Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!

0
187
Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!
Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!

Bisnis bengkel mobil menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan keuntungan besar. Pasalnya, Indonesia menjadi salah satu market kendaraan roda empat terbesar di dunia. Maka tak heran jika pengguna mobil membutuhkan jasa perbaikan kendaraan di bengkel terpercaya.

Baca juga: Mengenal Tilang Elektronik Seperti Apa

Meskipun menjanjikan keuntungan cukup besar, namun ada beberapa faktor kendala yang kerap dialami oleh para pengusaha. Kalian tentu kerap menemui kendala atau masalah ketika berencana membuka usaha perbaikan kendaraan roda empat.

Tidak perlu khawatir, kami akan membagikan beberapa tips serta tutorial cara memulai bisnis perbaikan kendaraan roda empat hingga menghasilkan profit. Dengan begitu, maka risiko mengalami gagal dalam bisnis otomotif ini dapat kalian minimalisir.

Memang, bisnis perbaikan kendaraan roda empat ini membutuhkan modal yang cukup besar. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi tingkat kesuksesan dalam mengelola usaha bengkel kendaraan roda empat.

Sehingga, keuletan serta kecermatan pemilik usaha dalam melihat peluang serta pangsa pasar sangat mempengaruhi kelancaran dalam mengelola bengkel. Jadi, kalian dapat memanfaatkan peluang bisnis yang sedang berkembang, terutama di bidang otomotif ini untuk menghasilkan keuntungan melimpah.

Alasan Memilih Bidang Bisnis Bengkel Mobil

Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!_Alasan Memilih Bidang Bisnis Bengkel Mobil
Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!_Alasan Memilih Bidang Bisnis Bengkel Mobil

Sebagai bisnisman pemula, tentu kalian ingin mencoba bidang usaha yang cukup mudah untuk dikembangkan. Akan tetapi, bidang bisnis tersebut hanya menghasilkan profit yang tidak sebanding dengan modal.

Oleh karena itu, ada beberapa jenis bidang bisnis yang bisa kalian pilih dan kembangkan hingga mendapat profit tetap setiap bulan. Salah satu rekomendasi bidang bisnis yang menjanjikan profit tetap adalah bengkel mobil.

Tercatat, ada banyak faktor serta alasan mengapa kalian disarankan untuk mencoba membuka usaha jasa perbaikan kendaraan roda empat. Alasan yang pertama, bisnis bengkel ini memiliki pangsa pasar yang sangat luas.

Sebab, pengguna mobil di Indonesia sendiri sangat besar. Sehingga, target konsumen untuk bengkel ini sangat luas. Alhasil, persentase modal kembali hingga mendapat profit tetap ini cukup cepat.

Alasan yang kedua, pola bisnis bengkel kendaraan roda empat ini sangat mudah untuk dipelajari. Ada beberapa cara untuk memulai bisnis di bidang otomotif ini. Kalian bisa bekerja sama dengan sistem franchise dengan bengkel mobil yang telah dikenal luas oleh konsumen.

Sistem bisnis ini menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk para pebisnis pemula. Pasalnya, kalian akan mendapat materi serta pelatihan mengelola usaha bengkel hingga memperoleh profit yang diharapkan.

Akan tetapi, kalian harus mempersiapkan modal untuk memulai bisnis bengkel dengan sistem franchise. Selain itu, kalian juga bisa memulai usaha bengkel kendaraan roda dua secara mandiri. Namun, sistem mandiri ini cukup sulit untuk dikenal oleh calon konsumen.

Cara Memulai Usaha Bisnis Bengkel Mobil hingga Mencapai Kesuksesan

Untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis bengkel otomotif, maka ada beberapa langkah-langkah yang harus kalian tahu. Sebab, masih banyak pelaku bisnis mengalami gulung tikar karena kurang diminati oleh konsumen.

Untuk meminimalisir risiko kebangkrutan dalam memulai usaha, maka ada beberapa cara cepat untuk memulai bisnis di bidang bengkel mobil yang harus dipelajari. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Mempersiapkan Modal Bisnis

Langkah pertama, persiapkan modal untuk memulai bisnis. Untuk bisnis bengkel otomotif, setidaknya kalian harus mempersiapkan modal cukup besar untuk memenuhi kebutuhan, seperti sewa tempat usaha hingga membeli peralatan servis mobil.

  • Memilih Sistem Bisnis

Langkah kedua, segera pilih sistem bisnis yang akan kalian kelola. Ada dua macam sistem bisnis untuk usaha bengkel kendaraan roda empat. Kalian bisa menggunakan sistem franchise maupun mandiri. 

Untuk sistem franchise, kalian butuh modal lebih banyak karena sistem ini dibentuk untuk bekerja sama dengan bengkel yang telah memiliki nama besar di Indonesia.

  • Menentukan Lokasi Usaha

Langkah ketiga, segera mencari lokasi untuk membuka bisnis bengkel. Sebab, faktor lokasi juga berpengaruh pada tingkat keberhasilan dalam membuka usaha bengkel mobil. Pastikan kalian memilih lokasi usaha yang memudahkan konsumen untuk berkunjung.

  • Mempersiapkan Alat-Alat Berkualitas

Langkah keempat, lakukan pembelian alat-alat bengkel mobil sesuai dengan standar. Jika kalian memilih sistem franchise, maka seluruh alat telah disediakan oleh induk bengkel. Jika kalian memilih sistem mandiri, maka silahkan mencatat jenis alat bengkel yang diperlukan.

  • Mempekerjakan Karyawan yang Berpengalaman

Langkah kelima, silahkan kalian merekrut para pekerja yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang otomotif. Sebab, bisnis otomotif ini juga bergantung pada skil para montir untuk mencari kepuasan pelanggan yang memilih servis kendaraan di bengkel milik kalian.

