Tips Jual Motor Bekas Cepat Laku Pembeli Harus Jeli

0
31
Tips Jual Motor Bekas Cepat Laku Pembeli Harus Jeli
Tips Jual Motor Bekas Cepat Laku Pembeli Harus Jeli

Tips untuk jual motor bekas tentu sangat dibutuhkan bagi kalian yang ingin menjual kendaraan tersebut. Bicara soal jual beli motor, perlu diingat jika baik penjual maupun pembeli harus hati-hati.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Beli Motor Klasik, Banyak Keunikan!

Jika dalam hal ini posisi kalian adalah penjual, tentu ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar kendaraan yang akan kalian jual bisa cepat laku. Namun jika sebaliknya, maka kalian harus jeli dalam mengecek setiap komponen kendaraan motor tersebut. 

Apabila memang di sini kalian memiliki rencana untuk melakukan pembelian unit motor bekas, maka sangat penting untuk mengetahui beberapa trik penjual jahat ketika jual motor bekas. 

Meski terdengar sangat curang, namun hal semacam itu memang sering terjadi di dunia otomotif. Untuk bisa menjual unit bekas secara cepat, penjual biasanya melakukan beberapa oprek pada komponen-komponen tertentu.

Trik Jual Motor Bekas agar Cepat Laku

Trik Jual Motor Bekas agar Cepat Laku
Trik Jual Motor Bekas agar Cepat Laku

Dunia jual beli kendaraan bekas bagi sebagian orang tentu menjadi suatu hal yang baru. Pasti ada dari kalian di sini yang baru pernah membeli kendaraan bekas dan bingung bagaimana cara melakukannya.

Meski membeli kendaraan bekas bagi sebagian orang lebih direkomendasikan dibanding beli unit baru, namun tidak sedikit dari kita yang lupa untuk memperhatikan beberapa hal ini. Adapun perhatian yang dimaksud adalah bagaimana kejujuran penjual jual motor bekas tersebut.

Banyak sekali fenomena di mana pembeli tertipu dan termakan omongan dari penjual kendaraan bekas tersebut. Ciri-ciri penjual seperti itu biasanya akan memanfaatkan ketidaktahuan pembeli pada unit yang akan dibeli.

Oleh sebab itu, maka sangat penting di sini untuk tidak percaya 100% pada setiap omongan yang disampaikan penjual. Lebih baiknya cek sendiri unit kendaraan yang dibeli dengan teliti. 

Apabila kalian tidak mengetahui bagaimana cara memilih kendaraan bekas yang baik, maka ajak kerabat atau teman di mana mengetahui caranya. Menerapkan tips ini benar-benar akan membantu kalian untuk mendapatkan unit kendaraan bekas yang sesuai. 

Beberapa Tips Membeli dan Jual Motor Bekas

Beberapa Tips Membeli dan Jual Motor Bekas
Beberapa Tips Membeli dan Jual Motor Bekas

Sangat penting untuk berhati-hati saat membeli motor bekas. Konsumen juga tidak boleh terburu-buru karena memilih kendaraan yang tepar membutuhkan kesabaran. Uang yang diperlukan untuk membeli motor bekas secara umum masih sama besarnya daripada motor baru.

Oleh karena alasan tersebut, maka sangat penting bagi kalian agar nantinya tidak kecewa saat membeli motor bekas. Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat kita ingin membeli pada orang yang jual motor bekas adalah sebagai berikut.

Tentukan Motor yang Akan Dibeli

Tentukan Motor yang Akan Dibeli
Tentukan Motor yang Akan Dibeli

Pertama, kita harus menentukan jenis motor yang diinginkan. Ketika kalian mengunjungi penjual motor bekas yang memiliki banyak pilihan, akan sulit untuk memilih jika tidak tahu motor mana yang ingin dibeli. 

Kenali Harga Motor di Pasaran

Agar tidak tertipu oleh penipu yang jual motor bekas, sangat penting untuk mengetahui harga pasaran motor baru dan bekas saat ini. Kalian akan rugi jika harga motor bekas yang ditawarkan tidak terlalu jauh dari harga barunya. 

Mengetahui harga juga membantu kalian menghindari tawaran motor murah. Selain itu, harga dan kondisi setiap jenis motor akan berbeda. Akibatnya, pelajari harga pasaran motor melalui kerabat, sosial media, dan media lainnya.

Jangan Terburu-buru Membayar

Jangan Terburu-buru Membayar
Jangan Terburu-buru Membayar

Hindari memberikan uang muka untuk iklan penjualan tanpa memeriksa motor terlebih dahulu. Bukan hanya karena motor yang diinginkan dapat dibeli dengan mudah atau dicicil. Alasan apa pun yang ditawarkan oleh penjual sebaiknya tidak diperhatikan. 

Memilih Penjual yang Jual Motor Bekas

Salah satu saran lain untuk membeli motor bekas adalah jangan terburu-buru. Kalian juga harus selektif saat memilih penjual. Ketahui mana penjual yang jujur dan terpercaya. 

Saat ini, banyak penjual yang berusaha untuk menipu pelanggan. Penipuan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjual motor dengan harga tinggi meskipun kondisinya buruk. Dengan demikian, kita dapat mencari motor melalui kenalan atau penjual yang dipercaya oleh teman.

Cek Surat Kendaraan

Cek Surat Kendaraan
Cek Surat Kendaraan

Ada beberapa hal yang harus diketahui saat mengecek kondisi motor. Pertama, surat-surat kendaraan. Semua dokumen yang dicek, termasuk STNK dan BPKB, harus sesuai dengan plat motor dan nama pemilik. 

Dengan BPKB, kalian dapat mengetahui apakah kendaraan sudah lama dijual atau baru dibeli. Dengan mengetahui surat ini, saya memutuskan untuk menghindari membeli motor yang dicuri.

Cek Nomor Rangka dan Mesin

Mengecek perihal nomor mesin dengan rangka motor merupakan tips selanjutnya. Pencocokan dengan surat-suratnya harus dilakukan. Setiap kendaraan harus memiliki nomor rangka dan mesin yang sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan.

Pada beberapa kasus masih banyak pembeli yang terlewat untuk hal ini, di mana tentunya masalah yang ditimbulkan bisa sangat fatal. Jangan beli mobil jika nomornya tidak cocok dengan nomor pada surat karena mobil tersebut mungkin dicuri.

Cek Bodi Motor

Cek Bodi Motor
Cek Bodi Motor

Jika dari nomor dan surat-surat kendaraan sudah benar, maka langkah selanjutnya bisa melakukan pengecekan bodi pada kendaraan motor bekas. Dibanding dengan sebelumnya, tentu cara ini lebih mudah karena terlihat dengan sangat jelas. 

Ambil unit kendaraan dalam kondisi yang baik seperti bebas dari goresan, benturan, penyok, maupun retak. Adanya cacat pada kondisi tersebut berarti menunjukkan jika unit tersebut pernah mengalami kecelakaan. 

Lebih baik untuk mengajak kerabat yang paham betul dengan motor sehingga kalian bisa mengenali kejujuran dari jawaban penjual yang jual motor bekas tersebut. Ingat, jangan 100% pada setiap omongan yang disampaikan penjual.

Cek Kondisi Oli

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mengecek kondisi oli pada kendaraan bekas. Cek apakah jumlah oli berlebihan atau tidak. Kondisi oli yang baik dalam hal ini sangat memengaruhi daya redam pada mesin. Oleh sebab itu, coba nyalakan kendaraan. 

Kemudian jangan lupa untuk mengecek bagaimana kapasitas oli lewat pengukur batas maksimalnya. Komponen ini bisa ditemukan pada bagian penutup oli. Ini sangat penting karena kalian dapat mengetahui kondisi motor bekas tersebut dalam kondisi baik atau tidak.

Nyalakan Mesin

Nyalakan Mesin
Nyalakan Mesin

Hidupkan mesin pada kendaraan jika semua langkah di atas sudah lolos. Dengan membiarkan motor menyala, kalian tidak perlu menambah gas. Setelah itu, pastikan apakah suara mesin masih halus. 

Selain itu, mesin yang dinyalakan tanpa gas dan memiliki putaran mesin di bawah 1500 rpm biasanya tidak akan tampak bermasalah atau tidak. Jika mati tiba-tiba, itu menunjukkan bahwa ada masalah dengan mesinnya.

Cek Fungsi Speedometer

Mengecek speedometer haruslah dilakukan karena menjadi tips terakhir saat membeli motor bekas. Speedometer pada kendaraan harus berjalan semestinya. Kemudian, indikator pada speedometer juga harus lengkap dan berfungsi.

Pastikan panel tidak mati atau bermasalah. Konsumen dapat mengeceknya langsung saat mengendarai kendaraan. Selalu perhatikan komponen ini karena speedometer memiliki fungsi cukup vital.

Perawatan Pertama saat Jual Motor Bekas

Perawatan Pertama saat Jual Motor Bekas
Perawatan Pertama saat Jual Motor Bekas

Setelah kalian melakukan pembelian pada unit motor bekas, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Adapun beberapa hal yang dimaksud tadi bermaksud untuk mencegah terjadinya kerusakan lanjutan pada kendaraan. 

Paling pertama, sangat disarankan untuk mengganti oli mesin segera setelah membeli motor bekas jenis apa pun. Selain itu, sangat disarankan untuk membersihkan oli dan air radiator segera setelah membeli motor tersebut.

Kemudian kalian harus mengganti busi dan filter udara. Untuk sistem injeksi, bersihkan throttle body dan ganti filter pompa bahan bakar untuk memastikan pasokan bahan bakar yang optimal dan konsumsi bahan bakar yang efisien. 

Selanjutnya penting juga untuk membersihkan dan menyetel ulang karburator motor karburator matic. Wajib juga untuk memperhatikan area CVT pada unit ketika ada orang yang jual motor bekas. 

Bongkar CVT untuk membersihkannya dan memeriksa komponen yang rusak. Roller, slide piece, dan belt biasanya harus diperhatikan. Ganti jika rusak atau rusak. Lumasi area puli belakang juga untuk memastikan gerakan yang lancar. 

Ketebalan kampas ganda dan kondisi mangkok kampas ganda harus diperhatikan, Bro Deltalube. Untuk bagian kaki-kaki, perhatikan bagian bearing dan komstir. Kemudian pastikan bahwa peredam kejut tidak bocor. 

Lihat ketebalan ban juga, dan jika ban mulai tipis, ganti. Selain itu, perhatikan kondisi pelek. Jika mulai goyang, velg harus di press ulang untuk membuat motor lebih nyaman untuk dikendarai.

Baca juga: Cara Menghilangkan Gredek CVT pada Motor Matic dengan Tepat

Demikian beberapa informasi seputar tips dan trik yang sangat berguna bagi kalian yang ingin membeli motor bekas. Sekali lagi, jangan tergesa-gesa saat membeli kendaraan bekas. Perhatikan berbagai macam hal ketika ada orang yang jual motor bekas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini