Tips Perawatan Honda Astrea C70 yang Benar dan Tepat

0
94
Tips Perawatan Honda Astrea C70 yang Benar dan Tepat
Tips Perawatan Honda Astrea C70 yang Benar dan Tepat

Perawatan Honda Astrea C70 perlu kalian lakukan dengan benar agar motor lebih awet dan tidak mudah berkarat. C70 merupakan salah satu sepeda motor legendaris yang diproduksi oleh Honda dan menjadi kendaraan terlaris. 

Baca juga: 11 Cara Memperbaiki Motor Pasca Terendam Banjir Paling Ampuh

Motor Astrea ini sudah ada sejak tahun 1969 dengan desain klasik dan performanya cukup andal. C70 akan memberikan tenaga yang optimal ketika kalian gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

11 Tips Melakukan Perawatan Honda Astrea C70

11 Tips Melakukan Perawatan Honda Astrea C70
11 Tips Melakukan Perawatan Honda Astrea C70

Honda Astrea C70 memiliki mesin yang berkapasitas 72 cc, sehingga cukup bertenaga untuk melewati tanjakan maupun jalan raya. Bentuk C70 lebih ramping dan elegan dengan tambahan lampu depan bundar yang klasik. 

Tersedia jok yang berbentuk pisang dan tangki bahan bakar, sehingga nyaman saat kalian gunakan. Apabila kalian ingin membawa barang kecil, bisa menggunakan bagasi yang ada di belakang jok kendaraan tersebut.

Bagasi ini sebenarnya sudah memiliki ruang penyimpanan yang cukup lebar dan besar. Di bawah ini sudah ada beberapa tips perawatan Honda Astrea C70 agar tetap dalam kondisi prima, antara lain:

Selalu Cek Kondisi Oli

Pada dasarnya, C70 akan bertahan lebih lama, jika kalian melakukan perawatan dengan baik. Misalnya saja, selalu mengecek kondisi olinya.

Oli mesin merupakan bagian paling penting dari sebuah kendaraan. Sebab, berfungsi untuk melumasi seluruh komponen mesin seperti seher, stang seher, ring seher, dan masih banyak lainnya. 

Oleh karena itu, kalian wajib mengganti oli baru, jika sudah tampak berwarna hitam. Namun, untuk mengganti oli harus kalian lakukan secara periodik. 

Kalian bisa melihatnya dari kilometer atau waktu penggunaan yang pernah ditempuh. Sebab, oli menjadi salah satu penentu awet atau tidaknya spare part dari mesin kendaraan tersebut.

Periksa Kabel Coil Dan Busi

Periksa Kabel Coil Dan Busi
Periksa Kabel Coil Dan Busi

Perawatan Honda Astrea C70 selanjutnya, kita wajib mengganti kabel busi dan koil. Hal ini kita lakukan ketika keduanya sudah terlihat retak atau mengalami pengerasan pada kabel. 

Jadi jangan sampai mengabaikan keberadaan dari kabel coil yang sebelumnya telah terhubung dengan arus listrik ke busi. Busi ini juga harus sering dilihat, kita bisa menggantinya jika terasa mati. 

Sebab, apabila busi mati secara tiba-tiba dan tidak segera diganti akan membuat kita kesulitan.

Periksa Rantai dan Gear

Tips perawatan Honda Astrea C70 ketiga, jangan pernah membiarkan rantai terlalu kencang atau kendor. Sebab, apabila rantai terlalu kendor, akan membuatnya copot dari gir.

Sementara itu, jika rantai terlalu kencang akan membuatnya lebih mudah putus. Oleh karena itu, kita harus sering melumaskan rantai agar tidak mudah patah dan panas.

Namun, apabila kondisi gir sudah terlalu tajam dan tidak layak pakai, kalian bisa langsung ganti dengan yang baru. Sebab, gir yang terlalu tajam juga bisa menyebabkan rantai menjadi putus secara tiba-tiba.

Cek Kondisi Accu

Tips perawatan Honda Astrea C70 berikutnya, kalian wajib mengecek kondisi Accu. Accu juga termasuk ke dalam bagian paling penting kendaraan, karena berfungsi sebagai penyuplai listrik.

Jadi jangan sampai air pada Accu melewati batas minimum maupun maksimum. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan sel-sel Accu menjadi semakin rusak.

Selain itu, apabila kalian merasa Accu sudah mulai berbunyi atau mengalami penurunan daya, maka wajib menggantinya dengan yang baru. Sebab, jika kalian tetap mempertahankannya bisa menimbulkan korosi pada kutub negatif dan positif.

Bahkan, jika kalian biarkan begitu saja akan menimbulkan korosi dan menyebar ke bagian yang lain. Apabila hal tersebut terjadi arus listrik yang dihantarkan oleh Accu juga bisa langsung rusak.

Sementara itu, apabila Accu pada kendaraan sudah lemah, kalian jangan menghidupkan motor dengan cara mendorongnya. Hal tersebut bisa merusak gigi transmisi pada kendaraan.

Periksa Selang Bensin

Selang bensin juga tergolong sebagai salah satu yang komponen penting dalam kendaraan. Sebab, selang bensin yang terhenti akan membuat performa kendaraan tidak maksimal. 

Oleh karena itu, tips perawatan Honda Astrea C70 berikutnya yang perlu kalian lakukan adalah memeriksa kondisi selang bensin. Jangan pernah membiarkan selang bensin retak, kalian harus lebih rajin membersihkan selang jika terlihat kotor. Namun, kalian juga bisa mengganti selang dengan yang baru, apabila bagian dalamnya sudah tidak elastis.

Gunakan Spare Part yang Bagus

Perawatan Honda Astrea C70 berikutnya, kalian wajib mencari sparepart yang terbaik. Sebab, sparepart pada kendaraan harus memiliki kualitas yang teruji. Hal ini agar kendaraan kalian lebih awet, jadi tidak perlu sering ke bengkel.

Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit Sebelum Digunakan

Panaskan Mesin Paling Lama 2 Menit Sebelum Digunakan

Perawatan selanjutnya, sebelum menggunakan motor kalian juga wajib memanaskan kendaraan paling lama 2 menit. Sebab, oli mesin biasanya belum menyebar secara sempurna. 

Namun, jika kalian tidak memanaskan kereta akan berakibat fatal pada sparepart, kemungkinan bisa semakin rusak.

Hindari Membawa Beban 500 Km

Perawatan Honda Astrea C70 berikutnya, hindarilah membawa beban hingga 500 km pada kendaraan yang baru. Hal ini penting sekali kalian ketahui, agar bisa menghindari oli tercampur dengan serpihan logam akibat adanya menginfeksi komponen mesin.

Jadi bagi kalian yang ingin menjalankan sepeda motor dengan kecepatan stabil harus melakukannya secara pelan-pelan. Hal ini agar mesin kendaraan lebih tahan lama dan tetap dalam kondisi mulus.

Melakukan Perawatan berkala (Tune Up)

Perawatan Honda Astrea C70 selanjutnya, kalian perlu melakukan tune up untuk mengetahui komponen yang tergores (aus). Jadi pengaturan pada mesin bisa berubah akibat terjadinya aus terhadap beberapa komponen mesin. 

Oleh karena itu, kalian harus segera melakukan penyetelan ulang dengan tune up ke dealer resmi Honda atau bengkel. Sebab, kotoran dan debu yang telah terhisap oleh karburator bisa saja mengendap. 

Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja pada mesin. Oleh karena itu, kalian harus segera melakukan tune up agar lebih bersih.

Menggeber-geber Gas Motor

Perawatan Honda Astrea C70 selanjutnya, kalian tidak boleh menarik gas kuat atau menggeber-geber motor secara spontan. Sebab, tindakan seperti ini akan mempercepat keausan pada katup bahan bakar, kopling, rantai mesin, piston maupun stang piston.

Apalagi jika motor yang kalian gunakan sudah berteknologi mesin 4 langkah. Sebab, mesin 4 langkah ini jauh lebih rumit daripada sistem bahan bakarnya.

Hal inilah yang sering menimbulkan masalah pada kendaraan motor. Apabila motor tersebut telah menggunakan gigi manual, maka penggunaan gigi akan sesuai dengan kecepatan motor. 

Namun, jika kalian melewati jalanan menanjak, motor perlu tenaga lebih besar. Kalian nantinya juga harus mengurangi gigi agar lebih sesuai dengan kendaraan.

Untuk start kalian bisa menggunakan gigi 1, lalu jika sudah berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4. Sebab, tindakan ini akan berpengaruh pada stang piston, kopling piston, serta rantai mesin (4 langkah).

Selain itu, apabila kalian ingin memanaskan mesin jangan terlalu lama, waktunya cukup 5 menit saja. Sebab, waktu yang terlalu lama tidak baik untuk pendinginan mesin kendaraan.

Apalagi jika mesin hidup terlalu lama dan motor tidak langsung berjalan, nantinya mesin tidak akan mendapat pendingin yang baik.

Rajin Mencuci Motor

Rajin Mencuci Motor
Rajin Mencuci Motor

Perawatan Honda Astrea C70, rajinlah mencuci motor kalian agar tidak cepat berkarat dan keropos. Selain itu, tindakan seperti ini akan membuat rangka motor lebih awet, apalagi jika habis digunakan saat hujan. 

Semoga motor kalian bisa lebih awet dan tetap prima, jika melakukan beberapa tips di atas. Hal terpenting, harga jual sepeda motor kalian akan tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.

Beberapa tips perawatan Honda Astrea C70 yang ada di atas tidak hanya cocok dilakukan untuk pemilik motor Honda Astrea C70, namun bisa diterapkan pada seri Honda lainnya. Karena tipsnya sangat mudah dan simpel, kalian tidak perlu biaya terlalu banyak.

Karena hanya perlu melakukan perawatan kendaraan secara detail. Jadi bisa kita katakan, bahwa Motor C70 sampai saat ini masih menjadi favorit di kalangan penggemar Honda dan motor klasik. 

Baca juga: 3 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap dengan Tepat

Meskipun sudah beberapa dekade berlalu, C70 tetap menjadi pilihan yang populer bagi pecinta motor. Jadi apabila kalian sudah memiliki motor satu ini, jangan lupa untuk sering melakukan perawatan Honda Astrea C70.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini