Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa

0
222
Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa
Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa

Penggemar otomotif mengklaim bahwa kelebihan ban tubeless jauh lebih banyak dibanding ban biasa, sehingga tubeless dipakai pada kebanyakan sepeda motor. Hampir semua motor terbaru telah memakai ban tubeless karena perawatannya juga relatif mudah.

Baca Juga: Kesalahan Merawat Aki Mobil Penyebab Cepat Soak dan Tekor!

Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor, karena fungsinya berkaitan dengan keselamatan. Ban yang berkualitas akan membuat pengalaman berkendara jadi lebih nyaman.

Sedangkan ketika kondisi ban sudah kurang layak pakai, maka bisa mengancam keselamatan pengendara. Pada arena balapan misalnya, pemilihan ban yang tepat bisa memberikan pengaruh signifikan terhadap kemenangan pembalap.

Ban perlu dipastikan dalam kondisi maksimal serta disesuaikan dengan kondisi medannya. Saat ini ban tubeless hadir dalam beragam jenis untuk medan yang berbeda – beda. Jika Anda ingin ganti ban, maka tubeless ini cocok dijadikan sebagai salah satu pilihan.

Kelebihan Ban Tubeless yang Banyak Tidak Disadari Orang

Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa
Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa

Disebut ban tubeless karena di dalamnya tidak ada lagi ban dalam, sehingga lebih tahan terhadap kebocoran atau benda tajam lain. Memang ban tubeless juga bisa bocor, tetapi prosesnya terjadi secara perlahan.

Ban biasa yang menggunakan ban dalam, ketika tertusuk benda tajam, maka dalam hitungan menit bisa langsung kehabisan angina. Sedangkan pada ban tubeless, kempisnya terjadi secara perlahan bahkan bisa sampai berjam – jam. Masih banyak kelebihan lain dari ban tubeless tersebut seperti berikut ini.

  • Memiliki Daya Tahan yang Lebih Kuat

Kelebihan ban tubeless yang banyak diakui penggemar otomotif adalah daya tahannya jauh lebih kuat dibanding ban biasa. Ban tubeless ini mampu menahan tekanan udara, karena tidak ada ban dalam, sehingga hal tersebut memberikan nilai lebih pada ban.

Selain itu daya adesif lem power yang diterapkan pada ban ini, membuat daya tahannya semakin baik. Umumnya ban tubeless jauh lebih awet dibanding ban biasa, terutama karena dibuat menggunakan bahan berkualitas. 

  • Lebih Mudah Dalam Melakukan Manuver

Kelebihan ban tubeless lainnya adalah saat mengendarainya, pengemudi bisa melakukan manuver dengan mudah. Ban tubeless sifatnya lebih menggigit aspal, sehingga baik pada medan tikungan atau medan sulit, pengendara dapat melakukan manuver dengan gampang.

Hampir semua motor balap menggunakan ban tubeless karena sifat bannya yang sangat mencengkram tersebut juga meningkatkan keamanan dalam berkendara. Jika motor Anda sering dipacu di atas kecepatan rata – rata, maka penggunaan ban tubeless sangat disarankan.  

  • Tetap Aman Digunakan Saat Kondisi Hujan

Pada saat musim hujan, jalanan menjadi basah sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Ban yang kualitasnya kurang bagus, tentu berbahaya dipakai di jalanan licin, oleh karena itu ban tubeless lebih dipilih banyak orang.

kelebihan ban tubeless adalah sangat aman dipakai pada jalanan licin atau basah. Meskipun aspal basah, ban tetap akan mencengkram aspal dengan kuat, sehingga risiko kecelakaan semakin kecil. Saat ini sudah ada juga ban tubeless yang dibuat khusus untuk jalanan basah, jadi cocok dijadikan pilihan saat musim hujan. 

  • Proses Penambalan Jauh Lebih Mudah

Walaupun ban tubeless masih bisa bocor, namun proses penambalannya relative jauh lebih mudah. Saat ban biasa mengalami kebocoran, maka ban dalam harus dikeluarkan. Velg harus dibongkar terlebih dahulu untuk menambal ban dalam tersebut. Proses ini jelas memakan banyak waktu.

Ban tubeless jauh lebih mudah dalam penambalannya, karena tidak perlu melakukan bongkar pasang velg. Cukup dari luas ban saja, maka kebocoran biasa diatasi. Ban tubeless ini ditambal dengan cara ditembak menggunakan alat khusus pada bagian yang bocor.   

Kekurangan Ban Tubeless

Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa
Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa

Kelebihan ban tubeless memang banyak, namun tetap saja ada beberapa kekurangan. Hal ini juga perlu menjadi perhatian, agar Anda siap mengatasi kekurangan tersebut. Walaupun tidak banyak, ban tubeless memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini.

  • Harga Lebih Mahal Dibanding Ban Tube

Ban tubeless umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding ban biasa, mengingat kelebihan yang dihadirkan juga lebih banyak. Namun seiring semakin banyaknya jenis ban tubeless bermunculan, harganya kini semakin terjangkau.

Kelebihan ban tubeless begitu banyak dan sangat bermanfaat, sehingga tidak rugi membelinya walaupun mengeluarkan lebih banyak biaya dibanding ban biasa. Jika Anda masih ragu, harga ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

  • Hanya Dapat Diterapkan Pada Velg Tertentu

Kekurangan lain dari ban tipe tubeless adalah tidak bisa diterapkan pada sembarangan velg. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa konsep ban ini menempel langsung dengan velg. Jadi jika velgnya tidak mendukung, maka ban tidak bisa digunakan.

Ban tube biasa dapat dipasang pada semua jenis velg, sedangkan tubeless tidak demikian. Jadi jika Anda ingin mengganti ban motor jadi tubeless, harus diganti juga bersama velgnya. Jika menggunakan velg yang cocok, baru kelebihan ban tubeless akan dirasakan. 

  • Potensi Merusak Velg Lebih Besar

Pada praktiknya ban tubeless juga berpotensi memberikan kerusakan pada velg motor. Hal ini karena ban bertumpu langsung dengan velg, sehingga saat terjadi hantaman keras, maka velg bisa langsung rusak.

Pada ban tube biasa, masih ada ban dalam yang mampu meredam hantaman tersebut, sehingga velg lebih terlindungi. Apa lagi dari segi bobot dan bentuk, tubeless jauh lebih berat dan keras, sehingga velg yang tidak terlalu kuat menahan beban bisa langsung rusak.

  • Tidak Nyaman Dipakai Ketika Terlalu Sering Ditambal 

Kelebihan ban tubeless memang mudah dalam proses penambalannya, tetapi karena tambalan dibuat pada bagian ban luar langsung, maka biasanya menimbulkan benjolan. Pada ban tube biasa, tambalan dibuat pada bagian dalam, sehingga ban luarnya tetap aman.

Ketika ban tubeless tersebut terlalu sering ditambal, maka akan menimbulkan banyak tonjolan pada ban. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan berkendara, karena walaupun jalanan rata, tonjolan pada permukaan ban akan menimbulkan goncangan. Ban tubeless perlu diganti dengan yang baru jika sudah terlalu sering ditambal.

Mengapa Nitrogen Dinilai Lebih Cocok untuk Ban Tubeless?

Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa
Kelebihan Ban Tubeless untuk Motor Dibanding Jenis Ban Biasa

Ahli otomotif menyarankan agar ban tubeless diisi dengan nitrogen dibanding angin biasa. Hal ini akan membuat kelebihan ban tubeless semakin terasa dan semakin maksimal. Berikut ini beberapa kelebihan yang dihadirkan nitrogen ketika digunakan dalam ban tubeless.

  • Nitrogen Tidak Mudah Terbang Sehingga Ban Tetap Terisi

Salah satu sifat nitrogen yang baik untuk ban adalah tidak mudah terbang, sehingga ban tidak akan mudah mengempis. Angin biasa yang memiliki kandungan oksigen lebih banyak mudah terbang dari ban. Sehingga ketika ban didiamkan untuk waktu lama, maka anginnya bisa berkurang.

Sedangkan pada nitrogen, strukturnya jauh lebih sempurna dan tidak mudah terbang. Jadi ketika ban tubeless menggunakan nitrogen, maka tidak perlu terlalu sering mengisi angin, karena pengurangannya tidak terlalu banyak. 

  • Nitrogen Minim Kandungan Air

Berbeda dengan angin biasa yang banyak mengandung oksigen, nitrogen memiliki kandungan air yang jauh lebih sedikit. Ketika angin biasa dimasukkan ke dalam ban tubeless, maka kandungan air di dalamnya bisa lebih dari 10 persen. 

Hal ini membuat pemuaian mudah terjadi. Kandungan air juga dapat membuat kondisi ban cepat memburuk, sehingga kurang disarankan digunakan pada ban tubeless. Nitrogen memang memiliki harga lebih tinggi dibanding angin biasa, tetapi manfaatnya jauh lebih banyak.

  • Rasa Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Keunggulan lain dari Nitrogen adalah membuat kenyamanan berkendara jadi lebih baik. Nitrogen ini lah yang membuat kelebihan ban tubeless semakin banyak, sehingga perpaduannya membuat pengalaman berkendara jauh lebih baik.

Tarikan motor dibuat jadi lebih enteng berkat sifat molekul nitrogen yang padat dan mengisi seluruh ruang pada ban. Ban tubeless umumnya memiliki permukaan luar yang lebih keras, sehingga ketika diisi dengan nitrogen, membuat bentuk ban semakin sempurna dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

  • Nitrogen Memiliki Sifat Anti Karat 

Alasan lain mengapa nitrogen penting diisi pada ban tube less karena sifat nitrogen adalah anti karat. Ban tubeless yang menggunakan velg logam, tentu berpotensi mengalami karat jika diisi dengan angin biasa, karena kandungan airnya relatif banyak.

Nitrogen minim kandungan air, sehingga tidak akan merusak velg tersebut. ban yang jarang diganti dan jarang diperhatikan bisa saja menimbulkan karat pada velg. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lebih baik nitrogen yang digunakan. 

Baca Juga: Kesalahan Merawat Aki Mobil Penyebab Cepat Soak dan Tekor!

Nitrogen dengan ban tubeless merupakan pasangan yang serasi dan saling melengkapi. Ban tubeless memang bisa saja diisi angin biasa, tetapi jauh lebih untung jika diisi dengan nitrogen. Nitrogen membuat kelebihan ban tubeless semakin meningkat dan membuat pengalaman berkendara jadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here