Masa Pandemi? Ikuti Tips Traveling Menggunakan Mobil Nyaman dan Aman Yuk!

0
140
thumb mobil travel - Tips traveling menggunakan mobil

Indonesia merupakan negara dengan berjuta destinasi wisata yang sangat indah. Tentunya Kamu tidak akan melewatkan kesempatan untuk traveling. Namun kondisi saat ini cukup sulit untuk bisa menikmati liburan. Hendak berlibur ketika pandemi? Ikuti tips traveling menggunakan mobil berikut.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Motor yang Cocok Untuk Travelling Aman dan Nyaman

Pada masa pandemi ini, memang lebih banyak disarankan untuk menggunakan mobil dibandingkan transportasi umum. Hal ini untuk mencegah penularan pada saat bepergian. Dengan menggunakan mobil pribadi, Kamu bisa lebih mudah menyesuaikan kondisi dan lebih berhati-hati.

Berikut Tips Traveling Menggunakan Mobil

Pandemi virus saat ini memang berlangsung cukup lama. Kondisi ini juga menimbulkan hal baru tentang protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Akan tetapi Kamu masih bisa untuk traveling ke beberapa tempat dengan aman. Pelajari rangkuman tips agar bisa traveling dengan aman dan nyaman.

1. Mencari Informasi Destinasi yang Dituju

Sebelum berangkat traveling, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencari informasi terlebih dahulu akan tujuan wisata yang hendak dikunjungi. Terlebih lagi untuk kondisi saat ini dimana ada beberapa wilayah yang tidak boleh dikunjungi.

Pastikan tempat wisata tersebut apakah masuk dalam zona merah atau justru masuk di zona hijau. Cari informasi juga tentang ketentuan yang ditetapkan oleh pengelola. Jangan sampai ketika sudah sampai di tujuan, justru tidak bisa menikmatinya.

Salah satu informasi yang tak kalah penting untuk diketahui adalah, apakah disekitar objek terdapat akomodasi yang tepat. Pilihlah beberapa akomodasi yang sesuai dan memiliki protokol kesehatan yang jelas dan fasilitas yang dibutuhkan.

Khusus untuk masalah akomodasi, carilah informasi akomodasi mana yang memiliki sistem pencegahan dari virus corona. Hal ini penting agar Kamu dan keluarga merasa nyaman dan tenang selama menginap di tempat tersebut.

2. Buka Kaca Mobil

Apabila biasanya Kamu akan menutup rapat kaca mobil dan lebih memilih untuk menyalakan AC sepanjang perjalanan, untuk kali ini lebih disarankan membuka kaca mobil. Tujuannya adalah agar udara segar dapat masuk dan mengalir ke dalam mobil.

Namun perlu diingat bahwa tidak di sembarang tempat juga bisa membuka kaca mobil. Ketika melewati perkotaan padat kendaraan akan lebih baik jika menutup kaca mobil. Namun jika melewati lokasi yang asri, tidak ada salahnya untuk membuka kaca mobil.

Membuka kaca mobil juga bisa mengalirkan udara ke kabin mobil. Sirkulasi udara yang baik akan membuang virus yang mungkin saja ada dalam mobil. Tetap perhatikan kondisi sekitar sebelum membuka kaca mobil, terutama di tempat umum.

3. Sediakan Perlengkapan Kesehatan

Meskipun berada di dalam mobil, namun bukan berarti bebas dari segala macam penyakit. Ketika Kamu ada di dalam mobil untuk waktu yang cukup lama, bisa saja menimbulkan kondisi tubuh yang kurang baik. Misalnya saja lelah, otot kaku, pusing, mual, atau keluhan lainnya.

Hal ini tentunya tidak boleh disepelekan dan harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan. Siapkan berbagai macam keperluan yang berkaitan dengan kesehatan. Contohnya adalah masker, cairan desinfektan, hand sanitizer, obat-obat pribadi, minyak kayu putih, dan lainnya. beberapa perlengkapan tersebut mungkin saja akan berguna selama dalam perjalanan.

Apabila Kamu juga memiliki penyakit tertentu, jangan lupa untuk selalu membawanya kemanapun Kamu pergi. Meskipun pada saat berpergian sedang dalam kondisi sehat dan baik-baik saja, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan semuanya dengan baik.

4. Jangan Terlalu Sering Berhenti

Jika destinasi wisata yang dituju cukup jauh, perhitungan dengan baik titik-titik lokasi pemberhentian selama perjalanan. Misalnya saja untuk mengisi bahan bakar, makan, beribadah, dan keperluan lainnya.

Usahakan untuk tidak terlalu sering mampir ke tempat-tempat selain yang dibutuhkan. Terlalu sering berhenti hanya akan membuang banyak waktu, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu untuk sampai ke tujuan.

Akan lebih baik lagi jika telah mempersiapkan semua bekal dari rumah. Contohnya untuk kebutuhan makan, maka bawalah bekal selama dalam perjalanan. Bisa juga dengan mengisi bensin terlebih dahulu sebelum berangkat, jadi tidak perlu terlalu sering berhenti ke beberapa tempat.

5. Hati-Hati Menggunakan Fasilitas Umum

 

Dalam perjalanan berkendara, tidak bisa dipungkiri jika harus berhenti untuk keperluan buang air kecil atau besar. Pilihannya adalah dengan menggunakan toilet umum. Jika memang harus menggunakan toilet umum, perlu untuk berhati-hati ketika berada di dalamnya.

Tetap gunakan masker selama dalam toilet. Jangan lupa untuk jaga jarak dengan orang lain, jika memang harus antri atau banyak yang menggunakan. Jangan terlalu lama didalam toilet, paling tidak kurang dari 10 menit.

Berhubung toilet umum digunakan oleh banyak orang, maka jangan terlalu banyak menyentuh barang atau benda yang ada dalam toilet. Pastikan telah mengguyur toilet ketika sudah selesai menggunakan.

Sebelum keluar, cucilah tangan menggunakan sabun hingga bersih. Lebih baik selalu membawa tisu sendiri ketika hendak ke toilet umum. Keringkan tangan dan lap dengan menggunakan tisu. Jangan lupa sampah dibuang sesuai jenisnya di tempat sampah.

6. Gunakan Cashless di SPBU

Dalam perjalanan jauh, tidak jarang jika harus berhenti untuk mengisi bahan bakar. Ketika haris mengisi BBM di SPBU, lebih baik melalukan pembayaran menggunakan sistem cashless. Hal ini untuk mengurangi resiko penularan virus melalui media uang.

Saat ini hampir semua SPBU memiliki layanan pembayaran secara cashless. Selain lebih praktis, juga tidak perlu bersentuhan dengan uang kembalian. Misalnya SPBU tersebut tidak memiliki fasilitas cashless, segera cuci tangan setelah transaksi.

Siapkan tisu basah dan juga hand sanitizer untuk membersihkan tangan jika harus bersentuhan atau melakukan transaksi secara tunai. Jangan lupa untuk tetap mengenakan masker tanpa membukanya selama proses pengisian bahan bakar.

7. Bawa Bekal Makanan

Jika dulu Kamu bisa berhenti di rest area dan makan dengan tenang tanpa mengingat adanya virus corona, maka saat ini kondisinya berubah. Bukan berarti tidak bisa menggunakan fasilitas rest area sebagai tempat makan, namun akan lebih baik jika membawa makanan dari rumah.

Dengan membawa bekal tersebut, maka jaminan kebersihan dan kesehatan makanan jelas terjaga. Jika tidak sempat membuat bekal, masih bisa membeli makanan sebagai bekal. Namun disarankan untuk membungkusnya saja dibandingkan harus makan ditempat.

Pada saat keluar dari mobil dan hendak membeli makanan, selalu kenakan masker dengan benar. Siapkan uang untuk membayar dan akan lebih baik jika membayar menggunakan cashless. Cucilah tangan sebelum dan sesudah berinteraksi dengan pegawai restoran.

Ketika hendak membeli makanan, perlu juga memperhatikan tempatnya. Belilah makanan di tempat yang bersih dan terjamin kesehatannya. Tetap patuhi protokol kesehatan agar bebas dari penyebaran virus penyakit berbahaya.

8. Hindari Menyetir Ketika Lelah atau Mengantuk

Memulai perjalanan untuk traveling tentu menyenangkan. Namun jika di tengah perjalanan merasa lelah atau mengantuk, jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Bergantianlah untuk menyetir dengan kerabat atau keluarga yang ikut.

Apabila tidak ada yang menggantikan, maka berhentilah untuk beristirahat. Idealnya ketika sudah mengemudi selama 3 hingga 4 jam, istirahatlah paling tidak selama 20 menit. Cobalah untuk mencari tempat yang nyaman di sepanjang jalan.

Lakukan peregangan untuk membuat otot tidak kaku dan cepat pegal. Bisa lakukan gerakan sederhana agar tubuh kembali bugar dan siap melanjutkan perjalanan. Bisa juga meminta anggota keluarga untuk melakukan pijatan pada tubuh yang pegal.

9. Traveling Bersama Keluarga

Tips traveling menggunakan mobil yang tak kalah penting adalah, bepergianlah bersama keluarga. Meskipun bisa saja traveling bersama teman atau kolega, namun akan lebih aman jika bepergian bersama keluarga.

Alasannya adalah, keluarga yang tinggal serumah pasti telah mengetahui riwayat penyakit atau kondisi masing-masing. Berbeda dengan bepergian bersama orang lain, karena Kamu tidak tahu tentang riwayat kesehatannya.

10. Tetap Jaga Jarak

Meskipun berada di tempat yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tetap saja harus jaga jarak dengan pengunjung lainnya. Hal ini berlaku baik di hotel maupun tempat wisata yang menjadi tujuannya.

Terlebih lagi jika menggunakan fasilitas hotel seperti kolam renang atau gym. Pertimbangkan juga durasi menginap di sejumlah akomodasi. Pastikan layanan kamar seperti penggantian sprei dan handuk telah dilakukan setiap harinya.

Baca Juga : 14 Pilihan dan Spesifikasi Mobil Offroad Terbaik Dan Murah

Tips traveling menggunakan mobil memang cukup mengasyikkan dan lebih hemat. Selain kondisi kendaraan yang harus prima, masalah kesehatan dan pencegahan penularan virus menjadi prioritas saat ini. Pandemi yang belum usai membuat Kamu harus selalu waspada dan tertib menjaga kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here