Penyebab, Tanda-Tanda, dan Obat Jamur Kaca Mobil Alami

0
394
Penyebab, Tanda-Tanda, dan Obat Jamur Kaca Mobil Alami
Penyebab, Tanda-Tanda, dan Obat Jamur Kaca Mobil Alami

Rekomendasi obat jamur kaca mobil di pasaran cukup banyak, namun sebenarnya kalian juga bisa menghilangkannya dengan beberapa bahan alami. Tidak hanya lebih terjangkau, bahan alami ini juga sangat mudah dicari.

Baca juga : Biaya Resmi dan Syarat Perpanjangan SIM yang Perlu Diketahui

Penyebab timbulnya jamur pada kaca mobil cukup banyak, salah satunya karena terkena air hujan atau karena pengeringan kurang maksimal setelah mencuci. Oleh sebab itulah, kalian harus memastikan mobilnya tetap kering untuk mencegahnya.

Salah satu permasalahan pemilik kendaraan roda empat ini juga dapat kalian lihat melalui beberapa tanda. Jika sudah terlihat tanda-tanda itu, maka sudah semestinya mulai mencari obat jamur kaca mobil baik yang banyak direkomendasikan atau menggunakan bahan alami.

Inilah Penyebab Jamur Kaca Mobil

Inilah Penyebab Jamur Kaca Mobil
Inilah Penyebab Jamur Kaca Mobil

Segera mengatasi salah satu permasalahan kendaraan roda empat ini juga sangat penting. Hal ini karena jika dibiarkan terlalu lama, maka bisa menimbulkan permasalahan lainnya yang mungkin dapat membahayakan pengendara.

Sebelum bingung mencari obat jamur kaca mobil paling ampuh, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, maka akan lebih mudah menghindari atau mencari cara mengatasinya.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab permasalahan ini adalah mencuci dengan cara yang salah. Sangat penting kalian ketahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika akan mencuci kendaraan roda empat.

Pertama, usahakan agar tidak mencuci di bawah terik sinar matahari karena air akan lebih cepat kering dan menjadi sebab timbulnya jamur. Selain itu, perhatikan juga air yang akan digunakan untuk mencuci karena tidak boleh sembarangan.

Selain menggunakan obat jamur kaca mobil, kalian bisa menghindari permasalahan ini dengan tidak menggunakan air tanah saat mencuci. Hal ini karena air tanah mengandung unsur besi, garam, dan juga kapur yang sangat banyak sehingga muncul jamur.

Penyebab lain permasalahan kendaraan roda empat ini adalah perubahan cuaca, misalnya cuaca panas kemudian tiba-tiba turun hujan, lalu panas lagi. Jika perubahan cuaca terjadi terus menerus, maka bisa meningkatkan timbulnya permasalahan ini.

Penyebab selanjutnya adalah parkir di tempat lembab dalam waktu yang lama. Tempat-tempat yang lembab banyak mengandung debu dan kotoran yang bisa menempel di kaca kendaraan sehingga menimbulkan permasalahan ini.

Beberapa penyebab lainnya sehingga kalian membutuhkan obat jamur kaca mobil adalah penggunaan pelipit berkualitas rendah. Padahal pelipit kaca ini sangat penting untuk mencegah debu dan kotoran, juga menahan air hujan masuk dalam celah.

Jika pelipit tidak sesuai tipe dan dipasang secara asal, air hujan akan mengalir dan membuat kacanya berjamur. Pemilihan lem juga tidak boleh asal agar pelipit bisa merekat kuat.

Berikut Ini Tanda-Tanda Jamur Kaca Mobil

Berikut Ini Tanda-Tanda Jamur Kaca Mobil
Berikut Ini Tanda-Tanda Jamur Kaca Mobil

Selain mengetahui beberapa penyebab masalah kendaraan roda empat tersebut, selanjutnya kalian juga perlu tahu dua cara melihat tanda-tandanya. Jika tanda-tanda itu sudah terlihat pada kendaraan kalian, maka bisa segera mencari obat jamur kaca mobil paling ampuh.

Cara pertama mengetahuinya adalah dengan melakukan pengecekan dari luar. Kalian perlu mencuci mobilnya seperti biasa menggunakan sabun, bilas, dan mengelap sampai kering sempurna, atau bisa juga membawanya ke car wash jika tidak ingin repot

Jika semua bagian pada mobilnya sudah bersih, kalian bisa mulai cek dan memperhatikan bagian kaca. Jika ada bercak putih namun bisa hilang ketika dilap, maka tidak perlu merasa khawatir lagi.

Sementara itu, jika ada bercak-bercak putih yang tidak bisa dihilangkan meskipun sudah dilap sampai kering, maka harus segera mengatasinya dengan obat jamur kaca mobil. Sebab bercak putih tersebut menandakan kendaraan berjamur.

Cara kedua mengetahui kaca kendaraan berjamur atau tidak dengan memperhatikannya ketika malam hari. Sebelumnya, pastikan kaca bagian depan sudah dicuci dan dalam kondisi bersih.

Apabila ketika malam hari kalian tidak bisa melihat keadaan di luar dengan jelas, maka bisa jadi karena berjamur. Selain tidak bisa melihat dengan jelas, cahaya kendaraan lain juga akan berpendar tidak jelas.

Ketika berjamur, visibilitas menjadi terganggu apalagi ketika kondisi hujan. Hal tersebut tentu sangat berbahaya untuk pengendara sehingga kalian perlu segera membersihkannya jika mengalami masalah ini.

Inilah Dampak Jamur Kaca Mobil

Inilah Dampak Jamur Kaca Mobil
Inilah Dampak Jamur Kaca Mobil

Selain berbahaya karena mengganggu pandangan, kendaraan berjamur yang tidak segera diatasi dengan obat jamur kaca mobil. Berikut beberapa dampak yang mungkin timbul jika membiarkan permasalahan ini terlalu lama.

Pertama, enggan membersihkan kaca berjamur bisa membuat mobil mudah mengalami kebocoran. Permukaan pada kacanya yang sedikit terbuka akan membuat air hujan menetes masuk dan membasahi interior mobil.

Kebocoran sendiri tidak hanya terjadi karena kendaraan kalian berjamur dan tidak segera diatasi. Bisa jadi kebocoran terjadi karena pemasangan car class oleh teknisi kurang rapat dan tidak tepat.

Selain itu, bisa jadi pemasangan pelipit tidak sesuai sehingga permukaan kacanya meneteskan air dari luar. Jika sudah terjadi demikian, maka menggunakan kain lembut saja tidak akan bisa menahan air yang menetes.

Jika kebocoran terjadi karena berjamur, maka harus segera mencari obat jamur kaca mobil. Sementara itu, apabila kebocorannya terjadi karena pelipit maka harus segera mengganti dengan kualitas lebih baik serta dipasang oleh teknisi handal dan berpengalaman.

Dampak dari kebocoran ini sendiri bisa menghancurkan interior kendaraan sehingga bisa menjadi rusak. Air yang menetes pada karpet di bawah mobil akan menimbulkan bercak sehingga jika dibiarkan akan membuat kondisi pada bagian tersebut menjadi lembab.

Kelembaban akan menimbulkan karat, bahkan bisa menjadi rumah bakteri yang dapat menghancurkan rangka mobil. Jika dibiarkan bertahun-tahun tanpa menggunakan obat jamur kaca mobil, maka akan menimbulkan masalah lebih banyak.

Salah satunya adalah bisa merusak elektronik dalam mobil, misalnya seperti AC, radio, maupun layar penunjuk jalan. Kebocoran cairan yang tidak segera ditangani akan membuat elektronik-elektronik tersebut menjadi rusak.

Obat Jamur Kaca Mobil Alami

Obat Jamur Kaca Mobil Alami
Obat Jamur Kaca Mobil Alami

Mengatasi permasalahan kendaraan berjamur bisa melalui teknisi atau menggunakan rekomendasi obat jamur kaca pada mobil. Obat jamur kaca bisa menggunakan merek tertentu atau bahan-bahan alami yang cukup mudah ditemukan seperti berikut.

  • Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan salah satu barang pokok semua orang, namun tidak banyak orang tahu jika kalian bisa menggunakannya untuk mengatasi mobil berjamur. Cara penggunaannya juga cukup mudah, hanya mengoleskannya saja di kaca secukupnya.

Selanjutnya, kalian perlu menunggu hingga pasta gigi yang dioles tadi mengering sebelum membilasnya sambil terus digosok dengan kain lembut. Jika sudah bersih dan jamurnya hilang, maka bisa langsung mengeringkannya dengan kertas koran yang kering.

  • Alkohol

Obat jamur kaca mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan alkohol karena memiliki kandungan antiseptik. Kandungan tersebut sangat ampuh menghilangkan jamur pada kaca mobil kalian.

Persiapkan jenis alkohol 70 persen dan kain lembut sebelum membersihkannya. Cara mengaplikasikannya cukup dengan membasahi kain dengan alkohol, kemudian gosok kacanya hingga bersih, terakhir bilas dan keringkan.

  • Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian ternyata juga bisa membantu menghilangkan jamur yang menempel pada kaca mobil. Kalian bisa membelinya di toko kelontong maupun supermarket dengan harga terjangkau.

Cara membersihkan menggunakan pemutih pakaian juga sangat mudah, hanya perlu menuangkannya pada kain lembut secukupnya. Kemudian kalian perlu menggosok lembut pada kaca mobil hingga bersih.

Penting diperhatikan, kain yang digunakan harus benar-benar lembut sehingga dapat mencegah goresan. Selain itu, keringkan kendaraan di lokasi teduh sehingga dapat menghindari sinar matahari langsung.

  • Minuman Soda

Selain menggunakan obat jamur kaca mobil, kalian juga bisa menggunakan minuman bersoda untuk membersihkan kaca berjamur. Cukup basahi kain lembut dengan air soda dan gosokkan dengan gerakan memutar selama beberapa kali.

Tidak semua minuman bersoda bisa digunakan untuk membersihkan kendaraan berjamur. Kalian harus memastikan lebih dahulu jika minuman bersoda tersebut tidak memiliki kandungan gula.

  • Tembakau

Bahan terakhir yang bisa digunakan untuk membersihkan mobil berjamur adalah menggunakan tembakau. Cara penggunaannya adalah dengan merendam tembakau terlebih dahulu ke air dingin selama 15 menit.

Air yang digunakan untuk merendam tembakau sendiri tidak perlu matang, tapi harus bersih. Pastikan airnya tidak tercampur dengan deterjen atau bahan-bahan kimia yang lain. 

Selanjutnya, kalian bisa memulai membersihkan kaca mobilnya terlebih dahulu dengan air bersih. Tahap berikutnya, siram kaca menggunakan rendaman tembakau dan gosok menggunakan spons lembut sampai jamurnya hilang.

Baca juga : Cara Merawat Lampu Kabin Mobil, Hindari Terus-menerus Menyala

Ada beberapa permasalahan yang mungkin terjadi pada kendaraan roda empat, salah satunya kaca berjamur. Selain menggunakan rekomendasi obat jamur kaca mobil yang banyak direkomendasikan, bisa juga menggunakan bahan alami untuk mengatasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here