Berapa Biaya Konversi Motor Listrik? Apa Kelebihan dan Kekurangannya

0
373
Berapa Biaya Konversi Motor Listrik? Apa Kelebihan dan Kekurangannya
Berapa Biaya Konversi Motor Listrik? Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Inisiatif untuk mengubah sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi sepeda motor listrik atau konversi motor listrik kini sedang digalakkan oleh pemerintah. Mengurangi polusi dan konsumsi bahan bakar adalah tujuannya (BBM).

Baca juga : Macam-Macam Seri Helm Arai dan Daftar Harganya

Agar sepeda motor yang dimodifikasi layak jalan dan mendapatkan surat-surat legalitas yang diperlukan, beberapa komponen harus diganti, sehingga ada biaya yang harus dikeluarkan, tentu biayanya tidak murah.

Berapa Biaya Konversi Motor Listrik?

Berapa Biaya Konversi Motor Listrik?
Berapa Biaya Konversi Motor Listrik?

Senda hurmuzan kanam, Dirjen EBTKE, Ditjen Pusat Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, menyatakan biaya konversi non matic saat ini sebesar Rp. 15 juta. Kemudian, Rp. 14,1 juta dihabiskan untuk sepeda motor matic.

Pengetesan motor listrik konversi di BPLJSKB selanjutnya akan menelan biaya Rp. 430.000. Ini belum termasuk biaya transportasi ke lokasi pengujian. Kemudian ada biaya tambahan Rp. 500.000 untuk pemeriksaan fisik nomor mesin lama, nomor motor listrik, nomor rangka, STNK, TNKB, dan BPKB. 

Lalu ada tambahan service charge Rp. 1,2 juta untuk konversi motor listrik ke tempat reparasi berizin. Ini terpisah dari harga penggantian suku cadang standar atau suku cadang motor. Namun di Kementerian Perhubungan, pemberian jahitan dan recoil dikenakan biaya Rp. 0.

Berdasarkan biaya tambahan tersebut, konversi dari motor listrik ke kendaraan non matic menelan biaya sekitar Rp. 17,1 juta, sedangkan konversi sepeda motor otomasi menelan biaya sekitar Rp. 16,23 juta.

Honda Beat, Honda Scoopy, dan Yamaha Fino adalah beberapa model sepeda motor bensin yang kemungkinan akan dirubah di bengkel p3tek, menurut Senda. Honda Supra X 125, Honda Blade, Honda Revo, Vega R Dan Zr, Jupiter Mx, Shogun 125, dan Honda Win 110 Cc adalah model non matic.

Ia mengungkap mekanisme operasi dasar mesin bensin yang telah diubah menjadi motor listrik. Karena tenaga penggeraknya adalah mesin listrik, yang tidak memerlukan proses pembakaran seperti penggantian oli, busi, pengepakan, dan filter.

Akibat minimnya emisi CO2 yang dimiliki motor listrik ini berpotensi menyumbang pencemaran udara setempat, maka disebut sebagai kendaraan ramah lingkungan. Sekitar Rp. 65.000 merupakan keuntungan dari pajak tahunan kendaraan bermotor yang relatif lebih kecil. 

Senda mengklaim bahwa pemerintah bekerja untuk membangkitkan rasa ingin tahu masyarakat tentang konversi. Untuk itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong pemberian paket insentif dengan menurunkan harga pembelian paket baterai untuk konversi motor listrik.

Menurut Senda, tipikal sepeda motor listrik modern dapat menempuh jarak antara 40 hingga 60 kilometer dengan sekali pengisian baterai.

Menurutnya, biaya energi listrik sekitar $1 per kwh untuk mengendarai sepeda motor listrik dengan jarak rata-rata 40 kilometer. Sementara sepeda motor bensin membutuhkan penggunaan bahan bakar kurang lebih 1 liter Pertalite untuk menempuh jarak 40 km.

Menurut Senda, pemakaian bulanan sekitar 25 kwh akan memakan biaya sekitar Rp. 36.250 dengan tarif listrik Rp. 1.450 per kwh.

Jika sebulan mengendarai sepeda motor dengan bahan bakar bensin membutuhkan 25 liter bahan bakar, menggunakan propana akan dikenakan biaya Rp. 250.000. Tentu saja, ini belum termasuk harga pembelian oli gardan dan oli motor.

Tapi, awalnya Kalian harus membeli baterai untuk konversi motor listrik ini. Juga, penggantian baterai diperlukan. Karena baterai ini berumur antara 3 sampai 5 tahun. Menurut perawatan, untuk daya tahan baterai, penelusuran di pasaran mengungkapkan, harga sebuah baterai kini berkisar Rp. 8,5 juta per unit.

Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik  Dibandingkan Motor Konvensional

Sejak harga BBM kembali naik, banyak yang mulai mempertimbangkan konversi motor listrik sebagai pilihan. Namun sebagian lain yang masih asing dengan kendaraan yang ditenagai oleh listrik ini tentu ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan dari motor listrik.

Calon pembeli harus mendapat informasi lengkap tentang kelebihan dan kekurangan motor listrik. Ini karena kendaraan setrum berbeda dalam beberapa hal dari sepeda motor bertenaga bahan bakar biasa.

Menurut beberapa orang, konversi motor listrik bisa menggantikan sepeda motor yang berbahan bakar bensin. 

Kelebihan Motor Listrik

Motor listrik memiliki beberapa kelebihan, termasuk fakta bahwa mereka lebih hemat biaya dan ramah lingkungan, untuk informasi selengkapnya simak ulasan dibawah ini.

  • Perawatan Lebih Mudah

Sebagian orang mungkin masih percaya bahwa merawat kendaraan listrik itu mahal dan rumit.

Berlawanan dengan kendaraan konvensional, perawatan motor listrik biasanya lebih sederhana daripada motor konvensional.

Hal ini disebabkan jumlah komponen konversi motor listrik secara keseluruhan lebih sedikit dibandingkan dengan komponen motor konvensional.

Selain itu, penggantian oli rutin dan perawatan mesin tidak diperlukan untuk motor listrik. Namun, hanya minyak rem, ban, dan kampas rem yang perlu diperbaiki.

  • Lebih Terjangkau

Kita pasti akan menghindari berhenti di pom bensin untuk mengisi bahan bakar saat mengendarai sepeda motor listrik.

Mengingat betapa mahalnya biaya untuk mengisi konversi motor listrik secara umum, kalian dapat berargumen bahwa ini lebih hemat biaya, daripada membeli bensin.

Selain itu, sejumlah daerah baru-baru ini menurunkan pajak kendaraan listrik menjadi nol persen.

  • Ramah Lingkungan

Motor listrik ini tidak mengeluarkan emisi gas yang dapat merusak kualitas udara, berbeda dengan motor konvensional. Ini agar konversi motor listrik ini bisa berjalan dengan tenaga baterai daripada bensin. Karena itu, tidak ada gas buang yang meningkatkan kadar karbon dioksida di udara.

  • Suara Motor Lebih Halus

Teman-teman, manfaat motor listrik yang kedua adalah suara mesinnya lebih halus. Ini karena motor listrik tidak menghasilkan kebisingan seperti motor konvensional karena tidak memiliki proses internal.

Suara yang lebih lembut dari motor listrik dapat membantu pengemudi dalam situasi tertentu. Misalnya, pengendara tidak diwajibkan mematikan mesin sepeda motor saat melewati gang perumahan pada malam hari karena khawatir mengganggu ketenangan warga.

Kekurangan Motor Listrik

Kekurangan Motor Listrik
Kekurangan Motor Listrik

Sepeda motor listrik juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan sepeda motor berbahan bakar bensin, antara lain sebagai berikut:

  • Beban Maksimal Tidak Terlalu Besar

Kelemahan selanjutnya pada motor listrik adalah beban maksimumnya yang masih terbatas.

Meski rangka konversi motor listrik kuat, namun beban maksimalnya berbeda dengan sepeda motor konvensional.

Sekalipun daya maksimum motor listrik terdaftar sebagai 150 kilo, Kalian tidak dapat terus menggunakannya pada level tersebut.

Seberat 120 kilo saja, atau seberat dua orang yang bepergian sendirian, merupakan beban maksimal yang bisa dipikul oleh sepeda motor ini.

  • Charging Station Masih Jarang

Perlu diketahui bahwa sepeda motor listrik adalah kendaraan dengan jarak tempuh 80 hingga 100 kilometer.

Jika motor kehabisan tenaga di tengah perjalanan, tidak ada jaminan akan ada stasiun pengisian daya setiap 100 kilometer. Karena itu, perjalanan jauh saat ini tidak bisa dilakukan dengan sepeda motor listrik.

  • Minimnya Bengkel Resmi 

Seperti poin sebelumnya, tidak banyak bengkel resmi konversi motor listrik. Kita menjadi kesulitan apabila motor mengalami masalah. Tidak seperti bengkel sepeda motor konvensional pada umumnya. 

Selain bengkel resmi, Indonesia masih memiliki kelangkaan suku cadang sepeda motor listrik. Suku cadang adalah bagian yang mencakup bagian-bagian berbeda dari suatu unit dan melayani tujuan tertentu.

Kalau sudah begini, pembatasan motor listrik tentu akan cukup menyulitkan dan memakan waktu cukup lama.

  • Harga Baterai Mahal

Motor listrik masih kekurangan sejumlah fitur lainnya. Salah satunya adalah harga baterai saat ini yang terbilang mahal. Harga tersebut diklaim mahal karena pada dasarnya baterai sepeda motor listrik tidak diproduksi sembarangan.

Ada begitu banyak hal untuk dipikirkan. Seperti ukuran baterai, umur panjang, dan kapasitas agar desain motor tidak terlalu besar. Nyatanya, menurut laporan, beberapa baterai untuk motor listrik juga harus dibeli dari luar negeri terlebih dahulu.

Pada intinya modifikasi motor listrik diperbolehkan, namun tetap harus melalui proses pengujian. Untuk memastikan motor listrik handal dan aman digunakan di jalan umum, diperlukan pengujian ini. 

Masyarakat boleh melakukan modifikasi, tapi kinerja dan keamanannya harus dievaluasi di bengkel motor listrik yang telah disetujui oleh kementerian perhubungan. Setelah itu, BPLJSKB akan melakukan pemeriksaan fisik.

Baca juga : Yamaha Loyo di Pramusim MotoGP, Pertanda Buruk Musim 2023 Ini?

Diatas adalah informasi lengkap mengenai biaya, kelebihan dan kekurangan konversi motor listrik yang perlu kalian ketahui, semoga bermanfaat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini