Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

0
304
Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!
Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

Sampai sekarang masih banyak orang yang tidak servis berkala mobil padahal bisa memberikan efek buruk. Mengingat kendaraan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan saat ini demi mempermudah pergerakan ke mana saja.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Perawatannya!

Ketika Anda menggunakan kendaraan maka wajib untuk melakukan servis secara berkala. Hal ini harus dilakukan pada seluruh kendaraan baik yang manual maupun matic. Jadi menggunakan kendaraan tidak hanya sekedar mengisi bensin saja.

Melakukan servis merupakan Salah satu bentuk perawatan kepada mobil yang sangat mendasar. Namun sangat disayangkan sampai sekarang masih banyak pengguna kendaraan yang malas melakukan servis berkala.

Oleh sebab itu berikut beberapa keluhan yang bisa Anda rasakan jika malas melakukan servis. Padahal jadwal servis berkala mobil telah ditentukan di mana Anda bisa melihat di bagian buku manualnya.

Jadi hal ini bisa membantu Anda untuk servis tepat waktu. Karena beberapa orang ada yang melewatkan jadwal servis karena mereka tidak tahu kapan harus melakukannya. 

Lebih baik Anda mengeluarkan sedikit uang dalam melakukan servis daripada mengeluarkan uang banyak untuk memperbaiki mobil. Apalagi ketika mobil telah rusak tidak sama nyamannya seperti awal.

Jadi dengan mengetahui beberapa kerusakan yang akan Anda hadapi kedepannya diharapkan untuk tidak melewatkan jadwal servis. Apalagi seluruh bengkel sekarang menerima servis secara berkala.

Malas Servis Berkala Mobil Bisa Memberikan Pengaruh Terhadap Keamanan 

Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!
Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

Tingkat keamanan mobil merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan para penggunanya agar ketika mengendarainya bisa merasa aman dan nyaman. Namun ketika Anda malas melakukan servis maka memberikan pengaruh terhadap tingkat keamanan.

Sebab ketika mobil Anda jarang di servis maka bisa memicu kerusakan mekanik. Karena ketika melakukan servis nanti maka bagian pengereman, setir dan suspensi merupakan beberapa hal yang dicek secara rutin.

Apabila pada saat servis berkala mobil ditemukan kerusakan maka bisa langsung diperbaiki sebelum kerusakannya semakin parah. Jadi biaya perbaikan tidak terlalu mahal. Komponen lainnya yang akan diperhatikan pada saat servis nanti adalah filter karena memberikan pengaruh terhadap tekanan di ban mobil.

Jadi sudah pasti ketika Anda malas melakukan servis secara berkala maka sulit untuk mengetahui komponen mana yang rusak. Apalagi jika Anda merupakan seorang pemula dalam mengendarai mobil.

Jika sebuah komponen rusak maka bisa memberikan pengaruh terhadap kerusakan mekanik sehingga tidak menutup kemungkinan ketika Anda kecelakaan penyebabnya adalah kerusakan tersebut.

Bahkan menurut Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat menyebutkan bahwa penyebab kecelakaan salah satunya adalah kerusakan pada komponen mobil. Hal ini biasanya jarang diperhatikan oleh para pengendara.

Karena itu penting untuk melakukan servis berkala mobil sehingga bisa memperpanjang usia mobil. Apalagi kendaraan merupakan salah satu hal penting di zaman sekarang agar mempermudah Anda pergi ke mana saja dalam waktu singkat.

Malas Servis Bisa Menyebabkan Bahan Bakar Menjadi Boros

Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

Bahan bakar merupakan salah satu hal penting di dalam mobil karena merupakan sumber tenaga. Jadi tanpa adanya bahan bakar mobil tidak bisa bergerak, pastinya banyak orang yang ingin menghemat bahan bakar agar mereka menghemat pengeluaran.

Apalagi banyak orang sekarang memilih mobil yang hemat bahan bakar untuk dibeli. Karena mengisi bahan bakar merupakan salah satu pengeluaran rutin yang terjadi apabila Anda telah memiliki kendaraan.

Sebenarnya untuk menghemat bahan bakar itu sangatlah mudah karena hanya perlu servis berkala mobil. Sebab jika Anda malas melakukan servis sudah pasti membuat bahan bakar menjadi boros dan cepat habis.

Karena ketika sistem di dalam mobil tidak terawat maka membuatnya bekerja di bawah tekanan sehingga harus berusaha ekstra agar beroperasi secara normal. Kondisi ini menyebabkan mobil membutuhkan tenaga yang besar.

Apabila komponen mobil Anda tidak terawat maka menyebabkan tekanan pada sistem sehingga memakan banyak bahan bakar. Jadi tidak heran ketika ban Anda memiliki tekanan tidak sesuai serta filter yang kotor bisa membuat mobil bekerja keras.

Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan servis berkala mobil terhadap beberapa komponen tersebut. Jangan lupa juga untuk melakukan tune up pada mesin sehingga kondisi mobil menjadi baik.

Jadi ketika memiliki kendaraan maka selain memanfaatkannya semaksimal mungkin jangan lupa untuk melakukan perawatan. Apalagi seiring usia kendaraan bertambah maka terjadi penurunan performa pada setiap komponen.

Memperpendek Umur Mobil Jika Tidak Melakukan Servis

Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!
Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

Efek buruk lainnya yang bisa Anda rasakan ketika malas servis berkala mobil adalah memperpendek umur mobil. Karena ketika Anda malas melakukan servis maka mobil harus bekerja keras agar bisa tetap beroperasi.

Pada saat mobil bekerja pastinya memanfaatkan berbagai komponen di dalamnya yang mana ketika bekerja terlalu berlebihan bisa membuat komponen tersebut menjadi aus. Kondisi ini menyebabkan umur mobil menjadi lebih pendek dari seharusnya.

Jadi dengan melakukan servis berkala mobil bisa memperbarui performa dari setiap komponen. Kondisi ini menyebabkan mobil tidak bekerja keras dalam beroperasi sehingga memperpanjang umurnya.

Bayangkan saja jika Anda harus mengganti mobil baru dalam beberapa tahun. Padahal mobil merupakan salah satu barang yang tidak murah harganya. Jadi daripada harus membeli baru atau memperbaikinya lebih baik melakukan perawatan.

Jadi jangan tunggu mobil rusak baru melakukan perawatan. Padahal dengan melakukan servis ini bisa mendeteksi kerusakan sedini mungkin sehingga tidak memunculkan kerusakan yang lebih besar.

Jadi dari segi uang maka biayanya juga lebih murah dibandingkan ketika kendaraan sudah rusak berat. Apalagi banyak orang yang menggunakan mobil dalam jangka waktu lama sehingga sangat diperlukan perawatan yang satu ini.

Jadi tidak heran jika servis merupakan salah satu perawatan mendasar dan wajib dilakukan. Apalagi semakin mahal sebuah mobil maka semakin mahal pula biaya perbaikannya sehingga lebih baik melakukan servis.

Menyebabkan Harga Jual Mobil Menjadi Rendah

Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!
Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

Ketika Anda malas servis berkala mobil maka sudah pasti beberapa komponen menjadi rusak bahkan tidak menutup kemungkinan jika kerusakannya parah. Biasanya para pengguna lebih memilih untuk menjual mobil tersebut daripada memperbaiki.

Karena sudah pasti biaya perbaikannya tidak murah bahkan bisa membeli mobil baru apabila beberapa komponen rusak bersamaan. Namun jika kondisi dijual dalam keadaan rusak parah maka sudah pasti harga jualnya rendah.

Karena tidak ada orang mau membeli mobil yang rusak parah serta umurnya sudah pendek. Karena kedua hal tersebut bisa mempengaruhi performa dan tingkat keamanan dari mobil tersebut.

Bahkan tidak menutup kemungkinan jika harga jualnya lebih rendah dari standar pasaran. Jadi Anda akan rugi besar, karena itu sebelum hal ini terjadi ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara berkala.

Dengan perawatan yang sederhana ini seperti melakukan servis berkala mobil maka menyebabkan performa mobil tetap seperti baru. Kondisi ini menyebabkan harga jualnya menjadi lebih tinggi walaupun tidak seperti harga baru.

Minimal Anda tidak akan merasakan kerugian yang berlebihan. Apalagi beberapa orang ada yang memilih mengikuti tren mobil baru. Jadi tidak jarang jika mereka sering bergantian mobil, apabila Anda juga melakukan kegiatan ini maka lebih baik untuk sering melakukan servis kendaraan.

Karena dengan adanya servis ini bisa menghindari kerugian yang lebih besar serta hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Apalagi melakukan servis tidaklah lama kecuali jika terdeteksi kerusakan berlebihan.

Performa Mobil Menjadi Tidak Maksimal

Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!
Tidak Servis Secara Berkala Pada Mobil, Maka Hal Buruk Ini Akan Terjadi!

Penurunan performa mobil bisa jadi dikarenakan Anda malas melakukan servis berkala mobil. Karena ketika servis nanti maka bisa ditemukan kerusakan pada beberapa komponen mobil.

Biasanya ketika komponen mobil mengalami kerusakan maka performa menjadi tidak maksimal dan tidak seperti biasanya. Kondisi ini juga memberikan pengaruh terhadap kenyamanan pada saat mengendarai mobil.

Jadi untuk menghindari penurunan performa maka ada baiknya untuk melakukan servis sesuai jadwal. Apalagi hal ini wajib dilakukan mengingat kendaraan akan sering Anda gunakan terutama untuk yang ingin bepergian dalam jarak jauh.

Oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka lebih baik Anda melakukan servis secara teratur. Apalagi semua orang ingin menggunakan kendaraan yang nyaman.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Perawatannya!

Karena percuma saja jika membeli kendaraan mahal tapi malas merawatnya. Karena semahal apapun kendaraan yang Anda gunakan bisa rusak jika tidak dirawat. Maka jika Anda ingin menghindari kerusakan di atas maka jawabannya adalah dengan melakukan servis berkala mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here