Rekomendasi Oli Mobil MPV dan Tips Memilihnya

0
105
Rekomendasi Oli Mobil MPV dan Tips Memilihnya
Rekomendasi Oli Mobil MPV dan Tips Memilihnya

Oli mobil MPV sebenarnya harus diperhatikan dengan baik. Multi-Purpose Vehicle memang tidak hanya cocok untuk penumpang sehingga dapat digunakan sebagai salah satu mobil keluarga.

Baca juga : Dampak Kebocoran Cairan Power Steering dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi, MPV ini juga bisa membawa banyak barang bawaan. Jadi akan lebih cocok sebagai utility vehicle untuk penunjang dan pekerjaan harian kalian.

Ketahui Oli Mobil MPV Terbaru 

Ketahui Oli Mobil MPV Terbaru 
Ketahui Oli Mobil MPV Terbaru

Intensitas penggunaan Oli mobil MPV sebenarnya kebanyakan tinggi sehingga membutuhkan perawatan khusus. Oli mesin mobil ini memang berperan penting dalam melindungi mesin dari gesekan.

Hal ini tentunya agar mobil tetap awet dan bersih. Oleh karena itu penting sekali kalian memilih oli pelumas mesin yang baik untuk mobil sendiri.

Oli mobil MPV yang berkualitas tinggi akan memperpanjang umur mesin mobil kalian. Lantas, apa saja yang harus kalian perhatikan saat memilih oli mesin yang tepat untuk MPV favorit Anda? 

Pada dasarnya sebagian orang telah meremehkan keberadaan oleh mobil. Bagi mereka, oli hanyalah sebagai salah satu pelumas biasa. 

Padahal oli mobil MPV sebenarnya sangat berfungsi sebagai pendingin, penghambat karat, serta menutup celah pada dinding mesin. 

Kehadiran oli mesin ini akan membuat gesekan antar bagian mobil yang telah tersembunyi di balik kap mesin menjadi lebih halus dan tidak rentan terjadi kerusakan.

Oleh karena itu, dalam hal pemilihan oli mesin tidak boleh sembarangan, apalagi jika menyangkut mobil. Dimana mobil itu adalah MPV yang sangat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. 

Kalian harus bisa langsung memilih oli mobil yang sudah ada dipasaran. Jadi nantinya jangan sampai langsung percaya dengan iklan atau keuntungan yang telah ditawarkan. 

Tips Mudah Memilih Oli Mobil 

Kalian juga harus memiliki pemikiran bahwa oli mobil MPV mahal pasti cocok dan bagus untuk mobil MPV. Untuk MPV sendiri, kalian bisa memperhatikan kandungan oli mesin yang benar.

Hal ini tentunya agar bisa memberikan efek terbaik pada performa, berikut tips memilih oli mobil.

  • Spesifikasi Mesin

Hal pertama yang harus langsung kalian pahami dengan jelas sebelum memilih oli mobil MPV yaitu dengan mengetahui spesifikasi mesinnya. Kalian tentunya dapat langsung mencari jenis oli yang tepat baik itu manual atau matic.

  • Periksa Kekentalan Oli dan Kodenya

Kalian Sebenarnya juga dapat mengetahui kekentalan oli dengan memeriksa kode SAE (Society of Automotive Engineers) serta beberapa angka di belakangnya. Contohnya saja seperti oli mesin B.5W-50, 15W-50 M, 15W-40 dan lainnya. 

Untuk bisa membaca kode ini, maka cari huruf “W” setelah angka awal, hal ini berarti “musim dingin”. Contohnya y, kode SAE 15W-50 yang artinya oli SAE 15 pada suhu dingin serta SAE 50 pada kondisi panas. 

Ini juga diartikan bahwa oli tersebut dapat langsung memberikan perlindungan. Baik itu, mulai dari mesin dihidupkan hingga temperatur mesin yang lebih tinggi.

Selain kode-kode tersebut, maka bisa perhatikan juga mesin mobil yang biasanya telah ditandai dengan istilah VVT, VVTi, dan lainnya. Oli Mobil MPV dengan kekentalan 10/40 atau 5/30 ini sebenarnya cocok untuk jenis mobil ini. 

Oleh karena itu, kalian bisa langsung hindari menggunakan oli dengan viskositas 20/50 pada mesin ini karena terlalu kental.

  • Bahan Berbasis Minyak

Oli mobil MPV ini sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yakni oli mineral serta oli sintetik. Setiap jenis oli ini tentunya sudah memiliki karakter yang berbeda. 

Oli mobil ini dapat dibagi menjadi dua jenis, mineral serta sintetik. Kedua jenis oli ini tentunya sudah memiliki sifat yang berbeda. 

Mineral oil ini berasal dari ekstrak minyak yang telah mengandung molekul alami yang baik. Hal ini tentunya untuk perawatan jenis mesin mobil. 

Oli sintetik adalah oli mobil MPV yang telah terbuat dari bahan kimia. Oli sintetik ini juga biasanya sangat cocok untuk mesin canggih.

Misalnya saja seperti mesin turbocharged. Kompresor, DOHC dan lainnya yang akan membutuhkan pelumas berteknologi tinggi. Hal ini tentunya untuk performa mobil lebih maksimal.

  • Pilih Oli yang Memiliki Sertifikat

Salah satu cara yang paling untuk bisa memilih oli yang tepat untuk MPV yaitu hanya dengan memilih oli yang sudah memiliki sertifikasi. Misalnya saja seperti sertifikasi dari API, ACEA, ILSAC, JASO. Sertifikat ini tentunya akan menjadi salah satu standar yang menjamin kualitas oli.

Jadi kalian nantinya tidak perlu lagi khawatir dengan oli yang dipilih. Apabila kalian masih tidak yakin dan memiliki pertanyaan tentang oli mana yang lebih banyak maka bisa cari tahu informasinya.

Apa Saja Oli Mobil MPV Terbaru?

Apa Saja Oli Mobil MPV Terbaru?
Apa Saja Oli Mobil MPV Terbaru?

Mobil MPV ini juga menjadi salah satu idola mobil yang bisa memenuhi kebutuhan pemiliknya, misalnya saja seperti travelling atau perjalanan bisnis. 

Kebutuhannya juga tidak terlalu sulit, bahkan tidak memakan biaya banyak karena suku cadang yang telah tersedia di berbagai tempat.

Jika dilihat dari segi pekerjaan, MPV lebih aman untuk tidak terlalu mengkhawatirkan penggunanya. Akan tetapi, tetap membutuhkan pemeriksaan secara rutin untuk menjaga kualitas mesin.

Berikut ini sudah ada beberapa rekomendasi oli mobil MPV yang bagus untuk perawatan. Hal ini tentunya agar mesin tetap bekerja lebih maksimal, antara lain:

  • Top 1

Top 1 ini sebenarnya lebih dikenal sebagai salah satu merek minyak yang telah diproduksi oleh perusahaan Amerika dan berbasis di California. TOP 1 Oil ini telah menjual produknya di Indonesia selama sekitar lebih dari 40 tahun.

Kualitas oli yang berasal dari mobil MPV ini sebenarnya sangat baik untuk bisa langsung menjaga performa mesin MPV tetap optimal di berbagai kondisi jalan. Kandungan Top 1 Zenzation ini tentunya dapat menjaga mesin lebih lama serta melindunginya lebih menyeluruh. 

Selain itu, rasio oli yang sintetik sudah terbukti lebih awet, tidak mudah menguap. Hal ini tentunya akan membuat tarikan mesin lebih nyaman. 

Teknologi tersebut juga akan langsung memanjakan kondisi mesin MPV, apalagi dengan adanya aditif khusus yang mengatur perubahan kecepatan. Hal ini agar mobil lebih nyaman dan minim deposit mesin.

  • Castrol Magnatec 10W-40

Selanjutnya, sudah ada pula Castrol Magnatec SAE 10W-40 untuk MPV kalian di rumah. Oli dari mobil MPV ini sudah diformulasikan dari base oil full sintetik. 

Bahkan Castrol Magnatec ini juga sudah memiliki keunggulan molekul cerdas dengan teknologi self-healing layer. Jadi oli ini akan membentuk lapisan pelindung pada permukaan bagian-bagian mesin saat pertama kali dihidupkan.

Saat mesin mobil tersebut telah berhenti bekerja, nantinya akan ada oli kembali ke tangki oli. Akan tetapi, molekul pintar ini juga ikut melekat pada bagian penting misalnya saja seperti magnet.

Hal ini tentunya akan memberikan perlindungan ekstra sejak mesin dihidupkan serta selama proses perakitan. Selain itu, juga sudah ada  teknologi molekuler cerdas dari Castrol Magnatec melindungi mesin dengan cara terbaik.

Apalagi saat mesin digunakan dalam kondisi stres yang tinggi, misalnya saja seperti berkendara di lalu lintas padat. Hal ini juga akan menawarkan perlindungan 20% lebih baik terhadap keausan.

Oleh karena itu, oli mobil MPV ini sangat direkomendasikan untuk mobil kalian. 

  • Rekomendasi Oli Mobil TOP 1 HP Sport 10W-40

Oli mobil MPV lainnya sudah ada yaitu TOP 10 HP Sport SAE 10W-40. Oli ini sebenarnya telah terbuat dari bahan baku full sintetik, sehingga lebih stabil dan tahan suhu tinggi. 

Hal ini tentunya dapat diartikan bawa Top 1 HP Sport sudah memiliki masa pakai lebih lama dibandingkan oli lainnya. Oli full sintetik ini diketahui lebih tahan lama, lebih tahan panas, bahkan juga menjaga suhu mesin tetap stabil.

Selain itu, oli dari mobil MPV full synthetic ini juga diketahui sudah memiliki sistem pelumasan yang lebih halus. Hal ini tentunya akan membuat bekerja optimal sejak start pertama bahkan pada temperatur tinggi. 

  • Spesifikasi Oli

Top 1 HP Sport 10W-40 ini juga sebenarnya sudah mengandung seperti XTRA-CLEAN ADDITIF. Hal ini tentunya dapat langsung mengikat sisa pembakaran. 

Selain itu, hal ini juga terkandung oli dari mobil MPV ini dapat membersihkan mesin mobil kalian hingga ke celah yang paling terkecil. Formula pengereman yang berasal dari oli sport Top 1 HP juga dapat memastikan mesin bekerja secara optimal.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat

Bahkan, dapat dilihat meski dalam kondisi jalan perkotaan yang memaksa kalian untuk berhenti dan pergi. Jadi oli mobil MPV ini memang sangat berguna sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here