Kupas Tuntas Mobil Jimny Suzuki Interior dan Eksterior

0
410
Suzuki Jimny

Mobil Jimny merupakan golongan mobil legend yang pernah populer di tanah air sekitar tahun 1980 hingga 1990. PT. SIS sebagai agen pemasaran produk Suzuki di Indonesia dituntut banyak oleh penggemar Jimny. Karena mereka mengharapkan akan ada mobil vers teranyar Jimny.

Baca Juga : Mobil Nissan March Jenis Hatchback Terbaik 2021

Pameran otomotif GIIAS (Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show) tahun 2018 tidak sempat memamerkan Suzuki Jimny. Meskipun hampir seluruh penggemar Jimny yang hadir sangat berkeinginan memiliki Jimny. Sebab, tahun 2018 adalah tahun dimana Jimny menjadi perbincangan trending otomotif dunia.

Apa Saja Keunggulan Dari Suzuki Jimny?

Suzuki Jimny terbaru merupakan salah satu mobil off road mungil yang sangat dinantikan kehadirannya di Indonesia. Meski memang Jimny Sierra ssmpat mengikuti ajang GIIAS 2018 silam.

Kehadiran Sierra pada ajang GIIAS tersebut menambahkan rasa antusiasme penggemar Jimny. Agar PT. SIS mampu memasarkan Jmny model teranyar di Indonesia.

Meski memang kepitusan tersebut belum dapat direalisasikan oleh pihak agen pemasaran Suzuki. Karena PT. SIS masih melakukan pengkajian secara menyeluruh tentang mobil Jimny teranyar.

Sebagai gantinya, PT. SIS menawarkan Suzuki Gtand Vitara dengan dua transmisi, Manual dan Otomatis. Akan tetapi untuk pembahasan Suzuki Jimny, perusahaan masih menutup informasi kehadiran Suzuki Jimny di Indonesia.

Ajang GIIAS 2017 silam, perusahaan Suzuki Indonesia sempat memajangkan Suzuki Jimny jadul sebanyak 88 jenis. Dan hal ini memang ditanggapi positif oleh banyak penggemar mobil Jimny.

Ajang GIIAS 2018 juga antusiasme terhadap Jimny masih oke. Kala itu, perusahaan memamerkan Suzuki Jimny Sierra. Akan tetapi hal tersebut tak mampu membuat pertimbangan panjang segera terselesaikan.

Karena banyak sekali pertimbangan perusahaan untuk dapat memghadirkannya di Indonesia. Di negara tempatnya berasal, Jimny teranyar dirilis dengan dua varian. Salah satu diantaranya adalah tipe mobil standar yang masuk dalam deretan mobil murah.

Jenis mobil Jimny ini dibekali mesin bensin 658cc turbo dengan 3 silinder. Dan jenis Sierra lainnya dibekali mesin bensin 1.5lt yang diberi kode K15B. Dimana jenis mesin ini jiga dimiliki oleh suzuki Ertiga.

Dan kabarnya, Sierra terbaru inilah yang akan kembali hadir di jagat otomotif Indonesia. Spesifikasi bocoran yang tengah jadi perbincangan mampu menarik banyak perhatian.

Misalnya saja tentang tenaga maksimum yang dihasilkan oleh Jimny terbaru ini mencapai angka 102HP. Dengan kecepatan torsi maksimum mencapai 130Nm. Tenaga yang didistribusikan pada roda penggerak memakai 5 percepatan dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

Fitur Eksterior Dan Interior Mobil Jimny

Pada ajang Bangkok Motor Show 2019 mobil Jimny terbaru telah mengikuti debut pertamanya di Thailand. Dan model yang dipasarkan kala itu adalah Jimny Sierra 1.5lt. Dengan keterangan bahwa mobil jenis ini akan diimpor langsung dari Jepang.

Jimny teranyar pada tahun 2019 memiliki 2 jenis tipe, diantaranya adalah tipe Suzuki Jimny dan Jimny Sierra. Keduanya merupakan jenis mobil compact SUV yang memakai sistem penggerak 4WD.

Mesin yang digunakan dalam Suzuki Jimny 2019 model XG yaitu jenis mesin R06A. Jenis mesin ini merupakan mesin tipe 4 water cooled 4 cycle inline, 3 silinder inter cooler turbo. Kapasitas mesin VVT 658cc dengan DHOC 12 velve.

Akan tetapi, tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini mencapai angka 64PS dengan putaran 6.000rpm. Dan untuk tenaga torsi mencapai angka 96Nm dengan putaran 3.500rpm. Suzuki jenis ini tergolong dalam mobil SUV murah Kei car. Dimana pemasaran mobil jenis ini hanya dipasarkan dalam lingkup area wilayah Jepang saja.

Sedangkan untuk jenis Sierra dibekali oleh jenis mesin berkapasitas 1.5liter. Dengan spesifikasi mesin memakai tipe water cooled 4 cycle inline 40 silinder DHOC, 16 valve. Dengan kapasitas mesin VVT yang dibekalinya berkapasitas 1.460cc.

Jenis Sierra ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 102PS dalam putaran mesin 6.000rpm. Dan untuk kecepatan torsi mampu mecapai tenaga maksimum 130Nm dalam putaran mesin 4.000rpm.

Meski memang jenis model pada Jimny terbaru ini masih mengusung model lama yang tangguh. Akan tetapi semua komponen telah dimutakhirkan dan mengalami banyak perubahan lebih baik.

Rangka model yang dipakai pada mobil Jimny 2019 ini menggunakan rangka Ladder Frame dengan menempatkan mesin dibagian depan. Tak hanya itu saja, mobil ini juga memakai transmisi 4WD low range transfer gear. Suspensi yang disematkan pada Suzuki Jimny sierra yaitu suspensi 3 ring rigid exle.

Jenis transmisi yang ditawarkan Suzuki Jimny yaitu transmisi manual 5 percepatam dan transmisi otomatis 4 percepatan. Sistem pengereman telah memakai teknologi sistem LSD (Limited Slip Diferential) dengan fitur kontrol traksi.

Fitur safety yang digunakan adalah brake force contol device yang merupakan pengereman ABS dan EBD. Selain itu juga mobil Jimny telah memiliki fitur parking brake mechanical rear two heal braking sistem.

Memiliki fitur perlindungan aliran Hill hold control dan juga sistem kontrol kecepatan. Mobil ini juga dibekali fitur Hill descent control sebagai salah satu fitur unggulan yang dapat digunakan ketika menuruni sebuah lereng. Fitur ini memakai pedal rem dan kopling yang dibekali teknologi brake LCD traction untuk pengereman yang kuat.

Fitur kekinian yang dimiliki Suzuki Jimny adalah fitur layar sentuh 7inc dengan koneksi ApplycarPlay dan android. Fitur keren lainnya adalah memiliki fitur kontrol AC otomatis. Dilengkapi tombol start-stop engine, dan lampu bagian depan otomatis serta cruise control.

Mobil ini Juga memiliki rem otomatis yang mampu mencegah tabrakan dengan pejalan kaki. Ada pula kontrol audio dan telepon yang disematkan pada bagian roda kemudi.

Keunggulan Eksterior Mobil Jimny

Mobil Jimny

Selama kurang lebih 20 tahun tidak mengalami perubahan teebaru. Akhirnya ketika peluncuran resmi Suzuki Jimny, orderan dari berbagai negara semakin membludak. Hal ini membuat tim produksi merasa kuwalahan menerima orderan tersebut.

Bagaimana tidak, para penggemar tentunya sangat antusias sekali terhadap peluncuran Jimny terbaru. Karena memang moment ini telah dinantikan sejak lama oleh mereka.

Sekilas diatas telah dijelaskan beberapa fitur eksetrior yang dimiliki oleh mobil ini. Sepeti struktur yang masih memakai bodi tradisional dengan ladde fram anyar yang menempatkan mesin di depan. Bagian roda belakang dan partime-time 4WD menggunakan low range transfer gear dam 30link suspension.

Meski masih tampil dengan desain mengotak khas Suzuki Jimny dan sekilas mengingatkan tentang Suzuki Jimny Jangkrik Yang populer kala itu. Mobil ini tetap memakai dengan 3 pintu, yang terdiri dar 2 pintu samping serta 1 pintu belakang.

Terdapat grille depan pada bagian depan dan memiliki lampu depan yang tegak. Meski sepeeri tidak aerodinamis, akan tetapi mobil jenis SUV off-road ini sangat mengandalkan ketangguhan.

Kembalinya lampu belakang di bumper belakang ini terlihat lebih apik. Dan untuk bagian pintu belakang, Suzuki tetap menyematkan konde atau ban cadangan pada mobil Jimny yang telah menjadi ciri khasnya.

Singkatnya, eksterior Suzuki Jimny 2019 terlihat lebih apik serta unik. Mobil ini memang mengandalkan desain modern retro yang minimalis, seperti LED headlamp bulat dan grille serta memakai kisi-kisi udara yang tegak vertikal.

Dengan dilengkapi fog lamp mungil pada bagian sisi bumper depan mobil. Memiliki headlamp washer dan power folding ORVMs dengan indikator sein LED  terintegrasi.

Pada bagian belakang mobil ini juga dilengkapi stop lamp yang terletak pada kaca belakang. Memiliki lampu LED Rear Combination lamp pada kedua sisi bawah. Bumper bawah mobil ini juga terlihat sangat kokoh dengan kombinasi warna hitam.

Keunggulan Interior Suzuki Jimny Terbaru

Mobil Jimny

Mobil Jimny generasi ternayar memang masih mempertahankan interior khas Suzuki Jimny terdahulunya yang populer. Suzuki tetap membiarkan bagian panel bodi terbuka dalam beberapa bagian.

Bagian dashboard memang terlihat tegak namun tak terlihat tebal. Penampilan sisi interior Suzuki Jimny memperlihatkan sebuah mobil off-road dengan ruang kabin yang lega dan praktis.

Pada bagian jok Suzuki Jimny sangat nyaman dan tebal. Untuk ukuran jok terlihat sangat sesuai dengan postur tubuh kebanyakan orang Asia. Mobil ini Juga mampu membawa kapasitas 5 penumpang.

Bagian kabin SUV medium ini memang telihat sangat modern dan memiliki banyak perbedaan dengan generasi terdahulunya. Kabin mobil Jimny 2019 telah dilengkapi infontainment system audio 2 DIN touchscreen untuk hiburan penumpangnya.

Juga bagian roda kemudi telah dibekali fitur audio steering switch sebagai pengatur audio dari roda kemudi. Mobil ini juga telah mempunyai panel instrumen yang sangat modern dengan variasi warna menarik.

Baca Juga : 10 Deratan Mobil Keren Yang Mengaspal Di Indonesia

Itulah tadi fitur yang dimiliki oleh mobil Jimny Suzuki yang sangat keren dan modern. Karena kedua sisi interior dan eksterior Suzuki Jimny memang mengandalkan fungsionalitas mobil SUV yang mutakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here