Tips Merawat Mobil Kesayangan, Agar Tetap Awet Dan Aman

0
538
Thumbnail mobil - merawat mobil kesayangan

Teruntuk anda sebagai pemula yang baru terjun di dunia otomotif karena mempunyai sebuah mobil, anda harus mengetahui cara merawat mobil kesayangan anda. Banyak orang yang malas ataupun menyepelekan untuk merawat kendaraan mereka yang menyebabkan kendaraan mereka tidak terawat dengan baik untuk menunjang performa dan kinerja kendaraan mereka. Sehingga kendaraan tersebut tidak dalam kondisinya yang prima yang membuat kendaraan tersebut sulit dinyalakan atau menjadi mogok.

Baca Juga : Pahami Istilah Water Hammer, Pembunuh Mesin Kendaraan Mematikan

Tentunya anda tidak ingin mengalami hal tersebut terhadap mobil kesayangan anda. Anda tidak perlu untuk merawat mesin kendaraan anda setiap saat. Tetapi anda tetap tidak boleh menyepelekan dan tidak memperhatikan mesin mobil anda sama sekali.

Berikut Beberapa Tips Merawat Mobil Kesayangan Anda

1. Perhatikan Kondisi Oli Dengan Rutin

oli mobil - merawat mobil kesayangan

Salah satu hal yang mudah untuk merawat kondisi mesin anda adalah dengan mengecek kondisi oli pada mesin kendaraan anda. Cek dan pergangtian oli umumnya dianjurkan setiap 5.000-10.000 km, tergantung dari situasi penggunaan mobil anda. Jika mobil tersebut anda gunakan setiap hari dan selama bepergian selalu menghadapi kemacetan, anda bisa mengecek dan mengganti oli anda disetiap 5.000 km.

Anda juga  bisa mengecek kondisi oli tersebut dengan cara meneteskan sedikit oli tersebut ditangan anda, dan jika anda merasakan ada serpihan halus di dalamnya, maka oli tersebut harus segera diganti dengan oli yang baru. Selain itu, apabila saat berkendara mesin mobil terasa kasar dan saat dicek oli sudah menghitam dan encer, maka hal tersebut menjadi tanda bahwa anda harus menggangti oli mobil anda.

2. Aki yang Harus Diperhatikan

aki - merawat mobil kesayangan

Tips merawat mobil kesayangan anda selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi aki. Aki merupakan salah satu komponen yang dapat membekali kelistrikan pada mobil anda. Terdapat dua jenis aki yang digunakan dalam kendaraan tersebut, yaitu aki kering dan aki basah. Sehingga, perawatan setiap jenis aki tersebut juga berbeda. Yang pasti anda harus pastikan ketersediaan listrik di dalam aki mobil anda.

3. Cek Air Radiator

air radiator -  Merawat mobil kesayangan

Air radiator adalah salah satu komponen dalam mobil anda yang berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Jika mengalami kekurangan cairan ataupun terjadi kebocoran pada air radiator, maka akan menyebabkan masalah yang cukup serius pada mesin mobil anda.

Agar anda terhindar dari masalah tadi, sebaiknya anda juga perhatikan dan memastikan kondisi air radiator anda yang harus selalu terisi secara terus-menerus. Penggantian air radiator juga tidak sembarangan. Sebisa mungkin anda menghindari pergantian tadi menggunakan air biasa. Sebaiknya anda menggunakan bahan yang mengandung senyawa kimia anti-thrust dimana senyawa ini akan menjaga ruang radiator agar tetap bersih dan awet. Bahan yang memiliki senyawa tersebut terdapat pada cairan coolant.

4. Periksa Kondisi Kopling Dan Rem Pada Mobil

brakes - merawat mobil kesayangan

Saat kendaraan anda memasuki 10.000-50.000 km, periksalah mobil anda seperti perhatikan kampas kopling dan kampas rem yang mulai haus. Perpindahan gigi akan terasa berat jika kampas kopling tadi sudah mulai habis. Anda juga harus selalu memperhatikan kondisi rem anda setiap 20.000 km atau sebelum berpergian jauh. Walau sepele, dampaknya akan krusial jika terjadi.

5. Perhatikan Kondisi Dan Tekanan Pada Ban Mobil

ban - merawat mobil kesayangan

Selain rem, anda juga harus selalu memperhatikan kondisi ban mobil anda. Tekanan ban sangatlah penting untuk keselamatan berkendara anda. Anda dapat memeriksa tekanan ban anda sebelum melakukan perjalanan jauh atau minimal sebulan sekali.

Anda juga harus memperhatikan kondisi ban tersebut sebelum memulai mengendarainya. Jika anda melihat kondisi ban anda yang mulai tipis atau sesuatu yang aneh pada ban anda, maka sebaiknya ban mobil anda harus segera diganti.

6. Rutin Periksa Kondisi Kabel Dan Lampu

lampu - merawat mobil kesayangan

Untuk kenyamanan pandangan dan tidak bermasalah saat berkendara di jalan, rutinlah memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil anda. Jika ada kabel yang putus, lampu yang mulai redup atau pecah dan terpaksa untuk ganti, maka sebaiknya anda menggunakan spare part atau suku cadang yang direkomendasikan pabrik.

7. Service Atau Tune-Up Secara Berkala

tune up - merawat mobil kesayangan

Merawat mobil kesayangan anda tidak harus selalu dilakukan oleh anda, sang pemilik mobil. Mesin mobil anda tersebut juga membutuhkan sentuhan dari ahli mekanik secara berkala agar performa kinerja mobil anda tetap optimal. Service bukan harus service besar, anda juga bisa melakukan service ringan untuk tetap menjaga stabilitas kinerja mobil tersebut.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Mobil Paling Irit Masa Kini yang Bagus

Sebaiknya anda melakukan service tersebut di dealer resmi atau bengkel terpercaya agar mendapatkan fasilitas terbaik dan terjamin dalam standar kualitas pelayanannya. Dengan begitu kondisi mobil anda akan tetap prima dan awet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here