Tips Merawat Aki Kendaraan Secara Lengkap dan Terbaik

0
147
Tips Merawat Aki Kendaraan Secara Lengkap dan Terbaik
Tips Merawat Aki Kendaraan Secara Lengkap dan Terbaik

Tips merawat aki kendaraan menjadi salah satu informasi penting dan diperlukan oleh semua orang. Hal tersebut karena saat ini hampir semua orang mempunyai kendaraan sendiri. Bahkan setiap orang bisa memiliki lebih dari satu jenis kendaraan.

Baca juga : Tips Merawat Kaliper Rem Cakram, Bikers Harus Tahu

Mengingat fakta tersebut tentu saja membuat kesadaran terhadap pentingnya perawatan kendaraan perlu ditingkatkan. Sehingga untuk kedepannya kalian bisa melakukan perawatan rutin secara tepat tanpa perlu menunggunya rusak lebih dahulu.

Pada dasarnya perawatan tersebut mempunyai fungsi agar usia pakainya lebih lama. Sehingga dengan begitu pengguna mampu menghemat biaya dan waktu dalam jumlah besar. Sehingga informasi perawatan lengkapnya bisa dilihat sebagai berikut:

Tips Merawat Aki Kendaraan? Ketahui Pengertiannya dan Fungsinya Lebih Dahulu

Tips Merawat Aki Kendaraan? Ketahui Pengertiannya dan Fungsinya Lebih Dahulu
Tips Merawat Aki Kendaraan? Ketahui Pengertiannya dan Fungsinya Lebih Dahulu

Komponen ini sering disebut juga sebagai akumulator, yang menjadi salah satu fitur penting dalam sebuah kendaraan. Baik itu mobil maupun motor pasti menggunakan alat tersebut agar mesin dapat berjalan dengan lebih baik.

Pada dasarnya alat ini berperan sebagai penyimpan tenaga dan penyalur energi pada mesin. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat menyebutnya sebagai baterai mobil. Adanya komponen ini membuat alat transportasi dapat dinyalakan dan berjalan lancar.

Selain akumulator beberapa orang juga sering menyebutnya sebagai ACCU. Pada dasarnya komponen tersebut mempunyai harga relatif mahal. Sehingga semua orang perlu memperhatikan tips merawat aki kendaraan dengan tepat.

Sebagai media utama dalam bidang kelistrikan tentu komponen ini mempunyai beberapa peran penting dalam sistem kelistrikan. Sederhananya fitur ini akan memberikan aliran elektron secara baik dari komponen kimiawi.

Beberapa fungsinya seperti sumber energi yang dinamis dan penjaga keseimbangan aliran listrik. Hal tersebut merupakan perannya sebagai stabilizer agar voltase listrik dapat terpancarkan kepada kendaraan dengan jumlah tepat atau stabil.

Sehingga dengan menerapkan tips merawat aki kendaraan secara baik, kalian bisa mencegah alat transportasi mengalami soak maupun perubahan energi kelistrikan secara tidak stabil. Fungsi berikutnya adalah sebagai penyumbang energi kepada starter mesin.

Komponen cell connector dapat memberikan aliran kepada starter mesin. Sehingga ketika terdapat kondisi kendaraan susah distarter, maka kemungkinan besar permasalahannya ada pada akumulatornya. Tentu hal ini menjadi informasi penting yang perlu dipertimbangkan.

Selain itu fitur ini juga mempunyai peran sebagai penyuplai pada bagian-bagian kendaraan lainnya. Hal tersebut seperti AC, sistem pengapian, lampu dan beberapa komponen lainnya. maka dari itu ketika terjadi soak akan sangat membahayakan kendaraan.

Tips Merawat Aki Kendaraan, Ketahui Cara Kerja dan Jenisnya untuk Diketahui

Pada dasarnya cara kerja dari komponen ini dapat dibedakan menjadi dua. Hal tersebut merupakan tujuan dalam proses kimiawi berupa recharge maupun discharge. Kedua prosesnya mampu membuat accu bekerja dan menghasilkan energi kelistrikan.

Saat terjadinya kontraksi pada accu maka secara langsung mengalami pelepasan arus. Hal ini merupakan proses kimiawi untuk penghasil arus listrik atau sering disebut sebagai discharge. Sedangkan untuk tahapan berbeda akan terjadi pada sistem kelistrikan mobil.

Prosesnya akan sedikit berbeda karena berlaku kebalikan dari sistem sebelumnya. Cara pengisiannya disebut dengan recharge atau proses kimiawi secara bolak balik. Sistem dua arah ini tentunya dapat berlangsung secara terus menerus.

Tips merawat aki kendaraan sangat berperan penting dalam proses kerjanya. Hal tersebut karena akan membuat volume elektrolit terjaga membuat komponen dapat bekerja dengan baik. Selain itu fungsinya juga mampu menjaga asam sulfat ketika aki bekerja.

Pada dasarnya asam sulfat tersebut merupakan salah satu zat, yang diperlukan oleh accu kendaraan. Hal ini diperlukan agar mesin mampu beroperasi setiap harinya. Sehingga walaupun nampak sama air aki berwarna biru dan merah mempunyai fungsi berbeda.

Sehingga ketika memakai jenis kering maka airnya tidak akan rentang terjadi penguapan di dinding mesin. Pada dasarnya mengetahui cara kerjanya menjadi salah satu tahapan tips merawat aki kendaraan terbaik.

Hal tersebut berpengaruh pada cara kerja untuk dua jenis aki yang ada dalam masyarakat. sistem kerja pada jenis kering dan basah tentu saja berbeda-beda. Hal ini karena komponen aki kering memakai sebuah gel dalam proses perendam sel.

Mengetahui cara kerjanya maka kalian mampu memahami resiko terjadi soak. Bahkan hal tersebut mampu menjadi pertanda terbaik adanya kerusakan.

Daftar Tips Merawat Aki Kendaraan Terbaik bagi Pengguna

Daftar Tips Merawat Aki Kendaraan Terbaik bagi Pengguna
Daftar Tips Merawat Aki Kendaraan Terbaik bagi Pengguna

Setelah mengetahui tentang informasi dasar terkait komponen kelistrikan diatas, maka pastikan kalian memahami perawatannya. Tentunya ketika memiliki kendaraan kalian perlu memahami apa saja perawatan yang diperlukannya.

Sehingga kendaraan dapat memiliki usia pakai cukup lama. Tentu saja tips merawat aki kendaraan juga menjadi salah satu kegiatan penting bagi semua orang. Maka dari itu kalian dapat memahami beberapa tahapannya diĀ  bawah ini:

  • Cek Terminalnya

Tips pertama silahkan melakukan pemeriksaan terhadap komponen tersebut secara rutin. Tentu saja hal ini akan membantu menjaga kondisinya terjaga. Kalian dapat melakukan pembersihan secara rutin jika melakukan pengecekan.

Meski terletak di bagian dalam mesin tentu saja terminal tersebut rentan terjadi kerusakan. Hal ini disebabkan oleh kotoran-kotoran menempel. Dari kotoran tersebut dapat membuat terminal tumbuh jamur, karat maupun zat asing lainnya.

Ketika terjadi maka arus listriknya dapat terhambat dan membuat kinerjanya jadi kurang maksimal. Oleh sebab itu pembersihan pada terminal aki diperlukan untuk mencegah semua resiko tersebut. Caranya hanya membutuhkan sikat gigi bekas dan air panas.

  • Ketahui Kondisi

Tips merawat aki kendaraan kedua adalah ketahui kondisinya dengan baik. Kondisi ini dapat diketahui dengan melihat kualitas indikator mesinnya. Pada dasarnya kalian dapat melihat dari lampu indikator maupun menggunakan bantuan alat-alat tertentu. Alat cek kondisi aki

  • Voltmeter, sebagai alat cek kondisi tegangan.
  • Hydrometer, sebagai alat cek tingkat keasaman larutan aki.
  • Sesuaikan Beban Listrik

Meski terbilang sepele namun hal ini penting untuk menjadi perhatian bagi semua pemilik kendaraan. Mengingat salah satu faktor aki soal adalah terlalu banyaknya energi listrik yang dihasilkan. Sedangkan kapasitasnya tidak sesuai dengan energi tersebut.

Dalam hal ini accu akan bekerja terlalu keras agar bisa mengalirkan listrik. Sehingga pastikan kalian memakai beberapa komponen dan kapasitas aki sesuai. Dalam prosesnya kalian perlu memperhatikan beban pemakaian secara berkala.

Cek beban tersebut secara rutin untuk mengetahui kondisinya dengan baik. Namun perlu diketahui bahwa pengecekan ini hanya bisa dilakukan di bengkel resmi dengan memakai alat khusus.

  • Cek Daya Pengisian

Tips merawat aki kendaraan keempat adalah dengan memperhatikan daya pengisian BBM. Hal ini mampu menjadi indikator terbaik dalam mengetahui terjadinya masalah pada accu. Namun sebelum itu pastikan untuk mengetahui beberapa pertanda dan cara membacanya.

Pertanda pertama adalah saat baru diisi bbm namun langsung habis. Sedangkan pertanda berikutnya adalah saat mesin menyala dan kutub negatif dilepas, namun secara langsung kendaraan mati.

  • Cek Keadaan Cairan Aki

Tips merawat aki kendaraan kelima adalah memastikan cairan aki terjaga dengan baik. Selain itu tipsnya sangat penting untuk diterapkan saat kendaraan memakai jenis aki basah. Sehingga pengecekan larutannya perlu dilakukan secara lebih rutin.

Pastikan untuk segera melakukan pengisian saat larutannya sudah di bawah lower level. Volume penting untuk menjadi perhatian dalam perawatan kendaraan. Namun jangan lupa juga untuk mengetahui kondisi air apakah bening atau keruh.

  • Panaskan Kendaraan

Baik motor maupun mobil perlu dipanaskan mesinnya setiap hari. Hal tersebut juga berlaku meskipun dalam kondisi tidak digunakan sekalipun tujuannya adalah agar mesin tetap panas sehingga sirkulasi kelistrikan terjaga.

Hal ini akan membuat baterai jadi lebih awet dan memiliki usia pakai lama. Selain itu pastikan kendaraan digunakan meskipun hanya sebentar.

  • Matikan Alat yang Tidak Terpakai

Tahapan ini perlu dilakukan pada jenis kendaraan mobil. Sebab selain aki terdapat beberapa komponen kelistrikan lainnya, yang saling berpengaruh namun sering dilupakan. Hal tersebut seperti AC, radio, TV maupun lampu yang tidak boleh dipakai secara bersamaan.

  • Lepaskan Saat Tidak Dipakai

Proses berikutnya adalah silahkan melepaskan aki ketika sudah tidak terpakai. Hal ini menjadi salah satu cara penting terutama pada mobil yang sudah tidak dipakai dalam jangka waktu lama. Sebab kebiasaan tersebut dapat membuat kualitasnya menurun bahkan tekor.

Maka dari itu agar aki tidak soak dan tetap bisa mengalirkan listrik dengan baik, pastikan melepasnya saat tidak terpakai. Kalian bisa mencabut maupun melepas kabelnya saat aki tidak terpakai.

  • Charge

Ada beberapa tahapan perawatan yang bisa diketahui oleh masyarakat. salah satunya adalah dengan charge untuk menjaga dayanya tetap terisi. Hal ini dapat kalian lakukan ketika kondisinya dayanya sudah melemah.

Proses charge tersebut dapat membuat tegangan kembali normal. Meski demikian daya tahannya tidak sama ketika membeli dalam kondisi baru. Sehingga pada beberapa kondisi charge tidak dapat dilakukan ketika kondisinya akinya terlalu buruk.

Baca juga : Tips Merawat Ban Mobil Serep Beserta Aturan Pemakaiannya

Perawatan peralatan kelistrikan dan elektronik penting untuk menjadi perhatian. Tujuannya adalah agar peralatan awet dan mampu bertahan lama. Maka dari itu pastikan kalian mengetahui tips merawat aki kendaraan seperti diatas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here