Yuk Ketahui Tips Berkendara Aman di Masa Pandemi yang Penting Ini!

0
136
thumb drive safety - tips berkendara aman di masa pandemi

Salah satu tantangan terbesar saat masa pandemi adalah menggunakan kendaraan pribadi. Entah itu menggunakan mobil atau roda dua, selalu ada risiko yang harus ditanggung. Untuk itu kamu harus tahu tips berkendara aman di masa pandemi agar aktivitas tidak terganggu.

Baca Juga : Ketahui Cara Mencuci Mobil Dengan Baik dan Benar, Sehingga Mobil Kesayangan Anda Nyaman dipandang!

Melakukan tips berkendara akan membuat kamu tetap bisa menjalankan aktivitas hari yang termasuk kerja. Tips tersebut juga akan melindungi kamu dari berbagai risiko tertular virus secara tidak langsung. Apabila kamu sering berkendara saat pandemi, simak tips lengkapnya di bawah ini.

Berikut Tips Berkendara Aman di Masa Pandemi

Berkendara saat pandemi memang memiliki risiko yang sama besar. Salah satunya adalah tertular virus sehingga kamu mengalami infeksi. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Membatasi orang yang naik mobil

Saat mengendarai mobil untuk melakukan perjalanan, kabarnya untuk selalu membatasi siapa saja yang bisa masuk atau naik di dalamnya. Apabila mobilnya cukup kecil usahakan untuk mengisi sekitar dua orang saja. Posisi dari orang yang duduk juga bersilang.

Apabila mobilnya cukup besar bisa diisi lebih banyak orang lagi. Selama kamu tahu kondisi fisik dan kesehatan seseorang, mengendarai dengan orang lebih banyak mungkin tidak akan masalah. Namun, jika mengendarai dengan orang lain yang tidak kenal ada baiknya untuk selalu jaga jarak.

Pembatasan ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penularan. Apalagi kamu adalah orang yang bekerja sebagai sopir online. Mau tidak mau akan banyak bertemu dengan orang asing sehingga melakukan pembatasan ini akan menurunkan risiko penularan.

2. Tidak menggunakan helm secara bergantian

Apapun yang terjadi usahakan untuk tidak menggunakan helm secara bergantian. Helm yang kamu gunakan tidak boleh dipakai oleh orang lain begitupun sebaliknya. Jika ingin menggunakannya ada baiknya menyemprot dalam tersebut dengan cairan yang mengandung kadar alkohol tinggi dan menunggu hingga kering.

Cara itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus yang terjadi secara tidak langsung. Virus termasuk covid-19 akan mudah mati jika terkena alkohol dengan kadar tinggi. Itulah kenapa kamu tidak boleh saling meminjamkan helm kepada orang lain.

Jika kamu sering pergi keluar dengan menggunakan kendaraan online. Ada baiknya untuk selalu membawa helm sendiri. Dengan membawa helm sendiri kamu tidak akan takut terkena virus. Apalagi setiap hari kamu membersihkan helm tersebut sehingga aman untuk digunakan.

3. Selalu membersihkan bodi kendaraan

Mau menggunakan roda dua atau roda empat ada baiknya untuk selalu membersihkan bodi kendaraan tersebut secara berkala. Jika kamu menggunakan mobil bersihkan foto di luar setiap hari itu sampai rumah. Hal ini dilakukan karena saat diparkir kamu tidak tahu siapa saja yang menyentuhnya.

Pembersihan roda empat juga bisa dilakukan pada bagian dalamnya. Jika mobil tersebut banyak digunakan untuk mengangkut orang lain, coba area jok yang digunakan dibersihkan dengan menggunakan cairan yang mengandung kadar alkohol tinggi. Semprot hingga bersih lalu keringkan.

Jika menggunakan roda dua kamu bisa melakukan pencucian motor secara rutin. Gunakan sabun yang mengandung bahan antibakteri dan juga virus. Selanjutnya bisa langsung dikeringkan untuk digunakan lagi esok hari.

4. Rutin menggunakan hand sanitizer

Salah satu tips berkendara aman di saat pandemi adalah rutin menggunakan hand sanitizer. Apapun kendaraan yang kamu gunakan udah itu roda dua atau roda empat ada baiknya untuk selalu menggunakan hand sanitizer secara rutin atau bila perlu menggunakan sabun cuci tangan.

Misal saat ingin mengkonsumsi makanan selepas mengendarai kendaraan. Selalu gunakan hand sanitizer terlebih dahulu meski kamu merasa yakin tidak ada kontak dengan orang lain. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang menumpang pada mobil meski di dalam kendaraan tidak melakukan apapun.

Gunakan hand sanitizer secukupnya untuk membersihkan tangan. Selanjutnya baru gunakan tangan untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Buat kebiasaan ini menjadi sesuatu yang normal sehingga kamu tidak merasa keberatan saat melakukannya setiap hari.

5. Selalu menggunakan masker dan membawa cadangan

Saat melakukan perjalanan kamu harus menggunakan masker terlebih dahulu. Masker ini digunakan untuk mencegah terjadinya penularan virus atau patogen lain yang sama-sama berbahaya. Masker akan mencegah virus masuk dan juga terkena droplet dari luar.

Saat menggunakan mobil kamu harus menggunakan masker dengan baik. Apalagi sirkulasi udara di dalam mobil sangat terbatas. Tanpa masker risiko terkena virus akan besar. Untuk mereka yang menggunakan motor pakai juga dengan baik untuk menghindari adanya virus dari luar.

Selain menggunakan masker ada baiknya kamu juga membawa cadangannya. Hal ini dilakukan karena saat menggunakan masker peluang terjadi kerusakan ataupun masker kotor akan besar. Untuk tetap bisa melindungi tubuh kamu harus membawa cadangan agar bisa digunakan.

6. Menyemprot desinfektan kendaraan secara berkala

Penyemprotan desinfektan pada kendaraan juga harus dilakukan secara berkala. Penyemprotan bisa dilakukan pada bodi bagian luar maupun body bagian dalam seperti boks dari roda empat. Dengan melakukan penyemprotan ini, seluruh bodi kendaraan akan steril.

Apabila kamu menggunakan roda dua, penyemprotan bisa dilakukan di seluruh body. Sungguh cairan tersebut sampai mengering baru digunakan. Hal ini dilakukan sehari sekali atau saat motor banyak digunakan untuk mengangkut banyak orang.

Penyemprotan biasanya dilakukan dengan menggunakan cairan tertentu. Saat ini ada banyak sekali cairan desinfektan yang dijual dan juga alat penyemprotnya. Usahakan kamu memilikinya agar bisa digunakan setiap hari dan kondisi kendaraan bisa selalu steril.

7. Menghindari keramaian

Tips berkendara aman di saat pandemi nomor tujuh adalah menghindari keramaian yang terjadi. Hal ini berlaku khusus kamu yang menggunakan roda dua. Ada baiknya untuk menghindari keramaian seperti pasar atau pusat perbelanjaan untuk sementara waktu.

Kalaupun memang butuh ke tempat tersebut ada baiknya untuk mengambil parkir di tempat yang sedikit jauh. Selanjutnya jalan ke sana dan menjaga cara. Apabila melakukan parkir di sana kemungkinan akan berdekatan dengan banyak orang dan hal ini bisa sangat berbahaya.

Kalaupun tidak ada cara lain, ada baiknya untuk selalu membawa hand sanitizer atau cairan pembersih. Setelah melakukan parkit dan sejenisnya kamu bisa langsung membersihkan area tangan ataupun bagian dari pakaian sehingga risiko tertempel virus akan kecil.

8. Patuhi aturan yang berlaku

Selalu patuhi aturan yang berlaku dan dikeluarkan oleh pemerintah atau otoritas kesehatan. Biasanya mereka akan mengeluarkan beberapa aturan tentang bagaimana cara berkendara dengan baik dan meminimalkan risiko terjadi penularan.

Setiap periode waktu tertentu biasanya akan ada aturan baru yang direvisi agar sesuai dengan kondisi teranyar. Dengan mengikuti aturan tersebut kamu bisa lebih aman dalam berkendara.

9. Tidak membuka jendela secara terus-menerus

Jika kamu menggunakan mobil atau roda empat ada baiknya untuk tidak terus membuka jendela secara terus-menerus. Kecuali di sekitar kamu tidak ada apapun jendela baru bisa dibuka.

Akan sangat percuma juga menggunakan mobil tapi jendela masih terus dibuka. Apalagi kamu melakukannya di sekitar lampu merah sehingga akan ada banyak orang di sekeliling kendaraan. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko penularan penyakit.

10. Menjaga jarak saat di lampu merah

Jika kamu mengendarai motor saat melakukan perjalanan ada baiknya untuk selalu menjaga jarak saat berada di lampu merah. Hal ini sering sekali diabaikan oleh banyak orang karena mereka sudah merasa aman jika menggunakan helm dan juga masker di dalamnya.

Daripada berebut berada di posisi paling depan ada baiknya anda mengalah untuk bergerak secara lambat dan menjaga jarak dengan orang ada di depannya. Dengan melakukan ini risiko terjadi penularan dari droplet yang keluar dari hidung atau mulut mereka akan rendah.

Saat berada di lampu merah juga usahakan untuk tidak membuka helm ataupun masker. Dengan melakukan ini perlindungan yang kamu miliki akan lebih besar. Bahkan, meski sering mengendarai motor risiko tertular penyakit akan tetap rendah.

Berkendara saat pandemi memang berisiko apalagi menggunakan mobil. Kontak dengan orang lain akan sangat besar apalagi mobil tersebut diisi oleh banyak orang. Jika kamu melakukan tips berkendara aman di saat pandemi yang sudah dibahas di atas, risiko tersebut bisa diminimalkan.

Baca Juga : Trik Memilih Mobil Bekas di bawah 100jt Yang Berkualitas

Intinya kamu harus melakukan beberapa hal di atas secara rutin. Buat seolah-olah hal tersebut merupakan kebiasaan Baru yang harus dilakukan tanpa perlu diingatkan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa lebih nyaman saat berada di luar dan terhindar dari risiko berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here