Tips Perawatan Mobil Tua dengan Benar, Jaminan Awet

0
57
Tips Perawatan Mobil Tua dengan Benar, Jaminan Awet
Tips Perawatan Mobil Tua dengan Benar, Jaminan Awet

Bicara soal mobil tua, tentu hal tersebut tidak akan jauh-jauh dengan topik perawatan mobil tua. Meski terbilang lama, namun jumlah peminat mobil tua di Indonesia sangatlah besar. 

Baca juga: 5 Langkah Hilangkan Karatan Mobil yang Wajib Kalian Pahami

Hingga saat ini, mobil tua masih diminati karena beberapa alasan, termasuk pajak tahunan yang murah dan fakta bahwa mobil lama tidak memiliki sistem elektrik yang kompleks seperti mobil baru. 

Mesin mobil lama masih menggunakan platina atau karburator di mana hal tersebut akan memudahkan kalian saat melakukan perbaikan atau perawatan secara mandiri. Bagi seorang pemula, penanganan mesin karburator relatif lebih mudah.

Apabila kalian ingin melakukan perbaikan di bengkel, sekarang ini sudah ada banyak bengkel umum yang dapat menangani mobil tua dengan biaya terjangkau. Mengenai spare part, mobil keluaran tahun 90-an juga kemungkinan besar masih banyak yang tersedia.

Manfaat Melakukan Perawatan Mobil Tua

Manfaat Melakukan Perawatan Mobil Tua
Manfaat Melakukan Perawatan Mobil Tua

Salah satu  hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi pemilik mobil tua adalah perawatan. Perawatan dalam hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas mesin pada mobil lama tetap dalam kondisi baik dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh kurangnya perawatan.

Ada banyak keuntungan jika kalian rutin melakukan servis mobil secara berkala. Untuk bisa mendapatkan kondisi terbaik, baiknya perawatan dilakukan selama 6 bulan sekali. Adapun keuntungan saat melakukan perawatan mobil tua secara rutin yaitu:

  1. Mencegah terjadinya intervensi.
  2. Menjaga penggunaan bahan bakar kendaraan.
  3. Menjamin keamanan saat berkendara.
  4. Memberikan kenyamanan saat berkendara.
  5. Menjaga kerja terbaik pada setiap komponen mobil.
  6. Perawatan mobil tua terbukti mampu menekan biaya operasional.
  7. Menjaga harga jual kendaraan.
  8. Ramah lingkungan.
  9. Memelihara nilai tukar kendaraan.
  10. Meningkatkan kinerja pada kendaraan secara maksimal.

Itulah beberapa keuntungan yang akan kalian dapatkan saat melakukan servis rutin secara berkala. Sekarang ini, perawatan kendaraan mobil sangat mudah dilakukan, karena sudah ada banyak bengkel resmi yang tersebar di tanah air.

Sekali lagi, penting untuk diingat jika perawatan pada kendaraan tua sangatlah penting untuk dilakukan. Servis rutin nantinya akan menghemat waktu, tenaga, dan uang kalian. Apabila tidak ingin melewatkan jadwal servis, maka catat atau buat alarm pengingat di kalender.

9 Tips Melakukan Perawatan Mobil Tua dengan Benar

9 Tips Melakukan Perawatan Mobil Tua dengan Benar
9 Tips Melakukan Perawatan Mobil Tua dengan Benar

Untuk bisa  menjaga mobil tua tetap dalam kondisi baik untuk waktu yang lama, tentunya kalian perlu memperhatikan seluruh bagian mobil dan melakukan perawatan yang lebih sering dari biasanya.

Bicara soal mobil tua, maka hal tersebut tidak akan jauh-jauh dengan kondisi mobil yang sudah tidak prima, part mobil yang harus diganti, serta masih banyak lagi. Agar bisa mendapatkan kondisi mobil yang prima, berikut beberapa tips dalam merawat mobil tua.

Lakukan Perawatan Rutin Secara Terjadwal

Perawatan teratur adalah langkah penting dalam merawat mobil tua. Ketika kalian melakukan perawatan mobil tua, pastikan untuk mengikuti jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil tersebut. Lakukan perawatan dengan cara mengganti beberapa part berikut:

  • Oli 
  • Filter udara 
  • Filter oli 
  • Serta filter bahan bakar 

Jika perawatan rutin dilakukan dengan benar, semua komponen mobil tua kalian akan dalam kondisi terbaik. Selain itu, perawatan yang dilakukan secara rutin juga akan membuat mobil menjadi lebih awet.

Menjaga Kebersihan Mobil

Membersihkan mobil secara teratur sangatlah penting untuk dilakukan. Kotoran dan debu yang menumpuk harus dibersihkan segera agar tidak mengeras. Kotoran yang dibiarkan terlalu lama dapat merusak cat dan permukaan mobil tua kalian. 

Oleh karena itu, perhatikan mobil kalian secara teratur dan cuci dengan menggunakan sabun mobil yang lembut dan air bersih. Pastikan untuk membersihkan setiap bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti bawah mobil, roda, dan bagian dalam mesin.

Selain itu, lakukan perawatan mobil tua secara teratur untuk memastikan mobil kalian tetap bersih dan terlihat bagus. Cobalah untuk selalu memperhatikan kebersihan mobil, baik dari dalam maupun luar, terlebih ketika musim hujan.

Perhatikan Sistem Pelumasan dan Oli

Pelumasan yang baik sangat penting untuk mempertahankan keawetan dan kelancaran komponen mesin pada mobil tua. Oleh karena itu, penting bagi teknisi untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada semua titik pelumasan, termasuk engkol, poros, dan sendi-sendi. 

Lakukan juga penggantian oli secara rutin. Penggantian oli biasanya ditentukan dari jarak tempuh mobil yang sudah kalian lakukan. Ganti oli mesin secara teratur sesuai rekomendasi pabrik agar semua mesin terlumasi dengan baik.

Perhatikan Kondisi Kelistrikan

Semua bagian sistem kelistrikan harus diperiksa secara menyeluruh agar kondisi mobil tua kalian dalam keadaan prima. Komponen seperti lampu, klakson, wiper, dan sistem elektronik lainnya harus benar-benar berfungsi. 

Lakukan Pemeliharaan pada Aki

Mobil tua tentu akan membutuhkan kondisi aki yang baik agar bisa tetap digunakan. Oleh karena hal tersebut, aki juga harus diperiksa. Cobalah untuk memeriksa pada bagian aki dan terminalnya apakah kondisi pada dua bagian tersebut aman terkendali. 

Kemudian, pastikan juga apakah kabel yang terhubung sudah terpasang dengan kuat dan bahwa bagian terminalnya bersih dan tidak korosi. Pertimbangkan untuk melakukan perawatan mobil tua dengan cara membeli aki baru. 

Pemeliharaan Suspensi dan Kaki-kaki Mobil

Untuk menjaga kenyamanan saat berkendara, kalian harus memeriksa pada bagian sistem suspensi dan kaki-kaki mobil. Agar terhindar dari masalah saat melakukan perjalanan menggunakan mobil tua, ingat juga untuk mengecek bagian roda dan ban.

Pemeliharaan pada Sistem Pendingin Mobil

Sistem pendinginan memainkan peran penting dalam menjaga suhu mesin pada tingkat yang aman, sehingga sangat penting untuk menjaga kondisinya sehingga dapat beroperasi dengan baik. 

Pastikan untuk mengecek bagaimana tingkat cairan pendingin yang terdapat di dalam radiator. Setelah itu, lakukan juga perawatan mobil tua dengan cara membersihkan radiator untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mengganggu aliran udara. 

Perhatikan dari Paparan Cuaca dan Sinar Matahari Langsung

Perlu diingat bahwa kita tidak boleh membiarkan mobil berada di bawah paparan sinar matahari langsung. Ini akan menyebabkan cat di body mobil mengelupas. Kemudian, bagian mobil yang terbuat dari plastik, karet, dan material lainnya juga dapat rusak. 

Lakukan perawatan mobil tua dengan cara mengambil parkir di tempat yang teduh. Menggunakan penutup mobil tahan cuaca dapat membantu melindungi mobil kalian dari hujan, panas, salju, dan debu dalam kondisi cuaca ekstrim.

Lindungi Kondisi Interior Mobil

Interior mobil tua juga memerlukan perawatan yang baik. Bila diperlukan, kalian dapat melindungi permukaan dari kotoran, noda, atau kerusakan dengan menggunakan penutup kursi dan karpet. 

Selain itu, hindari sinar matahari langsung, karena dapat merusak warna dan merusak bahan interior. Selain itu, pastikan untuk membersihkan interior secara teratur dengan penyedot debu atau lap lembut. 

Daya Tarik Menggunakan Mobil Tua

Daya Tarik Menggunakan Mobil Tua
Daya Tarik Menggunakan Mobil Tua

Pada era modern seperti sekarang, jumlah peminat mobil tua dari tahun ke tahun terus meningkat. Tidak bisa disangkal, mobil tua memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak kalangan tetap diminati dan dicari meskipun umurnya sudah bertambah.

Mobil tua untuk saat ini masih banyak dicari dan diinginkan dari berbagai macam kalangan. Tidak hanya orang tua, tetapi juga anak muda saat ini cenderung mencari mobil tua untuk digunakan setiap hari.

Mobil tua secara langsung memang banyak diminati karena keklasikan dan desainnya yang unik. Dibandingkan dengan mobil-mobil yang lebih baru, mobil tua memiliki karakter dan gaya yang berbeda. 

Beberapa mobil tua memiliki desain yang sangat terkenal di seluruh dunia dan dianggap sebagai karya seni. Hal ini membuat mobil tua dianggap sebagai simbol status dan gaya hidup bagi sebagian orang.

Dari segi daya tahan, kendaraan yang dilakukan secara rutin perawatan mobil tua cenderung memiliki reputasi yang baik. Hal tersebut tentu disebabkan karena mobil tua dibangun dengan material yang lebih kokoh dan berkualitas tinggi dibandingkan dengan mobil modern.

Mobil tua dapat bertahan lama dan tetap berfungsi dengan baik meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun. Banyak penggemar mobil tua berpendapat bahwa mobil modern yang penuh dengan teknologi canggih kurang andal dan lebih mudah diperbaiki daripada mobil lawas ini.

Baca juga: Cara Hilangkan Bau Tak Sedap Pada Mobil Terpenting

Terakhir, daya tarik mobil lama bisa didapatkan dari segi restorasinya. Restorasi seperti yang diketahui merupakan proses pengembalian fungsi, body, serta komponen lainnya agar bisa berfungsi seperti keluaran pabrik. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan perawatan mobil tua. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini