Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!

0
139
Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!
Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!

Bagi Anda yang baru ingin belajar menyetir, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menyalakan mobil matic dan manual. Jika ingin mempelajari cara mengendarai mobil, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu, bagaimana menyalakan kendaraan tersebut.

Baca Juga: Pasar Mobil Low MPV Semakin Ramai, Pilih yang Mana?

Mobil matic dan manual tentunya memiliki perbedaan, mulai dari cara mengoperasikannya juga segi kenyamanan saat berkendara. Mengendarai matic memang dinilai lebih mudah, namun tidak sedikit orang yang membutuhkan waktu beradaptasi saat berubah dari mobil manual ke matic. 

Cara menyalakan mobil matic dan manual tentunya harus dipahami dengan baik, menyalakan kendaraan merupakan langkah awal yang bisa pengendara lakukan, sebelum benar-benar mempelajari bagaimana cara mengemudikan mobil dengan baik dan benar.

Terkadang beberapa orang sering meremehkan cara menyalakan mobil, padahal ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dan disesuaikan dengan jenis kendaraan. Baik itu mobil matic atau manual, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara menghidupkannya dengan benar.

Cara Menyalakan Mobil Matic dengan Benar

Mobil matic dinilai lebih mudah untuk dipelajari, sebab Anda tidak perlu menggunakan gigi pada saat membawanya. Namun ada beberapa hal penting yang wajib pengendara ketahui, dan terkadang sering dilupakan oleh pengemudi matic.

  • Tuas Transmisi Berada di Posisi P

Sebelum menyalakan kendaraan matic, pengendara harus memastikan bahwa tuas transmisi berada di posisi P atau Park atau Parkir. Dengan memastikan posisi tersebut, maka pada saat kendaraan dinyalakan, terdapat pengaman yang membuat kendaraan tidak bergerak tiba-tiba. 

Pada umumnya, mobil matic tidak akan bergerak meskipun tuas transmisi tidak berada di posisi P. Namun ada beberapa kendaraan matic dengan tahun produksi lebih lama, tetap akan menyala meskipun tuas transmisi dalam keadaan netral.

  • Injak Pedal Rem

Cara menyalakan mobil matic berikutnya adalah dengan menginjak pedal rem, hal ini sama halnya saat Anda membawa motor matic. Untuk menghindari kendaraan bergerak secara tiba-tiba, sebaiknya pedal rem dalam posisi sedang pengemudi injak.

Langkah ini terbilang lebih aman, daripada hanya mengandalkan tuas transmisi berada pada posisi parking. Selain itu menginjak pedal rem berlaku pada semua mobil matic, baik itu dalam kondisi baru atau lama.

  • Jangan Langsung Menyalakan Mesin

Jangan sembarangan dalam menyalakan mesin, pengendara harus memperhatikan lampu-lampu peringatan yang masih menyala pada speedometer. Jika lampu peringatan sudah mati, maka Anda sudah bisa menyalakan mesin pada kendaraan.

Beberapa kendaraan matic juga memiliki metode yang berbeda saat dihidupkan, ada yang menggunakan kunci atau cukup menekan tombol engine start stop. 

  • Tunggu Putaran Mesin Stabil

Cara menyalakan mobil matic berikutnya yaitu menunggu hingga mesin dalam kondisi stabil, dapat dikatakan jika mesin perlu dipanaskan terlebih dulu sebelum digunakan. Jika mesin sudah stabil, maka Anda bisa memindahkan tuas transmisi dalam posisi N atau Netral.

Tahapan yang Benar dalam Menyalakan Mobil Manual

Tahapan yang Benar dalam Menyalakan Mobil Manual_Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!
Tahapan yang Benar dalam Menyalakan Mobil Manual_Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!

Mengemudikan mobil manual memang dinilai lebih rumit, maka dari itu Anda harus terbiasa dalam mengendarainya. Jika sudah terbiasa, maka menyalakan mesin juga mengendarainya jauh akan lebih mudah dan nyaman.

  • Kondisi Gigi dalam Keadaan Netral

Berbeda dengan cara menghidupkan mobil matic, pada manual Anda harus memposisikan gigi pada kondisi netral. Hal ini perlu dilakukan sebelum menghidupkan mesin, agar saat mesin dinyalakan, maka kendaraan tidak bergerak maju atau mundur secara mendadak.

Oleh karena itu jika Anda merupakan pengendara, yang baru dalam menggunakan mobil manual, sebaiknya tidak terburu-buru dalam menyalakan kendaraan. Jika gigi sudah dalam posisi N atau Netral, maka pengemudi bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.

  • Memastikan Audio dan AC dalam Keadaan Mati

Tahapan berikutnya cukup berbeda dengan cara menyalakan mobil matic, yaitu pengemudi perlu memastikan bahwa audio dan AC dalam keadaan mati. Langkah ini bertujuan agar sistem listrik fokus pada mesin saat dihidupkan, sehingga sistem listrik akan bekerja secara maksimal.

  • Starter Mobil

Jika tahapan sebelumnya sudah Anda lakukan, maka pengendara bisa memulai untuk starter mobil. Setelah persneling dalam kondisi netral, maka saat Anda memutar kunci tanpa menginjak pedal rem, maka mesin akan menyala tanpa bergerak secara tiba-tiba.

Hal ini penting untuk Anda ingat, sebab beberapa orang sering melupakan tahapan tersebut, terlebih lagi pengemudi pemula. Menyalakan mobil dengan hati-hati, dapat meningkatkan keamanan saat berkendara dan juga mencegah kerusakan pada bagian tertentu kendaraan.

  • Injak Pedal Kopling secara Perlahan

Langkah selanjutnya cukup berbeda dengan cara menyalakan mobil matic, sebab pengendara bisa menginjak pedal kopling secara perlahan setelah menyalakan starter mobil. Sebelum mobil dikendarai, pengemudi dapat memindahkan gigi percepatan sambil menginjak pedal kopling.

Cara Pengoperasian yang Berbeda antara Matic dan Manual

Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!_Cara Pengoperasian yang Berbeda antara Matic dan Manual
Cara Menyalakan Mobil Matic dan Manual dengan Benar!_Cara Pengoperasian yang Berbeda antara Matic dan Manual

Cara nyalakan mobil matic memang cukup berbeda dengan manual, namun tidak ada salahnya untuk tau cara pengoperasian keduanya. Pada kendaraan manual, Anda akan menemukan 3 jenis pedal, yaitu kopling, rem dan gas.

Pengoperasian pada manual juga lebih rumit, Anda harus memindahkan gigi secara perlahan dengan menggunakan tuas kopling dan pedal kopling. Mungkin pada awal menggunakan manual, Anda akan kesulitan saat menghidupkannya, namun lama kelamaan akan terbiasa.

Berbeda halnya dengan kendaraan matic, di mana hanya terdapat dua pedal, yaitu rem dan gas. Serta menghidupkan matic lebih mudah, pengendara hanya perlu memindahkan gigi dengan alat bernama Gearbox, sehingga tidak perlu menggunakan pedal kopling.

Setelah pengemudi tau cara menyalakan mobil matic dan manual, kini Anda bisa menghidupkannya dengan baik dan benar. Mengetahui tahapan tersebut, juga bisa membuat kerusakan-kerusakan dapat diminimalisir.

Terutama pada bagian sistem listrik, di mana kebanyakan pengendara tidak memperhatikan sistem tersebut dan sering dianggap remeh. Padahal jika bagian tersebut mengalami kerusakan, maka dapat berakibat fatal saat sedang berkendara.

Sebelum mulai berkendara, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada bagian mobil. Seperti halnya rem, tekanan ban, kaca spion, juga lampu. Dengan begitu Anda akan lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Tips Aman Berkendara dengan Mobil Matic ataupun Manual

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda, tips aman berkendara untuk menghindari berbagai risiko yang dapat terjadi. Terutama jika Anda merupakan pengemudi pemula, di mana banyak hal yang mungkin belum diketahui.

  • Memahami Fungsi Setiap Alat 

Fungsi dari segala alat seperti rem, gas dan pedal kopling, merupakan hal wajib yang perlu pengendara ketahui. Pada bagian tengah mobil, Anda akan menemukan tuas transmisi dan rem tangan, yang gunanya untuk mengatur kecepatan dan tenaga kendaraan.

Dan jangan lupakan tanda-tanda serta tombol yang terdapat di dalamnya, seperti tombol lampu sign, klakson, cruise control serta electronic stability control. 

  • Mengatur Posisi Berkendara yang Nyaman

Selain wajib mengetahui cara menyalakan mobil matic dan manual, Anda juga perlu mengetahui tips selanjutnya, yaitu mengatur posisi berkendara yang nyaman. Jika Anda tidak merasa nyaman saat berkendara, maka hal tersebut akan berdampak pada keselamatan.

Posisikan kursi sesuai dengan tubuh Anda, sesuaikan jok dengan posisi kaki, kemudian buatlah sandaran jok menjadi senyaman mungkin. Dan pastikan bahwa kaca spion depan dan samping dapat Anda lihat, periksa kembali sebelum mulai mengemudi. 

  • Fokus dan Tenang

Dalam berkendara dibutuhkan kondisi tenang, sehingga Anda bisa fokus dalam mengemudi. Dengan berpikir lebih tenang, akan meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi, dan Anda bisa menggunakan alat dengan benar.

Selain itu Anda tidak perlu menyetir dengan kecepatan tinggi, usahakan untuk berada di jalur yang benar dan tidak membahayakan pengemudi lain, maka hal tersebut akan membuat Anda terhindar dari kecelakaan atau kerugian.

  • Terbiasa Menyetir Kendaraan

Setelah mengetahui cara menyalakan mobil matic dan manual, Anda juga harus mulai terbiasa untuk mengemudi. Hal ini untuk membuat Anda lancar dalam menggunakan tuas dan pedal, sehingga lama kelamaan Anda akan lebih memahaminya.

Juga jangan lupa untuk belajar parkir kendaraan dengan baik, beberapa pengemudi pemula belum terbiasa untuk memarkirkan kendaraannya, karena diperlukan beberapa teknik. Ajaklah seseorang yang paham mengenai cara mengemudi, untuk mengajari Anda bagaimana tahapan dalam memarkirkan kendaraan.

Dan jangan lupa untuk berlatih beberapa kali, agar pengendara memahami tekniknya. Sebagai pengemudi yang baik, sudah pasti Anda perlu mengetahui dasar-dasar dalam mengemudi. 

Baca Juga: Cara Menghindari Pencurian Mobil Agar Aman Saat Berkendara!

Hal ini tidak boleh disepelekan, apalagi bukan hanya Anda yang membawa kendaraan, namun keselamatan orang lain juga perlu diperhatikan. Setelah Anda mengetahui cara menyalakan mobil matic dan manual, kini Anda perlu terbiasa dalam mengemudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here