Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari

0
65
Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari
Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari

Sekarang kita harus waspada ketika berkendara di tempat sepi, terutama untuk antisipasi begal di malam hari. Pemberitaan kejahatan malam seperti begal kini sudah mulai diangkat kembali. Di beberapa daerah khususnya ibukota, begal selalu muncul di saat jalanan sudah sepi.

Baca Juga: Review Wuling New Cortez Secara Lengkap dan Akurat

Aksi itu biasanya dilakukan oleh 2 orang atau lebih dengan kendaraan bermotor. Pelaku beraksi saat kendaraan Anda muncul di tempat sepi dan tidak ada orang lain di sana. Dalam menjalankan aksinya, Anda akan dicegat oleh pelaku kejahatan yang membawa senjata tajam.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu antisipasi begal dengan mempersiapkan perlindungan diri. Ada banyak alat dan metode yang bisa digunakan untuk melindungi diri sendiri. Selain itu, Anda juga harus tahu bagaimana cara menghindarinya agar tidak bertemu mereka di tempat sepi.

Polisi pada dasarnya sudah sering memberantas begal dengan menjalankan patroli, penelusuran dan pelacakan. Meski begitu, Anda juga harus tahu bahwa perlindungan diri dan orang lain itu penting. Prioritaskan keselamatan berkendara agar Anda bisa sampai tujuan dengan selamat.

Memahami Pentingnya Antisipasi Begal dan Aksi-aksinya

Definisi begal mengarah ke tindakan kejahatan seperti pencurian, perampokan, penganiayaan hingga pemalakan. Aksinya selalu dilakukan dengan menggunakan kekerasan dan senjata tajam. Pelaku bisa menyerang warga sekitar atau pengendara yang melewati wilayah tersebut.

Ketika Anda berada di posisi korban, ada 3 hal yang bisa dilakukan yaitu lari/ kabur, melawan dan menyerah. Antisipasi begal diperlukan untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dari ketiga opsi tersebut. Antisipasinya bisa dari persiapan mental, alat hingga kondisi kendaraannya.

Begal bergerak di malam hari secara sembunyi-sembunyi. Pergerakan begal biasanya menunggu mangsa di satu daerah yang sepi, gelap dan tidak dekat dengan pemukiman. Selain itu, aksinya juga dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor yang manuvernya tinggi dan cepat.

Aksi kejar-kejaran bisa dilakukan ketika Anda kabur dari gertakan pelaku begal. Hal ini tentunya memicu Anda untuk mempersiapkan kondisi kendaraan dengan baik. Antisipasi begal dari opsi kabur adalah mengoptimalkan performa kendaraan agar dapat melaju kencang.

Dengan mengantisipasinya sejak awal, Anda bisa menghindar dari serangan begal. Keselamatan jadi prioritas utama ketika Anda berada di situasi genting. Pembegalan memang berbahaya, tapi jika Anda tahu cara mengantisipasinya maka jalan keluar dari masalah itu pasti ada.

Cara Antisipasi Begal yang Baik dan Benar

Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari_Cara Antisipasi Begal yang Baik dan Benar
Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari_Cara Antisipasi Begal yang Baik dan Benar

Anda bisa mempersiapkan beberapa hal mulai dari pengetahuan dasar keselamatan berkendara di malam hari, perlengkapan perlindungan diri, performa dan peralatan kendaraan. Keempat hal itu sangat penting untuk menjaga keselamatan Anda karena bisa digunakan kapan saja.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai keempat antisipasi pembegalan :

  • Pengetahuan Berkendara di Malam Hari

Antisipasi begal yang pertama adalah dengan belajar mengenai kondisi jalan malam. Anda harus waspada ketika melewati tempat yang gelap dan jauh dari kawasan warga. Sebaiknya Anda lihat dulu lokasi yang akan dilalui menggunakan Google Map atau tanya warga sekitar.

Hal ini bisa membantu Anda untuk lebih waspada terhadap aksi pembegalan. Selain itu ketika parkir di tempat sepi, Anda jangan keluar dari mobil jika menggunakan kendaraan tersebut. Dengan bantuan kaca mobil, Anda bisa terhindar dari serangan begal di tempat sepi.

  • Perlengkapan Perlindungan Diri

Dengan persiapan alat perlindungan diri, Anda sudah menerapkan antisipasi begal. Alat ini hanya digunakan ketika berada di dalam keadaan genting saja. Jika bisa melarikan diri, maka Anda lebih baik melakukannya karena perlawanan bukanlah opsi terbaik.

Selain membuat luka, perlawanan juga dapat mengancam keselamatan nyawa Anda. Pelaku begal yang sadis bisa membunuh korban dengan senjata tajam. Oleh sebab itu, opsi melawan pelaku begal jadi pilihan terakhir karena akibatnya sangat membahayakan.

  • Performa Kendaraan

Baik mobil atau motor, keduanya harus sering dicek agar performa baik dan optimal. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk antisipasi begal adalah menjaga performa. Jika kendaraan dalam keadaan baik, Anda bisa kabur dari serangan begal.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir mobilnya mogok di tempat sepi. Sebelum berangkat usahakan cek dulu kondisi mesin dan kendaraan. Kondisi mesin yang baik akan menjaga Anda selama berkendara di jalanan.

  • Alat Kendaraan

Alat yang digunakan untuk antisipasi begal di kendaraan adalah dashcam atau kamera kecil. Fungsinya tentu saja untuk merekam kejadian perkara atau bisa juga digunakan untuk rekam plat kendaraan pembegal. Dengan begitu, Anda bisa melaporkannya ke pihak berwajib.

Selain dashcam, Mobil juga harus dipersiapkan dengan dongkrak dan peralatan bengkel lain. Tujuannya agar mobil bisa segera diperbaiki jika kondisinya terasa buruk. Untuk pengendara sepeda motor, kamera Yicam dapat dipasang untuk merekam aktivitas pengendara.

Tetap Tenang saat Menjadi Korban Pembegalan

Tahukah Anda salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika berada di situasi genting adalah tetap tenang. Ketika Anda di begal, usahakan untuk tetap tenang dan berpikir logis. Jangan panik ketika diancam atau dipojokkan karena bisa membuat Anda terluka oleh serangan pembegal.

Begal bisa melukai korbannya jika terlalu panik dan membuat kerusuhan. Jaga pikiran dan mental Anda untuk merancang strategi selanjutnya. Pikirkan antisipasi begal yang sudah Anda lakukan untuk lolos dari keadaan genting atau serangan benda tajam para pelaku kejahatan.

Dengan berpikir tenang, Anda dapat memilih opsi terbaik di dalam kondisi genting. Baik itu untuk kabur, melawan atau menyerah, setiap kondisi bisa jadi penentu jalan keluarnya. Mengantisipasi begal juga dilakukan dengan pikiran yang tenang karena celahnya lebih mudah dilihat.

Beberapa Opsi yang Bisa Dilakukan saat Kabur

Berdasarkan antisipasi begal yang sudah dijalankan, kabur menjadi salah satu opsi terbaik. Anda bisa lolos dari bahaya pembegalan dengan cara kabur atau melarikan diri. Berikut ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika kabur dari serangan begal.

  • Membunyikan Klakson

Salah satu bentuk antisipasi adalah dengan mempersiapkan kondisi kendaraan. Klakson Anda gunakan untuk menarik perhatian warga sekitar. Selain itu, klakson mobil atau motor yang dibunyikan secara terus menerus juga mengancam aksi pembegalan tersebut.

  • Mencari Pemukiman Warga

Sebelum berangkat, Anda pastinya harus cek terlebih dahulu lokasi tujuan. Melihat lokasi dan tempat tujuan jadi salah satu bentuk antisipasi begal. Jika terjadi pembegalan, Anda bisa langsung mencari rumah pemukiman warga untuk mendapatkan perlindungan.

  • Senggol Pembegal

Ketika kabur, Anda bisa menyenggol motor pembegal untuk menjatuhkannya. Cara ini harus dilakukan dengan hati-hati karena Anda juga bisa terluka. Ketenangan dalam mengontrol kendaraan jadi satu poin penting yang harus dilakukan ketika Anda di posisi ini.

Lakukan Antisipasi Begal Sebelum Berkendara

Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari_Lakukan Antisipasi Begal Sebelum Berkendara
Antisipasi Begal Ketika Berkendara di Malam Hari_Lakukan Antisipasi Begal Sebelum Berkendara

Ada banyak opsi yang bisa digunakan untuk menghindari begal seperti mencari jalan atau akses terbaik. Namun jika harus datang ke tempat sepi, maka persiapkan diri Anda dengan baik. Berikut ini beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum keberangkatan.

  • Mengajak Teman

Ketika pergi ke tempat sepi, ajaklah teman untuk menemani dan menjaga. Hal ini jadi salah satu antisipasi begal karena pelakunya hanya mencari pengendara tunggal saja. Jika terdapat lebih dari 1 pengendara, maka begal tidak akan berani menjalani aksinya.

  • Bahan Bakar

Tentu saja bensin menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan. Kendaraan dengan bensin yang penuh bisa bergerak dengan leluasa tanpa khawatir berhenti di tengah jalan. Apalagi jika suasananya gelap, Anda disarankan untuk tidak berhenti di sana.

  • Waspada

Ketika berkendara, Anda harus selalu waspada sebagai bentuk antisipasi begal. Jangan mudah percaya pada orang lain dan jangan bergerak lambat. Usahakan kendaraan Anda berada di kecepatan yang cukup untuk melewati daerah sepi dengan cepat.

  • Fokus

Tentu saja fokus diperlukan ketika Anda berkendara di malam hari. Jika posisinya mengantuk, Anda disarankan untuk berhenti di tempat ramai. Tetap fokus saat berkendara agar Anda bisa memantau situasi sekitar ketika berada di tempat sepi dan gelap.

Melawan Kekerasan dengan Alat Antisipasi Begal

Pada dasarnya, perlawanan dilakukan jika Anda tidak bisa kabur dari pembegal. Perlawanan jadi salah satu opsi karena Anda bisa melumpuhkan begal di tempat itu juga. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kemampuan bela diri agar bisa menghindari serangan pembegal.

Jaket tebal menjadi salah satu atribut yang dibutuhkan oleh pengendara sepeda motor. Dengan menggunakan jaket tebal, Anda bisa melawan pembekal dan menghindari luka lebih. Selain itu, sarung tangan dan sabuk juga bisa digunakan sebagai senjata untuk melawan.

Baca Juga: Wuling Almaz Rs, Solusi Mudah Saat Mencari Kendaraan

Begal biasanya tidak berani melawan jika sudah mendapatkan luka lebih. Anda harus berhati hati ketika mencoba melawannya karena pembegal selalu bergerak bersama orang lain. Antisipasi begal sejak awal agar keselamatan Anda di jalanan terjamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here