Fakta Tekanan Ban Saat Musim Hujan dan Tipsnya

0
91
Tekanan ban saat musim hujan
Tekanan ban saat musim hujan

Tekanan ban saat musim hujan memang harus kalian ketahui terlebih dahulu. Hal ini karena biasanya jalanan akan basah, akibat air hujan sehingga dapat membuat medan menjadi licin.

Baca juga: Dampak Ban Mobil Kurang Angin yang Wajib Diketahui

Jadi tidak heran jumlah kasus seringkali meningkat, jika pada musim hujan. Selain karena adanya kelalaian pengemudi, kecelakaan lalu lintas seringkali disebabkan oleh kurangnya pemahaman pengendara terhadap hal penting terkait konsep berkendara aman.

Pahami Mengenai Tekanan Ban Saat Musim Hujan

Tekanan ban saat musim hujan

Tekanan ban kendaraan ideal pada saat musim hujan menjadi salah satu hal yang sering terabaikan. Sebagian besar pengendara dilarang pada saat musim hujan memberikan tekanan angin terlalu tinggi.

Hal ini tentunya dapat membuat kecelakaan di jalan raya semakin meningkat. Misalnya saja seperti terpeleset, kecelakaan atau hal lainnya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui kebenaran dari informasi mengenai tekanan ban saat musim hujan yang ideal, kalian wajib menyimak beberapa penjelasan di bawah ini.

Fakta Tekanan Ban untuk Musim Hujan

Tekanan ban saat musim hujan

Secara umum, terdapat buku pabrikan yang harus kalian baca pada saat membeli kendaraan baru. Dalam buku tersebut biasanya telah mencantumkan berbagai macam informasi lengkap mengenai kendaraan kalian.

Mulai dari hal yang boleh dan tidak boleh kalian lakukan, ada juga besaran beban maksimal saat berkendara. Bahkan, biasanya juga telah tertera informasi mengenai tekanan ban atau vehicle tires yang ideal untuk kendaraan kalian.

  1. Secara umum, untuk kegiatan sehari-hari tekanan angin vehicle tires berkisar antara 33 psi pada roda bagian belakang serta 29 psi pada roda depan. Jadi pada saat kalian berkendara, kapasitas angin vehicle tires ini terbilang cukup ideal.
  2. Tekanan ban saat musim hujan ideal akan menjauhkan kalian dari risiko buruk di jalanan dan lebih menyenangkan. Misalnya saja seperti kecelakaan dan juga bisa memperpanjang usia pakai dari vehicle tires tersebut.
  3. Sedangkan, saran untuk musim penghujan sendiri tekanan vehicle tires kalian sebenarnya berbeda. Jika memang perlu, kalian harus bisa mengurangi tekanan ban.
  4. Namun, tetap harus sesuai aturan dan batas yang telah ditentukan sebelumnya. Biasanya, hanya sekitar 2 psi saja untuk pengurangan maksimal tekanan ban saat musim hujan.
  5. Hal ini berarti, untuk roda depan jika pada hari biasa kalian berkendara dengan tekanan 29 psi. Sementara itu, saat musim penghujan biasanya menurun pada angka 27 psi.

Sama halnya, untuk larangan vehicle tires belakang harus bisa kalian turunkan hingga angka 31 ps. Pengurangan tekanan angin ini sebenarnya memiliki tujuan tertentu. 

Misalnya saja, pada saat melewati jalanan basah serta licin, bisa membuat daya cengkram vehicle tires jauh lebih kuat.

Apalagi seperti yang kita tahu, faktor utama terjadinya kecelakaan di tengah jalan medan basah adalah tekanan ban saat musim hujan yang terlalu tinggi. Hal ini juga biasanya akan menjadi penyebab hilangnya kontrol pada komponen ban atau kondisi vehicle tires selip.

Jadi bisa kita katakan bahwa tekanan angin vehicle tires yang berkurang pada saat musim penghujan merupakan fakta. Namun sebenarnya, hal ini kembali lagi pada kebiasaan kita pada saat berkendara.

Pastikan juga saat melewati jalanan yang basah, licin maupun ketika sedang turun hujan, untuk tidak berkendara dalam kecepatan tinggi.

Perhatikan juga kondisi jalanan sekitar, dan berkendaralah dengan kecepatan yang standar. Dengan begitu, akan tetap stabil tekanan ban saat musim hujan yang kalian kendarai. 

Selain itu, jika akan berkendara di musim hujan tidak ingin repot mengurangi tekanan angin vehicle tires, maka kalian bisa mengganti vehicle tires yang sekarang dengan jenis ban dual purpose. Di mana pada medan on road maupun off road, vehicle tires tersebut sangat berguna.

Tips Menjaga Performa Tekanan Ban di Musim Hujan 

Tekanan ban saat musim hujan

Pada dasarnya, untuk bisa menjamin keselamatan berkendara, pastikan performa tekanan ban saat musim hujan selalu berada pada level optimal. Ban kendaraan memang kini sangat penting untuk bisa memastikan pengendara lebih aman dan nyaman.

Jadi, ketika kondisinya terlihat buruk, performa vehicle tires akan jelas sangat menurun. Terlebih lagi, pada saat musim hujan tiba tentu akan mudah tergelincir.

Air akan sering menggenang di atas permukaan jalan yang kalian lalui. Hal ini tentunya akan menyulitkan vehicle tires menapak lebih maksimal di jalan raya.

Akibatnya kendaraan juga rawan selip dan tergelincir karena jalan jauh lebih licin. Oleh karena itu, tekanan ban saat musim hujan harus dalam kondisi terbaik. 

Berikut ini sudah ada beberapa tips menjaga performa tekanan ban kendaraan tetap optimal saat musim hujan, antara lain:

Periksa kondisi Tapak Ban 

Agar bisa memastikan tekanan vehicle tires memiliki performa terbaik, maka periksalah kondisinya terlebih dahulu. Pastikan kondisi ban kendaraan tidak terlalu tipis agar lekukannya selalu dalam kondisi yang baik.

Pada saat hujan, biasanya air akan membasahi jalanan. Dalam kondisi seperti ini, tentunya vehicle tires akan bekerja lebih keras.

Jadi vehicle tires tidak bisa bersentuhan langsung dengan permukaan jalan sehingga traksi juga menjadi lebih sulit. Untung saja, ban saat ini sudah memiliki desain khusus.

  • Sebagian besar alur vehicle tires bermanfaat dalam menjaga performa tekanan ban. Alur ban kendaraan jauh lebih dari sekedar hiasan. Bahkan, produsen vehicle tires sudah mengisinya dengan penuh pertimbangan. 
  • Alur ban kendaraan sengaja hadir untuk kalian agar berperan penting dalam drainase air. 
  • Untuk tekanan ban saat musim hujan, alir ini seperti talang bisa kalian gunakan agar mengalirkan air. Hal ini tentunya agar vehicle tires lebih mudah mencengkram jalan.
  • Perhatikan saja, pada area tapak yang penyoknya lebih dalam. Hal ini merupakan “drainase”, biasanya letaknya berada di tengah-tengah ban kendaraan.
  • Jumlah alurnya juga bervariasi dari tiga hingga empat dengan saluran penghubung pada sisi vehicle tires. Bagian ini tentunya akan berfungsi sebagai saluran air.
  • Nanti pada saat vehicle tires melewati permukaan jalan yang basah, maka air akan merembes masuk.
  • Air tersebut kemudian berpindah ke cabang lain dari pola ban yang pada akhirnya dibuang. Hal ini karena, vehicle tires bisa terus mendarat langsung di jalan.

Risiko aquaplaning juga bisa kalian minimalisir dengan mudah. Oleh karena itu, pada saat musim hujan seperti sekarang bisa luangkan waktu dengan mengecek kondisi tapak vehicle tires.

Pastikan juga kondisinya masih bagus agar aman kalian gunakan untuk kendaraan di jalanan basah.

Menyuntikkan Nitrogen ke Dalam Ban 

Tekanan ban saat musim hujan

Saat musim hujan tiba, kalian bisa menyuntikkan nitrogen ke dalam vehicle tires. Tidak hanya dapat memberikan kenyamanan pada kendaraan, namun penggunaan nitrogen juga menjamin keselamatan.

  • Sejauh ini nitrogen bisa kalian pilih karena dapat membuat vehicle tires lebih lembut. Namun, nitrogen juga sangat berguna untuk dapat meningkatkan daya cengkeram tekanan ban saat musim hujan di permukaan jalan. 
  • Nitrogen juga mempunyai sifat seperti gas inert. Keberadaannya di dalam vehicle tires tentunya tidak akan terpengaruh oleh panas. Dengan begitu, tekanan vehicle tires juga akan selalu stabil meski suhunya meningkat saat kalian gunakan.
  • Dengan tekanan yang stabil, nantinya luas tapak yang bersentuhan pada permukaan atau bidang kontak cenderung lebih seragam. Hal ini tentunya penting sekali karena daya cengkram vehicle tires lebih maksimal.
  • Dalam musim hujan, contact patch yang merata juga akan semakin kalian perlukan. Keberadaan air juga akan membuat permukaan jalan lebih licin.

Alhasil, daya cengkeram tekanan ban saat musim hujan yang baik lebih kalian butuhkan. Terkait hal tersebut, kemampuan pada nitrogen dalam menjaga contact patch ban kendaraan jauh lebih baik sama seperti udara.

Baca juga: Ban Mobil yang Cocok di Musim Hujan, Penting untuk Keamanan

Apabila vehicle tires hanya berisi udara, maka tekanan ban bisa berubah. Bahkan saat cuaca panas, area vehicle tires juga cenderung membesar atau menggembung.

Hal ini bisa menjadi faktor yang mempengaruhi cengkraman tekanan ban saat musim hujan. Bidang kontak vehicle tires juga akan semakin berkurang sehingga mengurangi kemampuan ban kendaraan untuk bergerak di permukaan jalan.

Hal tersebut bisa berbahaya di jalan licin, seperti saat musim hujan. Oleh karena itu, nitrogen juga harus kalian suntikkan ke dalam vehicle tires. Kemudian, bisa pastikan tekanan telah kalian terapkan sehingga area kontak tetap berada pada tingkat optimal.

Lakukan kedua hal tersebut agar performa vehicle tires saat musim hujan tetap berada pada level optimal. Tekanan ban saat musim hujan juga bisa kalian kurangi sedikit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini