Onderdil Mobil Ori dan KW, Bagaimana Cara Membedakannya?

0
346
Onderdil Mobil Ori dan KW, Bagaimana Cara Membedakannya?
Onderdil Mobil Ori dan KW, Bagaimana Cara Membedakannya?

Ketika kalian memiliki sebuah mobil tentu harus mengetahui seperti apa onderdil mobil ori dan KW agar bisa membedakannya dan tidak tertipu ketika akan memperbaiki atau servis rutin mobil.

Baca juga : Tips Memilih Warna Cat Velg yang Bagus untuk Pemula di Tahun 2023

Ketika memiliki mobil tentu kalian ingin bahwa kondisi mobil tersebut dalam keadaan stabil dan untuk menjaga performanya maka perlu dilakukan service dimana ada beberapa spare part atau onderdil yang penting untuk diganti secara rutin.

Sparepart atau onderdil mobil merupakan sebuah barang yang berisikan berbagai komponen yang memiliki fungsi tertentu dan sering dipakai di beberapa kendaraan dengan jenis-jenis yang sangat beragam.

Onderdil mobil ori dan KW terkadang terlihat sama karena memang ada jenis-jenis spare part mobil yaitu orisinil dan non pabrikan atau aftermarket. Kalian harus bisa membedakan dua hal tersebut, bahkan ada pula yang KW. 

beberapa orang beranggapan jika produk KW termasuk dalam kategori produk palsu, namun faktanya produk KW hanyalah produk yang tidak akan diproduksi oleh perusahaan manufaktur mobil dan tidak memperoleh lisensi.

Onderdil KW memang membahayakan untuk keamanan kendaraan dan keselamatan kalian karena onderdil kau ini kualitasnya tidak sesuai dengan standar keamanan. Lalu bagaimana cara membedakan onderdil ori dengan KW?

Seputar Onderdil Mobil dan Jenis-Jenisnya

Seputar Onderdil Mobil dan Jenis-Jenisnya
Seputar Onderdil Mobil dan Jenis-Jenisnya

Sebelum membahas cara membedakan onderdil mobil ori dan KW, kalian perlu tahu terlebih dahulu apa saja jenis-jenis dari onderdil mobil itu sendiri. Setiap onderdil memiliki kegunaannya sendiri namun beberapa diantaranya memiliki sistem kerja yang saling terkait.

Onderdil atau suku cadang merupakan peralatan teknik yang menjadi part atau bagian dari mesin yang perlu dihubungkan secara teknikal untuk menjadi unit mesin mobil dengan jenis-jenis berikut:

  • Orisinil

Produk orisinil merupakan produk yang memiliki kualitas bagus dan kerap ditemukan di industri otomotif. Istilah yang sering digunakan adalah original equipment manufacturers untuk menyatakan bahwa produk tersebut memang asli.

Jenis-jenis inilah yang nantinya bisa membedakan mana onderdil mobil ori dan KW dimana versi orisinil hanya akan diproduksi oleh pihak manufaktur asal atau bisa juga diproduksi perusahaan lain namun yang ditunjuk oleh pihak manufaktur.

Hal ini dikarenakan mobil adalah kendaraan yang dilengkapi dengan ratusan sparepart dan tidak semua jenis spare part tersebut bisa dibuat atau diproduksi oleh pihak manufaktur itu sendiri.

Dari situlah mengapa pihak manufaktur menunjuk perusahaan lain untuk membuat spare part yang sesuai. Namun tetap saja onderdil tersebut disebut sebagai orisinil atau asli karena pembuatannya sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

  • Non Pabrikan atau Aftermarket

Untuk bisa membedakan mana onderdil mobil ori dan KW maka kalian juga perlu mengetahui bahwa ada pula jenis non pabrikan atau aftermarket. Spare part mobil yang satu ini dibuat oleh perusahaan onderdil untuk kebutuhan tertentu.

Jadi non pabrikan hanya untuk onderdil selain kebutuhan normal kendaraan misalnya seperti untuk kustomisasi, hobi atau keperluan mobil balap dan lainnya. Jadi non pabrikan ini akan membuat onderdil sesuai dengan pesanan klien.

Lalu non pabrikan atau aftermarket ini termasuk yang mana mengingat banyak orang yang ingin mengetahui tentang onderdil mobil ori dan KW agar tidak berdampak buruk pada kendaraan.

Meskipun pabrikan ini tidak ada hubungannya atau tidak memiliki relasi dengan pihak manufaktur namun umumnya non pabrikan memiliki lisensi sebelum melakukan pembuatan onderdil jadi bisa masuk kategori orisinil.

Onderdil yang dihasilkan dari non pabrikan atau aftermarket umumnya memiliki kualitas serupa dengan hasil manufaktur bahkan ada beberapa non pabrikan yang lebih bagus dibandingkan orisinil dari manufaktur.

  • KW

Untuk tahu mana onderdil mobil ori dan KW, kalian perlu memahami jenis-jenisnya dimana KW sendiri merupakan salah satu istilah yang sangat umum dalam dunia otomotif.

Sebuah order dinyatakan KW biasanya terbagi menjadi 3 yaitu kw 1, 2 dan 3 dan yang ketiga merupakan kategori paling rendah. Dari ketiganya tidak memiliki banyak perbedaan karena bagian tampilan atau bahan yang dipakai kurang lebih sama.

Banyak orang beranggapan bahwa produk KW termasuk produk palsu karena memang tidak diproduksi oleh perusahaan dan tidak pula memiliki lisensi dari mateng faktur mobil.

Cara Membedakan Onderdil Mobil Ori dan KW dari Nomor Seri

Cara Membedakan Onderdil Mobil Ori dan KW dari Nomor Seri
Cara Membedakan Onderdil Mobil Ori dan KW dari Nomor Seri

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui apakah spare part tersebut merupakan produk original atau KW. Yang pertama bisa dilihat dari nomor seri dimana spare part asli pasti memiliki kode atau nomor seri tertentu.

Jadi yang harus dilakukan adalah memeriksa onderdil apakah memiliki nomor seri atau kode tertentu untuk memastikan bahwa produknya benar-benar asli. Beberapa produk terkadang sudah dilengkapi nomor seri, kalian bisa melakukan pengecekan pada katalog resmi.

Karena umumnya nomor seri pada spare part palsu akan lebih ringkih dan mudah hilang, jadi pastikan melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui mana onderdil mobil ori dan KW dari nomor serinya.

Cek Kemasan dan Kondisi Produk Sesuai Spesifikasinya

Selain nomor seri, untuk tahu apakah onderdil yang kalian beli merupakan onderdil ori atau KW maka cobalah memeriksa kondisi kemasan karena kemasan asli pasti memiliki bahan yang lebih tebal dan berwarna terang.

Umumnya juga memiliki label stiker hologram pada kemasannya dan stiker label tersebut tidak gampang lepas dan logonya pun tercetak dengan sangat jelas. Sedangkan untuk produk palsu justru sebaliknya.

Membedakan onderdil mobil ori dan KW memang cukup tricky karena beberapa produk bahkan terlihat sangat orisinil. Setelah melakukan pengecekan pada kemasan maka kalian juga perlu memeriksa kondisi serta spesifikasi produk tersebut.

Jadi karena spare part palsu dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai aslinya maka kalian pun harus menelusuri terlebih dahulu mengenai spesifikasi barang yang akan kalian beli, karena spare part palsu tidak akan dibuat dengan bahan yang sama.

Umumnya spare part palsu hanya menggunakan besi biasa dan bukan seperti sparepart asli yang dominan menggunakan baja. Jadi cobalah untuk memeriksa kemasan serta spesifikasi yang ada pada produk tersebut untuk mengetahui mana onderdil mobil ori dan KW.

Harga dan Garansi Bisa Dijadikan Patokan

Harga dan Garansi Bisa Dijadikan Patokan
Harga dan Garansi Bisa Dijadikan Patokan

Selain melakukan pengecekan pada nomor seri kemasan serta spesifikasinya, produk ori atau KW juga bisa dilihat dari segi harga. Harga spare part asli pasti akan lebih mahal dibandingkan KW karena disesuaikan dengan kualitasnya.

Jadi sebelum membeli, kalian harus mencari tahu berapa harga spare part tersebut di pasaran terlebih dahulu, jika kalian menemukan potongan harga yang terlampau jauh dari harga asli, kemungkinan besar produk tersebut merupakan produk KW.

Cara membedakan onderdil mobil ori dan KW juga bisa melalui garansi, dimana spare part asli pasti memiliki garansi dengan waktu yang cukup lama dan biasanya diberikan oleh pihak produsen kendaraan itu sendiri atau pihak manufaktur.

Sementara untuk produk palsu biasanya diberikan garansi toko saja dan waktu garansi juga tidak seperti produk ori dengan waktu yang cukup lama. Bahkan beberapa produk tidak memiliki garansi, entah dari manufaktur ataupun toko.

Cek Keaslian dengan Scan Barcode

Cek Keaslian dengan Scan Barcode
Cek Keaslian dengan Scan Barcode

Di era digital seperti sekarang ini bahkan kalian bisa dengan mudah melakukan pengecekan. Dimana beberapa brand spare part yang diproduksi sudah dilengkapi dengan QR code untuk menjaga keaslian produk tersebut.

Sehingga nantinya kalian juga bisa membedakan onderdil mobil ori dan KW tersebut dengan mudah hanya melalui scan barcode. Tujuan dari QR kota tersebut memang untuk menjaga keaslian dari produk, caranya kurang lebih adalah:

  1. Instal aplikasi barcode atau scanning terlebih dahulu bahkan beberapa ponsel juga sudah support menggunakan kamera ponsel saja.
  2. Perhatikan kode barcode 2 dimensi yang akan di scan dan pastikan ponsel memiliki koneksi internet.
  3. Arahkan kamera scanning pada barcode yang akan di scan dimana ketika berhasil dipindai atau scan maka akan menampilkan beberapa informasi seperti nama merek atau brand, spesifikasi hingga tanggal kemasan serta asal produksi.

Melalui scan barcode tersebut bahkan nantinya Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan dan dengan jaminan keaslian produk. Jadi sangat penting melakukan pemeriksaan pada kondisi fisik hingga scan barcode.

Memang sangat berbahaya ketika kalian menggunakan spare part palsu dimana tidak hanya mengganggu keselamatan pengendara namun spare part palsu juga akan membuat garansi mobil gugur karena nantinya penggantian spare part tidak sesuai dengan standar.

Baca juga : Tips Agar Mobil Tidak Boros BBM Meski Sering Diajak Pergi

Itulah mengapa selalu disarankan untuk berhati-hati saat membeli spare part dan pastikan membeli di tempat-tempat yang memang menjual produk asli atau yang berkaitan dengan perusahaan manufaktur agar bisa dengan mudah membedakan onderdil mobil ori dan KW.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini