Suzuki Brezza CNG, Mobil Irit BBM dari Maruti Suzuki India

0
237
Suzuki Brezza CNG, Mobil Irit BBM dari Maruti Suzuki India
Suzuki Brezza CNG, Mobil Irit BBM dari Maruti Suzuki India

Baru-baru ini, Maruti Suzuki India merilis dan membuka pemesanan untuk produk mobil terbarunya yaitu Suzuki Brezza CNG. Perilisan tersebut diikuti sesi memamerkan Brezza CNG di Auto Expo 2023 tahun ini.

Baca juga : Kredit Mobil Listrik Esemka Terbaru Bima EV

Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di India, Maruti Suzuki memang dikenal akan portofolio mereka di bidang kendaraan berteknologi CNG (Compressed Natural Gas). Dengan peluncuran Suzuki Brezza, ini akan menjadi SUV CNG kedua dari Maruti Suzuki di India.

Pada pagelaran pameran Auto Expo 2023 tersebut, Suzuki Brezza diperkenalkan dalam 4 varian dengan spesifikasi yang menjanjikan. Meskipun tidak dirilis secara global dan hanya dirilis di India saja, namun perilisannya berhasil menarik perhatian pemerhati dunia otomotif.

Sekilas Tentang Maruti Suzuki India

Sekilas Tentang Maruti Suzuki India
Sekilas Tentang Maruti Suzuki India

Sebelum membahas lebih lanjut terkait Suzuki Brezza CNG, sebaiknya kenali dulu apa itu Maruti Suzuki India. Maruti Suzuki India Limited, atau yang lebih dikenal sebagai Maruti Suzuki, adalah produsen mobil terbesar di India.

Perusahaan ini merupakan cabang dari Suzuki Suzuki Motor Corporation, Jepang, dan berfokus pada produksi mobil untuk berbagai segmen pasar. Termasuk di antaranya seperti mobil kompak, SUV, sedan, hingga hatchback

Selain itu, Maruti Suzuki juga telah meluncurkan beberapa mobil ramah lingkungan, termasuk varian CNG dari beberapa mobil andalannya. Mobil CNG (Compressed Natural Gas) menjadi sangat populer di India karena harganya yang terjangkau dan efisiensi bahan bakarnya tinggi.

Suzuki Brezza CNG, Mobil Berteknologi CNG Terbaru

Maruti Suzuki Brezza S-CNG adalah salah satu produk terbaru dari Maruti Suzuki, yang diluncurkan pada tahun 2023. Ini menjadi mobil SUV subkompak pertama yang dilengkapi dengan sistem teknologi CNG bawaan pabrik. 

Karena dilengkapi dengan teknologi CNG, Suzuki Brezza CNG diharapkan dapat memberikan penghematan biaya bahan bakar yang signifikan bagi pengguna. Lalu, sebenarnya apa itu mobil berteknologi CNG serta perbedaannya dengan kendaraan biasa?

Pada dasarnya, mobil berteknologi Compressed Natural Gas atau CNG adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar alternatif. Bahan bakar alternatif tersebut terbuat dari gas alam yang dikompresi menjadi bentuk gas, sehingga diklaim lebih irit BBM.

Hal ini berbeda dengan mobil biasa yang hanya menggunakan bahan bakar bensin atau diesel, sehingga cenderung lebih ramah lingkungan dibanding mobil biasa. Apalagi, mobil CNG menghasilkan tingkat emisi lebih rendah, sehingga lebih baik bagi lingkungan.

Fitur dan Spesifikasi Suzuki Brezza CNG

Sesuai penjelasan di atas, Maruti Suzuki Brezza S-CNG menawarkan teknologi CNG bawaan pabrik yang dilengkapi fitur serta spesifikasi terkini. Berdasarkan informasi yang dirilis Maruti Suzuki, berikut adalah fitur serta spesifikasi lengkapnya:

  • Mesin Penggerak

Suzuki Brezza CNG dilengkapi dengan mesin bensin 1.5 liter empat silinder yang dapat berjalan dengan bahan bakar CNG. Artinya, teknologi ini memungkinkan mesinnya untuk menggunakan bahan bakar yang lebih irit sekaligus ramah lingkungan.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 86,7 bhp dan torsi puncak 121,5 Nm pada mode CNG, dan 99,2 bhp dan torsi 136 Nm pada mode bensin. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan menawarkan efisiensi bahan bakar sebesar 25,51 km/kg.

  • Desain dan Dimensi

Dari segi ukuran, Suzuki Brezza CNG memiliki dimensi cukup besar dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm, serta tinggi 1.685 mm. Jarak sumbu roda sebesar 2.500 mm memberikan stabilitas pada mobil sekaligus meningkatkan kenyamanan berkendara.

Sementara itu, bagian kabinnya terlihat luas dengan kapasitas bagasi cukup besar. Bahkan dengan kapasitas tangki CNG sebesar 55 liter, bagian kabinnya masih tampak luas dan lega. Kabin ini juga mampu menampung hingga lima orang penumpang.

Dengan jok nyaman berlapis bahan dengan kualitas tinggi, desainnya mampu membuat pengalaman berkendara lebih nyaman. Pada bagian dashboard juga dihiasi oleh panel instrumen modern serta sistem infotainment.

Sementara itu, desain eksterior Suzuki Brezza S-CNG sangat sporty dan stylish. Terdapat grill depan krom dengan logo Suzuki yang terintegrasi dengan desain yang memukau, sehingga membuatnya memiliki tampilan mengesankan di jalan raya.

  • Teknologi

Suzuki Brezza CNG juga sudah dilengkapi dengan teknologi modern terbaru. Di antaranya seperti Electric Sunroof, Cruise Control, Keyless Push Start, sistem hiburan Smartplay Pro 7.0 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, serta teknologi terintegrasi lainnya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengisian bahan bakar dual fuel serta mode berkendara CNG yang terintegrasi. Terdapat pula indikator bahan bakar CNG digital maupun analog, serta tombol pengalihan bahan bakar.

  • Fitur Keamanan

Dari aspek keamanan, mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang cukup. Diantaranya seperti ABS dengan EBD, airbag depan ganda, sensor parkir mundur dengan kamera parkir belakang, Hill Hold Assist, hingga Electronic Stability Program.

Berikut Ini Varian dan Harganya

Suzuki Brezza CNG ditawarkan dalam empat varian yang berbeda, yaitu LXi, VXi, ZXi, dan ZXi dual-tone. Masing-masing memiliki perbedaan dari segi fitur serta harga, dengan rincian sebagai berikut:

  •  LXi

LXi adalah varian paling dasar yang dilengkapi dengan fitur dasar seperti ESP, Hill Hold Assist Reverse Parking Sensor, MID, dan banyak lagi. Namun, varian ini tidak dilengkapi dengan fitur-fitur lanjutan seperti Touch Screen Audio serta Android Auto and Apple CarPlay.

  •  VXi

Varian VXi sedikit lebih canggih dibandingkan LXi. Mobil ini dilengkapi dengan semua fitur yang tersedia di varian LXi, ditambah beberapa fitur tambahan seperti konektivitas USB dan Bluetooth, layar sentuh, serta Apple CarPlay/Android Auto meskipun belum wireless.

  •  ZXi

ZXi adalah varian teratas dari Suzuki Brezza CNG. Mobil ini dilengkapi dengan semua fitur yang tersedia di varian Lxi dan VXi, ditambah beberapa fitur tambahan seperti Rear View Camera, Rear Wiper & Washer, hingga Wireless Android Auto and Apple Carplay.

  •  ZXi Dual Tone

ZXi Dual Tone adalah varian yang sama dengan ZXi. Bedanya, varian ZXi Dual Tone sudah dilengkapi dengan skema warna dua warna untuk menambah tampilan sporty sekaligus stylish.

Perbedaan di antara keempat varian tersebut terutama terletak pada fitur-fitur tambahan yang disertakan di masing-masing varian. Semakin tinggi varian, semakin banyak fitur yang tersedia di mobil tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi varian, semakin mahal juga harganya. Harga awal Brezza CNG adalah sekitar Rs 9,14 lakh (Rp. 170,5 jutaan) untuk varian LXi, sedangkan varian ZXi dual-tone yang paling mahal dijual dengan harga sekitar Rs 12,05 lakh (Rp. 224,8 jutaan).

Kelebihan Suzuki Brezza CNG sebagai Mobil Irit BBM Berteknologi Modern

Kelebihan Suzuki Brezza CNG sebagai Mobil Irit BBM Berteknologi Modern
Kelebihan Suzuki Brezza CNG sebagai Mobil Irit BBM Berteknologi Modern

Maruti Suzuki Brezza S-CNG hadir sebagai mobil berteknologi CNG terbaru dengan sejumlah fitur dan spesifikasi yang menjanjikan. Berikut beberapa potensi kelebihan mobil ini sebagai kendaraan berteknologi CNG terbaru:

  •  Efisien dalam Konsumsi Bahan Bakar

Suzuki Brezza S-CNG memiliki mesin 1.5 liter berbahan bakar CNG yang diklaim memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar lebih baik. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi konsumen yang ingin menggunakan mobil ramah lingkungan dengan biaya operasional lebih murah.

  •  Lebih Ramah Lingkungan

Penggunaan bahan bakar CNG pada mobil ini dapat mengurangi emisi gas buang yang dapat merusak lingkungan. Selain itu, bahan bakar CNG juga memiliki kadar emisi CO2 lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar konvensional seperti bensin atau diesel.

  •  Bahan Bakar Lebih Aman

Penggunaan bahan bakar CNG pada Suzuki Brezza S-CNG lebih aman dibandingkan dengan bahan bakar konvensional. Hal ini karena bahan bakar jenis Compressed Natural Gas tidak mudah terbakar serta memiliki titik api yang lebih tinggi.

  •  Fitur dan Teknologi Modern

Suzuki Brezza CNG hadir dengan fitur dan teknologi modern, salah satunya yaitu layar sentuh infotainment dengan dukungan Android Auto dan Apple CarPlay. Selain itu, teknologi Dual Airbags, ABS dengan EBD, hingga fitur keamanan lainnya juga turut melengkapi mobil ini.

  •  Varian dan Harga Beragam

Suzuki Brezza S-CNG hadir dengan beberapa varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Varian tersebut meliputi LXi, VXi, ZXi, dan ZXi Dual-Tone, dengan harga bervariasi mulai dari sekitar Rp. 170 juta hingga Rp. 224 juta.

Dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, mobil memiliki potensi untuk menjadi pilihan mobil ramah lingkungan yang menarik bagi konsumen di India. Selain itu, efisiensi konsumsi bahan bakar tentu menjadi pertimbangan penting bagi kelestarian lingkungan.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Suzuki Ignis 2023 dan Kelebihannya

Secara keseluruhan, berbagai keunggulan di atas membuatnya layak dipertimbangkan sebagai opsi kendaraan ramah lingkungan dan irit BBM non-EV. Jadi, Suzuki Brezza CNG sangat cocok bagi konsumen yang mengedepankan sistem berkendara yang berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here