Tips Merawat Ban Mobil Serep Beserta Aturan Pemakaiannya

0
205
Tips Merawat Ban Mobil Serep Beserta Aturan Pemakaiannya
Tips Merawat Ban Mobil Serep Beserta Aturan Pemakaiannya

Tips merawat ban mobil serep tentu menjadi informasi penting yang tidak boleh kalian abaikan begitu saja. Ban serep sendiri termasuk ke dalam salah satu dari komponen mobil yang tidak boleh dianggap sepele. Walaupun tidak terlalu sering digunakan setiap hari, kehadiran dari ban serep sangatlah berguna saat waktu tertentu.

Baca juga : Tips Mengemudi Irit BBM, Ada Banyak Keuntungan yang Didapat

Oleh sebab itulah, agar ban serep selalu siap sedia untuk digunakan saat kondisi darurat, sebagai pengendara kalian mesti memastikan kondisi ban supaya tetap prima. Kondisi ban serep pun wajib kalian pastikan selalu prima agar dapat digunakan ketika sedang dalam kondisi darurat sehingga merawat ban serep tidak boleh disepelekan.

Tips Merawat Ban Mobil Serep Mudah Diterapkan 

Tips Merawat Ban Mobil Serep Mudah Diterapkan 
Tips Merawat Ban Mobil Serep Mudah Diterapkan

Ban serep merupakan komponen paling penting dari kendaraan bermotor. Akan tetapi, sangat disayangkan sekali banyak pula dari para pengendara mobil yang menganggap remeh tips merawat ban mobil serep tersebut. Walaupun demikian, sebenarnya merawat ban serep mobil sangat mudah dan sederhana sekali.

Sebab, bila kalian tidak melakukan perawatan secara maksimal, maka bisa saja muncul berbagai masalah pada ban mobil serep secara tiba-tiba. Untuk pengecekan dari kondisi ban serep mobil sendiri bisa kalian lakukan minimal tiga bulan sekali. Di samping itu, ada beberapa tips merawat ban mobil serep yang sederhana dilakukan, seperti penjelasan di bawah ini. 

  • Cek Tekanan Angin pada Ban Mobil Serep secara Rutin

Tips merawat ban mobil serep yang pertama ialah dengan cara periksa tekanan angin secara rutin. Supaya hasilnya lebih baik, pengendara dapat gunakan alat pengukur tekanan angin ban.

Jikalau tekanan angin ban berkurang, maka dapat dilihat dari bagian dinding ban yang akan membentuk lekukan. Penurunan tekanan angin pada ban serep juga bisa disebabkan pada pori-pori permukaan karet ban mobil. Bila sudah begini, ada baiknya segera diisi kembali angin pada ban serep.

  • Rutin Cek Rotasi Ban Mobil Serep

Tips merawat ban mobil serep berikutnya dengan kalian rutin cek rotasi pada ban mobil serep. Elastisitas karet pada ban serep bisa saja berkurang ketika jarang dipakai. Kondisi tersebut akan membuat karet ban terasa lebih keras serta putaran ban tidak merata. 

Guna mencegah hal tersebut terjadi, kalian bisa langsung melakukan rotasi ban serep dengan rutin. Seperti halnya dengan mengganti keempat ban lainnya dengan ban serep supaya elastisitas ban tetap prima.

  • Lihat Umur Ban Serep Mobil

Tips merawat ban mobil serep selanjutnya adalah dengan melihat umur ban tersebut. Seperti yang diketahui bahwa fungsi utama dari ban serep ialah sebagai cadangan. Oleh sebab itulah, disarankan untuk tidak terlalu lama menggunakan ban serep. Kalian bisa langsung ganti ban serep lama dengan ban yang baru.

Umur ban tentu saja akan mempengaruhi kualitas pada ban serep. Adapun batasan dari penggunaan ban serep ini sampai dengan 4 tahun sejak tanggal produksinya. Bila ban serep yang kalian gunakan sudah lebih dari umur tersebut, alangkah baiknya untuk segera mengganti dengan ban yang baru.

  • Rutin Membersihkan Ban Serep

Tips merawat ban mobil serep selanjutnya mungkin tampak begitu mudah dan sederhana, namun memiliki peran yang sangat penting. Bila ban serep mobil dalam kondisi kotor dan jarang sekali dibersihkan dapat mengurangi kualitas ban tersebut. Ditambah lagi, bila ban serep mobil yang kalian gunakan disimpan pada bagian kolong belakang mobil dalam keadaan terbuka tanpa adanya penutup.

Pengendara bisa rutin membersihkan ban serep mobil dan memberikan pelembab khusus ban. Hal ini supaya tetap menjaga elastisitas ban agar tetap dalam keadaan prima ketika ingin digunakan saat kondisi darurat. Tips merawat ban mobil serep ini pun jelas penting diterapkan apalagi bila kalian hendak menempuh perjalanan yang jauh.

  • Gunakan Cover Pelindung dari Ban Serep Mobil

Sesudah kalian rutin membersihkan ban serep, tips merawat ban mobil serep dijamin awet dan tahan lama ialah dengan gunakan cover pembungkus ban. Pelindung ini pun berguna untuk melindungi ban serep supaya tidak kotor, terhindar dari paparan sinar matahari langsung, serta terhindar dari hujan. Yang mana semuanya bisa mengurangi kualitas pada ban mobil serep.

  • Rutin Semir Ban Mobil Serep

Tips merawat ban mobil serep berikutnya ialah dengan semir ban mobil. Cara satu ini bukan hanya memberikan kesan tampilan ban mobil serep tetap kinclong dan juga bersih, namun bisa pula menjaga elastisitas karet pada ban serep mobil.

Semir ban ini juga akan menjadi perlindungan optimal pada bagian karet ban. Sehingga dapat pula membantu kalian menjaga kondisi ban mobil serep supaya tetap bagus dan siap sedia digunakan kapan saja.

  • Ban Donat bisa Dijadikan Pilihan

Untuk sekarang ini, bila kalian ingin hemat ruang penyimpanan ban mobil serep ataupun mengurangi beban kendaraan, maka dapat mengganti ban serep dengan ban donat sebagai pilihan alternatifnya. Selain dari segi ukuran yang relatif lebih kecil, pengendara juga bisa menggunakannya ban donat ini dalam jangka waktu tertentu sebagai ban serep.

  • Cek seluruh Komponen hingga Perkakas Ban Serep

Bukan hanya untuk ban serep mobil saja, yang tidak kalah penting ialah memastikan seluruh komponen hingga perkakas yang dibutuhkan untuk mengganti dan tips merawat ban mobil serep sudah tersedia. Beberapa diantaranya seperti kunci roda dan juga dongkrak mobil. Kalian bisa memastikan seluruh perkakas tersebut masih dalam kondisi layak digunakan.

Ketahui Aturan Ban Mobil Serep Tidak Boleh Diabaikan

Ketahui Aturan Ban Mobil Serep Tidak Boleh Diabaikan
Ketahui Aturan Ban Mobil Serep Tidak Boleh Diabaikan

Setelah kalian mengetahui tips merawat ban mobil serep, berikutnya ada aturan dari penggunaan ban cadangan yang tidak kalah pentingnya. Seperti yang diketahui bahwa ban menjadi salah satu komponen mobil yang mesti selalu diperiksa kondisi dan kualitasnya secara berkala.

Pemeriksaan ban ternyata tidak hanya ketika sedang digunakan saja, namun memastikan pula keadaan dari ban serep ataupun ban cadangan. Hal tersebut tampak sangat penting jikalau tiba-tiba ban mobil yang digunakan kempes di tengah perjalanan.

Berhubungan dengan tips merawat ban serep mobil beserta penggunaannya ternyata sudah ada regulasi resmi yang mengatur. Adapun regulasi yang dimaksud ini telah diatur dalam PP No 55 tahun 2012 pasal 47 ayat 1 dan 2.

Adapun aturan tersebut berisikan sejumlah syarat dari ukuran ban serep atau ban cadangan yang mana mesti serupa dan seragam dengan ban utama. Jikalau terpaksa menggunakan jenis ban serep yang sedikit lebar, maka pastikan pula diameternya tetap sama. Selain itu, ada beberapa aturan dari ban serep yang mesti diketahui oleh pengendara, antara lain.

  • Ukuran dari Ban Serep Mobil

Khusus untuk jenis mobil-mobil lawas, ban serep yang digunakan biasanya berukuran sama dengan jenis velg mobil. Akan tetapi, semakin lama ukuran ban serep jelas akan menciut, seperti halnya space saver digunakan untuk menghemat ruangan kabin mobil.

  • Tekanan Angin pada Ban Mobil Serep

Kemudian, ada pula aturan untuk tekanan angin pada ban mobil serep. Pada saat kalian mengisi angin pada ban utama, maka tidak boleh dilupakan untuk ban serep atau ban cadangan mobil untuk diisi pula. Untuk isi tekanan udara pada ban serep ini hingga 60 psi.

  • Jenis Mobil tanpa Ban Serep

Untuk jenis mobil yang telah menerapkan ban RFT atau run flat tire, kadang tidak ditambahkan ban serep. Bila kalian mengalami kebocoran ataupun lainnya, ban tersebut ternyata masih dapat digunakan dengan jarak tempuh tertentu serta kecepatan maksimum.

Semua ini juga tergantung pada jenis dan spesifikasi ban yang digunakan. Umumnya, pabrikan telah menambahkan alat penampal ban yang dapat dgunakan secara bersamaan dengan pompa ban mobil.

  • Lokasi Penyimpanan Ban Mobil Serep

Untuk lokasi penyimpanan ban serep tentu berbeda-beda. Umumnya, ban cadangan ini diletakkan pada bagian bagasi belakang mobil dan ditutupi oleh karpet mobil. Beberapa dari jenis mobil SUV menyimpan ban pada bagian belakang. Ada pula model mobil lainnya yang memiliki lokasi penyimpanan ban serep pada bagian kolong mobil.

  • Ban Serep hanya Bersifat Semenatara

Ban serep ini hanya bersifat sementara saja. Ukuran dari ban serep yang lebih kecil dengan velg kaleng tentu tidak bisa kalian samakan dengan ban utama. Selain itu, ban serep juga mempunyai batas kecepatan maksimal yang berbeda.

Baca juga : Cara Aman Membeli Mobil Bekas yang Harus Diketahui

Tips merawat ban mobil serep agar tetap awet dan berkualitas tidak boleh diabaikan begitu saja, serta perhatikan pula aturan pemakaian dari ban cadangan tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini