. Dan clip on atau pengait helmnya tidak kencang sehingga bisa saja jatuh selama berkendara.

Lalu bagaimana untuk bisa membedakan cargloss asli dan palsu? Berikut adalah cara paling mudahnya :

  1. Logo. Jika yang asli menggunakan cat yang menyatu dengan helmnya. Jika yang palsu biasanya hanya tempelan stiker karena biaya produksinya jauh lebih murah.
  2. Kemudian, helm cargloss yang asli pada bagian kancing helmnya terdapat logo carglossnya. Tapi untuk yang palsu, sama sekali tidak ada. Bahkan kancingnya terbuat dari bahan asal.

Sementara itu, yang asli juga ada 3 kancing di sisi kiri dan kanan untuk membedakan helm palsunya.

  1. Perhatikan labelnya. Jika yang asli pasti memiliki label sementara KW tidak. Label ini sangat penting dan hanya ada pada helm orisinil saja.
  2.  Kualitas cat cargloss asli terlihat rapi dan teksturnya halus. Untuk jenis KW, kasar dan asal cat. Anda bisa lihat nanti ketahanannya. Jika cargloss asli pasti catnya awet dan tidak mudah mengelupas.
  3. Dan terakhir masalah harga. Ini paling mudah dibedakan. Karena harga cargloss asli dan palsu jauh berbeda. Asli bisa sampai 200 ribu ke atas. Sementara yang palsu bahkan di bawah 100 ribu.

Cara Perawatan Helm Tipe Cargloss dengan Mudah

Uniknya Helm Cargloss Untuk Penyuka Gaya Retro_Cara Perawatan Helm Tipe Cargloss dengan Mudah
Uniknya Helm Cargloss Untuk Penyuka Gaya Retro_Cara Perawatan Helm Tipe Cargloss dengan Mudah

Helm bukan hanya aksesoris saja untuk berkendara. Tapi sebagai pelindung panas, hujan dan bahkan benturan. Untuk itulah harus memilih berstandar SNI.

Sudah beli mahal, harusnya Anda sebagai pengguna juga harus merawat helm cargloss dengan baik. Apabila ingin bertahan lama, memang butuh perawatan dan jangan asal memakai saja.

Memang cargloss asli juga harganya masih lebih murah dibandingkan helm full face atau helm motor biasa dengan merk lain. Tapi jika terlalu sering beli karena rusak atas kecerobohan sendiri, bukankah jauhnya boros?

Tips agar helm Anda bisa awet pemakaiannya, setiap meletakkan itu di tempat bersih. Jangan yang kotor karena akan menjadi sarang debu dan bahkan bakteri.

Jangan lupa, letakkan pula di tempat aman. Jika ditaruh di tempat tinggi, usahakan tatakannya lebar agar tidak mudah jauh jika tersenggol sesuatu.

Lalu, cucilah secara berkala jangan menunggu sudah bau atau terlihat sangat kotor. Ada shampo khusus helm juga agar tidak merusak cat dari helm.

Jika memang malas untuk mencucinya sendiri, bisa datang ke tempat pencucian helm, di sana akan dibersihkan secara maksimal dengan cara benar.

Setelah dicuci, pastikan untuk cepat-cepat dilap dengan kain halus. Terutama jika habis terkena air hujan, segera cuci dan lap sampai kering agar warna cat tidak mudah pudar.

Dan terakhir, sebagai tambahan dan kenyamanan penggunaan helm, semprotkan pewangi. Fungsi pewangi juga bisa mencegah sarangnya bakteri.

Baca Juga: Beberapa Warna Terbaik untuk Mobil Tidak Mudah Kotor

Meski ke mana-mana menggunakan motor, tetap harus bergaya dan menjaga penampilan. Dengan adanya helm cargloss, bergaya juga tidak mahal. Harganya yang murah dengan warna dan desain bervariatif, membuat Anda percaya diri dalam berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here