Rumah Mobil Berjalan, Solusi Liburan Menyenangkan

0
807
Rumah Mobil Berjalan - campervan

Liburan bersama keluarga makin asyik jika menggunakan rumah mobil berjalan. Mobil rumah sendiri sebenarnya bukan hal baru, namun di Indonesia sendiri masih sangat jarang yang memodifikasinya menjadi campervan.

Memodifikasi menjadi campervan tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Selain itu, perawatan yang diperlukan tentu tidak mudah, hal ini yang menjadi campervan kurang digemari di Indonesia.

Baca Juga : Masa Pandemi? Ikuti Tips Traveling Menggunakan Mobil Nyaman dan Aman Yuk!

Perombakkan ini menyatukan fungsi rumah dan mobil di mana campervan bisa dijadikan hunian serta kendaraan yang nyaman. Selain meringkas fungsi, tampilan rumah berjalan sendiri sangat mewah dan memiliki fasilitas lengkap.

Untuk di Indonesia sendiri, apabila Anda ingin memiliki rumah mobil berjalan harus menyiapkan 1 unit dan uang untuk memodifikasinya. Biaya modifikasinya sendiri cukup mahal, sekitar Rp. 125 juta.

Biaya tersebut nantinya untuk merombak bagian kursi penumpang. Selain itu juga akan digunakan untuk membeli interior dari rumah berjalan tersebut seperti tempat tidur, peralatan memasak, dan lainnya. 

Beberapa hal perlu diketahui sebelum membeli atau merombak kendaraan Anda menjadi sebuah campervan. Mulai dari persiapan yang dibutuhkan, kelebihan, kekurangan, serta bagaimana bentuk campervan di dunia untuk contoh modifikasinya.

Mengenal Lebih Dekat Rumah Mobil Berjalan

Trend melakukan perjalanan menggunakan campervan sudah berlangsung sejak lama, terutama di luar negeri. Banyak orang yang merasa campervan ini jauh lebih praktis karena bisa membawa banyak barang keperluan.

Di Indonesia saat ini mulai ada beberapa orang yang memperkenalkan rumah berjalan dengan cara menyewakan mobil tersebut. Banyak orang antusias untuk mencoba campervan untuk pergi berlibur.

Sebuah campervan yang didesain untuk memudahkan dan menghemat perjalanan dengan menjadikannya seperti rumah yang bisa berjalan. Anda bisa mengisi dengan fasilitas yang lengkap sesuai kebutuhan dan keinginan agar nyaman. 

Umumnya rumah mobil berjalan banyak digunakan oleh orang-orang yang suka hidup berpindah-pindah. Misalnya saja bepergian jauh, traveling, berpetualang, atau bahkan berkeliling dunia menggunakan campervan tersebut.

Hal itu yang membuatnya memiliki fasilitas lengkap dan dibuat senyaman mungkin seperti rumah pada umumnya. Salah satunya seperti milik Keluarga Detie dari Jawa Timur yang sudah sering melakukan perjalanan.

Campervan milik keluarga Detie dibuat menggunakan bus agar memiliki tempat yang lebih luas. Budget yang dikeluarkan tentu banyak, untuk pembelian satu unit busnya sendiri membutuhkan sekitar 300 juta rupiah. 

Sebelum menggunakan rumah mobil berjalan, Anda harus melakukan beberapa persiapan. Seperti persiapan mental, hal paling dasar ini harus dipersiapkan saat akan memulai sesuatu yang baru.

Selanjutnya adalah komitmen, baik diri Anda sendiri dan juga orang lain yang akan ikut melakukan perjalanan. Jangan sampai Anda berhenti di tengah jalan dan memutuskan untuk menyudahi perjalanan.

Yang terakhir adalah persiapan finansial, untuk melakukan setiap perjalanan tentu Anda harus menyiapkan budget. Dengan menggunakan campervan, Anda bisa memangkas biaya pengeluaran perjalanan tempat penginapan.

Kelebihan dan Kekurangan dari Modifikasi Rumah Mobil Berjalan

Rumah Mobil Berjalan - campervan

Berbicara tentang inovasi baru yang datang dari kendaraan untuk melakukan perjalanan. Banyak inovasi dilakukan untuk menciptakan hal baru dan diharapkan memiliki manfaat namun, dengan adanya kelebihan tentu akan diikuti kekurangannya.

Menurut Kami, campervan atau karavan ini dirasa memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Anda akan mendapatkan pengalaman baru saat melakukan perjalanan menggunakan karavan ini.

Pengalaman tersebut bisa berupa menemukan tempat indah yang biasanya tidak terjangkau saat menggunakan kendaraan umum. Selain bisa mengeksplor lebih jauh, Anda bisa berkemah di tempat tersebut.

Dengan begitu, pengalaman baru dan suasana yang seru akan Anda dapatkan. Apalagi jika pergi bersama dengan teman-teman menggunakan mobil karavan ini, pasti akan lebih menyenangkan lagi.

Penggunaan rumah mobil berjalan sangat cocok digunakan untuk pergi berlibur atau berwisata setelah new normal ini. Hal tersebut dikarenakan tidak perlunya untuk Berkerumun bersama orang lain selain satu grup.

Untuk kekurangan mobil caravan ini mungkin terletak di biaya modifikasinya. Selain membutuhkan mobil, untuk merombaknya juga memerlukan biaya tambahan lainnya yang membuat mobil ini sangat jarang di minati oleh masyarakat Indonesia.

Dalam proses modifikasi van camper Anda harus memilih jenis yang sesuai. Penyesuaian tersebut dilakukan dengan perhitungan jumlah orang yang akan ikut dalam perjalanan agar kapasitasnya tercukupi.

Desain juga harus dirancang sedemikian rupa untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap penumpang. Hal ini harus diperhatikan karena akan banyak kejadian yang tidak diketahui saat berada di jalan.

Kekurangan lainnya berupa perawatan kendaraan yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan karavan merupakan kendaraan modifikasi yang tidak banyak dimiliki, dan belum adanya ahli jenis mobil satu ini.

Rekomendasi Mobil untuk Modifikasi Rumah Mobil Berjalan

Sebenarnya pembuatan rumah berjalan ini bisa menggunakan mobil apa saja. Akan tetapi, lebih baik menggunakan jenis mobil yang sesuai dengan rekomendasi agar hasil maksimal dan Anda merasa puas.

Kendaraan long sasis dengan kapasitas mulai dari 4 sampai 7 penumpang dan memiliki row 3 sering dijadikan pilihan. Namun, pemilihan jenis ini masih tergolong model compact dari campervan.

Pemilihan mobil dilakukan untuk memudahkan dalam proses modifikasi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mobil yang bisa dijadikan pilihan saat akan membuat berjalan unuk digunakan bepergian. 

  • Grand Max

Mobil berkapasitas besar dengan kabin luas ini, masuk ke dalam rekomendasi kendaraan untuk campervan. Selain itu, jenis pintu geser yang digunakan juga dinilai lebih praktis.

Anda bisa menggunakan Grand max bekas untuk modifikasi rumah mobil berjalan karena harganya lebih miring, hanya berkisar 50-120 juta. Pastikan kondisi kendaraan masih bagus dan berjalan dengan baik.

  • Daihatsu Zebra

Salah satu mobil tipe lama namun, memiliki kabin luas sehingga cocok untuk dijadikan campervan. Meskipun tipe lama, variasi mesinnya tidak kalah dari model terbaru sekitar 1.300-1.500 cc.

Harganya sendiri juga sangat ramah kantong, hanya sekitar 20 sampai 30 juta rupiah saja. Daihatsu zebra sendiri sudah menggunakan pintu geser sehingga tidak membuatnya terlihat ketinggalan zaman.

  • Kia Karnival

Merupakan salah satu mobil keluarga yang cukup populer di sekitar tahun 2000an. Kia Karnival cocok digunakan sebagai mobil camping arena memiliki ukuran besar, dan cukup luas.

Kelebihan apabila menggunakan jenis Kia Karnival terletak pada sunroof. Sunroof ini bisa membawa Anda kembali ke masa lalu dan merasakan tidur di bawah cahaya bintang dan bulan. 

Fasilitas Rumah Mobil Berjalan Termewah di Dunia

Rumah Mobil Berjalan - campervan

Penggunaan mobil ini sangat digemari oleh banyak kalangan di negara bagian barat. Bahkan di negara tersebut mobil itu diberikan julukan RV atau recreational Vechile dan biasa disebut dengan motorhome.

Motorhome memang menjadi pilihan untuk para travelers di mana hidupnya kebanyakan nomaden. Selain enak untuk dikendarai sendiri, fasilitas lengkap layaknya apartemen mewah ada di dalamnya.

Bagi orang luar negeri, penggunaan menggunakan kendaraan camping ini merupakan momen menyenangkan. Sebagian dari beberapa penggunanya mengatakan bahwa biaya akan jauh lebih hemat saat menggunakan campervan.

Sekarang campervan tidak hanya dilengkapi fasilitas standar seperti kasur, dapur, serta kamar mandi saja. Namun, beberapa telah melengkapinya dengan garasi untuk kendaraan lain, bahkan juga tempat helipad.

Salah satunya adalah camping van milik Folker, memiliki basis chasis Volvo dan Mercedes-bens dengan fitur canggihnya. Fasilitasnya sendiri berupa ruang keluarga, dapur, kamar mandi dan tidur, serta garasi kendaraan sedannya.

Selain itu ada element palazzo, sebuah mobil rakitan pabrikan dengan harga 44 milyar rupiah. Anda pasti akan terkejut apabila melihatnya langsung, pasalnya mobil ini dilengkapi dengan mini bar.

Selanjutnya datang dari jenis bus, di modifikasi menjadi rumah mobil berjalan dengan fasilitas seperti apartement mini. Di mana dalam bus ini terdapat satu buah lift hidrolik pada garasi mobilnya.

Indonesia sendiri, memiliki satu bus milik keluarga Iranidya di mana memiliki konsep campervan dengan fasilitas cukup lengkap. Nuansa bus miliknya adalah timeless elegance menggunakan ornamen wood panel sehingga menambah kemewahannya.

Bus ini juga dilengkapi dengan karaoke entertainment menggunakan Smart LED TV. Selain itu, tempat tidurnya sendiri menggunakan sofa elektrik di mana bisa diubah ke mode tidur yang nyaman.

Baca Juga : Fakta Mobil Pemadam Kebakaran Yang Bisa di Pelajari

Masih jarang diminati karena budget untuk memodifikasinya cukup besar serta perawatannya terbilang sulit. Rumah mobil berjalan ini sebenarnya akan cukup menarik perhatian masyarakat namun, tidak dalam jangka waktu lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here