Menjaga Kondisi Otomotif Mobil dan Motor agar Bertahan Lama

0
549
Menjaga Kondisi Otomotif Mobil dan Motor agar Bertahan Lama
Menjaga Kondisi Otomotif Mobil dan Motor agar Bertahan Lama

Otomotif merupakan cabang ilmu teknik mesin, yang mengajarkan bagaimana penggunaan atau perancangan alat transportasi darat. Pada umumnya istilah tersebut lebih mengarah ke jenis kendaraan seperti mobil maupun motor, yang lebih sering digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga: Inilah Cara Menjaga Suspensi Mobil Agar Tetap Empuk

Alat transportasi sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak terlupakan, saat menjalani aktivitas dan pergi ke suatu tempat tentunya kita membutuhkan moda transportasi. Namun saat kita memutuskan untuk memiliki kendaraan pribadi, sudah sewajarnya kita tau cara merawatnya.

Merawat otomotif milik kita sendiri, bisa menjaga agar kendaraan tidak mudah rusak, karena jika kendaraan terlalu sering digunakan atau terlalu lama dibiarkan, pasti terdapat masalah pada mesin atau komponen lain, yang harus diganti atau diperbaiki segera.

Kesehatan mesin hampir sama dengan manusia, yang harus diperhatikan atau dirawat secara rutin. Selain itu ada beberapa komponen kendaraan yang memang harus diganti secara berkala, seperti mengganti oli atau aki, yang jika dibiarkan akan berpengaruh pada performa kendaraan.

Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Menjaga Otomotif Mobil

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini. Kami akan mengajak Anda untuk memberi perhatian lebih pada mobil, karena jenis kendaraan ini memang lebih membutuhkan perhatian ekstra agar umurnya bisa bertahan lebih lama.

  • Sistem Pendingin

Bagian otomotif yang memiliki peranan penting adalah sistem pendingin, dimana saat mesin dihidupkan maka sistem pendingin akan bekerja untuk menyerap panas pada mesin. Dengan adanya sistem ini, maka mesin bisa bekerja lebih maksimal dan tidak mengalami overheat.

Maka dari itu Anda perlu memperhatikan bagian sistem pendingin, karena fungsi dari komponen ini sangat dibutuhkan oleh kendaraan, jika terjadi masalah pada bagian ini, sebaiknya segera Anda bahwa ke bengkel atau tempat service agar mendapat perbaikan.

Aki menjadi pusat kelistrikan pada sebuah kendaraan, komponen ini akan menyimpan daya listrik sebelum dibutuhkan oleh kendaraan. Jika terjadi masalah pada Aki, maka fungsi keseluruhan mobil juga akan sulit menyala, mulai dari lampu hingga starter awal pada kendaraan.

Pada umumnya Aki memang harus diganti secara berkala, sebaiknya perhatikan masa pakai pada komponen ini, biasanya Anda bisa mengganti Aki setelah 1,5 hingga 2 tahun masa pemakaian. Jika Aki terus dipakai lebih dari masa tersebut, maka akan terjadi penurunan performa.

  • Suspensi

Komponen otomotif lainnya yang perlu Anda jaga adalah suspensi, fungsi utama dari komponen ini adalah untuk meredam atau menyerap getaran pada mobil akibat permukaan jalan. Apabila permukaan jalan tidak rata atau berlubang, maka penumpang tidak begitu merasakannya.

Selain itu peredam getaran tersebut juga berguna, untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Jika suspensi dirasa sudah tidak bekerja secara optimal, maka sebaiknya Anda mengganti suspensi dengan membawanya ke bengkel.

Skill Dasar Otomotif yang Wajib Diketahui sebagai Pengguna Kendaraan

Menjaga Kondisi Otomotif Mobil dan Motor agar Bertahan Lama_Skill Dasar Otomotif yang Wajib Diketahui sebagai Pengguna Kendaraan
Menjaga Kondisi Otomotif Mobil dan Motor agar Bertahan Lama_Skill Dasar Otomotif yang Wajib Diketahui sebagai Pengguna Kendaraan

Sebagai pengendara mobil, sudah sepatutnya Anda memiliki kemampuan dasar yang pasti akan dibutuhkan apabila mobil mengalami masalah. Jika tidak ada bengkel di sekitar Anda, maka akan sulit untuk memperbaikinya dan harus Anda sendiri yang turun tangan.

  • Memeriksa Busi Kendaraan

Tidak hanya laki-laki saja yang wajib mengenal otomotif, saat ini banyak juga pengendara wanita yang tentunya wajib memiliki skill berikut ini. Anda perlu mengetahui letak busi pada kendaraan, busi merupakan komponen penting untuk membuat mesin menyala secara optimal.

Apabila mesin tidak menyala, mungkin salah satu penyebabnya karena busi perlu diganti atau terpasang dengan tidak tepat. Dengan mengetahui letak busi, maka Anda bisa melepaskan dan memasang busi kembali, dan saat di starter maka mesin mungkin bisa kembali menyala.

  • Mengganti Ban

Dalam dunia otomotif, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan mengganti dan memasang ban. Pada setiap kendaraan pasti ada keharusan untuk mengganti ban secara berkala, karena ban juga berkaitan dengan keamanan dan keselamatan baik pengemudi maupun penumpang.

Jika ban mengalami kebocoran dan Anda tidak menemukan bengkel ataupun tukang tambal ban, maka mau tidak mau Anda harus menggantinya sendiri, maka dari itu pastikan bahwa Anda selalu menyediakan ban cadangan di mobil.

Mengganti ban kendaraan dianggap sebagai ilmu dasar, dan penting untuk diketahui. Meskipun skill ini cukup melelahkan bagi perempuan, setidaknya Anda harus mengetahui hal apa yang harus dilakukan pertama kali.

  • Memeriksa Kondisi Aki

Jangan sampai Anda melupakan kondisi aki kendaraan, di dunia otomotif sudah pasti ada waktu tertentu bagi pengemudi untuk mengganti Aki secara berkala. Jika tiba-tiba Aki mati tanpa sepengetahuan Anda, nantinya kondisi ini malah lebih merepotkan pengemudi.

Rutin Memperhatikan Komponen Otomotif Motor agar Tidak Mudah Rusak

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa ada beberapa komponen pada motor yang perlu diganti secara berkala. Sebagai pengendara motor, Anda wajib memperhatikan beberapa komponen ini agar tidak mudah rusak dan merembet pada komponen mesin lainnya.

Jika motor sering digunakan bahkan hampir setiap hari, sudah pasti kondisi oli akan cepat kotor dan perlu diganti secara berkala. Di dalam dunia otomotif, ada waktu terbaik bagi Anda untuk mengganti oli transmisi motor atau oli gardan, setidaknya jika kilometer sudah mencapai 5000.

Jika Anda lupa kapan terakhir kali mengganti oli, maka sebaiknya gunakan acuan kilometer dan mencatatnya atau menggantinya secara rutin setiap 2 hingga 3 bulan sekali. 

V Belt atau V belt merupakan komponen penting yang terbuat dari karet, Anda juga perlu memperhatikan kondisi dari komponen tersebut karena khawatir V belt bisa putus di tengah jalan, yang dapat mengakibatkan motor tidak bisa berjalan lagi.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah melakukan service, di dalam otomotif setiap kendaraan memang perlu melakukan servis secara rutin, agar dapat diketahui kondisi motor, serta melakukan pembersihan pada komponen juga pergantian oli.

Dengan rutin melakukan service, maka Anda juga akan merasa lebih aman saat berkendara karena kondisi motor sudah diperiksa dan diperbaiki apabila ditemukan kerusakan.

Mungkin kedengarannya sepele, namun memanaskan kendaraan sebelum digunakan terbilang penting. Jika mesin baru dinyalakan dan mesin belum dilumasi oli secara sempurna, maka lama kelamaan mesin akan rusak dan tidak dapat bertahan lama.

Hindari Hal Berikut Ini agar Kendaraan Bisa Bertahan Lama

Menjaga Kondisi Otomotif Mobil dan Motor agar Bertahan Lama_Hindari Hal Berikut Ini agar Kendaraan Bisa Bertahan Lama
Menjaga Kondisi Otomotif Mobil dan Motor agar Bertahan Lama_Hindari Hal Berikut Ini agar Kendaraan Bisa Bertahan Lama

Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan pengendara, sehingga kondisi motor tidak dapat bertahan lama. Kenali kebiasaan seperti apa yang dapat mempengaruhi performa motor Anda, dan sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut sekarang juga.

  • Melaju Kencang saat Jalanan Rusak

Jalanan rusak memang membuat kondisi berkendara menjadi tidak nyaman, dan harusnya saat melewati jalanan seperti ini kita membawa kendaraan lebih perlahan. Namun ada beberapa pengendara yang tidak memedulikan kondisi jalan, dan tetap melaju cepat pada jalan rusak.

Kondisi ini tidak hanya membahayakan pengemudi maupun penumpang, namun dalam dunia otomotif, kendaraan Anda juga akan lebih mudah mengalami kerusakan. Mulai dari ban bocor, velg bengkok atau patah, hingga performa suspensi mengalami penurunan.

  • Parkir Sembarangan

Saat memarkirkan kendaraan mungkin Anda tidak memperhatikan hal berikut ini, karena asal menemukan tempat parkir maka disitulah Anda memarkirkan kendaraan. Dalam dunia otomotif, ada baiknya Anda tidak memarkirkan kendaraan tepat berada di bawah sinar matahari.

Paparan sinar matahari secara langsung, akan berpengaruh pada kualitas cat mobil yang bisa membuat cat mengelupas atau berubah warna. Namun memarkirkan kendaraan di bawah pohon juga harus berhati-hati, khawatir pohon sudah tua dan tumbang sehingga mengenai mobil.

  • Jarang Mengecek Air Wiper

Kebiasaan ini biasanya yang menjadi penyebab kaca mengalami baret, saat datang musim hujan, sebaiknya Anda rutin mengecek kondisi air wiper. Air wiper dengan karet yang penuh tentu akan bekerja lebih maksimal dalam membersihkan kaca, dan tidak menimbulkan baret.

Jika karet pada air wiper sudah tidak penuh, maka sebaiknya Anda mengganti air wiper untuk meminimalisir kerusakan pada kendaraan Anda. 

  • Merokok saat Berkendara

Beberapa orang sering merokok saat sedang berkendara, padahal kondisi tersebut tidak hanya membahayakan diri Anda namun juga pengendara lain. Dalam dunia otomotif, asap dan serbuk rokok bisa mempengaruhi sirkulasi AC menjadi tidak lancar.

Selain itu akan meninggalkan aroma yang tidak sedap pada kabin, sedangkan jika mengendarai motor sambil merokok, maka dikhawatirkan serbuk dari rokok bisa melukai tubuh atau mata pengendara lain, dan fatal akibatnya bagi keselamatan mereka.

Baca Juga: Mobil Keluarga yang Memberikan Kenyamanan Maksimal

Sebagai pengendara yang baik, memang sepatutnya Anda mengetahui cara menjaga kondisi mobil ataupun motor agar bisa bertahan lama. Selain itu dengan menjaga performa otomotif Anda, maka pengendara akan terhindar dari bahaya karena kendaraan terjaga dengan baik. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here