Cara Pasang Dioda Pengganti Kiprok Cek Fungsi dan Jenis-Nya!

0
102
Cara Pasang Dioda Pengganti Kiprok Cek Fungsi dan Jenis-Nya!
Cara Pasang Dioda Pengganti Kiprok Cek Fungsi dan Jenis-Nya!

Cara pasang dioda pengganti kiprok cukup sederhana menggunakan 2 komponen dioda dan memasangnya pada bagian soket.

Pentingnya menjaga komponen kendaraan bermotor secara rutin. Baterai adalah salah satu komponen kelistrikan yang harus diperhatikan dalam hal ini. Kiprok merupakan komponen penting.

Baca juga: Tips Perawatan Honda Astrea C70 yang Benar dan Tepat

Kiprok, dikenal sebagai regulator penyearah, mempengaruhi daya tahan atau laju degradasi baterai. 

Selain itu, komponen ini sering diperiksa jika ada masalah pada kelistrikan dan pengapian motor. Bagaimana proses atau cara pasang dioda pengganti kiprok?

Apa Itu Dioda?

Apa Itu Dioda?
Apa Itu Dioda?

Dioda adalah komponen listrik aktif dengan dua terminal yang menghantarkan listrik sebagian besar dalam satu arah.

Untuk memaksimalkan kinerja dioda, listrik digunakan sebagai bahan pembuatan dioda, yaitu bahan yang terbuat dari semikonduktor seperti silikon dan germanium.

Anoda dan katoda adalah dua kutub dioda yang berlawanan. Dalam hal ini, katoda adalah sisi negatif dioda. Sedangkan anoda merupakan sisi positif dari dioda.

Dioda mempunyai dua kemampuan khusus berdasarkan kedua kutubnya, yaitu bisa mengalirkan arus listrik dan menghentikan aliran arus listrik. Proses atau cara pasang dioda pengganti kiprok juga sederhana.

Jenis-jenis Dioda

Jenis-jenis Dioda
Jenis-jenis Dioda

Dioda ini mempunyai tujuan tertentu, berikut penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis dioda.

Dioda Normal (Dioda PN Junction) 

Dioda Normal (Dioda PN Junction) 
Dioda Normal (Dioda PN Junction)

Jenis dioda pertama yang akan kita bahas adalah dioda normal, dikenal sebagai dioda sambungan PN. Dioda jenis ini merupakan dioda yang paling sering ditemui pada suatu rangkaian listrik.

Khususnya pada rangkaian radio frekuensi (RF) dan catu daya. Karena merupakan dioda standar dan paling sering digunakan, maka dioda semacam ini disebut dengan Dioda Normal.

Dioda Penyearah adalah nama lain dari dioda jenis ini. Karena fungsi dioda konvensional paling umum digunakan pada catu daya sebagai penyearah.

Dioda Bridge 

Dioda Bridge 
Dioda Bridge

Fungsi Dioda Bridge ini hampir sama dengan dioda jenis lainnya. Sebaliknya, bentuk dioda ini memberikan kelebihan dalam hal kemudahan penggunaan.

4 dioda diperlukan untuk membangun penyearah gelombang penuh. Biasanya pengguna hanya menggunakan satu dioda ketika menggunakan Dioda Bridge. Hal ini sederhana karena Dioda Bridge sudah memiliki 4 dioda.

Fungsi dioda jembatan adalah untuk mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Ini beroperasi dengan cara yang sama seperti rangkaian penyearah gelombang penuh dengan 4 dioda. Cara pasang dioda pengganti kiprok pada umumnya menggunakan Dioda Bridge.

Dioda Laser

Dioda Laser
Dioda Laser

Dioda Laser adalah jenis dioda yang dapat memancarkan radiasi tampak atau cahaya koheren.

Selain itu, ketika arus listrik dialirkan, ia memancarkan spektrum inframerah. Dioda Laser ini sering ditemukan pada perangkat audio dan video seperti pemutar DVD dan Blu-ray, pemindai barcode, printer laser, alat pengukur jarak, dan printer laser.

Dioda Varactor 

Dioda Varactor 
Dioda Varactor

Dioda Varactor, dikenal sebagai dioda semikonduktor dengan koneksi P-N yang unik. Ketika dipasang pada rangkaian yang menggunakan konsep bias balik, ia memiliki kualitas kapasitansi.

Dioda Tunnel

Dioda Tunnel
Dioda Tunnel

Dioda Tunnel adalah jenis dioda yang biasa digunakan dalam aplikasi frekuensi tinggi. Ini adalah dioda cepat yang biasa digunakan pada rangkaian gelombang mikro atau microwave.

Dioda Schottky

Dioda Schottky
Dioda Schottky

Dioda Schottky merupakan jenis dioda yang mempunyai tegangan maju lebih rendah dibandingkan dioda standar. Kehilangan tegangan pada arus rendah mungkin berkisar antara 0,15V hingga 0,4V.

Tegangan ini lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh dioda silikon standar, yang membutuhkan 0,6V. Dioda Schottky ini digunakan dalam aplikasi penyearah dan RF, serta penjepit.

Dioda Zener

Dioda Zener ini merupakan salah satu dioda yang berperan aktif dalam menjaga kestabilan tegangan catu daya.

Berbeda dengan bentuk instalasi dioda lainnya. Rancanglah rangkaian elektronika yang menggunakan Dioda Zener dengan kondisi bias balik.

Tegangan tembus dioda jenis ini berbeda-beda tergantung jenis atau serinya. Tegangan ditujukan langsung oleh satuan dioda jenis Dioda Zener.

Seri Dioda Zener 5V misalnya digunakan untuk tegangan 5V. Namun, beberapa seri menggunakan kode dioda unik yang berbeda tergantung pada pabrikan dan wilayah negara produsen.

Dioda LED (Light Emitting Diode)

Dioda LED (Light Emitting Diode)
Dioda LED (Light Emitting Diode)

Dioda LED, atau Light Emitting Diode, adalah bentuk lain dari dioda. Ini adalah dioda sambungan semikonduktor P-N yang memancarkan cahaya ketika ditempatkan dalam konfigurasi bias maju.

Dioda Foto (Fotodioda)

Dioda Foto (Fotodioda)
Dioda Foto (Fotodioda)

Dioda foto berbeda dengan Dioda LED yang bisa menghasilkan cahaya. Dioda Foto adalah sensor yang dapat mengubah energi cahaya menjadi energi listrik melalui dua elektrodanya.

Dioda Foto secara umum banyak digunakan sebagai alat instrumentasi berdasarkan masukan cahaya yang masuk.

Selain itu, digunakan sebagai komponen komunikasi serat optik atau serat optik. Hal ini disebabkan keunggulannya dalam hal kecepatan dan bandwidth. Penasaran mengenai cara pasang dioda pengganti kiprok?

Bagaimana Cara Kerja Dioda?

Bagaimana Cara Kerja Dioda?
Bagaimana Cara Kerja Dioda?

Memahami cara kerja dioda sangatlah mudah karena dioda bisa beroperasi dalam tiga keadaan:

  • Unbiased
  • Reverse Biased (bias mundur)
  • Forward Biased (bias maju)

Unbiased

Dioda beroperasi dalam kondisi tidak bias ketika tidak ada tegangan dari sumber energi eksternal yang diberikan.

Ketika sambungan P dan N dihubungkan, elektron mengalir dari material tipe-n ke material tipe-p, dan lubang mengalir dari material tipe-p ke material tipe-n. Berdasarkan parameter tersebut, akan terjadi reaksi sambungan P-N, begitu pula dengan batasan medan listrik.

Persimpangan P-N ini terbentuk sebagai hasil mekanisme difusi yang mengarahkan elektron di kutub N berpindah ke kutub P. Aliran elektron dari kutub N ke kutub P disebut pergerakan lubang. Ketika lubang terbentuk, kutub P mengeluarkan ion negatif.

Forward Biased

Ketika sumber tegangan dihubungkan ke dioda, dioda tersebut menjadi konduktor dan memungkinkan arus mengalir karena sisi positif sumber tegangan berada di anoda dan sisi negatifnya berada di katoda. 

Tegangan yang diterapkan pada dioda dalam arah ini disebut bias maju. Mempelajari cara pasang dioda pengganti kiprok bisa menjadi salah satu solusi ketika kiprok rusak.

Reverse Biased 

Cara kerja terakhir fungsi dioda berada pada bias terbalik. Artinya tegangan diberikan dari sisi positif ke katoda dan sisi negatif ke anoda, sehingga menyebabkan tidak ada arus yang mengalir dan menjadikannya isolator.

Oleh karena itu, bias maju memungkinkan arus mengalir melalui dioda. Arus tidak dapat mengalir ketika bias dibalik.

Ada batasan seberapa besar tegangan bias balik yang bisa ditanggung oleh sebuah dioda.

Apa Fungsi Dioda?

Apa Fungsi Dioda?
Apa Fungsi Dioda?

Dioda berfungsi sebagai penyearah, artinya bisa mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Sebagai Saklar

Ketika dibias maju, dioda bertindak sebagai rangkaian tertutup, dan ketika diberi bias balik, dioda bertindak sebagai rangkaian terbuka.

Akibatnya, mengubah keadaan bias maju dan mundur menyebabkan dioda berperilaku seperti saklar, dengan bias maju menjadi ON dan bias mundur menjadi OFF.

Sebagai Sumber Relay AC

Dalam rangkaian relay, dioda sebagian besar digunakan sebagai proteksi induksi. Relay pada umumnya mempunyai banyak lilitan yang dapat diubah menjadi medan magnet ketika listrik mengalir melaluinya.

Selain itu, lilitan relay dapat menyimpan arus listrik. Namun kondisi ini dinilai merugikan karena bisa menimbulkan kerusakan.

Oleh karena itu, diperlukan pengamanan untuk menjamin keselamatan relay. Transistor mengontrol relay, yang juga lebih aman jika lilitannya memiliki dioda.

Sebagai Pelindung Input Arus Balik untuk Arus DC

Kehadiran dioda sangat penting di banyak rangkaian, terutama untuk menjaga tegangan input DC. Kesalahan manusia (human error) seperti diketahui menjadi biang kerusakan perangkat listrik.

Kesalahan dioda akibat ulah manusia bisa dikurangi. Apalagi jika dipasang di catu daya dan dihubungkan ke rangkaian sistem. Mempelajari cara pasang dioda pengganti kiprok menjadi pilihan tepat.

Sebagai Pelindung Tegangan Lebih

Dioda diperlukan pada peralatan elektronik bertegangan tinggi. Seperti pada rangkaian Dioda Bridge H pada driver motor, dimana terjadi lonjakan tegangan.

Tegangan listrik dapat diputus menggunakan dioda untuk melindungi komponen halus. Dioda Zener umumnya digunakan pada peralatan listrik tegangan tinggi.

Bagaimana Cara Pasang Dioda Pengganti Kiprok?

Tak perlu panik bagi kalian pengguna motor dan mengalami gejala kiprok mati saat berkendara. Merupakan ide bagus untuk mencoba teknik ini karena sederhana dan murah.

Karena ada cara sederhana untuk menyiasatinya tanpa harus membeli kiprok baru. Artinya, cukup membeli dua komponen dioda 6 amp dengan harga kurang lebih Rp4 ribu. 

Untuk memastikannya, mari kita telusuri terlebih dahulu apakah benar kiprok inilah yang menyebabkan motor tidak mau hidup. Jika iya, segera kunjungi toko elektronik untuk membeli dioda.

Jangan Lupa untuk Melilitkan Kedua Potongan Dioda dengan Ukuran yang Sama

Setelah membeli dioda, lepaskan penutup body tengah dan sisi kanan untuk mengakses kiprok. Kemudian pada kiprok, lepas soket penghubungnya. 

Namun, kalian harus sangat berhati-hati saat menelusuri beberapa kabel soket, karena ada yang berwarna putih, merah, kuning, dan hijau.

Kedua dioda kemudian dihubungkan dengan melilitkan ujung-ujung kawat menjadi satu. Namun perlu diingat bahwa posisi kedua dioda harus sama karena pada ujungnya terdapat garis melingkar. 

Tidak mungkin mengalirkan arus listrik jika tidak seperti ini. Jika dioda terpuntir, cukup disambungkan secara paralel dengan kabel soket putih dan merah. Sudah paham mengenai cara pasang dioda pengganti kiprok?

Hubungkan Dioda ke Soket Putih dan Merah

Kalian harus menggesernya di antara kedua ujung kabel dioda. Jika semuanya sudah beres, bisa mencobanya terlebih dahulu dengan menyalakan starter, dan sepeda motor akan langsung hidup.

Setelah sepeda motor bisa berjalan kembali, jangan lupa untuk menutup bagian soket tempat dioda dengan isolasi atau perekat kabel.

Baca juga: Pahami Perbedaan Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum

Cara pasang dioda pengganti kiprok sangat mudah, dibandingkan membeli kiprok dengan harga mahal, dioda menjadi solusi tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini