Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya

0
280
Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya
Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya

Jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya untuk kendaraan Anda sesuai kebutuhan. Sebab pemilihan roda sangat penting karena akan sangat mempengaruhi kinerja dari motor maupun mobil itu sendiri.

Baca Juga: Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman

Ada cukup banyak tipe-tipe roda yang harus Anda ketahui agar tidak salah dalam memilih. Jenisnya berbeda tergantung dengan fungsinya, jadi kendaraan untuk sehari-hari membutuhkan roda berbeda dengan yang digunakan untuk balapan.

Dengan banyaknya jenis tersebut sehingga jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya. Bukan hanya untuk mengoptimalkan kinerja saja, namun juga untuk meminimalisir hal-hal tidak diinginkan ketika berkendara.

Tidak perlu bingung untuk memilih roda yang tepat baik untuk mobil maupun motor yang Anda miliki. Jika Anda memang tidak terlalu mengerti bagaimana memilihnya, maka bisa menggunakan beberapa tips mudah.

Pentingnya Pilih Ban Sesuai Peruntukannya

Jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya yang harus Anda pahami. Sebab keberadaan roda kendaraan bukan sekedar pemanis saja, tapi juga memiliki fungsi vital dalam berkendara di segala kondisi baik jalanan basah maupun kering.

Roda motor maupun mobil harus berdaya tahan tangguh karena digunakan sehari-hari untuk berkendara. Jika tidak sesuai dengan ketentuan dan standar, maka akan berbahaya dan rawan terjadi kecelakaan seperti pada sepeda motor yang kerap terpeleset ketika melaju kencang.

Hal-hal tidak diinginkan kerap terjadi ketika berkendara salah satunya adalah pemilihan roda baik tipe, jenis, serta ukurannya. Selain mempertimbangkan kebutuhan, ukuran velg serta keadaan jalanan juga perlu disesuaikan.

Meski setiap pabrik memproduksi berbagai jenis serta tipe-tipe berbeda, namun jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya di Indonesia. Dengan begitu Anda dapat berkendara dengan nyaman ketika musim penghujan maupun kemarau.

Motif maupun ukuran roda sangat mempengaruhi kinerja ketika melintasi jalan di medan kering maupun basah. Produksi pabrik juga didesain khusus agar dapat menyingkirkan air dan permukaan pada roda tetap pada permukaan jalanan.

Velg tiap kendaraan umumnya berbeda, oleh sebab itu sebaiknya menggunakan ukuran sama dengan bawaan dari kendaraan. Untuk mengetahuinya dapat dengan melihat buku panduan di mana tertera lingkar maupun lebar velg bawaan.

Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya

Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya_Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya
Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya_Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya

Sangat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara sehingga jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban yang sesuai. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung menyesuaikannya dengan kendaraan yang dimiliki.

  • Sport

Pada jenis sport ini biasanya digunakan untuk kendaraan supersport. Pemakaiannya sendiri cenderung akan lebih cepat habis jika dibandingkan roda normal lainnya karena memang dibuat tipis. Jenis ini dapat menempuh jarak sekitar 1.000 hingga 1.600 mil saja.

Meski demikian, daya cengkram pada tipe ini juga tidak perlu diragukan karena sangat kuat sehingga sangat cocok untuk dipakai balapan. Meski begitu, Anda tidak dapat menggunakannya di jalanan umum sebab suhu ban akan menjadi lebih cepat panas.

  • Sport Touring

Jika Anda memiliki hobi touring, maka penggunaan sport touring sangat tepat karena dapat memacu kendaraan dengan cepat. Selain itu jenis ini juga tidak mudah panas serta lebih stabil, selain itu juga aman digunakan di segala kondisi termasuk saat jalanan basah.

Meski demikian, sport touring tidak terlalu memiliki cengkraman kuat serta daya tikung cukup baik. Sementara itu penggunaannya sendiri lebih banyak digunakan pada motor sport cc menengah sampai besar.

  • Scooter

Jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya salah satunya adalah scooter. Umumnya jenis ini digunakan untuk motor matic oleh sebab itu ukurannya juga lebih kecil daripada sport touring.

Scooter memiliki kualitas yang baik sehingga cocok digunakan untuk kendaraan sehari-hari. Meski jenis scooter ini banyak diminati pemilik sepeda motor, namun daya cengkramannya tentu tidak sebaik sport.

  • Cruiser

Pola garis pada cruiser tidak rumit sehingga menjadi salah satu jenis yang banyak digunakan selain scooter. Umumnya cruiser digunakan pada motor underbone maupun touring meski cengkramannya tidak sebaik sport. 

  • Offroad

Jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya termasuk biasa digunakan untuk jalanan berkerikil, berlumpur, maupun berpasir. Tentu pada kondisi seperti itu, penggunaan jenis lainnya tidak terlalu tepat.

Sementara itu, jenis offroad tidak cocok untuk melalui jalanan beraspal. Biasanya offroad juga digunakan untuk supermoto karena harus melintasi medan berat.

  • Tipe Kering

Jenis tipe racing ini tidak umum digunakan salah satunya karena harganya sangat mahal. Terbuat dari karet lembut sehingga cengkramannya sangat kuat sehingga banyak digunakan oleh pembalap kelas dunia.

Meski demikian jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya karena tipe ini tidak dapat digunakan di jalanan umum dan kondisi kering saja. Selain itu umurnya juga sangat singkat dibandingkan lainnya.

  • Tipe Basah

Sama seperti namanya, jenis ini merupakan roda racing yang khusus digunakan hanya ketika hujan dan setelah hujan. Alur rodanya dibuat sangat banyak sehingga ideal ketika kondisi jalan sedang basah.

  • Bias

Berbeda dengan sebelumnya, jenis satu ini digunakan untuk kendaraan roda empat yang paling umum digunakan. Terdapat banyak lembaran cord untuk rangkanya sehingga dapat menyalurkan panas di bagian tengah sehingga terjadi tekanan pada sisi depan.

  • Tubeless

Jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya dan cukup banyak digunakan lainnya salah satunya tubeless. Selain untuk motor, tubeless juga kerap digunakan pada mobil.

Desain tubeless tidak memiliki ban dalam sebagai penahan udara sehingga tidak terjadi kebocoran. Kelebihan ini membuat roda tidak kempes meskipun tertusuk benda tajam.

  •  Radial

Radial biasanya diproduksi dengan serat menyilang di bagian lingkar, fungsinya sebagai penekan panas agar tetap di bagian kanan atau kiri saja. Umumnya radial digunakan pada mobil atau truk ringan, namun tidak cukup kuat menahan beban tronton.

Tips Pilih Ban Sesuai Peruntukannya untuk Motor

Sebaiknya selalu ingat agar jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya seperti penjelasan sebelumnya. Berikut adalah beberapa tips jika ingin memilih roda sepeda motor.

  • Memilih Permukaan

Banyak anak-anak muda saat ini menggunakan roda dengan permukaan kecil, padahal tidak memenuhi standar dan bisa berbahaya. Sebaiknya Anda memilih permukaan dengan jenis tapak menengah sehingga tenaga mesin bisa lebih awet.

  • Memilih Motif

Motif pada produk ban tidak hanya sebagai penghias saja, namun memiliki fungsi yang berkaitan dengan kinerja kendaraan ketika melalui kondisi jalan tertentu. Setiap motif memiliki karakter masing-masing dengan kegunaan berbeda.

  • Sesuai Ukuran Velg

Seperti dalam penjelasan sebelumnya agar jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya serta menyesuaikan bentuk velg. Jika ingin lebih besar, maka usahakan untuk tidak lebih dari 2 inci saja.

  • Memilik Merk

Terdapat banyak sekali merek dari pasaran sehingga ada baiknya untuk mempertimbangkan merek dengan produk terbaik. Jika menggunakan merek unggulan, maka kualitas akan lebih terjamin serta menjadi lebih awet dalam penggunaannya.

Tips Pilih Ban Sesuai Peruntukannya untuk Mobil

Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya_Tips Pilih Ban Sesuai Peruntukannya untuk Mobil
Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya_Tips Pilih Ban Sesuai Peruntukannya untuk Mobil

Bukan hanya motor saja namun jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya pada mobil juga. Berikut adalah beberapa tips memilih roda pada mobil agar sesuai dengan kebutuhannya.

  • Sesuai Tipenya

Setiap mobil memiliki tipe maupun bawaan tersendiri sehingga ada baiknya untuk menyesuaikan dengan bawaannya. Tipenya sendiri biasanya tercantum pada plakat laci atau pintu maupun dekat tangki bahan bakar.

  • Sesuai Ukuran

Jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya terutama mengenai ukuran dan lebarnya. Ketika memilih roda yang lebar, maka daya cengkram maupun percepatan akan semakin optimal.

  • Ketebalan

Ketebalan juga mempengaruhi kenyamanan penggunanya ketika berkendara. Roda yang tebal akan lebih seimbang serta memiliki performa yang optimal. Sebaiknya, jika menggunakan ketebalan yang tidak standar, maka mobil juga tidak dapat berjalan maksimal.

  • Tahun Pembuatan

Tips selanjutnya adalah memilih yang tahun pembuatannya masih baru karena akan memiliki kualitas berbeda dengan buatan lama. Apalagi jika penyimpanannya tidak terjaga sehingga terkena lembab atau sinar matahari langsung sehingga kualitas semakin menurun

  • Lebih Cermat

Ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya termasuk kualitasnya karena bagian ini sangat vital dalam kendaraan. Sebaiknya pilih merek terpercaya sehingga tidak perlu lagi dipertanyakan kualitasnya.

Baca Juga: Inilah Warna Mobil yang Bikin Dilirik Banyak Orang

Roda merupakan bagian sangat vital pada kendaraan baik motor maupun mobil. Oleh sebab itu jangan asal pilih ban, ini beberapa tipe ban beserta peruntukannya yang perlu dipahami sebelum memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here