Tipe Motor Matic Paling Irit 2022 Serta Tips Hemat Bensin Saat Berkendara

0
269
Tipe Motor Matic Paling Irit 2022

Para masyarakat bisa menikmati motor matic paling irit dan berteknologi tinggi. Hal ini karena sudah ada berbagai pabrikan motor mengeluarkan produk-produk unggulannya.

Bahkan, hal ini mengharuskan produsen untuk melakukan inovasi terhadap produk terbarunya. Sebab, hal tersebut untuk menunjukkan permintaan masyarakat akan kebutuhan transportasi hemat bahan bakar.

Tipe Motor Matic Paling Irit yang Wajib Diketahui 

Honda sendiri termasuk salah satu produsen sepeda motor yang telah dikenal akan produknya yang hemat bahan bakar. Teknologi fuel injection (FI) yang sudah ada didalamnya menjadikan Honda sebagai produsen motor dengan produk irit bahan bakar. 

Baca Juga : Tips Memilih Warna Cat Velg yang Bagus

Kelebihan Honda dalam teknologi hemat bahan bakar juga sudah berhubungan pada inovasi pengaplikasian teknologi mesin, Enhanced Smart Power (eSP) saat ini sudah digunakan untuk Motor Paling Irit matic Honda terbaru. 

Adanya perpaduan antara FI dan eSP pun semakin mengukuhkan Honda dengan produk yang berbahan bakar. Meskipun di antara pesaing di kelasnya Honda sudah mengklaim sebagai yang terbaik.

Namun ternyata ada beberapa motor yang hemat bahan bakarnya sudah melegenda. Berikut ini sudah ada beberapa produk Honda yang paling irit.

1. Honda Vario 150 eSP

Tipe Motor Matic Paling Irit 2022

Memiliki mesin berkapasitas 150 cc dengan transmisi otomatis. Honda Vario 150 eSP menjadi salah satu seri paling tinggi dari motor matic paling irit yang selama ini telah dirilis. 

Sementara itu, sudah dibekali dengan teknologi Fuel Injection (FI) dan mesin ESP yang menjadikan matic satu ini sangat irit. Anda bisa sebut saja dengan satu liter bensin, di mana Honda Vario 150 eSP bisa menempuh jarak sejauh 52,9 km.

Tidak hanya irit sekali bahan bakarnya, Honda matic ini juga sudah dilengkapi dengan fitur unggulan seperti Answer Back System. Bahkan, sudah ada lampu depan LED, Combi-Brake System, ISS, dan fitur Idling Stop System. 

  • Kelebihan Honda Vario 150 eSP

Kelebihan teknologi dari Honda vario 150 eSP ini juga dimeriahkan dengan diluncurkannya 2 tipe, yakni tipe eksklusif dan sporty. Sehingga menjadikannya motor matic paling irit pada tahunnya.

2. Honda Vario 125 eSP

Tipe Motor Matic Paling Irit 2022

Urutan selanjutnya, masih diduduki motor tipe matic, yaitu Honda Vario 125 eSP. Motor ini sudah mempunyai mesin yang berkapasitas 124,8 cc.

  • Kelebihan Honda Vario 125 eSP

Di mana mampu menghasilkan torsi 10,8N.M/5.500 rpm sehingga bisa memuntahkan tenaga 8,3 kW/8.500 rpm. Tipe mesin ini juga sudah dibekali dengan mengandalkan transmisi otomatis atau matic. 

Jika membahas urusan hemat bahan bakar, Honda Vario masih memberikan yang terbaik. Hal ini karena berbekal teknologi FI dengan mesin eSP.

Sehingga hanya dalam satu liter bensin maka Honda Vario 125 eSP bisa menempuh jarak sejauh 59,5km. Inilah yang menjadi Honda Vario sebagai motor matic paling irit.

3. All New Honda Beat eSP

Tipe Motor Matic Paling Irit 2022

Kini ada matic Honda dengan kapasitas mesin yang jauh lebih kecil yakni sebesar 110cc. All New Honda Beat eSP ini tampil dengan tampilan yang ramping dan futuristik.

Sehingga akan membuat Honda Beat ini banyak sekali digandrungi oleh anak-anak muda. Memiliki body yang ramping malah membuat Honda Beat ini mampu menyalip saat jalanan padat. 

Mesin yang sudah diusung juga menggunakan tipe eSP dengan suplai bahan bakar injeksi. Sehingga membuat Honda beat menjadi salah satu produk motor matic paling irit.

Apalagi satu liter bensin saja Anda sudah bisa menempuh jarak sejauh 63 km. Tentunya hal ini sangat irit sekali.

Tips Berkendara Motor Hemat Bahan Bakar

Tipe Motor Matic Paling Irit 2022

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. motor matic paling irit termasuk salah satu alat transportasi yang digemari.

Hal ini karena lebih cepat mengatasi kemacetan, sepeda motor juga mempunyai harga lebih murah ketimbang transportasi lainnya seperti mobil. Selain itu, juga memiliki keunggulan karena sangat mudah melewati berbagai macam medan.

Mulai dari jalan sempit, dan jalan yang tidak dapat dilewati pengendara mobil lainnya. Bahkan sebagian pengendara sepeda motor, memiliki bahan bakar untuk kebutuhan yang cukup rutin dibutuhkan. 

Mengonsumsi bahan bakar sepeda motor ini terkadang memang cukup besar sehingga menguras kantong Anda. Namun, tenang saja kesempatan kali ini akan membahas tips berkendara motor matic paling irit.

  • Pakai Bahan Bakar Kadar Oktan Tinggi 

Terkadang orang berpikir bahwa bahan bakar seperti premium lebih murah dan menjadi lebih irit. Namun, sebenarnya bahan bakar premium juga mempunyai kekurangan yang berpengaruh terhadap keawetan mesin. 

Apabila Anda menggunakan bahan bakar yang kadar oktannya lebih tinggi dari premium contohnya pertamax. Maka mesin juga akan lebih menghemat bahan bakar.

Hal ini karena bahan bakar yang dibakar di ruang mesin lebih sempurna. Kadar oktan yang jauh lebih tinggi ini mempunyai kelebihan yang beragam.

Mulai dari lebih irit dari segi konsumsi bahan bakar, mesin lebih jauh bersih. Bahkan, tanpa adanya kerak yang tertinggal di dinding mesin. 

Memang bahan bakar beroktan tinggi ini mempunyai resiko seperti mesin menjadi lebih panas. Hal ini dapat dirasakan tidak menjadi masalah.

Apalagi karena sepeda motor di jaman sekarang sudah dilengkapi sistem pendingin mesin yang baik. Jadi, bila ingin bahan bakar sepeda motor Anda lebih irit maka bisa gunakan paling tidak pertamax untuk kegiatan sehari – hari. 

Pertamax memang dirasa bahan bakar paling pas untuk motor matic paling irit. Hal ini karena oktannya juga dirasa paling pas.

  • Memakai Sepeda Motor Sewajarnya

Sebenarnya dalam hal ini adalah saat pemakaian motor matic paling irit jangan terlalu berlebihan asal geber gas. Anda pasti pernah melihat orang yang menggunakan motor terlebih motor matic yang melakukan asal gas dan asal geber. 

Hal ini tentunya bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Menggeber gas yang terlalu mendadak bisa saja menjadi penyebab konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Apalagi jika dibandingkan dengan cara melakukannya dengan pelan-pelan. Selain lebih boros, mesin juga bisa menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama. 

Selanjutnya, jika dilihat dari segi keamanan hal tersebut juga akan membahayakan Anda dan orang disekitar. Jadi Anda diwajibkan untuk menggunakan sepeda motor dengan bijak dan jangan ceroboh.

  • Servis Mesin Secara Berkala 

Cara selanjutnya dengan cara merawat mesin dengan berkala. Mesin motor matic paling irit yang umumnya terawat akan lebih mempunyai sistem pembakaran dan pemakaian bahan bakar yang optimal. 

Hanya dengan pembakaran optimal di ruang mesin tentunya konsumsi bahan bakar menjadi lebih efektif. Sehingga hal ini bisa menjadi penyebab konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. 

Perawatan mesin yang dilakukan secara berkala ini juga akan menguntungkan bagi Anda yang menggunakan sepeda motor. Apalagi dalam kegiatan sehari-hari, hal ini karena biaya perawatan akan lebih murah ketimbang menunggu motor kamu rusak parah. 

Servis yang dilaksanakan berkala juga bisa dengan cara mengecek kondisi pengapian, penggantian oli mesin. Hal ini juga akan sangat berpengaruh pada performa mesin dan bahan bakar yang digunakan.

Langkah Agar Sepeda Motor Irit Bahan Bakar

Tipe Motor Matic Paling Irit 2022

Sepeda motor matic paling irit pasti menjadi dambaan bagi setiap orang. Terlebih lagi, bagi yang rutin menggunakan kendaraan bermotor roda dua tersebut. 

Keuntungan dengan menggunakan sepeda motor yang irit bahan bakar. Salah satunya bisa saja menekan biaya pengeluaran, karena Anda tidak perlu terlalu sering ke SPBU untuk mengisi bensin.

Ada berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi banyak atau sedikit konsumsi bahan bakar pada sepeda motor. Mulai itu dari teknologi yang terpasang di kendaraan, sampai pola berkendara.

1. Kondisi Sepeda Motor

Sebelum Anda menggunakannya, pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan prima. Hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang keiritan bahan bakar.

Alangkah baiknya, luangkan waktu sebentar untuk mengecek beberapa komponen sepeda motor sebelum melakukan perjalanan. Pastikan juga tekanan angin ban dalam kondisi normal.

Apabila ban kekurangan angin, maka bisa melakukan tarikan sepeda motor menjadi berat. Hal ini bisa saja untuk membuat konsumsi dari bensin menjadi lebih boros.

Tidak hanya itu saja, perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga sangat penting dilakukan. Hal ini untuk menjaga tarikan mesin sepeda motor tetap optimal.

2. Pola Berkendara

Setelah memastikan keadaan sepeda motor prima, pengendara biasanya harus bisa memperhatikan pola berkendara. Berkendara dengan menggunakan pola agresif dan sering memutar, bahkan menutup gas menyebabkan kinerja rem menjadi tidak teratur. 

Sehingga dalam hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Oleh karena itu, disarankan berkendara dengan lembut dan tidak agresif, seperti memutar handle gas secara perlahan dan menjaga kecepatan konstan. 

Baca Juga : Perlu Membeli Kaca Film Terbaik? Simak Dulu Tips Memilihnya

Selanjutnya Anda, tidak melakukan pengereman secara mendadak kecuali dalam keadaan mendesak. Jika semua sudah dilakukan maka motor matic paling irit akan berfungsi dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here