Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik

0
235
Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik
Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik

Tips dan trik merawat cat mobil akan bantu Anda menjaga eksterior kendaraan pribadi tetap terlihat kinclong, meskipun sudah berusia lebih dari sepuluh tahun. Ini adalah rahasia agar mobil tetap terlihat baru sehingga tidak perlu repot memolesnya dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya

Di Indonesia saat ini penggunaan kendaraan pribadi tergolong tinggi, bukan hanya wilayah perkotaan tapi juga di pelosok. Bukan hanya karena segi kemudahan yang ditawarkan, tapi juga prestise bagi pemiliknya.

Namun, prestise ini tidak akan lagi terjaga dengan baik apabila tampilan eksterior tidak lagi kinclong, mengelupas, dan terlihat kusam. Bahkan dapat mengganggu Anda sebagai penggunanya setiap hari. 

Apalagi jika ingin dijual kembali, harganya pasti akan turun drastis karena dianggap tidak memenuhi standar. Meskipun jeroannya masih bagus, tapi karena eksteriornya harga tetap akan jatuh.

Nah, agar tidak mengalami hal-hal kurang menyenangkan karena tampilan luar kendaraan Anda, ada beberapa cara merawat catnya agar kilapnya bertahan lama. Berikut kami berikan tips menjaga value mobil kesayangan Anda.

Tips dan Trik Merawat Cat Mobil

Perawatan kendaraan sebenarnya harus dimulai semenjak dini, bukan menunggu sudah rusak atau hilang kilapnya. Dengan demikian kendaraan kesayangan Anda akan selalu terlihat kinclong karena kualitas cat dan pernisnya tetap terjaga.

Tidak sulit untuk bisa mempertahankan warna cat mengkilap dari kendaraan roda empat Anda. Hanya perlu menerapkan 5 tips dan trik merawat cat mobil berikut ini:

  • Pastikan Tidak Terkena Cahaya Matahari Langsung

Salah satu penyebab warna cat menjadi kusam atau terkelupas karena terkena paparan sinar matahari yang terlalu banyak. Selain itu, juga suhu tinggi akan membuat kualitas coating menurun sehingga menurunkan penampilan luar mobil.

Agar hal ini tidak terjadi, ada baiknya Anda memastikan tempat parkir kendaraan tidak berada langsung di bawah sinar matahari. Pilih memarkir kendaraan di basement atau tempat dengan naungan.

  • Perhatikan Cara Mencuci 

Berikutnya adalah memperhatikan dengan baik bagaimana Anda mencuci mobil. Tips dan trik merawat cat mobil sekilas terlihat tidak ada kaitannya padahal sangat mempengaruhi kualitas warna dan kilap bagian luar kendaraan.

Pertama, gunakan lap atau spon pencuci yang lembut, jangan dari bahan karet karena akan menimbulkan baret halus. Paling bagus menggunakan lap microfiber dan pastikan mengelap dengan gerakan memutar.

Mengelap harus dilakukan dengan gerakan searah dan pastikan sudah benar-benar kering. Selain itu, jangan gunakan deterjen, tapi sabun khusus untuk mobil.

  • Jangan Gunakan Pernis dan Cairan Pembersih yang Tidak Sesuai

Jika Anda berencana untuk menggunakan pernis, sebaiknya pilih produk yang memang diperuntukkan bagi hal tersebut. Sebab tidak semua cairan pembersih maupun pernis dapat digunakan pada bodi mobil.

Selain dapat merusak, zat kimia di dalamnya bisa berbahaya bagi kesehatan. Jadi, lebih baik gunakan jasa profesional untuk melakukan tugas tersebut atau konsultasikan dahulu dengan bengkel/gerai auto detailing sebelum penggunaan produk tertentu.

  • Jika Kena Air Hujan Harus Lekas Dibilas

Tips dan trik merawat cat mobil berikutnya adalah memastikan bahwa setelah terkena air hujan Anda harus membilas bodi kendaraan. Sebab di dalam air hujan terkandung cat yang dapat merusak bagian eksterior kendaraan Anda.

  • Gunakan Sarung Mobil

Meskipun Anda sudah menyimpan kendaraan dalam garasi, ada baiknya tetap menggunakan sarung mobil, apalagi jika tidak memiliki garasi teduh. Dengan demikian, kendaraan akan terlindungi dengan baik, terutama saat malam hari.

Sebab air embun yang menempel dapat memudarkan cat serta mengikis ketahanan body kendaraan. Selain itu, juga menjaga dari pengaruh benda-benda yang dapat memudarkan warna serta kilapnya.

Tips Memilih Cat Mobil Terbaik

Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik_Tips Memilih Cat Mobil Terbaik
Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik_Tips Memilih Cat Mobil Terbaik

Selain mengetahui tips and trik merawat cat mobil, Anda juga perlu tahu bagaimana memilih cat terbaik. Belum tentu semua yang mahal itu kualitasnya bagus, malah ada beberapa brand dengan harga standar tapi memberi kualitas mumpuni.

Jadi, yang paling penting dalam memilih adalah ketelitian dan kecermatan dalam memilih kualitas. Dengan demikian, akan mendapatkan hasil terbaik, tentunya didukung perawatan yang baik juga.

Ada beberapa pilihan warna yang bagus untuk bodi kendaraan, yaitu hitam karena memiliki warna solid, kental, dan tajam. Pilihan warna mengkilap atau metalik, selain menghadirkan warna solid, juga tahan lama.

Selain itu, bisa pilih hitam doff, hijau close up, semi doff, pink magenta, sebab warna-warna ini terkesan bersih, tajam, mengkilap, serta selalu bisa memberikan tampilan menarik.

Tips dan trik merawat cat mobil sangat penting bagi pemilik kendaraan, terutama yang belum berpengalaman. Bukan hanya merawat tapi bagaimana memilih produk dan warna yang tepat. 

Satu hal lagi cukup penting diketahui oleh para pemilik kendaraan roda empat, yaitu jangan sering-sering mengganti warna cat sebab akan mempengaruhi ketahanan bodi mobil. Sebaiknya, lebih fokus pada perawatannya dan memoles daripada terus mengganti warna.

Penggantian warna yang terlalu sering juga akan mempengaruhi hasil pengecatan. Hasilnya, mungkin tidak akan sesuai ekspektasi Anda. Selain itu, hasil pengecatan kurang bagus juga akan mempengaruhi harga jual kembali.

Pilihan Brand Cat Terbaik dan Berkualitas

Patut Anda ketahui bahwa ada dua jenis cat yang sering digunakan untuk kendaraan roda 4. Ini merupakan rahasia tips dan trik merawat cat mobil wajib diketahui agar tidak salah memilih jenis cat atau paint. 

Pertama ada PU atau Polyurethane yang sering digunakan pada kendaraan sedan juga MVP. Keunggulannya punya warna tajam, mengkilat, cepat kering, tidak mudah pudar, dan lebih cepat menutupi permukaan.

Kedua ada NC atau Nitrocellulose, biasanya digunakan untuk kabin truk, bak truk, kendaraan angkutan, dan kendaraan umum. Kelebihannya lebih cepat kering, warna sesuai, dan harga lebih murah.

Selain beberapa tips dan trik merawat cat mobil di atas, kami juga memberikan rekomendasi beberapa merk cat berkualitas. Tinggal pilih sesuai jenis kendaraan dan kemampuan membeli.

  • Spies Hecker

Ini merupakan brand dunia, berasal dari Jerman dengan kualitas premium. Pilihan warnanya sangat banyak, solid, juga metalik. Kebanyakan digunakan pada mobil-mobil mewah.

  • Sikkens

Mengutamakan ketahanan dan pilihan warna sehingga membuat kendaraan tampak baru. Brand ini berasal dari Amerika dan punya daya menutup seluruh permukaan serta cepat kering.

  • Auto Bright

Termasuk golongan PU dengan ketajaman dan warna tahan lama. Kualitasnya sangat bagus, tapi harganya bisa dikatakan cukup terjangkau. Tips dan trik merawat cat mobil dengan cat ini adalah mengaplikasikan warna silver.

  • Drasso

Brand satu ini juga tergolong murah, tapi hasil akhirnya tidak murahan. Termasuk kelas premium menengah dengan cat yang bisa diaplikasikan pada bodi motor maupun mobil berdaya sebar luas.

  • Nebula

Kualitas premiumnya menjadikan banyak rumah deco atau klinik mobil menggunakannya. Anda dapat memilih warnanya sendiri karena ada banyak pilihan. Selain itu, tidak perlu bayar mahal untuk membelinya.

Tips dan trik merawat cat mobil menggunakan brand satu ini adalah setelah pengecatan harus benar-benar kering dahulu sebelum dipoles. Agar warnanya muncul sesuai yang Anda harapkan.

Trik Memoles Cat Mobil Agar Awet

Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik_Trik Memoles Cat Mobil Agar Awet
Tips dan Trik Merawat Cat Mobil dan Rekomendasi Cat Terbaik_Trik Memoles Cat Mobil Agar Awet

Bukan hanya masalah pemilihan cat yang penting, Anda juga perlu memperhatikan urusan pernis atau pemoles. Proses pemolesan ini yang akan memastikan pewarnaan mobil terlihat mengkilap. 

Agar dapat menghasilkan kilap yang pas, siapkan cairan poles berkualitas, bisa jenis wax atau hard shell. Selanjutnya, sediakan mesin atau alat polesnya juga, ditambah dengan 2 jenis kain poles, yaitu halus dan kasar. 

Setelah semua peralatan tersedia, Anda tinggal mengikuti tips dan trik merawat cat mobil dan memolesnya berikut ini:

  1. Sediakan waktu khusus untuk melakukan kegiatan ini karena memoles bodi mobil membutuhkan waktu cukup lama. Semakin kusam warnanya akan memakan waktu semakin lama.
  2. Siapkan area untuk melakukan pekerjaan tersebut.
  3. Bersihkan seluruh bagian bodi mobil sebelum pelaksanaan.
  4. Mulai pemolesan dari bagian atas dengan merata. Bubuhi lap kasar dengan poles, kemudian mulai pemolesan. Lakukan dengan lembut dengan hasil polesan merata.
  5. Lakukan proses lapping setelah memoles untuk memberikan efek kilap. Lapping adalah teknik menggosok menggunakan lap halus tanpa cairan poles.
  6. Poles bagian kaca mika lampu dan velg.
  7. Gunakan obat penghilang jamur pada bagian kaca dan spion.
  8. Cek lagi secara menyeluruh setelah pemolesan selesai.

Tips dan trik merawat cat mobil dalam tahap pemolesan yang perlu Anda tahu juga adalah memastikan seluruh bagian bersih. Untuk celah-celah sempit bisa menggunakan sikat gigi membersihkannya.

Baca Juga: Barang-barang yang Wajib Ada di Mobil agar Aman dan Nyaman

Sebenarnya, menjaga dan merawat kendaraan tidak harus dilakukan ahli. Anda juga bisa melakukannya sendiri, karena pada dasarnya perawatan cat mobil merupakan hal yang sederhana, seperti pada tips dan trik merawat cat mobil di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here