9 Tips Memilih Karpet Mobil Terbaik, Jangan Salah Pilih!

0
75
9 Tips Memilih Karpet Mobil Terbaik, Jangan Salah Pilih!
9 Tips Memilih Karpet Mobil Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Karpet menjadi salah satu benda penting di dalam mobil. Ada banyak tips memilih karpet mobil terbaik yang bisa kalian lakukan. Selain sebagai perlindungan dari kotoran, karpet mobil juga bisa dijadikan komponen estetika dalam mobil.

Baca juga: Velg KLG Mobil Pilihan Tepat untuk Menambah Gaya dan Performa

Ada banyak jenis karpet mobil yang dijual di pasaran. Akan tetapi, setiap jenis mobil memerlukan tipe karpet yang berbeda-beda. Tentunya hal tersebut tidak hanya berkaitan dengan kebersihan saja, namun juga nilai estetika di dalam ruangan mobil tersebut.

Selain mempengaruhi nilai estetika, benda ini juga bisa mempengaruhi keselamatan pengendara. Pasalnya, karpet mobil yang tidak sesuai dengan ukuran akan menghalangi pedal gas. Jadi, pastikan kalian tidak salah memilih karpet mobil yang sesuai, ya!

Berikut Jenis dan Tips Memilih Karpet Mobil Berkualitas Tinggi

Berikut Jenis dan Tips Memilih Karpet Mobil Berkualitas Tinggi
Berikut Jenis dan Tips Memilih Karpet Mobil Berkualitas Tinggi

Sebetulnya, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan tersebut kalian bisa melakukan custom karpet mobil. Namun, harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding produk siap pakai. 

Lebih lanjut, ada beberapa tips memilih karpet mobil berkualitas tinggi yang bisa kalian lakukan. Tips ini sangat bermanfaat untuk kalian yang ingin melakukan modifikasi dan menjaga keamanan kendaraan roda empat. 

Menggunakan Karpet yang Mudah Menyerap Bau

Bau pada kabin mobil pastinya akan mengganggu kenyamanan kalian. Penyebab masalah ini umumnya terjadi akibat pengaturan pada AC. Untuk meminimalkan masalah tersebut, perlu menggunakan alas mobil yang sesuai. 

Sebaiknya kalian menggunakan jenis alas yang tidak berbau. Selain itu, pilih juga alas yang dapat menyerap bau pada kabin mobil. Ini menjadi tips memilih karpet mobil yang perlu diperhatikan.

Memilih Warna Netral

Menggunakan warna netral menjadi tips memilih karpet mobil terbaik berikutnya. Warna netral sering menjadi pilihan dalam modifikasi kendaraan. Sama halnya dengan memilih alas mobil, menggunakan warna netral akan memperindah interior kendaraan tersebut. 

Pada dasarnya, warna ini sangat cocok dipadukan dengan interior mobil apapun. Tidak hanya itu saja, menariknya warna netral akan membuat kendaraan kalian terkesan lebih elegan. 

Menggunakan Bahan yang Lentur

Tingkat kelenturan pada alas pastinya akan berpengaruh pada kenyamanan kendaraan. Selain mudah dalam perawatannya, tipe alas ini juga memiliki daya tahan lama.

Menggunakan tips memilih karpet mobil ini juga akan lebih mudah menyesuaikan dengan ukuran kendaraan. Sebetulnya, ada banyak jenis bahan alas mobil, bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut merupakan bahan yang tersedia.

  • Karet

Karet

Bahan ini banyak sangat populer bagi pengguna kendaraan roda empat sebagai karpet mobil. Keunggulan dari bahan ini sangat mudah dibersihkan. Jenis karet juga memiliki umur pemakaian yang lama.

Kekurangan pada bahan ini memiliki harga yang cukup mahal dibanding bahan lain. Namun, hal ini sesuai dengan kualitasnya.

  • PVC

PVC
PVC

Bahan PVC kerap disebut sebagai alas mie atau bihun karena memiliki bentuk seperti penyebutannya. Keunggulan dari bahan ini yakni daya cengkeram lebih nyaman di kaki. 

Perawatan dari bahan ini juga sangat mudah dilakukan, sehingga harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Salah satu kelebihan yang dimiliki PVC yakni memiliki bau cukup menyengat. 

  • Beludru

Beludru
Beludru

Jika kalian menginginkan interior mobil yang mewah, penggunaan bahan beludru pada alas menjadi solusi tepat. Menariknya, bahan ini memberikan kenyamanan di kaki. Di samping itu, kekurangan dari beludru ini sangat sulit dibersihkan dan tergolong cukup mahal.

  • Kombinasi

Kombinasi
Kombinasi

Pembuatan jenis ini bermaksud untuk menekankan harga terjangkau namun dengan umur penggunaan awet. Umumnya jenis ini campuran dari karet sintetis dengan PVC. Akan tetapi, banyak juga kombinasi dari jenis lainnya.

  • Bahan Sintetis

Bahan Sintetis
Bahan Sintetis

Saat ini banyak orang sulit membedakan bahan karet dengan sintesis. Padahal, keduanya mempunyai perbedaannya. Pada dasarnya, jenis ini berasal dari organik Binatang atau tumbuhan. 

Ada banyak keunggulan dari jenis ini, seperti mudah menyerap, sangat kuat, dan mudah dibersihkan. Tidak kalah penting jenis sintesis juga sangat mudah dibersihkan. 

Maka dari itu, akan sangat mudah menghilangkan kotoran. Meskipun jenis ini banyak disamakan dengan karet, namun memiliki perbedaan mencolok. 

Perbedaan itu berupa daya elastisitas dan waktu penggunaan. Pada dasarnya, waktu penggunaan jenis sintesis tidak terlalu lama. Dalam arti lain, bahan karet lebih lebih unggul dalam waktu penggunaan daripada sintesis.

  • Ion Mat

Ion Mat
Ion Mat

Jenis tersebut mungkin sudah familiar bagi pengguna kendaraan roda empat. Keunggulan dari jenis Ion Mat yakni mampu mencegah karpet dari kotoran. Tidak kalah menarik dari jenis lainnya, Ion Mat mampu menjaga sirkulasi udara dalam ruangan lebih baik.

Alas tersebut bersifat universal, dalam arti lain bisa digunakan banyak jenis kendaraan. Oleh karenanya, tidak heran jika jenis ini banyak diincar. Di balik keunggulannya, Ion Mat memiliki kekurangan tersendiri.

Harga yang ditawarkan cukup mahal, umumnya berkisar 800 ribu hingga 1 jutaan. Akan tetapi, harga itu sesuai dengan kualitas premiumnya. Kendati demikian, jenis Ion Mat banyak dicari oleh banyak orang.

Pilihlah Bahan yang Tidak Licin

Selain menggunakan bahan lentur, menggunakan bahan tidak licin juga akan menambah kenyamanan dan keselamatan. Mengingat, alas licin seringkali berubah posisi, sehingga akan mengganggu kalian ketika berkendara.

Tips memilih karpet mobil ini perlu diperhatikan. Untuk memastikan jenis alas tersebut, sebaiknya minta penjual untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir mengenai kenyamanannya.

Pastikan Terdapat Pengait atau Perekat

Tidak kalah penting dari tips memilih karpet mobil lainnya, menerapkan tips ini sangat penting ketika alas tidak sesuai dengan ukuran kendaraan. Jika ukuran alas sudah sesuai, penggunaan perekat tidak terlalu dibutuhkan.

Penggunaan perekat juga membantu meminimalkan kotoran di lantai dasar kendaraan akibat geseran. Jadi, dengan adanya perekat memudahkan kalian dalam menjaga kebersihan kendaraan.

Pastikan Motifnya Sedikit Renggang

Tips memilih karpet mobil ini seringkali diabaikan oleh banyak penggunanya. Padahal tips tersebut sangat penting dalam modifikasi kendaraan. Biasanya, alas yang rapat akan sulit untuk dibersihkan. 

Hal tersebut menyebabkan banyak kotoran sulit dibersihkan karena terdapat bagian-bagian yang sulit dijangkau. Tujuan memilih motif tersebut memudahkan pengguna dalam membersihkan kotoran di dalamnya.

Menggunakan Alas Dua Lapis

Menggunakan dua lapis alas termasuk dalam tips memilih karpet mobil. adanya tips ini mencegah kotoran atau air jatuh ke kabin. Tentunya jika hal itu terjadi akan sulit untuk membersihkannya. Jadi, tidak ada salahnya untuk menggunakan tips tersebut.

Pilih Sesuai dengan Rekomendasi Terbaik

Ketika membeli suatu barang, tentunya kita mencari ulasan terlebih dahulu. Selain itu, memilih barang sesuai rekomendasi juga sering dilakukan. Sama halnya dengan komponen kendaraan tersebut, perlu memilihnya sesuai ulasan terbaik.

Kalian dapat dapat menanyakan perihal ini kepada teman maupun orang dikenal. Adanya tips memilih karpet mobil akan memudahkan kalian dalam menemukan alas terbaik.

Pilih Jenis Karpet Berdasarkan Fungsi

Tips memilih karpet mobil terakhir dengan memilih jenis berdasarkan fungsinya. Seperti diketahui, terdapat dua jenis alas yakni alas dasar dan pelapis. Perbedaan kedua jenis ini terletak pada bahan pembuatan dan fungsinya. 

Umumnya, alas dasar berguna untuk menutupi bagian atas kendaraan. Ukuran jenis ini harus sesuai dengan tipe kendaraannya. Berbeda dengan alas pelapis, digunakan sebagai pelindung karpet dasar kendaraan.  

Hal yang membedakan lainnya, Jenis ini sangat mudah untuk dilepas pasang. Penggunaan dua jenis lapisan secara tepat pastinya bermanfaat sebagai nilai jual, nilai estetika, dan kenyamanan pengguna. 

Adanya informasi ini sangat memudahkan bagi kalian dalam memilih karpet kendaraan terbaik. Karpet menjadi komponen penting dalam kendaraan roda empat. Seperti yang telah dijelaskan, selain meminimalkan kotoran, benda tersebut juga mampu menambah keindahan.

Namun, jika pemilihan alas tidak tepat, tentunya akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Dari penjelasan tersebut disimpulkan ada banyak unsur yang harus diperhatikan dalam memilih karpet. 

Tips ini sangat membantu kendaraan terlihat elegan. Warna netral juga identik dengan kelembutan dan menenangkan Jadi, tidak heran pemilihan warna menjadi komponen penting dalam menambah kenyamanan, nilai jual, dan estetika kendaraan. 

Baca juga: Penyebab RPM Mobil Tidak Stabil Ternyata Banyak

Selain menggunakan bahan lentur, tidak licin, dan mudah menyerap bau, Tips memilih karpet mobil dalam hal pewarnaan juga sangat penting. Warna netral pada karpet, seperti hitam, putih, coklat, abu, sangat cocok untuk semua jenis mobil. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini