Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus? Ini Jawabannya

0
519
Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus? Ini Jawabannya
Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus? Ini Jawabannya

Banyak dari kalian yang bertanya, kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Bukan hanya karena kerapian, tetapi ada alasan di baliknya. Meluruskan setir mobil pada saat parkir tidak lain untuk menjaga kondisi setir mobil tetap dalam keadaan yang baik dan tidak cepat rusak.

Baca juga : Cara Merawat Velg Mobil dan Penyebab Cepat Rusak

Masih penasaran kenapa parkir mobil harus lurus? Berikut ini kita akan memberikan jawaban dari pertanyaan kalian dengan jelas dan akibat jika meninggalkan parkiran dengan posisi setir yang sedang tidak lurus atau membelok.

Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus? Inilah Alasannya

Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus? Inilah Alasannya
Kenapa Parkir Mobil Setir Mobil Harus Lurus? Inilah Alasannya

Ini adalah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil ketika sedang memarkirkan mobil, tetapi ada saja yang menanyakan kenapa parkir mobil dengan setir harus lurus. Hal ini dilakukan untuk membuat komponen power steering menjadi lebih awet. 

Power steering sendiri merupakan bagian yang sangat penting dan krusial pada kendaraan roda empat ini. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur gerak setirnya menjadi lebih mudah untuk dikendalikan oleh pengemudinya. 

Power steering memiliki sistem yang sangat membantu pengemudi saat melakukan kegiatan menyetir. Kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Sangat penting diperhatikan terutama yang memiliki kendaraan roda empat dengan power steering bermodel hidraulis.

Power steering bermodel hidraulis ini bekerja dengan bantuan cairan minyak atau oli sehingga akan menghasilkan tekanan pada rack steer. Tekanan ini akan berfungsi untuk meringankan kerja tangan saat memutar dan membelokkan ban.

Saat ban membelik pada satu sisinya, maka tumpuan beban akan berapa pada tekanan oli power steering di salah satu bagian saja. ketika kondisi mesin mati dengan posisi seperti ini oli akan terus tertekan dan tidak bisa mendapatkan sirkulasi dengan baik.

Masih bertanya kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Karena jika tetap dalam keadaan belok akan menyebabkan efek jangka panjang seperti seal dan jalur oli tidak bisa lagi menahan beban dan bisa saja menjadi jebol.

Tetapi hal serupa tidak akan terjadi jika kalian menggunakan mobil dengan electric power steering atau EPS. Karena EPS mengandalkan mesin elektrik untuk memberikan tekanan pada rack steer berbeda dengan power steering hidraulis.

Motor atau mesin elektrik ini akan mendapatkan tenaga listrik dari ECU yang bekerja dengan putaran mesin. Parkir dengan ban lurus atau miring tidak akan berpengaruh jika mobil kalian sudah mengusung power steering dengan motor elektrik ini.

Tetapi jika belum pastikan kalian tetap pastikan memarkirkan mobil dengan kondisi setir yang lurus. Karena akan mengakibatkan efek jangka panjang yang buruk bagi kondisi setir kendaraan kalian.

Akibat dari Memarkir Mobil dengan Setir Tidak Lurus

Akibat dari Memarkir Mobil dengan Setir Tidak Lurus
Akibat dari Memarkir Mobil dengan Setir Tidak Lurus

Selain akan menimbulkan efek jangka panjang, ada alasan-alasan lainnya kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Meluruskan setir saat kondisi mesin mati atau parkir merupakan upaya untuk menjaga dan merawat power steering lebih awet.

Kebanyakan pemilik sering sekali mengabaikan hal ini, sehingga siapkan saja biaya untuk mengembalikan power steering yang sudah rusak. Tidak hanya ratusan ribu saja, tetapi kalian bahkan harus menghabiskan biaya sampai jutaan rupiah untuk memperbaikinya.

Ini jadi salah satu alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Kebanyakan mobil yang kalian gunakan masih menggunakan power steering hidraulis dengan memakai oli sebagai penghasil tekanan pada rack steer.

Berikut ini akibat dari kalian memarkir mobil dengan setir sedang tidak lurus dalam jangka waktu yang panjang.

  • Kemudi Akan Terasa Semakin Berat

Tanda power steering sudah mengalami kerusakan adalah power steering sudah terasa semakin berat. Terutama jika kalian menggunakan jenis hidrolik, tidak akan mendapatkan sirkulasi yang baik dan sehingga dapat mengganggu performanya. 

  • Tidak presisi dan miring

Selain itu akibat seringnya membiarkan setir miring tidak presisi lagi alias menjadi miring. Ini memungkinkan saat menjalankan mobil pengemudi akan kesulitan untuk mengaturnya. Kalian bisa mengeceknya sendiri.

  • Biaya Perbaikan yang Tidak Sedikit

Selain ciri-ciri yang bisa kalian rasakan saat power steering rusak akibat setir yang miring. Kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Menjadi sangat penting lagi karena pergantian komponen jika ini sudah rusak parah bisa mencapai kisaran 2 jutaan rupiah hingga 8 jutaan rupiah.

Tentu saja itu bukanlah uang yang sedikit, jika memang sudah terlanjur rusak pastikan kalian memilih bengkel resmi sesuai dengan merk yang dimiliki atau bengkel spesialis power steering yang dapat kalian percayai.

Cara Parkir Mobil yang Benar dengan Posisi Setir Mobil Harus Lurus

Cara Parkir Mobil yang Benar dengan Posisi Setir Mobil Harus Lurus
Cara Parkir Mobil yang Benar dengan Posisi Setir Mobil Harus Lurus

Cara memarkir mobil yang benar merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pengemudi. Karena masih banyak saja pengemudi kendaraan beroda empat yang belum menguasai cara memarkir mobil yang benar dan tentunya posisi setir harus lurus.

Kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Menjadi sangat penting menjaga dan merawat mobil tetap awet dan tidak perlu bolak balik bengkel. Cara memarkir mobil yang benar harus dilakukan dalam beberapa langkah berikut ini.

  1. Nilai jarak area parkir, mundurlah pelan-pelan dan pastikan untuk memberi jarak yang cukup pada sisi belakang dan samping mobil.
  2. Aturlah posisi mobil dengan benar. Amati keadaan sekitar melalui spion dan area lainnya agar memastikan tidak ada apapun yang menghalangi.
  3. Setelah yakin barulah posisikan mobil pada ruangan parkir. Jika sudah ada dalam posisi yang benar jangan lupa untuk meluruskan kembali posisi setir menjadi lurus.

Saran saat akan parkir jangan berhenti tiba-tiba saat sedang mencari parkir, mengemudilah dengan hati-hati dan pelan saja agar tetap aman. Carilah tempat parkir yang luas dan aman sehingga tidak perlu terlalu berdempetan dengan mobil lainnya.

Cara Memarkirkan Mobil Sesuai dengan Posisinya

Cara Memarkirkan Mobil Sesuai dengan Posisinya
Cara Memarkirkan Mobil Sesuai dengan Posisinya

Seorang pengemudi baru akan kesulitan untuk melakukan parkir, kebanyakan masih belum mengetahui alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Untuk membantu menguasai keterampilan menyetir dan memarkirkan mobil dengan benar berikut ini.

  • Posisi mobil seri tegak lurus

Cara parkir ini memiliki posisi mobil yang yang tegak lurus, saat memarkirkan kendaraan yang harus dilakukan adalah pastikan kalian menyamakan posisi kaca spion dengan mobil sampingnya. 

Selain itu selalu pastikan juga bumper depan mobil sudah dekat dengan pembatas area parkir depannya. Setelah mendapatkan posisi yang paling pas, ingat alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus?

Jadi pastikan sebelum mematikan mesin dan meninggalkan kendaraan pastikan setir sudah diposisikan lurus dan rapi. Terutama bagi kalian yang masih menggunakan power steering oil atau hidrolik agar sirkulasinya terjaga dan awet.

  • Cara Parkir Mobil Seri Miring

Parkir mobil seri miring pasti banyak juga kalian temukan di pusat perbelanjaan, rumah sakit dan tempat-tempat publik lainnya. Jenis parkir seri ini biasanya lebih mudah dilakukan terutama untuk para pemula.

Jadi tidak usah heran jika pebisnis parkir lebih memilih model ini apalagi lahan yang digunakan luas dan kosong. Untuk lebih memastikan kendaraan kalian dalam kondisi miring yang baik, pertama sejajarkan terlebih dahulu arah mobil dengan garis parkirnya.

Lalu pindahkan gigi R jadi lurus dalam posisi 45 derajat dan langsung mundurlah perlahan. Kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Membuat kalian tidak boleh meninggalkan setir dalam kondisi masih miring atau membelok.

Cara Merawat Power Steering agar Lebih Awet

Cara Merawat Power Steering agar Lebih Awet
Cara Merawat Power Steering agar Lebih Awet

Selain memastikan memarkir mobil dalam keadaan setir yang lurus, kalian juga harus untuk menjaga power steering agar lebih awet dengan cara-cara berikut ini. Di bawah ini adalah beberapa daftarnya.

  • Menghindari Jalanan yang Rusak

Selain mengetahui alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Kalian juga harus tahu mengendarai mobil pada jalanan yang rusak dapat mempengaruhi kondisi dari power steering juga. Tetapi jika memang harus melewati jalanan tersebut, jangan terlalu kasar.

  • Hindari Jalanan yang Sedang Banjir

bukan hanya tidak tahu kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Saja yang bisa menyebabkan power steering jadi rusak dan membuat kalian harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk menghindarinya.

Pada musim hujan bencana banjir biasanya terjadi di mana-mana, mobil yang terlalu memaksa harus melewati jalanan yang sedang banjir akan membuat power steering menjadi rusak. Saran terbaik membuatnya awet adalah saat menggunakan mobil tidak terlalu kasar.

Baca juga : Pembersih Jamur Kaca Mobil Terbaik untuk Bersih Seketika

Kemudian putarkan kemudi dengan kecepatan yang sedang. Jadi sekarang kalian sudah tahu alasan kenapa parkir mobil setir mobil harus lurus? Jangan sampai lupa lagi untuk meluruskan setir saat akan meninggalkan mobil di parkiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here