Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022

0
163
Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022
Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022

Sebelum melakukan perjalanan di daerah Jakarta, ketahui terlebih dahulu terkait dengan perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022. Tujuannya agar tidak sampai perjalanan mengalami kendala atau bahkan kena tilang.

Baca juga: Apa yang Membuat Harga Mobil Bekas Jatuh Harga Jualnya?

Perluasan ganjil genap ini menyasar pada wilayah-wilayah yang sering mengalami kemacetan. Sebab salah satu alasan penerapannya adalah untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jakarta.

Ketahui Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022

Ada beberapa lokasi yang disasar pada perluasan ganjil genap di Jakarta ini. Jika berniat melakukan perjalanan di daerah Jakarta, simak daftar titiknya di bawah ini:

  1. Jalan Gunung Sahari
  2. Jalan Stasiun Senen
  3. Jalan Kramat Raya
  4. Jalan Salemba Timur mulai dari Simpang Jalan Paseban Raya hingga Diponegoro dan juga di sisi barat.
  5. Jalan Pramuka
  6. Jalan Jenderal A.Yani
  7. Jalan D.I Panjaitan
  8. Jalan HR Rasuna Said
  9. Jalan MT Haryono
  10. Jalan Gatot Subroto
  11. Jalan Jenderal S Parman
  12. Jalan Tomang Raya
  13. Jalan Kyai Caringin
  14. Jalan Balikpapan
  15. Jalan Suryopranoto
  16. Jalan Fatmawati
  17. Jalan Panglima Polim
  18. Jalan Sisingamangaraja
  19. Jalan Jenderal Sudirman
  20. Jalan MH Thamrin
  21. Jalan Medan Merdeka Barat
  22. Jalan Majapahit
  23. Jalan Hayam Wuruk
  24. Jalan Gajah Mada
  25. Jalan Pintu Besar Selatan

Peraturan mengenai sistem ganjil genap ini disebutkan sama seperti dulu. Pemberlakuannya sendiri juga masih mengambil waktu pagi dan sore hari karena sering terjadi kemacetan pada jam-jam tersebut yaitu saat berangkat dan pulang kantor.

Perlu diketahui perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022 ini merupakan dampak dari pelanggaran pembatasan berskala besar setelah kasus virus Covid-19 menurun. Sebab volume kendaraan yang turun di jalan raya terhitung naik secara signifikan.

Tujuan Pemberlakuan Sistem Ganjil Genap di Jakarta

Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022_Tujuan Pemberlakuan Sistem Ganjil Genap di Jakarta
Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022_Tujuan Pemberlakuan Sistem Ganjil Genap di Jakarta

Bukan tanpa alasan, pemberlakuan sistem ganjil genap memiliki maksud dan tujuan khusus. Guna meningkatkan ketaatan, sebaiknya Anda ketahui apa saja alasan perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022:

1. Menekan Polusi Udara

Seperti yang telah diketahui, kendaraan bermotor mengeluarkan asap. Meskipun karena adanya penyaring wujudnya menjadi tidak begitu tampak, namun efeknya tetap kurang baik untuk lingkungan sekitar.

Apalagi di Jakarta cukup minim pepohonan sehingga selain terjadi polusi udara juga suhu sekitar tinggi. Diharapkan dengan perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022 ini dapat menjadi solusi meski hanya mengurangi sedikit.

Berdasarkan manfaat tersebut, sangat disarankan untuk setiap pengguna jalan mematuhinya. Jangan sampai melakukan pelanggaran agar tidak terjadi masalah ataupun terkena denda besar.

2. Langkah Pemecah Kemacetan

Tujuan utama dari perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022 adalah untuk memecah kemacetan yang sejak lama terjadi. Apalagi di jam-jam berangkat dan pulang kerja yaitu saat pagi serta sore hari.

Sebelum perluasan ini, sebenarnya sistem ganjil genap sendiri sudah diterapkan sejak lama terutama saat musim liburan dan juga mudik lebaran. Tujuan utamanya sama yaitu memecah kemacetan dengan pengendalian lalu lintas.

Jakarta saat ini sudah semakin ramai baik masyarakat lokal maupun pendatang yang ingin mengadu nasib. Tentu wajar jika volume kendaraan meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karenanya diberlakukan sistem ganjil genap pada titik-titik ramai.

3. Pemicu Masyarakat Menggunakan Transportasi Umum

Dahulu salah satu alasan mengapa banyak orang menghindari menggunakan transportasi umum terutama di kota besar seperti halnya Jakarta adalah banyak terjadi masalah.

Masalah yang terjadi juga bervariasi mulai dari tindak pencopetan, pemerkosaan, gendam, dan tindak kejahatan lain. di samping itu juga alasan kuat lainnya adalah kenyamanannya sangat kurang.

Perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022. Melihat hal tersebut, selain menerapkan sistem ganjil genap juga fasilitas dari transportasi umum kian diperbaiki. Disediakan juga jalur khusus untuk beberapa jenisnya seperti halnya bus Transjakarta dan KRL.

4. Meminimalisir Penyerobotan Jalan

Karena alasan terburu-buru dan mengejar jam masuk kantor atau lainnya, tentu Anda sering melihat kegiatan penyerobotan jalan yang tidak seharusnya dilalui. 

Inilah mengapa dilakukan perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022. Ketertiban berlalu lintas sangat penting untuk dibangun agar seluruh masyarakat lebih aman dan dapat mengurangi jumlah kasus kecelakaan.

Meski pada dasarnya pemberlakuan sistem ganjil genap juga cukup memunculkan antrian, namun terbilang lebih terkondisi. Seringkali juga pada wilayah-wilayah juga dipantau langsung oleh polisi yang bertugas.

5. Menekan Jumlah Kecelakaan

Saat para pengendara lebih kondusif, maka keuntungannya adalah dapat mengurangi kasus kecelakaan. Pada pemberlakuan sistem ganjil genap umumnya pengendara tidak memacu mesin mobil dengan kecepatan tinggi.

Kehati-hatian menjadi tercipta dan kewaspadaannya pun lebih baik lagi. Akan tetapi sebaiknya Anda tetap berkendara dalam kondisi yang fit serta tidak mengantuk agar selamat sampai tujuan.

Tips Berkendara dengan Sistem Ganjil Genap

Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022_Tips Berkendara dengan Sistem Ganjil Genap
Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022_Tips Berkendara dengan Sistem Ganjil Genap

Saat Anda akan melewati daerah yang masuk ke dalam perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022 silahkan memperhatikan beberapa tips pentingnya. Penjelasan lengkapnya yaitu sebagai berikut:

1. Ketahui Titik Mana Saja yang Memberlakukan Ganjil Genap

Setelah pelonggaran peraturan pencegahan persebaran virus Covid-19, jumlah kendaraan yang turun di jalan raya kian meningkat. Agar tetap terkendali, pemerintah menerapkan perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022.

Informasi mengenai mana saja wilayah yang diterapkan ganjil genap sudah diulas pada pembahasan sebelumnya. Pemberlakuannya sendiri yaitu pada pagi dan sore hari karena di waktu tersebut jalanan cukup padat.

2. Selalu Nyalakan Lampu

Tidak hanya di malam hari, Anda juga perlu menyalakan lampu di siang hari juga. Peraturan seperti ini juga sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara lain. Sangat disayangkan tidak semua pengendara mau menyalakan lampu dengan berbagai alasan.

Mengingat pentingnya hal tersebut, saat ini sudah ada banyak tipe kendaraan bermotor yang disetting dengan lampu yang selalu menyala. Dengan begitu tidak lagi terlupa menyalakannya.

3. Perhatikan Kondisi Jalan Sekitar

Jalan berlubang tentu sudah tidak asing lagi untuk para pengendara mobil ataupun motor. Saat melewati lokasi perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022, selalu waspada dan berhati-hati karena bisa saja di dalamnya terdapat benda tajam seperti dur ataupun silet.

Bukan hanya jalan berlubang, Anda juga perlu mewaspadai kontur jalan yang dilalui. Sebab, memang ada lokasi dengan kontur tidak rata dan cenderung membahayakan jika tidak waspada.

4. Siapkan Power Mesin yang Baik

Tentu akan muncul kepanikan saat tiba-tiba mesin mati mendadak. Guna meminimalisirnya selalu lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel terpercaya. Jika memang terdapat komponen yang perlu diganti, maka silahkan mencari produk original.

Memiliki mesin kendaraan yang baik akan membuat para pengendara lebih nyaman saat sedang melakukan perjalanan. Masalah umum ketika mesin kendaraan sedang dalam kondisi tidak optimal yaitu:

  • Mesin Mudah Panas

Saat mesin mobil digunakan untuk melakukan perjalanan jauh ataupun menembus kemacetan, kemungkinan besar akan terjadi peningkatan suhu. Pemeriksaan secara rutin diperlukan untuk menjaga performanya supaya tetap stabil.

  • Macet di Tengah Jalan

Ketika mesin overheat, biasanya akan mati secara tiba-tiba. Keadaan seperti ini tentu akan menghambat Anda melalui perjalanan dengan nyaman dan aman utamanya di jalan dengan sistem ganjil genap. 

5. Jangan Terbawa Emosi

Meski di bawah pemantauan dari pihak kepolisian, tidak menutup kemungkinan terjadi pelanggaran baik kecil ataupun besar. Jika hal ini Ada alami, jangan sampai terbawa emosi karena malah akan menyebabkan masalah.

Sikapi kejadian-kejadian di jalan dengan kepala dingin apabila memang masih umum terjadi. Emosi hanya akan menghambat perjalanan Anda untuk mencapai tujuan.

Keberhasilan tujuan dari perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022 bisa tercapai dengan dukungan para pengguna jalan. Ketertiban dan keamanan menjadi poin paling penting yang harus diperhatikan dengan baik. 

6. Perhatikan Lampu Sein yang Terpasang

Sering terjadi ketika sein ke kiri malah belok kekanan yang menyebabkan adanya kecelakaan karena pengendara lain menjadi terkecoh. Tips penting saat menggunakan lampu sein adalah ingat-ingat setelah menyalakannya. Masalah yang sering terjadi timbul karena pengendara terlupa mematikan lampu sein meskipun tujuannya adalah jalan lurus.

Baca juga: Apa Manfaat Memasang Kaca Film? Simak Penjelasannya Berikut ini

Perhatikan titik mana saja yang diberlakukan sistem ganjil genap. Sebab untuk mengendalikan ketertiban, pemerintah melakukan perluasan ganjil genap 25 titik di Jakarta, di mulai 6 Juni 2022.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here