7 Tips Meninggalkan Kendaraan saat Mudik agar Tidak Rusak

0
187
Tips Meninggalkan Kendaraan saat Mudik agar Tidak Rusak
Tips Meninggalkan Kendaraan saat Mudik agar Tidak Rusak

Berikut ini akan dibahas lengkap tips meninggalkan kendaraan saat mudik dan ditinggal lama. Jika kalian hendak mudik namun tidak membawa kendaraan pribadi, maka mengetahui tips ini sangat penting.

Baca juga : Rekomendasi Kaca Film Terbaik Serta Mengetahui Bahan dan Cara Memilih di Tahun 2023

Mengapa demikian? Mengetahui tips meninggalkan kendaraan akan menjaga agar kendaraan yang kalian tinggal tidak mengalami kerusakan. Selain itu, hal ini dilakukan demi menjaga keamanan kendaraan.

Apakah Aman Meninggalkan Kendaraan saat Mudik?

Apakah Aman Meninggalkan Kendaraan saat Mudik?
Apakah Aman Meninggalkan Kendaraan saat Mudik?

Mudik menjadi kegiatan paling ditunggu saat liburan. Mudik juga menjadi momen penting untuk bisa berkumpul bersama keluarga besar. Sebagian orang mungkin memilih untuk mudik dengan kendaraan pribadinya, namun sebagian lagi mungkin tidak demikian.

Maka dari itu, lakukan tips meninggalkan kendaraan saat mudik yang aman dan agar kendaraan kalian tidak rusak. Langkah-langkah yang dilakukan juga harus tepat. Kendaraan yang ditinggalkan setelah dirawat akan lebih minim mengalami kerusakan.

Maksudnya adalah, jika kalian meninggalkan kendaraan dalam kondisi baik, maka kendaraan kalian tidak akan mengalami proses karatan maupun lainnya. Atau jika kalian menutupnya dengan rapi, maka kendaraan tersebut tidak akan terkena debu dan kotoran lainnya.

Mudik menggunakan kendaraan umum misalnya, hal ini akan membuat seseorang meninggalkan kendaraannya di rumah. Lantas apakah aman meninggalkan kendaraan di rumah? Sudah tentu hal ini tergantung bagaimana cara yang kalian lakukan.

Pada dasarnya, meninggalkan kendaraan baik itu motor maupun mobil bisa aman-aman saja selagi kalian melakukan beberapa upaya pengamanan yang tepat. Namun jika kalian meninggalkannya secara sembarangan tentu kendaraan kalian juga tidak akan aman.

Inilah Tips Meninggalkan Kendaraan saat Mudik

Berikut ini akan dijelaskan secara rinci mengenai tips-tips yang bisa kalian ikuti untuk perawatan kendaraan sebelum ditinggal mudik. Apalagi jika kalian akan melakukan kegiatan mudik dalam waktu yang lama.

Maka ikuti tips berikut ini agar kendaraan kalian aman dan tentunya tidak mudah rusak setelah ditinggal lama.

  • Tips untuk Perawatan Mobil

Untuk langkah-langkah meninggalkan mobil saat ditinggal mudik adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan Mobil 

Cara pertama adalah dengan membersihkan mobil baik dari dalam maupun luar yakni eksterior dan interior mobil. Cucilah mobil hingga bersih dan kalian bisa melapisinya dengan wax agar cat mobil tetap terlindungi.

Hal ini akan menghindari kerusakan akibat air hujan, baret maupun sinar matahari. Tips meninggalkan kendaraan saat mudik dengan cara mencuci mobil ini juga penting dilakukan agar mobil tidak rusak.

Untuk membersihkan interior mobil, kalian bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu-debu yang ada di dalam mobil. Selain membersihkan debu, kalian juga perlu mengeluarkan karpet dan mencucinya hingga bersih dan kering agar tidak berbau.

  • Parkirlah Mobil di Tempat yang Aman 

Tips kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan memarkir mobil di tempat yang aman. Jika kalian memiliki garasi rumah, maka parkirlah kendaraan di garasi yang sudah dipasang atap. Hal ini dilakukan agar mobil tidak terkena hujan dan sinar matahari secara langsung.

Selain menghindari dari hujan dan matahari atau hawa dingin udara, memarkir mobil di garasi juga akan menghindarkan mobil kalian dari binatang liar. Namun untuk mencegah dari binatang-binatang kecil seperti serangga, jangan biarkan celah mobil terbuka.

  • Keluarkan Semua Barang dari Mobil

Tips meninggalkan kendaraan saat mudik selanjutnya yakni mengeluarkan semua barang dari mobil. Barang-barang yang dikeluarkan ini berupa barang-barang pribadi maupun sisa-sisa makanan yang sebelumnya kalian letakkan di dalam kabin mobil.

Beberapa hal tersebut dilakukan agar mobil tetap dalam kondisi bersih dan tidak berbau. Apalagi sisa makanan yang ditaruh dimobil bisa menyebabkan bau tidak sedap. Maka dari itu penting mengeluarkan barang dari dalam mobil terutama sisa makanan.

Jangan lupa juga mengeluarkan barang-barang pribadi yang penting seperti kacamata, power bank, dan barang-barang lainnya yang dibutuhkan dalam sehari-hari. Hal ini juga harus diperhatikan karena sering tertinggal tanpa sadar.

  • Mengisi Ban

Tips meninggalkan kendaraan saat mudik yang juga sering terlupa adalah mengisi ban mobil. Perlu kalian tahu bahwa ban mobil yang dibiarkan di rumah akan mengalami pengurangan tekanan udara dengan lebih cepat.

Hal ini yang menyebabkan mobil akan lebih cepat gembos. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mengisi tekanan udara yang lebih sebelum meninggalkan kendaraan kalian saat mudik. Pastikan kalian melakukan langkah ini agar ban mobil kalian tidak cepat rusak.

  • Jangan Gunakan Rem Parkir

Pada beberapa kasus pernah ditemukan kampas rem mobil melekat kuat pada tromol rem karena mobil diparkir dengan jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini menjadi perhatian agar tidak menggunakan rem parkir saat meninggalkan kendaraan saat mudik.

Rem parkir adalah rem tangan yang ada pada mobil. Lepaskan rem ini dan gunakan balok kayu sebagai pengganjal dan pengganti rem. Tips meninggalkan kendaraan saat mudik dengan menggunakan balok kayu sebagai pengganjal memang lebih aman.

Atau jika kalian ingin yang lebih aman, gunakan wheel chock sebagai pengganjal agar mobil tetap berada di posisi tetap.

  • Lepaskan Kabel Aki

Sebagai tips meninggalkan kendaraan saat mudik yang selanjutnya, kalian harus melepaskan kabel aki mobil demi kepentingan menjaga mobil. Kenapa demikian? Hal ini penting dilakukan untuk mempertahankan kapasitas aki mobil.

Tips ini harus dilakukan terutama jika kalian hendak meninggalkan kendaraan dalam waktu yang lama. Namun jika kalian hanya meninggalkan kendaraan dalam waktu satu minggu saja, kalian tidak perlu melakukan tips ini.

  • Memasang Kunci Tambahan

Tips meninggalkan kendaraan saat mudik yang terakhir yakni dengan memasang kunci tambahan. Tips ini sangat penting dilakukan demi menjaga keamanan mobil kalian. Kalian juga bisa memasang alarm sebagai upaya keamanan tambahan.

Pastikan juga bahwa kalian telah berkoordinasi dengan pihak keamanan komplek atau wilayah tempat tinggal kalian. Berikan nomor aktif untuk komunikasi agar bisa mendapatkan informasi rutin atau jika terjadi keadaan darurat.

  • Perawatan untuk Kendaraan Roda Dua

Untuk menjaga kendaraan roda dua sebenarnya lebih mudah. Meski sebenarnya langkah-langkahnya hampir sama, namun ada beberapa langkah yang berbeda seperti membersihkan interior mobil, karena kendaraan roda dua tidak memiliki kabin interior.

Sehingga, kalian hanya perlu melakukan tips meninggalkan kendaraan saat mudik seperti mencuci motor hingga bersih, menutup kendaraan dengan mantel yang sudah ada agar terhindar dari debu, selanjutnya memarkir motor di tempat yang aman.

Untuk memarkir motor juga kalian tidak perlu harus memiliki garasi rumah. Karena ukuran dari motor lebih kecil, maka kalian bisa meninggalkannya di dalam rumah dan menguncinya dengan kunci ganda.

Pastikan juga bahwa rumah kalian dalam kondisi terkunci saat hendak melakukan perjalanan mudik panjang. Jika rumah sudah aman, maka barang-barang yang ada di dalam rumah juga akan aman.

Perawatan Kendaraan Setelah Ditinggal Mudik Lama

Perawatan Kendaraan Setelah Ditinggal Mudik Lama
Perawatan Kendaraan Setelah Ditinggal Mudik Lama

Setelah meninggalkan kendaraan dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya kalian segera melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan tersebut dengan segera. 

Jadi, selain tips meninggalkan kendaraan saat mudik, kalian juga perlu melakukan beberapa langkah perawatan setelah pulang dari mudik. Dan berikut langkah-langkahnya.

  • Lakukan Pengecekan Fisik Terhadap Kendaraan dengan Teliti

Pertama, lakukan pengecekan setelah kalian sampai dari perjalanan mudik. Pengecekan ini dilakukan dengan teliti mulai dari kondisi luarnya hingga kondisi dalamnya. Jika diperlukan, cek mesin kendaraan dan lihat apakah ada kabel yang putus atau bagian lainnya.

Biasanya, jika kalian memarkir di tempat yang banyak tikusnya, kabel-kabel dari kendaraan kalian bisa saja dimakan hingga putus. Atau bisa juga pada bagian lainnya.

  • Nyalakan Kendaraan dan Pakai Selama Beberapa Menit

Selanjutnya, nyalakan kendaraan dan pakai selama minimal 30 menit dengan berkeliling komplek atau pergi jalan-jalan untuk mengetahui apakah kendaraan masih normal atau tidak.

Jika sebelum pergi kalian melakukan tips meninggalkan kendaraan saat mudik dengan membiarkan kendaraan mati lama, maka setelah kalian datang segeralah menyalakan kendaraan untuk mengecek apakah mesinnya masih dalam kondisi baik.

Lakukan juga pengecekan pada rem kendaraan maupun bagian lainnya agar tahu apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jadi jangan hanya menyalakan dan mengendarainya saja, namun pastikan benar-benar bahwa setiap komponennya masih berfungsi.

  • Pergi ke Service Jika Diperlukan

Langkah terakhir yakni pergi ke service jika kendaraan mengalami kerusakan. Jadi setelah kalian mengendarainya dengan mengecek mesin dan komponen lainnya, kalian bisa mengira-ngirakan apakah kendaraan perlu diservice atau tidak.

Jika kendaraan tidak bisa berfungsi normal, maka segera antarkan ke tukang service terdekat agar segera tertangani.

Baca juga : Macam-Macam Seri Helm Arai dan Daftar Harganya

Meninggalkan kendaraan saat mudik memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sehingga, lakukan beberapa langkah tips meninggalkan kendaraan saat mudik di atas agar kendaraan kalian aman dan tidak rusak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here