Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil

0
349
Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil
Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil

Baik disadari maupun tidak, ada banyak dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil yang akan Anda tanggung. Berdasarkan banyak sumber, jika memungkinkan sebaiknya hal ini dihindari.

Baca juga: Perluasan Ganjil Genap 25 Titik di Jakarta, di Mulai 6 Juni 2022

Terlalu sering mengecas menggunakan power output mobil akan menimbulkan dampak buruk baik untuk ponsel itu sendiri maupun mobilnya. Apabila memang terpaksa, pastikan memeriksa apakah kondisinya memungkinkan atau tidak.

Perhatikan Ini Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil

Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil_Perhatikan Ini Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil
Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil_Perhatikan Ini Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil

Sekarang ini sebagian besar produk mobil sudah dilengkapi dengan port khusus yang didesain untuk mencharger ponsel. Kehadirannya yang cukup membantu, namun banyak orang tidak sadar akan dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil.

Pembahasan seperti ini sangat disarankan diketahui oleh masyarakat yang sering bepergian menggunakan mobil atau sejenisnya terutama bagi para driver online. Apa saja dampak buruknya? Berikut penjelasannya:

1. Memperpendek Usia Pakai Baterai

Muncul berbagai keluhan yang dari orang-orang setelah mengisi daya menggunakan power output mobil. Salah satunya adalah muncul kerusakan pada baterainya seperti daya tidak bisa bertambah ataupun lebih mudah habis.

Perlu diketahui bahwa dampak tersebut memang menjadi salah satu dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil. Ini alasan mengapa Anda tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering. Terkadang malah tiba-tiba ponsel tidak dapat menyala dan tentu membuat pemiliknya kebingungan.

2. Memicu Kebakaran

Meski telah didesain secara khusus, namun tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan kebakaran. Kondisi seperti ini bisa terjadi ketika adaptornya terlalu tegang atau goyang.

Guna menghindari dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil satu ini, saat melakukan prosesnya sebaiknya taruh perangkat pada area yang aman dan minim terjadi goyangan berlebihan. Jika tidak dilakukan hal demikian ditakutkan malah akan memicu konsleting terutama ketika sedang hujan.

3. Membuat Aki Mobil Cepat Rusak

Berdasarkan informasi yang didapat, kemungkinannya memang terbilang kecil, namun hal ini tetap bisa saja terjadi. Saat melakukan pengecasan, pastikan untuk menerapkan prosedur yang disarankan dan jangan sampai sembarangan.

Bukan dilarang sama sekali untuk mengecas menggunakan power output mobil, namun sebaiknya minimalisir dan terapkan di waktu-waktu kepepet saja.

Jangan juga kelamaan karena dampak ngecas ponsel pakai power output mobil bisa saja menyerang kapan saja. hasilnya baik ponsel ataupun mobil tidak bisa bertahan terlalu lama.

Tips Aman Mengecas dengan Power Output Mobil

Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil_Tips Aman Mengecas dengan Power Output Mobil
Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil_Tips Aman Mengecas dengan Power Output Mobil

Agar terhindar dari dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil maka silahkan memperhatikan beberapa tipsnya yang akan dijelaskan pada ulasan berikut:

1. Pastikan Kondisi Memungkinkan

Tegangan arus mobil yang tidak stabil mengakibatkan beberapa masalah khusus. Pertimbangan penting sebelum menjalankan proses ini adalah dengan melihat bagaimana kondisi tegangannya.

Cek terlebih dahulu apakah tegangan yang dihasilkan oleh mesin mobil sesuai dengan ponsel atau tidak. Informasi seperti ini sebaiknya tidak diabaikan jika ingin menjaga daya tahan baterai ponsel sekaligus aki mobil.

Apabila belum mengetahuinya, silahkan terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada ahli dalam bidangnya. Anda juga bisa mencari tahu melalui platform-platform terpercaya.

2. Jangan Terlalu Sering Mengecas dengan Power Output Mobil

Sebenarnya masih diperbolehkan untuk mengecas menggunakan power output. Hanya saja konsentrasi serta durasi waktunya sangat perlu diperhatikan guna menghindari hal-hal tidak diinginkan. Poin ini penting diperhatikan utamanya untuk para driver ojek online. 

Umumnya sebagian besar dari mereka menggunakan power output untuk menambah daya ponsel karena memang kegiatannya dihabiskan di luar rumah. Anda dapat menghindari dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil dengan meminimalisir konsentrasinya serta durasinya.

3. Gunakan Fitur Pengisian Baterai

Mengingat dampak buruk yang ditimbulkan cukup banyak, beberapa brand mobil saat ini sudah menyematkan fitur khusus untuk pengisian baterai. Saat diaktifkan, maka sistem akan melakukan tugasnya.

Fitur khusus ini dapat ditambahkan, hanya saja Anda perlu memperhatikan tingkat kelayakannya. Selain itu juga ketahui mana yang paling cocok dengan desain mobil serta ponsel.

Cari penyedia terpercaya untuk mendapatkan produk dengan kualitas bagus serta dapat meminimalisir dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil.

4. Gunakan Kabel USB yang Tepat

Salah satu manfaat dari menggunakan kabel USB yang tepat adalah mencegah terjadinya kebakaran. Pada dasarnya, saat pengisian daya akan terjadi perpindahan aliran listrik.

Apabila salah dalam penerapannya, tidak menutup kemungkinan muncul percikan api dan akhirnya merembet ke benda lain di sekitar. Hal ini disebabkan oleh:

  • Adaptor Renggang

Perlu diperhatikan, ketika adaptor renggang maka output listrik yang seharusnya langsung menuju kabel USB kemungkinan akan merembet ke bagian lainnya termasuk benda-benda mudah terbakar.

  • Terjadi Pergerakan Adaptor

Bukan hanya longgar, pergerakan adaptor juga meningkatkan risiko kemunculan percikan api. Berdasarkan data di lapangan, salah satu penyebab terjadinya kebakaran mobil adalah adanya pergerakan adaptor yang tidak terkontrol dengan konsentrasi tinggi.

5. Jangan Gunakan Adaptor yang Tidak Kencang

Pada penjelasan sebelumnya sudah disinggung terkait dengan dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil apalagi ketika adaptor tidak kencang. Tips aman mengecas di dalam mobil adalah dengan menggunakan adaptor yang dapat melekat cukup kencang. 

Tujuannya ketika digunakan untuk menempuh perjalanan dengan medan tidak halus maka minim terjadi gesekan. Antara kabel USB dan adaptor yang bergesekan bisa memunculkan percikan api dan membahayakan nyawa penumpangnya.

Ketahui Begini Cara Aman Mengisi Baterai di Mobil

Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil
Dampak Sering Ngecas Ponsel Pakai Power Output Mobil

Tidak boleh sembarangan, Anda perlu menghindari dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil dengan menerapkan cara amannya. Jika penasaran, penjelasan selanjutnya ada pada poin berikut:

1. Hindarkan Tempat Pengisian Daya dari Benda Mudah Terbakar

Jenis benda mudah terbakar terbilang cukup banyak misalnya saja tisu, kertas, ataupun kapas. Saat melakukan pengisian daya, pastikan untuk menjauhkan lokasi sekitar dengan benda-benda tersebut.

Saat memunculkan panas ataupun timbul percikan api, maka tidak akan menyebar dengan cepat. Selalu tempatkan benda-benda mudah terbakar dari area pengecasan. Rapikan juga area tersebut untuk meminimalisir berbagai dampak buruk utamanya kerusakan pada port USB.

2. Segera Cabut Kabel Jika Ponsel Terasa Panas

Saat mengisi daya menggunakan power output, Ada perlu memperhatikan suhunya. Jangan sampai membiarkan ponsel ketika suhunya naik dengan ukuran cukup tinggi karena dapat memicu berbagai dampak buruk.

Periksa secara berkala dan jangan meninggalkannya terlalu lama di dalam mobil tanpa adanya pengawasan. Cara ini bertujuan sebagai kehati-hatian jika mungkin akan muncul percikan api.

Sebaiknya Anda juga menjauhi dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil dengan menggunakannya hanya dalam keadaan darurat saja. Solusinya adalah sebelum melakukan perjalanan jauh, silahkan mengisi penuh baterai di rumah.

3. Jauhkan Ponsel dari Sumber Panas

Sumber panas terbilang beragam salah satunya adalah matahari. Saat mencharger ponsel di mobil, pastikan untuk menghindarkan dari sumber panas termasuk matahari.

Umumnya mobil akan terkena panas berlebihan pada jam-jam tertentu seperti pagi dan sore hari. Anda dapat meminimalisirnya dengan memanfaatkan kaca film atau perlengkapan sejenis.

Hanya saja meskipun telah menggunakan berbagai perlengkapan penunjang, tetap memungkinkan akan muncul dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil, untuk itu silahkan mengatur durasinya.

4. Jangan Menggunakan Ponsel Saat Pengisian Daya

Pada kondisi tertentu memang tidak disarankan untuk menggunakan ponsel selama pengisian daya. Efek panasnya akan bertambah apalagi jika pengisian daya dilakukan di dalam mobil ataupun menggunakan powerbank.

Lama-kelamaan, ponsel yang terus digunakan saat dicharger akan semakin memanas. Lebih berbahaya lagi jika ternyata portnya kendor dan membuat sambungan dengan kabel USB bergoyang.

Percikan api bisa saja muncul dan parahnya menyebabkan kebakaran. Meski berawal dari api kecil, namun mobil merupakan kendaraan sensitif yang sebaiknya dijaga dengan tidak sembarangan dalam penggunaannya.

5. Tempatkan Ponsel Pada Lokasi yang Aman

Aman di sini maksudnya adalah jauh dari benda-benda mudah terbakar dan minim terjadi goyangan. Sebaiknya gunakan kabel USB dengan ukuran tidak terlalu panjang serta sesuai dengan portnya.

Tujuannya adalah agar kabel tidak tersenggol ataupun terkena benda-benda di sekitarnya, karena bisa membahayakan apabila output listrik dari kendaraan tidak tersalurkan secara maksimal.

Umumnya, saat ini mobil sudah dibekali dengan tempat ponsel khusus yang cukup aman dan menjaga suhunya agar tidak sampai mengalami peningkatan secara signifikan saat proses charging.

Baca juga: Tips Aman Bonceng Anak Pakai Sepeda Motor dengan Benar

Saat melakukan pengisian daya di mobil, Anda sangat perlu memperhatikan cara amannya. Manfaat utamanya adalah untuk meminimalisir adanya dampak sering ngecas ponsel pakai power output mobil itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here