Tips Merawat Kaliper Rem Cakram, Bikers Harus Tahu

0
30
Tips Merawat Kaliper Rem Cakram, Bikers Harus Tahu
Tips Merawat Kaliper Rem Cakram, Bikers Harus Tahu

Bagi kalian yang menggunakan kendaraan bermotor dalam aktivitas harian, memahami tips merawat kaliper rem cakram merupakan sebuah keharusan. Bagaimana tidak, perangkat satu ini memiliki peran yang sangat besar pada kendaraan.

Baca juga : Ciri-Ciri Oli Palsu dan Dampak Pemakaiannya

Kaliper rem cakram adalah salah satu komponen penting pada sistem pengereman pada sepeda motor. Perawatan terhadap part satu ini terbilang sangat penting. Tujuannya untuk meminimalisir resiko kegagalan rem yang berpotensi membahayakan pengendara.

Sayangnya banyak pengendara kendaraan bermotor yang seringkali menyepelekan perawatan part satu ini. Padahal resiko kerusakan pada kaliper rem bisa mendatangkan bahaya yang sangat besar. Terlebih lagi pada jalan yang curam dan menurun.

Jika kaliper mengalami kerusakan, rem akan mengalami blong dan kendaraan sama sekali tidak bisa dihentikan. Sedia payung sebelum hujan, dari pada kalian mengalami kondisi darurat tersebut, jauh lebih baik jika perawatan dilakukan secara rutin.

Mengenal Kaliper Rem Cakram Pada Kendaraan Bermotor

Mengenal Kaliper Rem Cakram Pada Kendaraan Bermotor
Mengenal Kaliper Rem Cakram Pada Kendaraan Bermotor

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai tips merawat kaliper rem cakram, tentu penting sekali bagi kalian untuk mengenal part satu ini terlebih dahulu. Apa sebenarnya kaliper rem cakram pada kendaraan bermotor?

  • Cara Kerja Kaliper Rem Motor

Kaliper rem cakram adalah salah satu komponen sentral pada sistem pengereman sepeda motor modern. Part tersebut bekerja dengan cara menekan bantalan rem pada cakram yang dipasang pada roda belakang maupun roda depan.

Tekanan dari kaliper kemudian akan menghasilkan gesekan yang mengubah energi kinetik menjadi energi panas dan menghambat kecepatan gerakan sepeda motor. Umumnya kaliper rem dibenamkan pada cakram, disc ataupun rotor.

Bantalan rem yang terpasang pada kaliper rem cakram diposisikan secara presisi agar bantalan rem bergerak dan menekan cakram rem ketika dioperasikan. Gesekan antara bantalan rem dan cakram rem inilah yang kemudian mampu menghentikan motor.

  • Jenis Kaliper Rem Motor

Agar bisa memahami tips merawat kaliper rem cakram, kalian juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis kaliper rem pada kendaraan bermotor. Sejauh ini hanya ada dua jenis kaliper rem cakram yang umum digunakan oleh para produsen.

Yang paling banyak digunakan adalah kaliper rem cakram tunggal (single piston). Sedangkan jenis lainnya adalah kaliper rem cakram ganda (dual piston). Kaliper rem cakram tunggal memiliki satu bantalan rem yang bergerak dan menekan cakram rem.

Sedangkan kaliper rem cakram ganda memiliki dua bantalan rem yang bergerak dan menekan cakram rem. Jenis kaliper rem satu ini ganda biasanya diterapkan pada sepeda motor dengan bobot yang lebih berat.

6 Tips Merawat Kaliper Rem Cakram

Setelah memahami penjelasan singkat mengenai kaliper rem motor diatas, kini kita bisa langsung melanjutkan pembahasan mengenai tips merawat kaliper rem cakram. Apa saja sebenarnya tips-tips yang bisa dilakukan agar bisa merawat part tersebut dengan baik dan benar?

Dikutip dari sumber terpercaya, ternyata ada 6 cara paling efektif untuk merawat kaliper rem. Tentu saja kalian harus melakukan semua tips di bawah ini secara konsisten agar hasilnya jauh lebih maksimal. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

  • Jaga Kebersihan Kaliper Rem Cakram

Tips merawat kaliper rem cakram yang pertama adalah menjaga kebersihannya. Ini merupakan salah satu tindakan yang bisa memperpanjang usia penggunaan dari kaliper rem cakram itu sendiri. Selain itu, menjaga kebersihan part juga menjaga kinerjanya.

Kaliper rem cakram yang kotor dan berdebu dapat mengurangi efektifitas pengereman dan mengakibatkan keausan yang lebih cepat pada bantalan rem dan cakram rem. Berikut ini beberapa tips menjaga kebersihan kaliper rem cakram pada sepeda motor.

  • Bersihkan cakram rem secara berkala menggunakan kain bersih atau lap microfiber yang lembut.
  • Hindari penggunaan bahan kimia yang keras ketika membersihkan. Sebaiknya gunakan produk pembersih rem yang aman dan direkomendasikan.
  • Periksa kebersihan bantalan rem dan bersihkan dengan sikat gigi atau kain lembut.
  • Lindungi kaliper rem cakram dari air karena dapat menyebabkan korosi pada bagian-bagian logam.

Dengan melakukan perawatan yang tepat pada kaliper rem cakram, kinerja pengereman sepeda motor dapat ditingkatkan dan umur kaliper rem cakram dapat diperpanjang. Kebersihan kaliper rem cakram yang terjaga juga dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan menjaga keselamatan pengendara.

  • Lakukan Penggantian Part secara Rutin Sesuai Pemakaian

Selain menjaga kebersihannya, tips merawat kaliper rem cakram selanjutnya adalah melakukan penggantian secara berkala. Kebanyakan produsen mengharuskan pengguna kendaraan untuk mengganti kaliper rem sesuai dengan SOP.

Umumnya mereka merekomendasikan penggantian setiap 10 ribu kilometer. Namun ada juga beberapa pekerja bengkel ahli yang merekomendasikan penggantian maksimal di 25 ribu kilometer. Atau jika menggunakan durasi waktu mungkin ada pada masa 1 tahun.

  • Cek Minyak Rem secara Berkala

Tips merawat kaliper rem cakram lainnya adalah memastikan kalau minyak rem pada motor dicek secara rutin. Jangan sampai minyak rem mengalami kering akibat tidak dicek. Kondisi tersebut akan membuat kaliper rem cakram mudah panas dan mengalami kerusakan.

Kondisi ini juga akan membuat sistem pengereman pada sepeda motor jadi tidak maksimal. Bahkan seringkali rem mengalami blong jika dibiarkan. Jangan sampai ini terjadi, lakukan pengecekan secara rutin setiap kali hendak berangkat menggunakan kendaraan bermotor.

  • Jika Terjadi Kebocoran

Salah satu masalah yang seringkali terjadi pada part kaliper rem adalah kebocoran pada selang oli. Jika oli rem sampai habis, tentu saja kerja part satu ini tidak akan maksimal. Sistem pengereman kendaraan juga akan mengalami gangguan yang besar.

Tips merawat kaliper rem cakram agar terhindar dari kondisi seperti ini adalah melakukan pengecekan secara konsisten. Ciri-ciri kebocoran pada selang oli rem biasanya ditandai dengan kemunculan rembesan pada part tersebut.

  • Hindari Benturan Keras Terhadap Part Kaliper

Jangan sampai part kaliper rem cakram mengalami benturan dengan benda keras. Benturan yang keras bisa membuat cakram patah dan macet. Tidak hanya itu saja, benturan yang terlalu keras juga bisa membuat baut-baut pada kaliper menjadi longgar.

Ini akan memunculkan bunyi yang berisik pada bagian rem. Secara teknis, ini merupakan tanda kalau part kaliper tidak bekerja secara optimal. Jika muncul bunyi seperti ini, maka penanganan harus dilakukan secepat mungkin. 

  • Cek Kaliper dengan Detail

Jika merasa kaliper masih baru tapi sudah bersuara kasar, kalian bisa melakukan pengecekan langsung pada sela-sela kaliper tersebut. Bisa jadi ada benda padat yang terselip pada kaliper tersebut sehingga menyebabkan gesekan. Tips merawat kaliper rem cakram satu ini sangat jarang orang lakukan. 

Biasanya ada batu kerikil yang masuk ke sela-sela kaliper. Jika terlihat, kalian bisa membersihkannya secara langsung. Keberadaan batu atau benda padat lainnya akan memunculkan gesekan pada part kaliper dan membuatnya cepat rusak.

  • Lakukan Pengecekan dan Penggantian di Bengkel Terpercaya

Ketika kalian hendak melakukan penggantian, pastikan untuk mempercayakannya pada bengkel yang resmi dan berpengalaman. Tujuannya agar penggantian part kaliper dilakukan secara profesional. Mereka yang bekerja di bengkel resmi tentu memiliki peralatan yang memadai untuk proses penggantian tersebut.

Selain itu melakukan penggantian di bengkel resmi juga menghindarkan kalian dari pembelian part motor palsu atau tidak original. Meskipun harganya lebih tinggi, part original seperti ini memiliki daya tahan yang jauh lebih baik.

Jika kalian melakukan semua tips merawat kaliper rem cakram di atas, tentunya part kaliper akan tahan jauh lebih lama. Perjalanan juga jauh lebih aman karena sistem pengereman pada sepeda motor berjalan dengan lancar.

Keuntungan Merawat Kaliper Rem Cakram Secara Berkala

Keuntungan Merawat Kaliper Rem Cakram Secara Berkala
Keuntungan Merawat Kaliper Rem Cakram Secara Berkala

Ada beberapa keuntungan yang akan kalian dapat ketika melakukan perawatan kaliper motor secara berkala. Sejauh ini ada 5 keuntungan utama yang berhasil kita rangkum. Langsung saja simak poin-poin selengkapnya di bawah ini.

  • Meningkatkan performa pengereman dan membuatnya jauh lebih responsif.
  • Mengurangi resiko kecelakaan saat berkendara.
  • Memperpanjang usia penggunaan kaliper rem cakram.
  • Meningkatkan kenyamanan pengguna saat berkendara.
  • Memaksimalkan performa motor secara keseluruhan.

Baca juga : 4 Karakter Kampas Rem yang Dibutuhkan Mobil Kencang dan Terbaik

Dengan deretan keuntungan diatas kini kita tahu kalau perawatan pada part tersebut sangat penting untuk dilakukan. Jika kalian tidak memahami caranya dengan baik, sebaiknya berkonsultasi dengan bengkel ahli dalam penerapan tips merawat kaliper rem cakram tersebut. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here