Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar

0
52
Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar
Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar

Apa itu Astra Financial? Apakah kalian sudah mengetahuinya atau belum? Sebuah lembaga khusus Astra yang berkaitan dengan pembiayaan dan keuangan terutama saat ingin membeli kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, atau yang lainnya.

Baca juga: BMW Astra Fest Kembali Digelar Pasca Pandemi

Hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kebutuhan masyarakat akan keuangan untuk memenuhi kebutuhan keseharian, membiayai beragam keperluan hidup, hingga mendapatkan keringanan pinjaman. Astra Finance salah satu pihak yang menawarkannya.

Tidak ada salahnya mengetahui lebih detail mengenai hal tersebut karena siapa tahu kalian membutuhkan jasanya tersebut. Di mana perusahaan yang menawarkan jasa pembiayaan keuangan di luar sana sangat banyak.

Mengenal Lebih Dekat Astra Financial

Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar
Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar

PT Sedaya Multi Investama atau yang lebih dikenal masyarakat luas dengan nama Astra Financial. Sebuah divisi pelayanan jasa keuangan yang dimiliki oleh PT Astra international Tbk. Di mana perusahaan jasa keuangan tersebut sudah berdiri sejak tahun 1981.

Sementara itu, perusahaan keuangan Astra juga memiliki 11 bidang keuangan lainnya dengan fokus berbeda. Misalnya, Astra Credit Companies, Federal International Finance, Asuransi General, Asuransi Astra, Asuransi Jiwa Astra Life, Astra Ventura, dan yang lainnya.

Kalian mungkin sudah menjadi nasabah dari salah satu produk atau bidang keuangannya tersebut. Dengan semakin banyak jasa yang ditawarkan di tengah masyarakat Indonesia, maka Astra Financial menjadi salah satu perusahaan yang populer.

Tentu saja secara langsung atau tidak membantu bidang keuangan banyak orang yang membutuhkannya. Sebagai contoh, kalian yang ingin membeli kendaraan bermotor, seperti sepeda motor atau mobil, tetapi belum mampu membayarnya secara cash atau tunai.

Sudah ada Federal International Finance yang disingkat FIF yang siap membantu kalian. Di mana pembayaran uang untuk membeli kendaraan bermotor tersebut bisa dicicil setiap bulannya melalui FIF. 

Dengan begitu, kalian tetap bisa memiliki kendaraan bermotor baru meskipun cara pembayarannya secara mencicil. Hal semacam itu sudah umum dilakukan banyak orang. Meskipun kenyataannya, pembayaran secara total dengan mencicil lebih mahal.

Jadi, Astra Financial sudah lama berdiri di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan jasa keuangan terbesar. Oleh karenanya, jangan heran jika cabang dari anak perusahaannya sudah berdiri hingga pelosok daerah.

Mengenal 11 Jasa Keuangan dari Astra Financial

Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar
Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar

Sudah disinggung di atas perihal 11 anak perusahaan dari Astra yang hingga sekarang semakin menggurita. Kalian mungkin sudah mengenal beberapa diantaranya atau bahkan ikut menjadi nasabahnya.

Namun secara umum dan keseluruhan, semua anak perusahaan dari Astra Financial bergerak di jasa keuangan. Untuk lebih jelas dan detail perihal 11 perusahaan tersebut, silahkan menyimak informasi berikut.

  • Astra Credit Companies (ACC)

Sebuah perusahaan jasa keuangan yang lebih spesifik ke pembiayaan untuk mobil dan alat berat. Dengan kata lain, kalian yang ingin membeli mobil atau alat berat berspesifikasi tertentu dapat memanfaatkan pembiayaan dari ACC.

Jadi, kalian tidak perlu membelinya secara cash atau tunai karena mungkin harganya terlalu mahal. Sebagai gantinya, kalian dapat membayarnya secara mencicil melalui ACC. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan serta disepakati bersama.

  • Federal International Finance (FIF GROUP)

Salah satu anak perusahaan Astra Financial yang bergerak di bidang pembiayaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Mulai dari barang kebutuhan primer, seperti rumah, hingga sekunder yang berupa barang elektronik, sepeda motor, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, FIFGROUP dibagi lagi menjadi beberapa divisi jasa keuangan, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, dan AMITRA. Semua divisi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia sesuai kebutuhan dan keinginannya.

  • Toyota Astra Finance (TAF)

Perusahaan pembiayaan khusus untuk kendaraan bermotor roda empat atau mobil bagi seluruh masyarakat Indonesia yang menginginkannya. Bukannya untuk pabrikan mobil Toyota saja, tetapi juga merk atau pabrikan lainnya.

Sementara itu, skema pembiayaannya melalui mencicil setiap bulannya yang dapat dipraktekkan secara konvensional atau syariah. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari perkembangan lembaga keuangan secara nasional yang dibedakan konvensional dan syariah.

  • Surya Artha Nusantara Finance (SANF)

Satu lagi anak perusahaan dari Astra Financial yang bergerak di bidang jasa pembiayaan keuangan khusus alat berat. misalnya, peralatan kontraktor seperti eskavator, buldozer, truk kontainer, dan lain sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan kalian ingin membeli alat berat yang tentu saja harganya mahal. Oleh karenanya, SANF bisa membantu kalian dalam hal pembiayaannya dengan syarat dan ketentuan berlaku.

  • Komatsu Astra Finance (KAF)

Sebuah perusahaan jenis Joint Venture antara PT Sedayu Multi Investama dengan PT Komatsu Indonesia. Perusahaannya memberikan solusi pembiayaan perihal jual beli peralatan yang diproduksi oleh Komatsu, yaitu traktor berbagai jenis dan tipe.

Solusi pembiayaannya dapat berupa pembayaran secara kredit dengan mencicil tiap bulannya. Kalian dapat memanfaatkan KAF untuk membantu dalam hal pembiayaannya, sehingga bisa lebih ringan dan tidak memberatkan.

  • Asuransi Astra Buana

Salah satu anak perusahaan Astra Financial yang bergerak di bidang asuransi. Terutama asuransi kendaraan bermotor yang salah satu produknya cukup terkenal, yaitu Garda Oto. Kalian mungkin ada yang sudah mengikuti asuransinya tersebut.

Jika seperti itu, kalian lebih merasa aman dan nyaman karena mobil atau sepeda motor sudah diasuransikan. Tujuannya adalah melindungi kendaraan bermotor tersebut terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas hingga tindak pencurian.

  • Astra Life

Masih ada perusahaan asuransi lainnya yang dimiliki Astra Financial, yaitu Astra Life. Produk asuransinya menyeluruh yang melingkupi beragam kebutuhan masyarakat untuk melindungi aset yang dimilikinya.

Misalnya, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi hari tua, asuransi pensiun, dan lain sebagainya. Kalian bisa mengenal semua produk asuransinya tersebut dengan mengunjungi kantor atau tempat usaha Astra Life terdekat.

  • Astra Ventura

Sebuah perusahaan yang masih tergabung dalam Astra Financial yang menyediakan jasa dan fasilitas pembiayaan. Selain itu, Astra Ventura juga mampu memberikan pinjaman modal usaha untuk para wirausaha di seluruh Indonesia.

Pinjaman modal tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas terutama usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia. Dengan begitu, mereka dapat lebih bersaing dengan bisnis atau usaha yang lebih besar. Tentu saja ada pendampingan bagi mitra yang mengikutinya.

  • Astra Welab Digital Arta (AWDA)

Anak perusahaan dari Astra Financial yang bergerak di bidang pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Dengan kata lain, perusahaannya sudah menerapkan financial technology atau Fintech dalam melakukan aktivitasnya.

Salah satu produk yang dirilis oleh AWDA, yaitu Maucash yang menerapkan Fintech dalam sistem pembiayaan berbasis teknologi internet di dunia maya. Meskipun belum begitu populer, tetapi diprediksi peran AWDA dalam pengembangan Fintech di Indonesia sangat membantu.

  • Astra Pay

Satu lagi perusahaan dari Astra Financial yang menawarkan jasa pembiayaan dan pembayaran berbasis digital. Dikarenakan digital, maka tidak ada uang cash atau tunai yang dilibatkan dalam praktik pembayarannya.

Sebagai gantinya, kalian hanya menggunakan uang non tunai yang tersimpan di dalam saldo rekening tertentu. Untuk dapat memanfaat Astra Pay beserta semua fitur pembayarannya tersebut, kalian harus mendaftar dulu yang bisa dilakukan secara online.

  • Dana Pensiun Astra (DPA)

Salah satu anak perusahaan Astra yang fokus di bidang kesejahteraan sosial untuk para pensiunan atau mantan karyawan. Mereka tidak aktif bekerja lagi, tetapi masih tetap harus mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri bersama keluarga tercinta.

Oleh karenanya, DPA memberikan solusi simpanan pensiun dan hari tua bagi kalian yang menginginkannya. 

Membeli dan Melindungi Kendaraan Bermotor

Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar
Mengenal Astra Financial Sebagai Perusahaan Keuangan Besar

Kalian dapat membeli kendaraan bermotor sekaligus melindunginya dengan mengikuti produk yang ditawarkan oleh beberapa anak perusahaan dari Astra. Kalian bisa memilih sendiri jasa pembiayaan untuk membeli kendaraan bermotornya.

Sekarang, membeli sepeda motor atau mobil baru dengan harga puluhan hingga ratusan juta bisa dilakukan banyak orang. Kalian tidak perlu membelinya secara tunai karena ada fasilitas pembiayaannya secara mencicil, sehingga lebih meringankan.

Baca juga: Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya

Setelah berhasil membeli dan memilikinya, jangan lupa untuk mengikutkan kendaraan bermotor tersebut pada produk asuransi yang sudah disediakan oleh Astra. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir lagi saat nantinya terjadi hal-hal negatif pada kendaraannya.

Hal itu dikarenakan, produk asuransi Astra sudah melindunginya dengan mekanismenya sendiri. Kalian sebagai nasabah sekaligus pemilik kendaraan bermotornya menjadi lebih terlindungi oleh Astra Financial terutama saat menjadi nasabahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here