11 Cara Merawat Sistem Pendingin Mobil, Perhatikan Hal Ini!

0
196
11 Cara Merawat Sistem Pendingin Mobil, Perhatikan Hal Ini!
11 Cara Merawat Sistem Pendingin Mobil, Perhatikan Hal Ini!

Merawat sistem pendingin mobil harus dilakukan dengan tepat karena ini menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan roda empat. Apalagi komponen ini sangat vital ketika musim panas tiba.

Baca juga : Saat Mengganti Oli Jangan Memakai Kompresor, Sangat Beresiko

Perjalanan pasti menjadi kurang nyaman karena tidak adanya mesin pendingin. Supaya terhindar dari kerusakan, ada baiknya untuk selalu mengeceknya secara rutin guna membuat suhu di dalam mobil tidak overheat.

Meluangkan waktu setiap minggunya untuk melakukan pengecekan jika kalian sudah mencucinya. Kita akan membahas apa saja cara yang harus dilakukan dalam merawat sistem pendingin mobil di bawah ini.

Benarkah AC Bisa Membuat Bau Tidak Sedap?

Benarkah AC Bisa Membuat Bau Tidak Sedap?
Benarkah AC Bisa Membuat Bau Tidak Sedap?

Pernahkah kalian merasa jika udara di dalam mobil mengeluarkan bau tidak sedap. Ternyata ini menjadi salah satu dari penyebab masalah yang ada di AC, walaupun kondisi di dalam mobil dingin. 

Pastinya amat mengganggu jika kendaraan mengeluarkan bau tidak sedap, sementara kalian masih berada di sana. Bau tidak sedap ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti penggunaan pengharum ruangan sembarangan.

Selain itu, juga adanya kotoran dan debu di dalam kabin karena jendela terbuka. Ada juga, penumpang yang menggunakan alas kaki akan mengotori AC jika tidak dibersihkan.

Itulah pentingnya merawat sistem pendingin mobil sehingga tidak muncul bau tak sedap di dalam ruangan kabin. Maka dari itu, penting sekali bagi para pengendara untuk memperhatikan kebersihan mobilnya.

Lakukan Pemeriksaan Pada Sistem Pendingin

Kalian bisa melakukan pemeriksaan pada sistem pendinginnya, apakah ada kerusakan atau tidak. Berikut menjadi cara-cara yang bisa diikuti dalam melakukan pemeriksaan mesin mobilnya, simak penjelasannya. 

  • Periksa kondisi cairan tabung reservoir dan pastikan jika radiator masih terisi dengan penuh, ini menjadi langkah teruntuk sistem pendingin kendaraan mobil keluaran terbaru. 
  • Jika cairan terdapat di level rendah (low) walaupun sudah dilakukan pengisian secara rutin, hal itu menandakan bila adanya kebocoran udara di dalam sistem pendingin sehingga cairannya akan sulit tersedot.
  • Kalau menggunakan kendaraan roda empat tipe lama, tidak terdapat botol reservoir pada mobilnya. Cara untuk merawatnya adalah dengan melakukan pengecekan secara manual dan membuka tutup radiator, lihat level cairannya.
  • Lihat baik-baik ketika kalian akan membuka tutup radiatornya, pastikan bila kondisi mesin sudah cukup dingin. Jika model mobilnya lama, level cairan berada di bawah leher radiator ketika kondisinya dingin.
  • Lihat kembali buku manual kendaraan yang kalian punya agar lebih jelas secara teknis dan prosedurnya dalam merawat sistem pendingin mobil.

Ikuti langkah-langkah di atas supaya kalian bisa memberikan perawatan terbaik untuk hasil yang baik pula. Selain itu, tentu agar kendaraan yang kalian miliki dapat tetap awet dari segi fungsional.

Masalah Penyumbatan Harus Segera Diatasi

Ketika merawat sistem pendingin mobil, tidak jarang ditemukan kendala. Nah, salah satunya ini adalah terjadinya penyumbatan di bagian luar atau dalam mobil. Sehingga, kalian juga harus perhatikan penyumbatan di radiator.

  • Penyumbatan di bagian luar bisa saja disebabkan oleh kotoran ataupun serangga di sekitar tabung radiator dan sirip. Saat aluran udara mulai tersumbat berpengaruh pada sistem pendingin yang tidak bekerja.
  • Karena hal tersebut, sistem pendingin tidak bisa melakukan kinerjanya secara maksimal pada kendaraan roda empat itu. Adapun demikian, akan membuat mesin berisiko mengalami overheat atau terlalu panas.
  • Periksalah dengan manual menggunakan bantuan alat penerangan untuk melihat adakah tingkat penyumbatan yang terjadi sebelum akhirnya dibersihkan.
  • Untuk penyumbatan di bagian dalam biasanya disebabkan oleh endapan kotoran ataupun kotoran. Ketika kalian mempunyai waktu luang, sebaiknya bersihkan sendiri dengan menguras radiatornya.
  • Adanya penyumbatan yang terjadi di bagian dalam mobil akan membuat aliran cairannya menjadi tidak lancar dan bisa saja tersumbat yang mengakibatkan mesin pendingin tidak dapat bekerja.
  • Langsung periksa jika mesin mobil kalian overheat atau cepat terlalu panasnya. Kalau memang terdapat penyumbatan yang dapat dilihat langsung, langsung bawa ke tempat service untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Merawat sistem pendingin mobil ketika terjadi penyumbatan, selalu ingat untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan secara rutin. Supaya tidak membuat adanya kerusakan yang parah sehingga bisa langsung diatasi.

Cara Merawat Sistem Pendingin Mobil dengan Tepat

Pada saat cuaca panas, AC menjadi komponen penting yang digunakan ketika berkendara dengan mobil. Di bawah ini akan dijelaskan cara-cara yang bisa kalian lakukan dalam merawat sistem pendingin mobil.

  • Menjaga Kebersihan

Lakukan pembersihan secara rutin untuk membersihkan bagian di dalam mobil dari debu ataupun kotoran. Apalagi ketika kendaraannya sehabis digunakan bepergian jauh atau membawa banyak orang.

Maka, penting untuk membersihkan bagian dalam, seperti bagian karpet di daerah dewan yang rawan kotor. Oleh karenanya, harus diperhatikan oleh pengendara agar tidak ada permasalahan pada AC.

  • Tidak Membuka Jendela

Cara ini sangat sederhana untuk dilakukan, karena ketika kaca jendela terbuka. Secara otomatis, debu atau kotoran akan masuk ke dalam mobil. Hal itu akan membuat AC menjadi kotor.

Dengan demikian, kinerja mesin menjadi berkurang maksimal dalam mendinginkan ruangan kendaraan. Selain itu, bisa saja timbul bau yang tidak sedap dari dalam, baik itu dikarenakan udara yang muncul dari luar.

  • Jangan Langsung Menyalakan

Ketika mobil akan dihidupkan, jangan langsung menyalakan AC, ini kerap diabaikan oleh sebagian besar pengendara. Kondisi AC harus dalam kondisi mati, setelah itu baru dihidupkan jika mesin mobil sudah stabil.

  • Mengganti Filter Udara

Kualitas udara yang masuk ke dalam kabin disebabkan karena filter udaranya kotor. Sehingga, akan menurunkan efisiensi bahan bakar para penggunanya. Lain halnya, jika filter udara bersih, jarak tempuh meningkat 10%.

Sebaiknya, kalian rutin untuk mengganti filter udara, terlebih setelah hujan. Ketika hujan, filter udara itu cenderung mudah tersumbat, saat hendak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya bersihkan dulu filter udaranya,

  • Isi Radiator secara Berkala

Cara untuk merawat sistem pendingin mobil adalah dengan mengisi cairan radiator secara berkala. Hal ini bertujuan agar kinerja yang diberikan dapat maksimal, karena jika tidak maksimal akan berpengaruh pada kinerjanya.

  • Test Kinerja AC

Nyalakan mesin dan juga AC untuk memastikan jika semua bagian sistem sudah dilumasi dengan baik dan berjalan secara fungsional. Pastikan setelah beberapa saat AC dihidupkan apakah berfungsi dengan baik. 

  • Bersihkan Kondensor 

Ketika kalian mencuci mobil, sebaiknya bersihkanlah komponen kondensor yang rusak ataupun kotor. Jadi, debu-debu yang ada di kondensor bisa bersih dan tidak berakibat pada kebocoran atau korosi.

  • Periksa Putaran Kipas Kondensor

Jika pada sistem pendinginnya, dilengkapi dengan kipas kondensor. Maka, hal yang perlu dilakukan oleh pengendara dalam merawat sistem pendingin mobil adalah dengan memeriksa putarannya dengan rutin.

  • Berikan Perawatan pada Bagian Luar Kendaraan

Meskipun tidak memiliki pengaruh yang signifikan, namun akan sedikit mempengaruhi kinerja yang diberikan. Parkirkan mobil ke arah garasi agar tidak banyak menerima paparan sinar matahari. 

  • Servis secara Berkala

Setiap setahun sekali, sebaiknya sistem AC diberikan servis sebagai cara merawat sistem pendingin mobil. Sehingga, permasalahan-permasalahan lain yang muncul seperti cairan berkurang, terjadi kebocoran, dan semacamnya langsung teratasi.

  • Hindari Rokok Menyalakan AC

Ini menjadi bagian yang turut diperhatikan pula, ketika AC sedang dinyalakan maka asap rokoknya itu akan membuat kotor evaporator. Bahkan, juga dapat menimbulkan bau tidak sedap karena berlendir.

Begitu banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat sistem pendingin mobil lebih terjaga. Yang pasti dan utama adalah dengan mengeceknya secara rutin agar bisa berfungsi dengan maksimal dan awet.

Hal-Hal Berikut Harus Diperhatikan Jika ke Bengkel

Hal-Hal Berikut Harus Diperhatikan Jika ke Bengkel Untuk merawat sistem pendingin mobil
Hal-Hal Berikut Harus Diperhatikan Jika ke Bengkel Untuk merawat sistem pendingin mobil

Jika kalian melakukan servis di bengkel, ketahui juga apa saja hal yang harus diperhatikan. Sehingga, bisa dilakukan pemeriksaan ketika sudah di bengkel dalam merawat sistem pendingin mobil.

  1. Isi cairan pelumas di dalam sistem.
  2. Jika perlu periksa pergantian filter udara.
  3. Lakukan sanitasi.
  4. Periksa bagian pengoperasian katup dan thermostat.
  5. Periksa bagian suhu ventilasi udaranya.
  6. Periksa selang atau komponen pendukungnya.
  7. Tes adakah kebocoran di AC.
  8. Sesuaikan sabuk pada mesinnya.

Baca juga : Tips Aman Mencuci Mesin Mobil Berkala tanpa Konsleting

Pastinya para pengendara menginginkan kendaraannya bisa berfungsi secara optimal, termasuk pada mesin pendinginnya. Merawat sistem pendingin mobil akan memberikan hasil maksimal dan juga menambah kenyamanan penumpang atau pengendara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini