Sebelum Ganti Warna Mobil Pastikan Anda Memahami Hal ini

0
878
Ganti Warna Mobil - Proses Ganti Warna Mobil

Sebagian pemilik kendaraan sering merasa bosan sehingga ingin ganti warna mobil. Namun mengganti warna kendaraan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukannya.

Warna merupakan salah satu aspek penting pada kendaraan. Warna akan mempengaruhi penampilan sebuah kendaraan. Biasanya sebuah mobil memiliki warna seperti hitam, putih atau juga cokelat.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Mobil Bekas Agar Lebih Awet

Produsen kendaraan biasanya sudah menyediakan pilihan warna untuk mobil yang mereka keluarkan. Sehingga akan cukup sulit untuk menemukan mobil dengan warna-warna tertentu yang langsung berasal dari produsen.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika merasa tidak cocok dengan warna yang disediakan oleh produsen. Jangan sampai hal ini menjadi penghambat Anda dalam memilih mobil.

Sebab Anda bisa mengubah warna cat mobil sendiri setelah membelinya. Namun pastikan Anda memahami hal berikut ini agar tidak terjadi masalah setelah mengganti warna cat.

Ganti Warna Mobil Harus Lapor Polisi

Ganti Warna Mobil - Proses Ganti Warna Mobil

Untuk melakukan perubahan warna cat pada kendaraan, Anda harus melaporkannya pada polisi. Sebab jika tidak, polisi bisa melakukan penindakan secara hukum. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Kewajiban melaporkan perubahan warna cat kendaraan pada polisi bukanlah tanpa alasan. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat Anda harus lapor polisi saat ingin ganti warna cat pada kendaraan.

  • Sesuai Peraturan Perundang-Undangan

Berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009, disebutkan bahwa setiap kendaraan harus dilakukan pendaftaran atau registrasi. Hal ini seperti yang dikuatkan oleh peraturan Kepala Kepolisian Negara Nomor 5 tahun 2012.

Salah satu hal yang didata saat melakukan pendaftaran atau registrasi kendaraan adalah warnanya. Sehingga ketika Anda mengubah warna kendaraan, maka Anda perlu melakukan registrasi ulang.

  • Menyesuaikan Dengan STNK

Warna kendaraan merupakan salah satu data yang terdapat di dalam STNK. Oleh karena itu jika Anda ganti warna mobil, maka akan terjadi perbedaan antara data di STNK dengan sebenarnya.

Sementara STNK merupakan bukti legitimasi kepemilikan terhadap kendaraan. Membuat perbedaan pada kendaraan dari data yang ada di STNK merupakan suatu pelanggaran. Sehingga pastikan Anda melaporkannya terlebih dahulu.

  • Menghindari Pencurian

Seperti yang kami sebutkan bahwa warna mobil harus sesuai dengan di STNK. Hal ini berfungsi untuk mengidentifikasi tindakan pencurian mobil. Mobil dengan warna berbeda dari STNK dicurigai sebagai mobil curian.

Oleh karena itu pelaporan ketika hendak mengganti warna mobil bermaksud untuk menghindari pencurian. Setelah mengubah data di STNK juga akan membuat Anda lebih aman di masa mendatang.

Proses dan Biaya Ganti Warna Mobil

Ganti Warna Mobil - Proses Ganti Warna Mobil

Tidak perlu khawatir Anda harus melalui proses yang rumit untuk bisa mengganti warna kendaraan. Sebab proses untuk melakukannya sangat mudah. Selain itu, biaya yang dikenakan juga tidaklah mahal.

Biaya mengurus perubahan warna juga lebih murah dibanding harus denda akibat melanggar aturan. Berikut ini adalah proses dan biaya agar Anda bisa mengubah warna kendaraan.

  • Persyaratan

Untuk melakukan perubahan data warna kendaraan pada STNK, Anda harus menyiapkan beberapa syarat. Pastikan Anda tidak melupakan syarat tersebut agar proses bisa dilakukan dengan cepat

Syarat yang harus anda siapkan adalah KTP, STNK dan BPKB kendaraan yang hendak diganti warnanya. Selain itu, Anda juga perlu membawa surat keterangan bengkel serta SIUP dan NPWP bengkel.

  • Proses

Setelah syarat untuk ganti warna mobil sudah Anda siapkan, selanjutnya cukup kunjungi samsat. Setelah itu sampaikan pada petugas di sana bahwa Anda hendak mengubah warna mobil.

Selanjutnya petugas akan membantu Anda untuk melanjutkan proses penggantian warna kendaraan di STNK dan BPKB. Hingga akhirnya STNK dan BPKB baru dengan data warna terbaru berhasil diterbitkan.

  • Biaya

Tarif untuk mengubah data warna mobil pada BPKB dan STNK tidak terlalu mahal. Penerbitan BPKB akan dikenakan biaya sekitar 375 ribu sementara STNK sekitar 200 ribu ditambah pengesahan 50 ribu.

Selain biayanya tidak terlalu mahal, prosesnya juga cukup cepat. Bahkan STNK dan BPKB baru bisa langsung jadi dan Anda terima di hari yang sama dengan proses pembuatan.

Perhatikan Hal ini Saat Ganti Warna Mobil

Ganti Warna Mobil - Proses Ganti Warna Mobil

Anda telah memahami bahwa untuk mengganti warna kendaraan harus lapor agar tidak kena tilang. Selain memperhatikan urusan administrasi tersebut, tentunya Anda juga harus memikirkan tentang proses penggantian warna.

Tentunya Anda mengharapkan hasil warna cat baru bisa optimal sehingga tampilan mobil menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami hal berikut ini saat hendak mengganti warna cat kendaraan.

  • Waktu Pengecatan

Proses penggantian cat pada mobil memerlukan bantuan panas agar hasilnya optimal. Oleh karena itu perhatikanlah waktu saat Anda hendak mengubah warna kendaraan agar hasil yang didapatkan bisa optimal.

Sebaiknya hindari mengecat warna kendaraan pada waktu mendung. Sebab hal ini akan mengurangi kualitas warna cat mobil. Usahakan lakukan pengecatan saat cuaca sedang panas terik.

  • Pilih Bengkel Terpercaya

Untuk ganti warna mobil, sebaiknya Anda melakukannya di bengkel. Namun jangan sembarangan dalam memilih bengkel. Pastikan Anda memilih bengkel yang dipercaya bisa memberikan hasil maksimal.

Bengkel yang baik biasanya juga memiliki sistem pengecatan menggunakan oven. Sistem ini dipercaya bisa menghasilkan warna mobil yang lebih optimal. Sistem oven juga bisa dilakukan kapan saja tanpa mengkhawatirkan cuaca.

  • Pemilihan Cat

Jangan sembarangan dalam memilih merk cat untuk mengubah warna mobil Anda. Selain berpengaruh terhadap kualitas warna yang didapatkan, merk cat juga mempengaruhi daya tahan agar tidak mudah pudar.

Saat ini telah tersedia beragam merk cat mobil dengan harga yang bervariasi. Pastikan Anda memilih merk cat terbaik yang sesuai dengan alokasi anggaran untuk mendapatkan hasil optimal.

Tips Merawat Warna Cat Mobil

Ganti Warna Mobil - Proses Ganti Warna Mobil

Setelah Anda ganti warna mobil, tentunya Anda juga harus melakukan perawatan agar warnanya tidak cepat kusam. Sayangnya banyak pemilik kendaraan yang tidak memahami hal ini.

Sebenarnya merawat cat mobil agar tetap seperti baru tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar cat mobil tidak mudah pudar dan kusam.

  • Perhatikan Proses Pencucian Mobil

Agar warna cat tidak rusak, pastikan Anda mencuci mobil dengan cara yang benar. Jika Anda mencuci mobil sendiri, hindari melakukannya di bawah sinar matahari langsung.

Selain itu, hindari penggunaan lap karet untuk mencuci ataupun mengeringkan bodi mobil. Mengelap menggunakan gerakan memutar juga sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan baret halus pada bodi mobil.

  • Perhatikan Posisi Parkir

Saat ganti warna mobil, memang sebaiknya dijemur di bawah terik matahari. Namun hal ini berbeda saat Anda parkir biasa. Sebaiknya hindari parkir di bawah sinar matahari langsung.

Sebab paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari bisa menurunkan kualitas cat dan coating pada bodi mobil. Sehingga lama kelamaan akan membuat warna cat mobil menjadi lebih kusam.

  • Jangan Gunakan Cairan Pembersih Sembarangan

Saat ini mungkin Anda bisa menemukan beragam cairan pembersih eksterior mobil. Cairan ini dikatakan bisa menghilangkan baret atau kompon pada cat. Namun jangan sembarangan dalam menggunakannya.

Sebab biasanya cairan tersebut memiliki kandungan kimia yang berbahaya. Sehingga diperlukan kemampuan profesional untuk menggunakan cairan tersebut agar memberikan hasil optimal tanpa menimbulkan efek berbahaya.

Memahami Harga Ganti Warna Mobil

Ganti Warna Mobil - Proses Ganti Warna Mobil

Anda tentu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mengubah warna cat pada kendaraan. Pastikan Anda telah menyiapkan kebutuhan uang tersebut agar proses perubahan warna mobil berjalan lancar.

Untuk melakukan pengecatan mobil sebenarnya memiliki harga yang bervariasi. Harga ini bergantung pada merk cat yang digunakan, biaya layanan hingga jenis mobil. Sebab tidak semua bengkel menerapkan harga yang sama.

Biaya mengubah warna mobil bisa dihitung untuk pengecatan full body atau hanya sebagian saja. Sehingga Anda menyesuaikan pengubahan warna cat mobil pada bagian yang diinginkan.

Untuk pengecatan ganti warna mobil full body, Anda perlu menyiapkan uang sekitar empat juta hingga belasan juta rupiah. Sementara biaya pengecatan per panel biasanya tidak lebih dari satu juta rupiah.

Sekali lagi perlu diingat bahwa harga mengubah warna cat mobil bergantung pada jenis mobil. Biasanya semakin besar ukuran mobil akan memerlukan biaya yang semakin besar.

Baca Juga : Ganti Ban Mobil Berkala Rasakan Manfaatnya

Bagi sebagian orang, mobil bukan hanya menjadi kendaraan untuk bepergian. Oleh karena itu mereka berusaha melakukan yang terbaik untuk mempercantik tampilan mobil seperti dengan mengubah warna cat.

Tentunya Anda juga bisa mengubah warna car mobil jadi lebih menarik sesuai keinginan. Namun pastikan Anda telah memahami beberapa hal di atas sebelum ganti warna mobil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here