Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru

0
37
Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru
Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru

Ketentuan indikator wiper mobil harus diganti baru semestinya diperhatikan. Mengingat komponen pada mobil ini perannya sangat penting dalam menghalau air. Bayangkan tanpa wiper, pandangan setir pasti akan terganggu karena derasnya air hujan. 

Baca juga: Komponen Apa Saja yang Rusak Saat Mobil Terendam Banjir?

Peran dari penyapu kaca ini yang penting, membuat Anda harus antisipasi akan kerusakannya. Sayangnya, tidak semua orang paham kapan waktu yang tepat indikator wiper mobil yang harus diganti baru. Untuk lebih jelasnya, ulasan berikut, tentu sangat menarik disimak. 

Sebelum Ganti Wiper Mobil, Kenali Dulu Komponennya dengan Baik

Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru_Sebelum Ganti Wiper Mobil, Kenali Dulu Komponennya dengan Baik
Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru_Sebelum Ganti Wiper Mobil, Kenali Dulu Komponennya dengan Baik

Walau terlihat sederhana, siapa sangka wiper mobil dirangkai dari beberapa macam komponen. Berbagai komponen ini hadir dengan fungsinya tersendiri, yang tentu membuat kinerjanya lebih optimal. Sebelum selengkapnya membahas indikator wiper mobil harus diganti baru, simak komponen-komponennya berikut. 

  • Wiper Link

Gerakan-gerakan yang dihasilkan wiper bisa bervariasi. Bahkan ada beberapa gerakan yang tiba-tiba berubah yang tidak lain karena peran wiper link ini. Komponen satu ini juga kerap disebut sebagai tuas wiper, mengingat kinerjanya memang seperti tuas.

Ketika wiper dinyalakan, motor akan otomatis memutar crank arm. Setelah itu, batang penghubung akan saling menarik, membuat wiper bekerja bergerak setengah lingkaran, kemudian mengelilingi poros pivot. 

  • Motor Wiper

Motor wiper ini merupakan salah satu komponen inti dari alat penyapu ini. Fungsinya sebagai penggerak sehingga penyapu kaca ini dapat bergerak membersihkan. Bagian motor ini hadir dengan magnet, serta gigi reduksi.

Selain itu, ada juga tipe ferrite magnet yang berisikan lilitan coil. Untuk jenis motor magnet yang saat ini sering dipakai adalah ferrite magnet. Ukurannya kecil, sehingga bobotnya ringan mendukung performa wiper. 

  • Wiper Arm

Komponen penyapu satu ini memiliki sebuah pegas yang bertujuan untuk menahan blade wiper. Selain itu, ada juga arm piece yang bermanfaat untuk mendukung proses pemasangan. Wiper arm ini juga berguna sebagai penahan keseluruhan wiper itu sendiri. 

  • Wiper Blade

Komponen satu ini berisikan karet yang fungsinya untuk membersihkan permukaan kaca. Bagian ini hadir dengan beberapa komponen pendukung. Mulai dari leaver and clip, hingga leaf spring packing.

Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru Karena Fungsinya Sangat Vital

Banyak yang mengira bahwa wiper tidak terlalu vital fungsinya, tidak seperti komponen mesin kendaraan. Padahal, manfaatnya sangat penting terutama saat berkendara di tengah hujan. Sebelum indikator wiper mobil harus diganti baru, ketahui terlebih dahulu perannya bagi kendaraan.

  • Menghalau Aneka Penghalang di Kaca

Fungsi utama dari wiper sebagai penghalau. Tidak hanya air, melainkan debu, minyak, dan berbagai kotoran yang menempel dan mengganggu pandangan dapat dihalau. Bayangkan saat mengendarai mobil, ternyata pandangan terganggu karena hal-hal tersebut.

Tentu Anda tidak harus turun dan membersihkan segala gangguan secara manual. Wiper dapat langsung diaktifkan untuk menghalau segala hal yang mengganggu pandangan, secara otomatis jadi pentingnya indikator wiper mobil harus diganti baru. 

  • Fungsinya Semakin Utama dengan Kombinasi Washer

Berbicara tentang ketentuan indikator wiper mobil harus diganti baru, tidak lepas dari peranan washer. Antara wiper dan washer sama perannya. Kinerja penyemprot air ini bermanfaat menyemprotkan cairan pembersih kaca mobil. 

Untuk washer ini tidak hanya ditempatkan di depan, melainkan bisa di bagian belakang kaca. Sebagai informasi, tidak semua kotoran yang menempel di kaca bersih karena sapuan wiper. Hadirnya washer ini akan memaksimalkan pembersihan sehingga kotoran tidak semakin menumpuk. 

Peranan washer pada wiper juga berguna meringankan kinerja Anda. Tidak perlu lagi cara manual untuk membersihkan kaca. Selain itu, hasil pembersihannya juga sangat maksimal, sehingga kaca mobil akan selalu on point kebersihannya. 

Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru? Ini Ketentuannya

Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru_Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru? Ini Ketentuannya
Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru_Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru? Ini Ketentuannya

Beberapa indikator wiper mobil harus diganti baru sebenarnya lumrah saja. Mengingat perangkat satu ini sifatnya memang mengikis, sehingga pasti perlu diganti jika sudah lama. Akan tetapi, bagaimana kondisi paling tepat untuk mengganti wiper? Beberapa poin ini tentu bisa menjadi pertimbangan Anda. 

  • Bunyi Terdengar Berdecit 

Indikator wiper mobil harus diganti baru bisa dilihat dari kinerjanya yang tanpa suara. Jika terdengar suara berdecit saat dipakai, kemungkinan adanya kerusakan bisa terjadi. Bunyi berdecit ini bisa muncul karena plastik di wiper terseret, sehingga menekan kaca.

Akhirnya, karet tidak akan menyentuh kaca dengan sempurna. Bunyi decit yang mengganggu pasti akan terdengar. Jika kondisinya sudah demikian, saatnya untuk membawa mobil ke servis, khususnya tempat penggantian wiper. 

  • Penampangan Karet Retak atau Robek

Komponen indikator wiper mobil harus diganti baru paling sering ada pada karetnya. Karet di penyapu ini sering mudah aus karena menjadi bagian yang langsung bersentuhan dengan kaca.

Hal ini semakin parah dengan paparan sinar UV yang membuat bagian karet mudah retak. Tahu karet wiper masih bekerja baik atau sebaliknya dilihat dari kemampuannya menekan kaca. Jika masih optimal, berarti belum saatnya diganti. 

  • Bentuk Rangka Bengkok

Bagaimana jika rangka wiper menjadi bengkok? Hal ini akan membuat proses pembersihannya tidak menyeluruh. Ada beberapa bagian kaca mobil yang tidak mampu tersapu, sehingga kotoran atau tetesan air mengganggu.

Untuk melihat apakah rangka penyapu ini bagus atau sebaliknya, perhatikan kinerjanya. Lihat pola wiper saat sedang bekerja. Nyalakan dalam kecepatan rendah, dan cek apakah proses pembersihannya maksimal atau sebaliknya. 

  • Perekat di Wiper Sudah Aus

Fungsi perekat pada wiper sangat vital. Gunanya untuk menahan bagian rangka agar tidak ambruk saat dipakai. Bayangkan jika bagian tersebut justru sudah memudar, hal fatal tentu akan terjadi pada komponen kendaraan Anda. 

Indicator wiper mobil harus diganti baru, bisa Anda lihat pada bagian ini. Perekat pada wiper bisa dikatakan tidak berfungsi jika kinerjanya meninggalkan bekas. 

  • Goresan Akan Muncul di Kaca

Wiper yang bagus tentu tidak akan memunculkan goresan di kaca saat dipakai. Jika hal yang sebaliknya justru terjadi, berarti indicator wiper mobil harus diganti baru. Goresan yang ditimbulkan bisa dikatakan serius, jika sudah dibersihkan tetapi tidak kunjung hilang. 

Bagaimana Cara Merawat Agar Wiper Mobil Lebih Lama Umurnya?

Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru
Ini Ketentuan Indikator Wiper Mobil Harus Diganti Baru

Memiliki peralatan yang masa pakainya lebih lama tentu menjadi dambaan semua orang. Tidak terkecuali komponen wiper pada kendaraan kesayangan Anda. Sebenarnya proses perawatan penyapu debu, air, dan kotoran ini tidak menyulitkan, dengan beberapa step seperti:

  • Menjaga Kebersihan Area Wiper Harus Diutamakan

Kebersihan berbagai sudut kabin memang sangat penting. Indikator wiper mobil harus diganti baru bisa disebabkan karena kotor. Kotoran yang menumpuk di wiper akan berujung pada berkurangnya elastisitas karet.

Sebenarnya untuk membersihkan area wiper cukup dengan beberapa metode sederhana. Salah satunya menggunakan lap bersih, kemudian gosokkan di bagian karetnya secara perlahan. Anda juga bisa memakai kanebo dan cairan alkohol sebagai alternatif lainnya. 

  • Pastikan Cairan di Washer Tidak Surut

Telah dibahas sebelumnya bahwa washer sangat berguna untuk memaksimalkan proses pembersihan. Terdapat cairan berupa sabun dan sejenisnya di dalam, yang nantinya bisa disemprotkan secara otomatis.

Untuk membuat wiper berumur lebih panjang, upayakan untuk mengisi ulang cairan di washer, jangan sampai terlambat. Upayakan cek rutin kadar cairan di dalam washer, agar bisa antisipasi lebih dini jika kehabisan. 

  • Hati-hati Saat Proses Pencucian

Mencuci karet wiper sangat berguna untuk menghalau aneka sisa kotoran. Tujuannya agar karet lebih terjaga elastisitasnya. Sayangnya, Anda tidak boleh asal mencuci karena bisa berujung ke proses pengelupasan, atau berkurangnya elastisitas.

Cuci karet wiper tanpa memakai sabun cuci mobil. Tujuannya agar alat penyapu ini tidak mudah keropos. Untuk memaksimalkan kebersihan karetnya, sebaiknya cukup siram dengan air saja, tanpa perlu dilap lagi. 

  • Elastisitas Karet Wiper Harus Dijaga

Sebelum indikator wiper mobil harus diganti baru, perhatikan sejumlah komponen utama pendukungnya. Salah satu bagian paling utama dari wiper ini adalah karet. Karet sangat berguna untuk menghalau aneka gangguan yang menempel di kaca.

Mulai dari aliran air hujan, debu, hingga berbagai macam kotoran dari luar kabin. Karet di wiper sifatnya elastis sehingga kinerjanya lebih fleksibel. Elastisitas komponen ini tentu harus selalu dijaga, sehingga masa pakai wiper lebih lama.

Jangan lupa untuk memarkirkan kendaraan di tempat yang tidak terlalu tinggi suhunya. Cari tempat yang sedikit teduh, seperti misalnya di bawah pohon. Tujuan utamanya agar karet tidak memuai dan berkurang elastisitasnya.

Baca juga: Cara Mencegah Kecelakaan Di Jalan Tol Dan Tips Mengemudinya

Sebuah wiper akan selalu terjaga keawetannya memang tidak lepas dari bagaimana Anda menjaganya. Salah satu caranya dengan tahu kapan waktunya indikator wiper mobil harus diganti baru, jangan sampai terlambat. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here