Tips Memulai Usaha Bengkel Mobil agar Segera Mendapatkan Profit

Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!_Tips Memulai Usaha Bengkel Mobil agar Segera Mendapatkan Profit
Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!_Tips Memulai Usaha Bengkel Mobil agar Segera Mendapatkan Profit

Sebagai pelaku bisnis, kalian harus paham bagaimana cara meminimalisir kerugian yang berakibat usaha mengalami gulung tikar. Oleh sebab itu, ada beragam tips yang wajib kalian terapkan dalam mengelola bisnis bengkel kendaraan roda empat ini.

Dengan harapan, risiko gulung tikar dapat kalian hindari. Selain itu, tips-tips yang kami bagikan ini juga dapat meningkatkan peluang untuk segera mendapat profit setiap bulan dari usaha bengkel mobil yang sedang dikelola.

Tips yang pertama, ketahui pangsa pasar potensial dari usaha bisnis yang sedang kalian jalankan. Tujuannya untuk mengetahui berapa besar potensi konsumen yang mempercayakan servis kendaraan melalui bengkel milik kalian.

Selain itu, kalian tentu membutuhkan masukan dari konsumen untuk meningkatkan pelayanan usaha bengkel milik pribadi. Tips yang kedua, gunakan media sosial untuk memasarkan usaha bengkel yang sedang berjalan.

Kalian dapat memanfaatkan jaringan internet untuk membangun brand awareness hingga promosi usaha bengkel. Kalian bisa membangun jaringan konsumen menggunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Selain itu, kalian dapat menjual jasa atau produk spare part melalui aplikasi e-commerce. Dengan begitu, maka usaha bengkel yang sedang kalian jalankan dapat berkembang dengan pesat hingga menghasilkan profit.

Tips yang ketiga, berikan pelayanan prima bagi konsumen yang berkunjung ke bengkel milik pribadi. Salah satu bentuk pelayanan prima adalah menyediakan fasilitas penunjang untuk menjaga kenyamanan konsumen.

Selain itu, kalian harus bekerja sama dengan distributor spare part terbaik untuk menyediakan peralatan servis terpercaya bagi konsumen. Sebab, kenyamanan dan kepuasan konsumen adalah kunci dalam mengelola bisnis bengkel di dunia otomotif.

Strategi Bisnis Usaha Bengkel Mobil agar Tidak Bangkrut

Tercatat, ada beberapa strategi bisnis yang membantu kalian untuk meminimalisir risiko gulung tikar atau bangkrut. Harapannya, usaha bengkel yang kalian kelola dapat berkembang pesat dan risiko gulung tikar dapat dihindari.

Strategi bisnis yang pertama adalah membangun relasi dengan komponen usaha bengkel. Salah satunya adalah mencari produsen serta distributor spare part terbaik. Kalian harus memiliki banyak stok jenis spare part dari berbagai merk-merk mobil ternama.

Hal tersebut tentu memudahkan montir serta mekanik ketika melakukan perbaikan mobil yang mengalami kerusakan. Strategi bisnis yang kedua adalah memperbanyak promo-promo untuk menarik minat calon konsumen. 

Salah satu bentuk promo menarik adalah memberikan potongan diskon untuk jenis produk atau layanan tertentu. Selain itu, kalian juga dapat menyediakan promo bundling untuk jenis pembelian tertentu. Sehingga, promo menarik yang kalian sediakan dapat meningkatkan profit perusahaan.

Estimasi Modal dan Perkiraan Profit untuk Bisnis Bengkel Mobil

Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!_Estimasi Modal dan Perkiraan Profit untuk Bisnis Bengkel Mobil
Cara Memulai Bisnis Bengkel Mobil, Dijamin Langsung Cuan!_Estimasi Modal dan Perkiraan Profit untuk Bisnis Bengkel Mobil

Modal menjadi salah satu faktor utama dalam berbisnis. Sama halnya dengan bengkel kendaraan roda empat, kalian harus mempersiapkan modal. Bagi kalian yang memilih sistem bisnis franchise, maka modal yang dibutuhkan cukup besar.

Rata-rata, sistem franchise bengkel kendaraan roda empat ini membutuhkan modal sekitar Rp. 500.000 atau lebih. Akan tetapi, perkiraan profit untuk kembali modal cukup cepat. Umumnya, pengelola akan mendapat profit kembali modal sekitar 4 bulan hingga 5 bulan, tergantung performa dan tata pengelolaan bisnis.

Pasalnya, kalian akan mendapat berbagai support dari bengkel induk. Mulai dari lokasi usaha, peralatan yang dibutuhkan, pelatihan hingga modul materi untuk mengelola bisnis hingga mendapat profit stabil.

Bagi kalian yang memulai bisnis dengan sistem mandiri, maka modal yang dibutuhkan sekitar Rp. 400.000. Biaya tersebut belum termasuk sewa lahan untuk membuka usaha bengkel. Lalu, untuk profit yang diharapkan dengan sistem bisnis mandiri ini membutuhkan waktu sekitar 1 tahun atau lebih.

Baca juga: Peraih Kategori The Best Pada GIIAS 2022, Banyak Diluar Dugaan

Sebagai pelaku bisnis, kalian tentu membutuhkan masukan terkait bidang usaha yang akan digeluti. Salah satu rekomendasi bidang bisnis yang menghasilkan keuntungan cukup besar ada di bidang otomotif. Maka dari itu, ketahui tips dan cara memulai bisnis bengkel mobil hingga mendapatkan profit tak terbatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here