Berikut Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis

0
314
Berikut Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis
Berikut Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis

Ada banyak orang yang mencari ciri khusus kampas rem mulai tipis. Pencarian terkait hal ini bisa disebut sebagai hal penting.

Baca Juga: Hyundai Creta, Mobil SUV dengan 4 Varian Lebih Oke dari HR-V

Itu karena kampas rem yang tipis yang berbahaya untuk pengguna. Sekarang dunia otomotif di Indonesia berkembang dengan sangat pesat.

Hal ini tentu berimbas pada peningkatan dapur pacu yang dimiliki. setiap pabrikan seakan berlomba-lomba untuk mengeluarkan seri dengan kualitas dapur pacu terbaik.

Dengan kecepatan yang tinggi, kewaspadaan tentu perlu ditingkatkan. Jika kewaspadaan tidak dimiliki, bukan tidak mungkin hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadi.

Disinilah kampas rem memegang peran penting. Apabila kampas rem berada pada kondisi prima, kewaspadaan bisa dijalankan lebih mudah.

Mengenal Kampas Rem Beserta Fungsinya

Sebelum mengetahui ciri khusus kampas rem mulai tipis, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu kampas rem beserta fungsinya.

Untuk anda yang belum mengetahui, kampas rem biasa ditempatkan di dekat roda. Penempatan tersebut dilakukan agar gesekan pada roda bisa diberikan ketika pengendara ingin menurunkan kecepatan atau berhenti.

Disinilah kampas rem memiliki peran yang sangat penting. Untuk mengetahui fungsinya lebih lanjut, berikut beberapa fungsi yang dimiliki.

  • Kemudahan Pengereman

Fungsi pertama dari kampas rem berhubungan dengan kemudahan pengereman. Besar kemungkinan, inilah alasan utama mengapa anda mencari tahun ciri khusus kampas rem mulai tipis.

Normalnya terdapat kondisi-kondisi dimana pengereman mendadak perlu dilakukan. Ketika pengereman mendadak terjadi, seseorang pasti berharap supaya kendaraan bisa berhenti secepatnya.

Disinilah fungsi kampas rem nampak jelas. Kampas rem memungkinkan kendaraan untuk langsung berhenti walaupun sedang berada pada kecepatan tinggi.

Nantinya kampas rem akan langsung memberikan penekanan pada disc brake. Ini membuat kendaraan langsung mengalami penurunan kecepatan.

Walaupun kampas rem bisa langsung menurunkan kecepatan, jarak aman tetap perlu diperhatikan. Jarak aman terbaik sendiri adalah 3 detik dari kendaraan di depan.

  • Pengaturan Kecepatan

Kampas rem juga memiliki fungsi untuk mengatur kecepatan. Tentu fungsi ini juga menjadi alasan anda ingin mengetahui ciri khusus kampas rem mulai tipis.

Ketika berkendara, injakan pada pedal gas bisa memberikan kecepatan yang berbeda tergantung medan yang dilewati. Injakan pedal yang memberikan kecepatan 40 km/jam bisa bertambah menjadi 50 km/jam ketika jalan tiba-tiba menurun.

Disini penyesuaian kecepatan tentu perlu dilakukan. Apabila tidak disesuaikan, hal-hal yang tidak diinginkan sangat mungkin terjadi.

Disinilah kampas rem memiliki peran yang sangat vital. Dengan adanya kampas rem, penyesuaian kecepatan bisa dilakukan dengan mudah.

Namun kondisi ini hanya akan terasa apabila kampas rem masih tebal. Jika sudah tipis, penyesuaian kecepatan akan tetap sulit dilakukan.

  • Medan Sulit

Fungsi kampas rem terakhir berhubungan dengan medan sulit. Bisa dikatakan seseorang akan terus menginjak pedal ketika kontur jalannya tidak rata.

Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa ciri khusus kampas rem mulai tipis perlu diketahui. Kendaraan pasti sulit bergerak secara maksimal apabila medan sulit ditemukan dan kampas rem tidak berada pada kondisi prima.

Selain medan sulit, kampas rem biasanya sangat bermanfaat untuk jalanan yang terus menurun. Ketika jalan menurun, kecepatan kendaraan biasanya mengalami peningkatan terus menerus.

Ini tentu sangat berbahaya apabila kampas rem tidak berada pada kondisi prima. Pengendalian secara sempurna pasti sulit dilakukan.

Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis

Sebenarnya ada beberapa ciri yang bisa menjadikan indikator kalau kualitas kampas rem menurun. Namun jika yang ditanyakan adalah ciri khusus kampas rem mulai tipis, ada empat poin yang bisa diulas.

Tentu empat poin ini sudah terbukti akurat. Apabila anda masih belum mengetahui, berikut ulasan dari ke empat poin tersebut.

  • Suara Berdecit

Ciri khusus kampas rem mulai tipis pertama bisa dilihat dari suara yang dikeluarkan. Dalam beberapa kondisi, sering terdengar suara berdecit ketika pedal rem ditekan.

Perlu diingat, ini menandakan bahwa kampas rem berada pada kondisi yang sangat buruk. Suara berdecit berasal dari gesekan antar logam.

Dengan adanya suara berdecit tersebut, kampas rem berarti sudah hampir tidak ada. Ini membuat kampas tersebut hanya tersisa bagian besinya. Kondisi ini merupakan titik paling parah dari tipisnya kampas rem. 

  • Pedal Rem Bergerak

Ciri khusus kampas rem mulai tipis selanjutnya bisa dilihat pada bagian pedal. Ketika seseorang menginjak bagian pedal, normalnya kestabilan pada kaki akan terasa.

Namun ada kondisi dimana getaran terasa ketika pedal diinjak. Jika ini sudah terasa, hal tersebut membuktikan kalau kampasnya tidak berada pada kondisi baik.

Getaran berasal dari kontur kampas yang sudah tidak rata. Ini membuat piringan cakram tidak bisa ditekan secara sempurna.

Sebenarnya tidak masalah apabila getaran terasa namun pengereman masih sempurna. Tetapi masalahnya, getaran ini tidak hanya terjadi pada bagian pedal.

Sering ada kondisi dimana getaran yang terasa berhasil mencapai kemudi. Ini jelas mengganggu karena fokus pengendara pasti menurun.

  • Pedal Terlalu Dalam

Pedal terlalu dalam juga bisa menjadi ciri khusus kampas rem mulai tipis. Normalnya, pengereman bisa dilakukan dengan sedikit menginjak pedal.

Namun apabila kampas rem lama tidak diganti, sering terdapat kondisi dimana pedal perlu diinjak sedalam mungkin supaya kendaran berhenti. Ini tentu memiliki efek yang sangat buruk.

Dengan injakan dalam, pengereman tidak bisa secepatnya dilakukan. Pedal terlalu dalam sendiri memiliki teori yang sangat mendasar.

Ketika kampasnya masih tebal, pedal hanya perlu diinjak sedikit untuk membuat kendaraan berhenti. Namun apabila kampasnya sudah tipis, ada perbedaan ketebalan yang terlihat jelas.

Perbedaan ketebalan antara kampas baru dan lama inilah yang membuat pedal terkadang perlu diinjak sedalam mungkin. Nantinya jika sudah para, suara berdecit akan terdengar seperti yang dijelaskan pada poin pertama.

  • Tidak Pakem

Ciri khusus kampas rem mulai tipis selanjutnya berhubungan dengan fungsi itu sendiri. normalnya rem akan dibuat pakem agar kenyamanan terasa.

Namun terdapat beberapa kondisi dimana rem sudah tidak pakem ketika diinjak. Ini bisa menjadi salah satu indikator kalau kampas rem tidak berada pada kondisi prima.

Namun perlu diingat kalau kurang pakemnya rem tidak selalu karena kampas yang kurang tipis. Terkadang hal ini bisa juga disebabkan karena pengaturan rem itu sendiri.

Oleh sebab itu, hal ini perlu anda pastikan terlebih dahulu. apabila ternyata kampasnya masih tebal, cukup atur saja remnya agar kembali pakem.

Bahaya Ketika Kampas Rem Mulai Tipis

Berikut Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis_Bahaya Ketika Kampas Rem Mulai Tipis
Berikut Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis_Bahaya Ketika Kampas Rem Mulai Tipis

Ciri khusus kampas rem mulai tipis perlu diketahui karena ada bahaya yang mengintai ketika kondisi ini dibiarkan. Tentu bahaya pertama berhubungan dengan pengereman mendadak.

Ketika berkendara, pengereman mendadak adalah hal yang pasti dilakukan. Namun ketika kampas rem tidak berada pada kondisi prima, pengereman mendadak tidak bisa dilakukan.

Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan. Menjaga jarak aman memang penting namun hal ini tetap perlu dibarengi dengan kondisi rem yang prima.

Sebenarnya bahaya lebih besar akan terasa apabila kondisi kampas remnya sudah habis dan suara berdecit terdengar. Seperti yang sebelumnya dijelaskan, suara berdecit tersebut merupakan ciri kalau gesekan besi sudah terjadi.

Gesekannya sendiri antara besi kampas dengan besi cakram. Dengan gesekan yang terus terjadi, besi cakram bisa mengalami penurunan kualitas.

Nantinya kalaupun kampas rem diganti, kualitas pengereman tidak akan sebaik sebelumnya. Bahkan berbagai getaran yang mengganggu sangat mungkin terasa.

Jangan Abaikan Fungsi dari Kampas Rem

Mengetahui ciri khusus kampas rem mulai tipis memang penting. Namun perlu diingat kalau mengetahui cara perawatannya juga sama penting.

Dengan mengetahui cara perawatan, kampas rem akan berada pada kondisi prima dalam waktu lama. Ini membuat penggantian tidak perlu rutin dilakukan. untuk informasi lebih lengkap, berikut cara perawatannya.

  • Bersihkan

Pastikan untuk melakukan pembersihan secara rutin. Tentu pembersihan bukan dilakukan pada kampas remnya. Pembersihan perlu dilakukan pada cakram dan dinding kampas dengan menghilangkan pasir dan kerikil halus yang masuk.

  • Jarak

Jarak antara kampas dengan cakram juga perlu diperhatikan. Pastikan kondisinya memang tidak menempel secara terus menerus. Jika kondisinya menempel, gesekan akan terus terjadi sehingga cakram cepat rusak.

  • Lumasi Bearing

Pastikan untuk melumasi bearing secara rutin. Pelumasan ini bertujuan agar kondisi aus bisa dihindari. Ketika bearing tidak terlumasi, kampas rem akan cepat habis.

  • Periksa Minyak

Pastikan untuk mengganti minyak rem secara rutin. Selain itu pastikan juga volume minyaknya berada pada angka yang cukup. Apabila kurang, pengereman tidak akan maksimal sehingga kampas akan cepat habis.

Baca Juga: All New Voxy 2022, Solusi Kendaraan Terbaik

Peduli akan keberadaan kampas merupakan hal yang sangat baik. dengan kepedulian ini, kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akan mengecil. Oleh sebab itu, ketahuilah ciri khusus kampas rem mulai tipis dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here