Mengenal Jurusan Teknik Otomotif beserta Kampus Terbaik

0
480
Mengenal Jurusan Teknik Otomotif beserta Kampus Terbaik
Mengenal Jurusan Teknik Otomotif beserta Kampus Terbaik

Teknik otomotif adalah salah satu jurusan impian banyak orang terutama pria, walaupun ada juga mahasiswa wanita yang berminat dengan bidang ini. Tidak hanya menyesuaikan minat, tetapi jurusan otomotif juga menawarkan peluang kerja yang luas.

Baca juga : Cara Mudah Cek Plat Nomor Jakarta Bisa secara Online di Tahun 2023

Ini dikarenakan industri otomotif akan terus beroperasi untuk memproduksi banyak kendaraan yang diperlukan oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Jika kalian berencana untuk masuk ke jurusan otomotif, sebaiknya kenali dahulu lebih dalam.

Mengenal Jurusan Kuliah Teknik Otomotif 

Mengenal Jurusan Kuliah Teknik Otomotif 
Mengenal Jurusan Kuliah Teknik Otomotif

Jurusan otomotif adalah cabang dari teknik mesin yang nantinya akan mempelajari cara mengoperasikan hingga pembuatan kendaraan darat, seperti sepeda motor, mobil, truk, kereta, hingga bus.

Tidak hanya itu saja, mahasiswa jurusan ini juga harus siap untuk mengambil spesialisasi, seperti mempelajari body, mesin pembakaran, rangka internal, sistem pembuangan mesin, dan masih banyak lagi lainnya. 

Sebagian besar orang menganggap bahwa mahasiswa teknik otomotif hanya bisa bekerja di bengkel padahal ada banyak peluang karir lainnya karena mereka juga mempelajari ilmu terkait pengembangan, perawatan, produksi, hingga perancangan desain dan teknis.

Tidak habis dari itu saja, semakin banyak kendaraan yang beroperasi, maka akan semakin tinggi juga tingkat polusi udara atau lingkungan dan cadangan bahan bakar juga semakin habis.

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa otomotif untuk bisa membuat kendaraan yang ramah lingkungan atau melakukan usaha lainnya.

Kampus Terbaik Jurusan Teknik Otomotif

Jurusan ini mempunyai banyak peminat karena beberapa alasan, termasuk berdasarkan minat, prospek atau peluang kerja luas, mengasah kreativitas, dan lain sebagainya. Memang identik dengan pria, tetapi ada juga mahasiswa wanita yang mempelajarinya.

Guna mendapatkan gelar dan pembelajaran yang terstruktur, maka kalian harus mengikuti program di universitas, baik itu D1, D2, D3, S1, maupun S2 dan seterusnya. 

Oleh karena itu, berikut kita telah menyajikan daftar rekomendasi kampus dengan jurusan teknik otomotif, baik itu di Indonesia atau luar negeri, antara lain:

  • Kampus di Indonesia

Indonesia mempunyai banyak sekali kampus, baik itu negeri maupun swasta yang bisa kalian pilih sesuai keinginan, misal berdasarkan minat, lokasi kampus, akreditasi, peluang kerja jurusan, dan lain sebagainya.

Jika berbicara tentang jurusan otomotif, maka ada beberapa kampus terbaik di Indonesia yang bisa kalian jadikan sebagai bahan rujukan. Berikut adalah beberapa rekomendasinya, antara lain:

  • Universitas Negeri Malang (UM)

Rekomendasi pertama adalah kampus yang sudah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2017 dan menawarkan berbagai jurusan salah satunya, yaitu jurusan otomotif. Ini menjadi yang terbaik karena menyajikan pengajaran cukup lengkap.

Mata kuliah yang akan dipelajari jika masuk ke jurusan ini adalah seputar Teknologi Motor Diesel, Peralatan Otomotif, Perbaikan Bodi Kendaraan, Peralatan Otomotif, Teknologi Motor Bensin, sampai Kelistrikan Engine.

  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Jurusan otomotif di kampus ini bisa diselesaikan dengan 148 SKS dan akan mempelajari mata kuliah terkait Teknik Otomotif Dasar, Listrik dan Elektronika Dasar, Termodinamika, dan Elemen Mekanik Otomotif.

UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti bengkel engine, bengkel kelistrikan, bengkel bodi dan cat, laboratorium hidropneumatik, dan laboratorium bahan teknik.

  • Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP)

Kampus swasta terakreditasi B dan menawarkan jurusan otomotif yang tergabung dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ini bisa menjadi alternatif terbaik jika kalian masih belum diterima oleh kampus negeri.

Salah satu prestasi yang diraih oleh jurusan otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah menyelenggarakan Otomotif Educative Zone pada tahun 2017 silam.

  • Universitas Negeri Padang (UNP)

Jurusan teknik otomotif di kampus ini sudah mendapatkan akreditasi A sejak tahun 2016 dari BAN-PT. Universitas Negeri Padang menawarkan dua pilihan jenjang studi untuk jurusan ini, yaitu D3 dan S1.

Terdapat beberapa fasilitas yang akan memudahkan proses pembelajaran, termasuk ruang kelas, lab komputer, hingga workshop dan bengkel.

  • Universitas Negeri Makassar (UNM)

Terakhir ada kampus yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan para pelajarnya akan dibantu untuk bisa meraih prestasi, baik itu tingkat nasional maupun internasional. 

Mata kuliah yang akan kalian pelajari jika menempuh studi S1 di kampus ini, yaitu Material Teknik, Elektronika Otomotif, Modifikasi Sepeda Motor, hingga Termodinamika dan Perpin Panas.

  • Kampus di Luar Negeri 

Setelah mengetahui daftar kampus terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan teknik otomotif, adapun di bawah ini adalah rekomendasi kampus terbaik di luar negeri. 

Memahami daftar berikut akan membantu kalian menentukan kira-kira mana yang paling cocok dengan keinginan dan tujuan. Inilah daftar kampus luar negeri dengan jurusan otomotif terbaik khusus untuk kalian yang ingin belajar di negara lain, yaitu:

  • HAN University of Applied Sciences – Belanda

Salah satu kampus paling besar di Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1996 dan struktur akademiknya mempunyai 64 program gelar Sarjana dan 18 program Master. 

Menempuh ilmu di kampus ini memungkinkan kalian bisa mempraktekkan teori untuk mengerjakan proyek, memecahkan masalah industri, dan lain sebagainya. 

Beberapa hal yang akan kalian pelajari adalah Pengantar Pemodelan, Identifikasi Sistem, Dinamika Kendaraan, dan lainnya.

  • Vilnius Gediminas Technical University – Lithuania

Salah satu universitas bergengsi di Lithuania yang menawarkan jurusan teknik otomotif. Adapun beberapa fakultas, termasuk Ilmu Dasar, Teknik Transportasi, Teknik Sipil, Arsitektur, Manajemen Bisnis, Industri Kreatif, hingga Elektronik.

Jika masuk ke jurusan ini, maka kalian akan mempelajari Metode Elemen, Dinamika Transmisi dan Hidrodinamika, Arus Lalu Lintas, Manajemen Pengendalian Kualitas, Permodelan 3D, hingga Permodelan Matematis Sistem Kendaraan.

  • Tsinghua University – Tiongkok

Kampus ini dilengkapi dengan fakultas teknik yang disebut School of Mechanical Engineering. Pada fakultas ini terdapat enam program studi, yaitu Mechanical Engineering, Vehicle Engineering, Measurement, hingga Control Technology and Instruments.

Tsinghua University adalah universitas Liga C9 yang terkenal dengan program akademik dan aktivitas penelitian di bidang politik, bisnis, sains, dan teknik. Kerennya lagi, kampus ini terus menerus menempati peringkat terbaik di Asia.

  • University of Texas at Austin – Amerika Serikat 

Kampus penyedia jurusan teknik otomotif yang seringkali disebut sebagai Public Ivy. Cockrell School of Engineering di kampus ini menjadi salah satu sekolah teknik terbaik, terutama bagian otomotif. 

Selain itu, University of Texas at Austin ini dikenal sangat selektif dalam proses penerimaan mahasiswa, terutama untuk bagian ilmu yang berkaitan dengan sains dan teknik. 

  • University of Michigan – Amerika Serikat

Lokasinya ada di Ann Arbor, Michigan dan seringkali disebut sebagai Umich. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1817 dan menjadi institusi paling tua di negara tersebut.

Menempuh studi di University of Michigan berarti kalian akan dipersiapkan menjadi inovator yang bisa mengatasi masalah global di bidang tersebut. 

Peluang Kerja Lulusan Teknik Otomotif

Peluang Kerja Lulusan Teknik Otomotif
Peluang Kerja Lulusan Teknik Otomotif

Mahasiswa jurusan otomotif mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan desain, teknik, perawatan, hingga produksi. Oleh karena itu, mereka tidak hanya bisa terjun langsung ke lapangan, tetapi juga kerja di depan layar komputer, misal sebagai desainer.

Lulusan jurusan ini biasanya bekerja tidak jauh dari persoalan mesin dan teknologi. Tidak hanya bisa di industri otomotif, tetapi juga di dunia pendidikan, penelitian, hingga bisnis. beberapa peluang kerja yang bisa diambil oleh lulusan teknik otomotif, antara lain:

  1. Marketing produk otomotif
  2. Jurnalis atau reporter
  3. Bagian perencanaan produk otomotif
  4. Dosen atau guru
  5. Mekanik
  6. Perancang dan teknisi mesin
  7. Teknisi dan operator pabrik
  8. Insinyur otomotif
  9. Insinyur manufaktur
  10. Insinyur keselamatan fungsional otomotif
  11. Insinyur perangkat lunak kendaraan
  12. Insinyur pemeliharaan
  13. Insinyur aerodinamika
  14. Karyawan showroom atau dealer
  15. Modifikator
  16. Blogger atau vlogger otomotif
  17. Peneliti
  18. Operator alat berat

Tidak hanya peluang kerja nya yang banyak, tetapi juga perusahaan yang membutuhkan kemampuan lulusan teknik otomotif, antara lain:

  1. PT Astra Honda Motor
  2. PT Astra International Tbk
  3. PT Toyota Astra Motor
  4. PT Yamaha Indonesia Manufacturing
  5. PT Astra Daihatsu Motor
  6. PT Honda Prospect Motor
  7. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
  8. PT Astra Otoparts Tbk
  9. PT Aisin Indonesia
  10. PT Asmo Indonesia
  11. PT Denso Indonesia
  12. PT Federal Izumi Manufacturing
  13. PT Adient Automotive Indonesia

Jurusan otomotif menjadi incaran banyak orang karena memang menawarkan peluang kerja yang cukup luas, seperti pada penjelasan sebelumnya. Selain itu, ada banyak juga perusahaan yang membutuhkan keahlian dan ilmu mereka.

Baca juga : Taxi Tanpa Pengemudi di China, Inovasi Teknologi yang Menarik di Tahun 2023

Jadi, setelah membaca artikel ini dari awal hingga akhir, apakah kalian sudah siap untuk masuk ke jurusan teknik otomotif?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini