Pahami Perbedaan Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum

0
90
Pahami Perbedaan Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum
Pahami Perbedaan Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum

Perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum harus kalian ketahui secara cermat sebelum membeli agar tidak salah. Ketiga ini memiliki fungsi penting pada kendaraan sehingga jangan menganggap remeh.

Komponen ini memiliki fungsi utama yaitu membuat percikan api sebagai pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Beda bahan juga berbeda kualitasnya jangan sampai kendaraan kalian menggunakan yang tidak sesuai. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem ABS Beserta Cara Kerja

Banyak di pasaran mengiming-iming dengan harga murah. Jangan terjebak dalam kata murah kita belum tahu bagaimana kualitasnya. Bukannya menghemat biaya malah merugikan jika mendapat kualitas buruk. 

Untuk menghindari hal seperti itu kalian perlu memahami beberapa perbedaan antara busi nikel, busi iridium dan busi platinum. Bisa kita lihat dari biaya, kemampuan daya hantarnya dan juga dari bahan materialnya. 

Bahan Dasar Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum

Bahan Dasar Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum
Bahan Dasar Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum

Perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum pertama-tama yaitu bisa kita lihat dari bahan dasarnya. Karena bahan dasar di dalamnya nantinya akan mempengaruhi kinerja. Lebih tepatnya lagi akan mempengaruhi masalah kemampuan daya tahan dalam penggunaannya. 

Busi Nikel

Busi Nikel
Busi Nikel

Bahan dasar pada pembuatan nikel yaitu berbahan nikel yang ada pada elektroda pusat. Lapisan nikel ini nantinya akan melapisi elektroda pusat. Bahan ini memiliki diameter lebih besar daripada iridium dan platinum yaitu 2,0 millimeter (mm). 

Ciri pada bahan nikel ini yaitu bisa lihat dari warnanya yaitu logam berwarna putih keperak-perakan dengan sedikit semburat keemasan. Nikel masuk dalam logam transisi serta memiliki sifat keras dan ulet. Bahan ini juga memiliki ketahanan korosi cukup baik. 

Busi Iridium

Busi Iridium
Busi Iridium

Bahan kedua yaitu terbuat dari iridium termasuk dalam logam mulia. Logam mulia ini mempunyai diameter elektroda pusat yang berbeda dengan nikel yaitu lebih kecil sekitar 0,6 millimeter (mm). 

Bahan iridium ini sekarang menjadi bahan paling sering orang cari karena performa bagus. Memiliki titik lebur tinggi dan memiliki konduktivitas thermal lebih tinggi juga. 

Bahan iridium juga merupakan logam paling tahan dengan korosi. Jenis ini memiliki bentuk runcing pada elektroda pusat. Ciri-ciri mudah karena bisa terlihat dari bentuknya.

Busi Platinum

Busi Platinum
Busi Platinum

Bahan ketiga yaitu platinum yang merupakan bahan logam mulia juga sama dengan iridium. Platinum memiliki ketahanan korosi dan erosi tinggi. Namun titik didihnya masih di bawah iridium sesama logam mulia. 

Walaupun begitu bukannya tidak lebih bagus, tapi kelebihan dari bahan ini mempunyai daya tahan lebih baik daripada iridium. Diameter pada jenis logam mulia sama yaitu kecil sekitar 0,6 millimeter (mm). 

Biaya dan Umur Manakah yang Paling Awet?

Biaya dan Umur Manakah yang Paling Awet?
Biaya dan Umur Manakah yang Paling Awet?

Dari perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum sudah kita tahu terlebih dahulu bahan dasarnya. Nah dari bahan dasar tersebut kita sudah bisa mengetahui manakah biaya yang murah dan mahal. 

Keawetan atau daya tahan juga bisa kita lihat dari bahan dasarnya tadi. Jadi untuk yang paling murah yaitu berbahan standar nikel. Bahan ini masih banyak yang menggunakannya karena harganya relatif murah dan sudah sesuai standar dan aman untuk kendaraan standar. 

Kemudian selain nikel, bahan iridium juga banyak yang menggunakannya. Karena performa logam mulia lebih tinggi daripada nikel. Walaupun harganya lebih mahal namun masih terjangkau di kalangan masyarakat.

Yang terakhir ada platinum paling mahal antara kedua lainnya. Karena dalam proses pembuatannya menggunakan bahan yang mahal. Walaupun sama termasuk dalam logam mulia platinum lebih menawarkan keunggulan yang baik dan wort it. 

Dari biaya mana yang murah dan mahal kita bisa melihat mana yang paling awet dan tahan lama. Perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum bisa kita lihat kualitas dan daya tahannya. 

Dari harganya yaitu platinum memiliki harga paling mahal sehingga memiliki daya tahan atau keawetan paling lama. Dengan harga mahal namun memiliki keunggulan lebih sehingga tidak akan rugi dengan kualitasnya. 

Iridium juga memiliki daya tahan yang lama juga, namun tidak sebagus platinum keawetannya. Banyak yang lebih memilih bahan ini karena harganya lebih murah serta terjangkau. Urutan ketiga dari daya tahannya tentunya yaitu nikel memiliki daya tahan yang biasa. 

Kemampuan Daya Hantar

Kemampuan Daya Hantar

Perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum dari daya hantar pembakaran juga bisa dilihat dari bahan dasarnya. Daya hantar nantinya akan menentukan kinerja mesin kendaraan kalian. Dalam penghantaran daya ini merupakan kemampuan untuk menjaga suhu panas. 

Mencegah adanya overheating atau kenaikan suhu di atas suhu normalnya. Nah bisa kita pahami mana yang memiliki kemampuan lebih baik. Supaya dalam mesin kendaraan kita bisa beroperasi dengan suhu yang sesuai dan tentunya aman. 

Nikel mempunyai daya hantar cukup baik. Karena bahan ini memiliki konduktor panas yang efisien. Namun dalam mengatur suhu agar tetap dalam panas yang normal masih kurang. Sehingga masih bisa terjadi overheating jika penggunaan motor yang tidak sesuai. 

Dari perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum pada bahan logam mulia memiliki titik didih tinggi sehingga dapat menghantarkan panas dengan baik dan efisien. Titik didih bisa mencapai hingga 2.242 celcius. 

Pada kendaraan balap banyak menggunakan jenis logam mulia karena sangat baik dalam menjaga suhu agar tetap stabil. Daya hantar yang bagus juga akan membantu dalam penyempurnaan pembakaran serta meningkatkan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar. 

Daya penghantar yang baik akan menjaga kualitas kendaraan. Paling utama yaitu untuk mencegah terjadinya overheating. 

Kinerja Busi Terhadap Mesin Kendaraan 

Kinerja Busi Terhadap Mesin Kendaraan 
Kinerja Busi Terhadap Mesin Kendaraan

Selain fungsinya berguna untuk menghantarkan daya panas, juga berfungsi sebagai proses pembakaran bahan bakar yang dikompres dengan piston. Kinerja terhadap mesin kendaraan nantinya akan mempengaruhi penggunaan konsumsi bahan bakar. 

Jika sudah lama terpakai, akan mengalami keausan sehingga harus mengganti dengan yang baru. Tidak hanya keausan bisa juga elektroda mengalami meleleh karena tegangan panas tinggi. 

Dari perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum, jika sudah mengalami aus akan mengurangi penghematan bahan bakar. Sehingga bensin bisa boros dan mengurangi kinerja mesin. 

Semakin halus proses pembakaran, maka semakin sedikit permintaan tenaga mesin dan bahan bakar. Untuk itu perlu menggunakan bahan berkualitas bagus. Selain itu juga jangan lupa melakukan service kendaraan secara rutin agar tahu bagaimana kinerjanya.

Jika sudah jelek bisa langsung ganti dengan yang baru supaya performa kendaraan tetap normal. Perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum terhadap kinerja mesin kendaraan juga perlu kalian amati. 

Untuk meningkatkan kinerja mesin bisa menggunakan iridium atau platinum karena respons pembakaran pada mesin yang bagus. Namun bisa sesuaikan juga dengan jenis kendaraan kalian. 

3 Cara Pemilihan Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum

3 Cara Pemilihan Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum
3 Cara Pemilihan Busi Nikel, Busi Iridium dan Busi Platinum

Untuk pemilihan bagus setelah mengetahui perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum, bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memilih dengan tepat pada kendaraan kalian. 

Cek Spesifikasi Kendaraan 

Pertama kalian bisa mengetahui spesifikasi kendaraan. Bisa lihat pada buku panduan kendaraan, ada rekomendasi komponen sesuai dengan kendaraan kalian. Lebih aman jika menggunakan yang sesuai dengan rekomendasi merek karena pasti sudah teruji dan cocok. 

Dalam buku panduan pemilik kendaraan biasanya berisi informasi tipe dan nomer yang disarankan oleh pabrikan. Jika tidak ada, bisa mencari informasi secara online. Banyak situs yang membahas tentang spesifikasi teknis dalam kendaraan. 

Penggunaan Kendaraan 

Kalian juga bisa menyesuaikan dengan penggunaan kendaraan. Misal kendaraan yang akan digunakan untuk balapan maka butuh dengan penghantar daya tinggi. Sehingga membutuhkan kualitas bagus agar motor tetap terjaga. 

Jika hanya menggunakan untuk keseharian dan perjalanan biasa, bisa menggunakan sesuai standar rekomendasi kendaraan. Jika masih bingung bisa tanyakan ke ahli agar tidak salah dalam memilih. 

Sesuaikan Budget 

Kemudian bisa juga sesuaikan dengan anggaran yang kalian punya. harga mempengaruhi kualitas dan daya tahan. Namun jika ingin menghemat tanpa harus mengganti terus menerus pilih yang memiliki daya tahan lama bisa untuk jangka panjang, tapi dengan harga yang mahal. 

Sejatinya perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum bisa dengan mudah melihat bentuk dan diameternya. Investasi sesuai kebutuhan kendaraan kalian dan jangan salah memilih. Kualitas bisa mempengaruhi kinerja mesin kendaraan. 

Harus pintar dalam memilah agar dapat yang terbaik. Jika ragu dengan pilihan kalian bisa bicarakan dengan ahli mesin kendaraan. Pasti lebih paham mana yang tepat atau cocok untuk kendaraan kalian. 

Baca juga: Manfaat Radiator Pada Motor yang Mungkin Kalian Belum Tahu

Bisa pada saat service motor juga jangan lupa untuk mengecek apakah masih layak atau tidak. Dengan mengetahui perbedaan busi nikel, busi iridium dan busi platinum akan meminimalisir terjadinya salah pilih dan penipuan saat membeli. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini