Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas. Seperti yang kita ketahui bahwa transportasi kini semakin dibutuhkan untuk menunjang kehidupan, contohnya berangkat kerja, berbisnis dan lain sebagainya. Motor, Mobil menjadi pilihan dan menjadi alat transportasi yang diinginkan oleh banyak orang. Selain lebih nyaman dan juga bisa mengangkut banyak penumpang. Bukan hanya itu, berkat teknologi yang semakin pesat banyak sekali inovasi yang dibuat oleh produsen. Disisi lain, karena semakin besar permintaan konsumen maka tidak heran bahwa kini banyak sekali mobil dengan harga yang di bandrol dengan harga yang murah dengan kualitas mumpuni.

Walaupun demikian sebagian orang ada yang lebih memilih membeli mobil bekas, mesti bekas namun terkadang masih bisa digunakan tergantung kita memilih mobil dengan kondisi yang bagaimana. Untuk kalian yang mempunyai simpanan yang terbatas maka membeli mobil bekas menjadi salah satu solusi terbaik dibandingkan membeli mobil baru dengan harga yang cukup fantastis.Perlu kalian pahami, menghemat pengeluaran juga penting, namun terdapat beberapa tantangan ketika membeli mobil bekas, dalam melakukan pembeliannya tentu harus berhati – hati, selain itu juga jangan terburu – buru membeli yang bisa saja membuat kerugian finansial di masa mendatang.Disisi lain kita juga harus tahu bahwa kesehatan mobil bekas memang tidak seperti baru namun masih bisa dibilang prima, namun disisi lain juga tidak menutup kemungkinan , budget yang akan dikeluarkan nanti bisa saja mencapai setengah maupun harga mobilnya, maka kalian harus tahu tips membeli mobil bekas untuk menghindari hal tersebut.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa hal yang mesti kalian perhatikan sebelum kalian memutuskan untuk membeli mobil bekas, simak ulasannya.

Tips Membeli Mobil Bekas

1 . Perhatikan Budget yang Anda miliki

Apabila kalian berpikir ingin membeli sebuah mobil tapi bekas, apalagi dalam pembayarannya secara kredit maka alangkah baiknya budget yang kalian keluarkan tidak lebih dari 20% dari penghasilan Anda. Pasalnya untuk membeli sebuah mobil bekas tentu saja Anda akan kembali merogog kocek yang cukup besar.
Contohnya seperti perawatan tambahan maupun berbagai macam suku cadang yang mesti kalian ganti. Bukan hanya itu saja, bahkan Anda pun perlu membeli bahan bakar maupun tambahan asuransi demi keamanan Anda.

2 . Membuat Daftar Target Mobil yang Hendak Dibeli

Dari beberapa negara, mobil jenis sedan yang bekas tentu sangat diburu oleh orang, namun walaupun demikian mobil jenis tersebut apalagi jika keluaran Jepang memang harganya masih terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, sangat disarankan memilih 3 mobil yang memang sudah mewakili keperluan Anda juga ulasan anggarannya.

3 . Melakukan Survei Harga

Salah satu menjadi tips membeli mobil bekas yaitu memerlukan kesabaran yang cukup ekstra. Oleh karena itu, sering – seringlah melakukan cek harga mobil yang Anda inginkan di berbagai dealer mobil. Selain itu milik pemegang merk, swasta maupun website jual beli online. Seperti yang kita tahu bahwa harga mobil bekas memang bervarian tergantung dari kondisi mobil dan jenisnya.

4 . Mencari Mobil Bekas dengan Lokasi Anda

Memang tidak ada salahnya mencari mobil yang jauh dari lokasi Anda, namun alangkah baiknya carilah yang tidak jauh dari lokasi Anda tinggal. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk melihat mobil secara langsung, bukan hanya itu saja, Anda pun akan tahu bagaimana kondisinya serta tidak memakan banyak biaya untuk kesana kemari mencari mobil bekas.
Kalian juga tahu bahwa mobil bekas merupakan mobil yang sudah digunakan oleh pemilik pertama pergi ke berbagai tempat. Nah untuk mencari mobil, alangkah baiknya Anda perlu menyaring target mobil dari jarak tempuh yang memang sudah dilalui, fitur, harga, jarak mobil itu dekat dengan bengkel ataupun dealer.Walaupun demikian, kemudahan teknologi tentunya memudahkan kita dalam mencari sebuah mobil baik baru maupun bekas baik kapanpun dan dimana pun sehingga, dengan demikian akan menghemat waktu Anda.

5 . Pentingnya Melakukan Pengecekan Riwayat Mobil

Apabila Anda berenca untuk membeli bekas, maka alangkah baiknya kalian membeli dari anggota keluarga maupun teman terdekat , namun tetap riwayat kendaraan harus Anda ketahui tanpa ditutup – tutupi. Umumnya jika kalian melakukan pemeriksaan mengenai kendaran tersebut biasanya dari pihak kepolisian maupun asuransi pasalnya mobil pun dapat dilakukan pengecekan dari nomor identitas kendaraan (INK) atau juga plat nomor.

6 . Menghubungi Penjual

Apabila Anda rasa nyaman dengan mobil yang kalian incar, maka lebih baik menjalin hubungan dengan penjual supaya bisa memvertifikasi informasi mobil yang sedang dicari. Karena ada juga mobil yang dijual dengan cara dititipkan pada dealer. Maka dari itu cek terlebih dahulu kenapa mobil tersebut dijual dengan cara tersebut.Namun disisi lain juga tidka sedikit orang yang langsung melakukan negoisasi dengan penjual. Akan tetapi alangkah baiknya Anda lihat terlebih dahulu mobil yang di cari lalu lakukanlah penawaran

7 . Melakukan Test Drive

Tips membeli mobil bekas yang tidak kalah penting adalah melakukan test drive. Apabila Anda sudah menemukan mobil yang kalian inginkan, maka selanjutnya cobalah untuk meminta penjual untuk melakukan test drive. Hal tersebut tentunya menjadi cara paling tepat untuk bisa menilai peforma mobilnya apakah masih layak digunakan ataupun sebaliknya.Disisi lain juga Anda mesti perhatikan dengan teliti ketika mengemudi, mulai dari masuk kedalam mobil, duduk dibangku penumpang, kondisi jok mobil, posisi pengemudi, fitur – fitur, selain itu apakah terdapat bau yang tidak enak, cek mesin, kondisi Ac dan lain sebagainya. Disisi lain juga cek mobil tersebut apakah bisa di service secara resmi pada bengkel ataupun sebaliknya.

8 . Bawalah Orang yang Paham dengan Mobil

Ketika melakukan pengecekan mobil. Alangkah baiknya kalian membawa seorang teman, rekan maupun ahli dalam mesin. Hal tersebut sering kali dilupakan padahal penting sekali. Tujuannya supaya kalian sebagai pembeli tidak merasa ditipu karena kurangnya pengetahuian mengenai mesin ataupun mengenai mobil yang akan Anda beli.

9 . Melakukan Penawaran

Jika Anda merasa mobil yang Anda cari sudah nyaman, nah langkah selanjutnya dalam tips membeli mobil bekas adalah mulai melakukan penawaran sesuai dengan harga maupun kesepakatan yang diinginkan. Hal tersebut mesti kalian lakukan, supaya tidak menyesal nantinya, pasalnya Anda rasa menghabiskan dana yang cukup banyak.Pada saat melakukan penawaran atau negoisasi pastinya hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memberikan harga yang paling rendah sehingga terjadi kesepakatan. Walaupun demikian kalian juga harus memastikan terlebih dahulu bahwa pihak penjual memang memiliki kondisi yang tenang.

10 . Melakukan cek ulang berkas

Jika mobil sudah secara resmi Anda beli. Hal selanjutnya adalah lakukan pengecekan ulang sebelum Anda melakukan tanda tangan. Kalian harus secara teliti mengecek dokumen – dokumen mobil dari mulai sertifikat, kwitansi, pajak, BPKB, STNK dan lain sebagainya. Akan tetapi apabila Anda membelinya melalui dealer, walaupun mobil bekas tentunya banyak sekali hal yang akan kalian dapatkan dari mulai perangkat anti pencurian, garansi, perlindungan dan masih banyak lagi. Hal tersebut tergantung dari dealer mana yang kalian temui.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai tips membeli mobil bekas. Semoga dengan adanya pembahasan ini, Anda menjadi lebih cermat dan teliti lagi dalam membeli sebuah mobil bekas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here