Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Pilihan

0
478
Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Pilihan
Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Pilihan

Motor teririt banyak dicari oleh para penggunanya karena menghemat bahan bakar. Jika bahan bakar hemat, secara otomatis menghemat pengeluaran. Selain itu juga lebih efisien waktu, karena Anda tidak perlu membeli bensin terlalu sering untuk penggunaan standar.

Baca juga: Ban Terbaik untuk Motor, Bagaimana Tips Memilihnya?

Jadi, intensitas pembelian bensin berkurang. Terutama bagi pengendara yang pekerjaannya membutuhkan modal utama transportasi berbahan bakar bensin. Tentu sangat mempertimbangkan irit dan borosnya bahan bakar.

Apa saja ciri kendaraan boros bahan bakar dan penyebabnya? Bagaimana tips menghematnya? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa menyimak uraian berikut beserta rekomendasi motor paling irit bisa dijadikan referensi pilihan.

Ciri Motor Boros Bahan Bakar yang Jarang Diketahui

Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Pilihan_Ciri Motor Boros Bahan Bakar yang Jarang Diketahui
Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Pilihan_Ciri Motor Boros Bahan Bakar yang Jarang Diketahui

Memilih motor teririt merupakan idaman banyak orang. Tapi sebelum itu, Anda perlu memahami ciri kendaraan bermotor boros bahan bakar yang masih jarang diketahui. Pertama, perhatikan bagian jelaga pada bagian elektroda busi.

Elektroda merupakan bagian pangkal busi yang fungsinya sebagai sumbu percikan api. Bagian ini ada di dalam ruang bakar saat dipasang pada mesin. Hal ini karena elektroda berhubungan langsung dengan proses pembakaran.

Anda bisa melepas busi ini dari tempatnya untuk mengetahui boros atau tidaknya bahan bakar. Setelah itu perhatikan bagian elektroda, jika berwarna hitam pekat menandakan bahwa porsi bahan bakar melebihi takaran seharusnya dan bisa dikatakan boros.

Jadi, bukannya mendapatkan motor teririt, malah sebaiknya. Jelaga lebih banyak karena takaran berlebihan dari bahan bakar bercampur dengan oksigen, sehingga menyebabkan pembakarannya tidak sempurna.

Penyebab hal ini terjadi adalah semburan bahan bakar yang berasal dari injektor atau karburator terlalu deras. Biasanya situasi seperti ini terjadi karena klep sudah renggang. Cara mengatasinya, atur kembali injektor atau karburator beserta kerenggangan klep.

Kedua, asap knalpot tebal berwarna putih terlalu banyak menyembur. Hal ini menandakan bahwa jumlah bahan bakar mengalir menuju ruang bakar terlalu banyak dan melebihi takaran seharusnya.

Jika kedua ciri ini tidak ada tapi kendaraan boros, kemungkinan penyebabnya adalah aspek lain. Seperti cara Anda mengendarainya yang bisa mengakibatkan bahan bakar menjadi mudah habis.

Berbagai Penyebab Motor Boros Bahan Bakar Penting Diketahui

Sebelum mengetahui tips berkendara motor teririt, Anda perlu memahami berbagai penyebab kendaraan boros bahan bakar. Salah satu penyebabnya memang cara berkendara. Tapi masih banyak kemungkinan penyebab lain, beberapa di antaranya: 

  • Kotornya Filter Udara

Filter udara dalam motor mempunyai peranan sangat penting, yaitu sebagai penyaring masuknya udara. Akan rentan kotor jika tidak dibersihkan secara rutin. Akibatnya, aliran udara yang harusnya masuk menjadi terhambat.

Inilah yang membuat udara masuk sedikit, sedangkan piston motor tetap bekerja secara normal. Alhasil, bensin menjadi ikut terhirup saat proses pembakaran dan pemborosan terjadi.

  • Rem Seret

Saat rem seret, dibutuhkan tenaga lebih keras untuk proses penggerakan roda motor. Akibat yang terjadi mesin menjadi lebih mudah panas dan bahan bakar berkurang lebih cepat.

Bagaimana mendapatkan motor teririt jika bagian rem seperti ini saja tidak diperhatikan. Pasalnya, banyak orang tidak mengetahui bahwa rem seret menyebabkan bahan bakar boros.

Rem terlalu seret biasanya terjadi karena kurang tepat dalam pengaturan. Bisa juga karena adanya kotoran menempel. Inilah yang membuat pengecekan dan pembersihan secara rutin penting dilakukan.

  • Tidak Rapat Saat Menutup Tangki Bensin

Penyebab lainnya yaitu tidak rapat saat menutup tangki bensin, yang membuatnya mudah menguap. Jadi, Anda perlu mengecek dengan teliti, terutama setelah membuka tangki bensin mengenai kerapatan dalam menutup.

Bukan hanya mencegah penguapan, tapi juga supaya bensin tidak tumpah saat Anda melewati jalan berlubang atau berbatu. Jika kondisinya sudah ditutup dengan rapat, tapi bensin masih tumpah, Anda perlu mengganti tutup tangki baru.

  • Sistem Pengapian Terganggu

Motor teririt tidak akan diperoleh jika sistem pengapiannya terganggu, yang menyebabkan hasil pembakaran tidak sempurna. Akibatnya, mesin saat dikendarai menjadi kurang memiliki tenaga.

Sehingga, dibutuhkan penarikan gas lebih kuat agar motor bisa melaju kencang. Dampaknya, daya mesin yang dikeluarkan semakin besar dan kebutuhan bensin juga semakin banyak.

  • Kendurnya Bagian Rantai 

Penyebab terakhir yaitu kendornya rantai motor atau bagian belt CVT melar. Bagaimana bisa? Alasannya karena tarikan ke roda menjadi lebih berat. Jika tidak segera diganti, kemungkinan buruknya, belt CVT tiba-tiba putus serta konsumsi bensin lebih boros.

Tips Berkendara Motor Ter-irit Hemat Bahan Bakar

Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Pilihan_Tips Berkendara Motor Ter-irit Hemat Bahan Bakar
Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Pilihan_Tips Berkendara Motor Ter-irit Hemat Bahan Bakar

Walaupun menggunakan produk motor yang irit, bisa menjadi boros bila cara pemakaiannya keliru. Berikut ada beberapa tips supaya motor yang dikendarai hemat bahan bakar, antara lain:

  • Pemakaian Sewajarnya

Tips pertama, pakai kendaraan dengan sewajarnya, jangan berlebihan dan asal menggeber gas. Hal ini bisa berpengaruh terhadap pemakaian bensin. Begitu juga dengan menggeber gas terlalu mendadak.

Bukan hanya membuat boros konsumsi bahan bakar saja, tapi juga rentan mengalami kerusakan. Selain itu, dari segi keamanan berbahaya untuk pengendara serta orang di sekitarnya. Inilah yang membuat pemakaian secara bijak sangat penting.

  • Menggunakan Bahan Bakar Berkadar Oktan Lebih Tinggi 

Tips berkendara motor teririt selanjutnya yaitu menggunakan bahan bakar berkadar oktan lebih tinggi. Misalnya sebagai perbandingan bensin jenis premium dengan pertamax. 

Harga bensin jenis premium memang lebih murah, tapi memberikan pengaruh terhadap keawetan mesin. Berbeda ketika Anda menggunakan pertamax yang mempunyai kadar oktan lebih tinggi, dari segi pemakaian bensin lebih irit.

Hal ini karena bensin yang dibakar di ruang mesin prosesnya lebih sempurna, sehingga tidak menimbulkan kerak tertinggal pada bagian dinding mesin. Selain itu juga membuat mesin menjadi lebih awet, tidak rentan mengalami kerusakan.

Tapi risiko dari penggunaan motor teririt bahan bakar berkadar oktan tinggi membuat mesinnya lebih mudah panas. Tidak akan menjadi masalah terlalu signifikan bila kendaraan bermotor yang dimiliki sudah dilengkapi pendingin mesin.

  • Rutin Servis Mesin 

Rutin melakukan servis mesin merupakan tips berkendara sebagai upaya perawatan. Dampak dari perawatan berkala ini akan membuat konsumsi bahan bakar kendaraan lebih hemat.

Pasalnya, mesin terawat mempunyai sistem pembakaran lebih optimal. Selain itu, secara otomatis akan menghemat biaya pengeluaran. Bandingkan antara merawat motor teririt secara rutin dengan perbaikan karena kerusakan.

Dua situasi ini tentu membutuhkan biaya berbeda. Apalagi jika kerusakan yang dialami oleh kendaraan Anda sangat parah, berkemungkinan besar membuat biaya pengeluaran sangat banyak.

Pada saat servis, beberapa aspek penting yang berpengaruh terhadap performa mesin akan dicek. Seperti kondisi oli mesin, pengapian, bahan bakar dan lainnya. Jadi, kerusakan mesin bisa segera dicegah.

Beberapa Rekomendasi Motor Teririt yang Bisa Dijadikan Alternatif Pilihan

Bukanlah hal sulit untuk memperoleh motor irit. Tapi memang diperlukan kecermatan dalam memilih. Bagi Anda yang ingin mendapatkan motor yang irit hemat bahan bakar, beberapa rekomendasi berikut bisa dijadikan alternatif pilihan.

  • Honda Scoopy

Rekomendasi motor teririt pertama adalah Honda Scoopy. Saat Anda mengendarai Honda Scoopy, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan yaitu hanya sekitar 59 km per liter. Bukan hanya hemat bensin, desainnya retro sangat menarik perhatian.

  • Honda Beat

Berikutnya yang juga irit dan memiliki banyak pengguna yaitu Honda Beat. Penghematan bahan bakar mesin yang memiliki kapasitas 110 cc berteknologi eSP ini mencapai hingga 60,6 km per liter. Fitur idling stop system yang dimiliki menambah irit kendaraan ini.

  • Suzuki Nex II

Suzuki Nex II merupakan rekomendasi motor irit mencapai 41,9 km per liter. Mesin yang dimilikinya 113 cc. Tidak hanya irit, untuk Anda yang gemar melakukan perjalanan jauh motor ini nyaman dikendarai.

  • Yamaha Jupiter Z1

Motor teririt Yamaha Jupiter Z1 dapat menghemat bahan bakar hingga mencapai 55 km per liter. Berbeda dengan lainnya, lampu depan motor ini ganda disertai desain body yang sporty. 

  • Yamaha Vega Force

Motor yang memiliki mesin 114 cc ini mampu menghemat bensin sekitar 55 km per liter. Yamaha Vega Force memang bukan jenis sepeda matic, tapi desainnya tidak kalah menarik.

  • Honda Genio

Rekomendasi terakhir bisa Anda jadikan pertimbangan pilihan yaitu Honda Genio. Konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan oleh produk satu ini hanya sekitar 51,3 km per liter. Ditambah dengan adanya fitur eSP serta eSS membuatnya lebih hemat bensin.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Motor All New R15 yang Perlu Diketahui

Sebenarnya masih banyak produk lainnya hemat bensin. Untuk mendapatkan spesifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan, Anda perlu melakukan riset serta perbandingan. Bukan hanya memilih motor teririt saja, menggunakannya sesuai standar juga diperlukan supaya tidak boros.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here