Rekomendasi Motor Listrik Bongsor, Perhatikan Sebelum Membeli!

0
69
Rekomendasi Motor Listrik Bongsor, Perhatikan Sebelum Membeli!
Rekomendasi Motor Listrik Bongsor, Perhatikan Sebelum Membeli!

Menjadi pilihan utama, motor listrik bongsor kini mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Setelah pemerintah membuat kebijakan pada tahun lalu mengenai kenaikan BBM, banyak masyarakat mencari ide agar tetap berkendara tapi hemat.

Baca juga : Mengenal Kawasaki Ninja H2 Lebih Dekat

Khusus bagi pengendara motor, sekarang motor listrik menjadi pilihan mereka untuk bisa tetap hemat. Jenis bongsor bisa menjadi pilihan terbaik karena nyaman digunakan dalam berkendara sehari-hari.

Pada tahun 2023 ini, sudah banyak merek motor listrik bongsor yang muncul di pasaran. Tapi apakah kalian tahu mana yang paling bagus? Berikut ini kita akan memberikan informasi seputar tips dan rekomendasi membeli motor listrik dengan benar.

Inilah Alasan Kenapa Membeli Motor Listrik Bongsor

Inilah Alasan Kenapa Membeli Motor Listrik Bongsor
Inilah Alasan Kenapa Membeli Motor Listrik Bongsor

Polusi yang ada di Indonesia, khususnya ibu kota Jakarta memang sudah cukup parah. Hal itu dikarenakan banyaknya kendaraan yang setiap tahun semakin bertambah.

Seperti yang kita tahu, kendaraan itu mengeluarkan gas emisi hasil pembuangan. Hal tersebut menyebabkan polusi udara yang tidak sehat. Maka dari itu, pemerintah menyarankan para pengguna kendaraan khususnya motor, diganti jenis listrik.

Sekarang ini, di Indonesia motor listrik bongsor jumlahnya juga cukup banyak. Dengan adanya kenaikan harga BBM, motor tersebut juga semakin laris karena dianggap lebih irit.

Jika dayanya habis, kalian hanya perlu mengecasnya. Biasanya ada baterai cadangan yang digunakan bergantian. Dengan begitu, kalian tidak perlu menunggu hingga baterainya full.

Memang buktinya keberadaan motor listrik ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi polusi dan sangat ramah lingkungan. 

Beberapa alasan kenapa perlu membeli motor listrik bongsor memang keunggulannya yang ramah lingkungan. Sehingga mengurangi polusi udara.

Selain itu juga cukup irit bila dibandingkan dengan motor konvensional. Sebab, harga BBM sekarang cukup mahal. Dan dengan motor listrik, jauh lebih hemat atau efisien.

Dihitung-hitung, tingkat efisien dari motor listrik itu sekitar 90%, 3 kali lipat lebih efisien dari motor biasa. Sementara motor konvensional tingkatannya adalah 30% saja.

Lebih hematnya lagi, karena perawatannya mudah dan tidak perlu rutin untuk ke bengkel seperti pada motor konvensional. Uang yang biasanya untuk perawatan bisa digunakan untuk lainnya.

Alasan berikutnya karena motor listrik bongsor akselerasinya spontan dan bisa bersaing dengan motor yang menggunakan BBM. Artinya, motor listrik cukup bertenaga, tapi konsumsi energinya rendah dan tetap fungsional.

8 Rekomendasi Motor Listrik Bongsor di Tahun 2023

8 Rekomendasi Motor Listrik Bongsor di Tahun 2023
8 Rekomendasi Motor Listrik Bongsor di Tahun 2023

Setelah BBM dinaikkan, justru kualitas minyaknya seperti menurun. Buktinya bensin menjadi cepat habis dan harus mengantri di SPBU hanya untuk mengisi bahan bakar minyak.

Jika ingin berkendara dengan irit setiap harinya, solusi yang bisa kalian ambil adalah dengan membeli motor listrik bongsor. Sekarang ini, sudah banyak merk motor satu ini di Indonesia.

Dimulai dari yang termurah hingga paling mahal ada semua. Pengisian ulang baterai juga tidak sulit, karena di beberapa kota sudah tersedia tempat pengisian daya baterai dari motor listrik.

Bagi pemula yang baru pertama kali membeli motor listrik, sebaiknya cari tahu informasi yang banyak tentang kendaraan satu ini. Jangan sampai salah membelinya.

Pada pasaran otomotif di Indonesia, memang motor listrik sudah mulai dilirik oleh masyarakat karena keunggulan yang ditawarkan. Berikut ini, kita rekomendasikan beberapa motor listrik terbaik di tahun ini :

  • NIU

NIU
NIU

Rilis di Indonesia kurang lebih 2 tahunan, motor asal China ini mendapat sambutan yang cukup baik dari warga Indonesia. Reputasinya juga baik, sehingga cocok dipilih sebagai kendaraan harian untuk kalian.

Sebentar lagi, dari pihak NIY juga akan memperbarui kualitas baterainya menjadi sodium ion. Itu keunggulannya bakal jauh lebih ekonomis dan efisien dibandingkan lithium ion.

Untuk masalah harga, jangan khawatir. NIU bisa dibilang cukup terjangkau. Tipe yang paling murah sendiri adalah NIU UQim yang diperkirakan harganya 18 juta rupiah.

  • Gesits

Gesits
Gesits

Lalu motor listrik bongsor yang kedua dan sangat direkomendasikan ada Gesists. Namanya memang cukup unik karena menggunakan bahasa Indonesia, yaitu gesit atau cepat.

Memang motor listrik ini merupakan karya anak bangsa yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Jika kalian berkendara menggunakan Gesits, ada 3 mode yang bisa ditampilkan, yaitu Eco (45 km/jam), Urban (60 km/jam), dan Sport (70 km/jam).

Akselerasi dari motor listrik ini adalah 0-50 km/jam diklaim selama lima detik. Akan tetapi, kecepatannya dibatasi sampai dengan 70 km/jam.

  • Honda

Honda
Honda

Honda memang sudah lama bergerak di dunia otomotif. Perusahaan otomotif asal Jepang ini juga telah mengeluarkan jenis motor listrik. Di Indonesia sendiri yang baru saja keluar adalah Honda V-Go atau Honda U-Bee.

Motor honda satu ini memiliki kapasitas listrik sebesar 2.000 watt dan bisa melaju dalam kecepatan 55 km/jam. Motor listrik ini juga dibuat dari baterai lithium berkualitas tinggi yakni jenis Tesla-S.

Motor listrik ini didesain secara minimalis, meski begitu bahan pembentuknya terbuat dari bahan kuat. Sehingga ketika berkendara juga tahan dengan guncangan. Sangat cocok bila dikendarai pada medan di pedesaan.

  • Gogoro

Gogoro
Gogoro

Bekerjasama dengan Manufaktur asal Taiwan, Gojek meluncurkan motor listrik dengan kualitas bagus karena tujuannya untuk armada motor listrik.

Manufaktur Taiwan yang diajak bekerjasama dengan Gojek memang berfokus mengembangkan kendaraan elektrik khususnya roda 2.

Gogoro sendiri sudah mengeluarkan beberapa tipe diantaranya adalah S1 Performance, 1 Series, VIVA, VIVA Mix, VIVA XL. Untuk yang terbaru ada model SuperSport dan juga Delight.

Masing-masing model atau tipe yang telah kami sebutkan di atas memiliki keunggulan tersendiri. Sebelum membeli motor listrik bongsor ini, cari informasi lengkap terlebih dahulu.

  • Uwinfly

Uwinfly
Uwinfly

Motor ini sangat cocok bagi kalian yang baru pertama kali ganti dari tipe konvensional ke jenis listrik. Hal itu karena harganya yang cukup murah.

Motor asal China ini sudah mengeluarkan beberapa tipe dan yang paling laris adalah Uwinfly T3 yang sering disebut mirip dengan vespa tapi jenis listrik.

Dengan tenaga sebesar 800 watt dan baterai 60V/20AH, kalian bisa melaju hingga kecepatan 60 km/jam.

  • Yamaha

Yamaha
Yamaha

Yamaha juga tidak mau ketinggalan. Sudah puluhan tahun memproduksi motor konvensional, kini Yamaha mengeluarkan jenis motor listrik yang tidak kalah bagus.

Salah satu variannya yang cukup terkenal adalah Yamaha E01 yang mengadopsi dari desain Yamaha NMAX.

  • Oyika

Oyika
Oyika

Oyika hadir di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Berbeda dengan motor listrik lainnya, Oyika menghadirkan motor listrik dengan sistem baterai swap.

Sistem baterai swap sendiri memiliki titiknya sendiri yang tersebar. Kalian bisa menukarkan baterai motor yang kosong dengan baterai yang full di beberapa titik swapnya. Pengguna bisa cek di aplikasi.

  • Alva One

Alva One
Alva One

Kemudian rekomendasi motor listrik bongsor yang terakhir ada Alva One yang memiliki fitur-fitur canggih di dalamnya. Belum lagi desainnya juga cukup modern.

Motor ini dirakit oleh PT Ilectra Motor Group (IMG) yang letaknya berada di Cikarang. Proses desain motor ini juga menggandeng desainer ternama, yaitu Massimo Tartarini.

Jangan ragukan spesifikasinya, baterainya sendiri menggunakan Lithium ion 60VA 45Ah dan bisa berjalan hingga 70 km/jam.

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Motor Listrik Bongsor

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Motor Listrik Bongsor
Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Motor Listrik Bongsor

Saat ini di Indonesia banyak motor listrik bongsor yang harganya cukup murah. Tapi jangan asal beli jika tidak ingin kecewa. Tujuan membelinya adalah berkendara dengan nyaman menggunakan motor listrik dalam jangka waktu yang lama.

Ketika kalian ingin membelinya, perhatikan beberapa hal penting.

  1. Jangan lupa tentukan dulu budget atau uang yang kalian miliki saat ini untuk membeli motor listrik.
  2. Jangan lupa untuk memahami merek atau brand motor listrik yang ada di Indonesia. Kemudian pahami fitur-fitur di dalamnya apa saja.
  3. Coba ketahui jenis baterainya. Umumnya motor listrik menggunakan jenis baterai Lead Acid dan Lithium. Coba perhatikan keunggulan dan kekurangan masing-masing.
  4. Pastikan kalian membeli pada toko fisik bukan online. Hal ini untuk menghindari penipuan dan kalian bisa melihat fisik dari motornya sebelum membelinya. Selain itu wajib membeli di distributor resmi.
  5. Pilih motor listrik yang purna jual. Maksudnya yang paling banyak dibeli dan memiliki tempat servis tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, ketika ada masalah tidak bingung.

Baca juga : Tips Melakukan Modifikasi Motor Scoopy yang Tepat di Tahun 2023

Pastikan jika memang ingin membelinya harus bandingkan harga motor listrik dari satu tempat ke tempat lainnya. Ketika kalian berhasil membeli motor listrik bongsor yang tepat, pasti akan merasa nyaman dan beruntung memilikinya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here