Apa Saja Syarat Mengurus Pergantian Mesin Mobil di Samsat

0
128
Apa Saja Syarat Mengurus Pergantian Mesin Mobil di Samsat
Apa Saja Syarat Mengurus Pergantian Mesin Mobil di Samsat

Masih bingung dengan syarat mengurus pergantian mesin mobil di Samsat? Jika demikian, maka kalian tengah berada di tempat paling tepat. Sebab kita akan memberikan panduannya untuk pengguna terutama kalau ini adalah pengalaman pertama kali. 

Baca juga: Cara Cetak STNK Setelah Bayar Online dan Begini Caranya

Penggantian mesin atau engine inilah biasanya sering pemilik mobil lakukan terutama pada mobil tua karena performanya kurang maksimal. Selain karena faktor umur, ternyata beberapa komponen didalamnya juga harus mengalami pergantian juga. 

Tetapi tidak sedikit dari orang akhirnya malam melakukan penggantian mesin tersebut dengan berbagai alasan. Bahkan terkadang ada yang justru mengambil jalan cepat dalam proses mengganti mesin mobil tersebut. 

Padahal kalau dilihat lebih detail lagi, proses mengganti komponen tersebut membutuhkan sejumlah persyaratan dan prosedur yang harus kalian perhatikan. Salah satunya adanya surat-surat dimana pastinya akan berubah dibandingkan dengan aslinya. 

Jika kalian masih bingung bagaimana prosedur dalam melakukan penggantian tersebut, maka kita sudah menyiapkan penjelasannya berikut ini. Terutama terkait dengan syarat mengurus pergantian mesin mobil tersebut dengan baik. 

Syarat Mengurus Pergantian Mesin Mobil Terbaru 

Syarat Mengurus Pergantian Mesin Mobil Terbaru 
Syarat Mengurus Pergantian Mesin Mobil Terbaru

Tidak bisa kalian pungkiri bahwa melakukan ganti engine dengan unit baru sebenarnya menjadi solusi paling tepat dibanding mengganti beberapa komponen lama. Proses inilah boleh-boleh saja dilakukan, asalkan kalian melakukannya secara legal. 

Apabila mobil tersebut akan melakukan penggantian komponen secara keseluruhan maka harus melaporkan kepada pihak kepolisian terlebih dahulu. Tujuannya adalah melakukan pembaharuan dokumen kepemilikan dimana nantinya akan mencantumkan identitas mobil. 

Inilah mengapa pentingnya bagi kalian agar memahami syarat mengurus pergantian mesin mobil lama. Sebenarnya untuk persyaratannya tidaklah sulit untuk kalian lakukan, tetapi memang harus benar-benar lengkap. 

Adapun beberapa syarat yang harus kalian siapkan apabila akan melakukan ganti engine mobil diantaranya adalah:

  1. KTP sebagai bukti identitas 
  2. BPKB Lama 
  3. STNK lama 
  4. Surat rekomendasi yang berasal dari unit pelaksana regident untuk melakukan pergantian 
  5. Bukti pelunasan PKB kendaraan 
  6. Dokumen pemberitahuan impor barang 
  7. Surat pernyataan dari pemilih dengan materai bahwa kendaraan tersebut bebas dari perkara 
  8. Surat keterangan dari bengkel dimana melakukan penggantian mesin serta adanya dokumen miliki perusahaan seperti SIUP, TDP dan NPWP. 

Karena proses dan persyaratannya tersebut akan merepotkan dan memakan waktu, maka sebaiknya harus melakukan konsultasi dengan ahli terkait dengan syarat mengurus pergantian mesin mobil tersebut. 

3 Prosedur dalam Penggantian Mesin 

Sudah memahami bagaimana syarat mengurus pergantian mesin mobil diatas bukan? Berikutnya, kalian juga harus memahami bagaimana prosedur dalam menggantinya tersebut. Sebab apabila kalian sampai salah dalam melangkah ternyata akan mengakibatkan proses harus terulang. 

Langsung saja, berikut ini sejumlah prosedur yang harus pengguna perhatikan agar proses ini bisa berlangsung dengan optimal:

Mengisi Form SPPKB 

Setelah kalian telah menyiapkan sejumlah persyaratan dokumen yang sudah kita sampaikan diatas, maka tahap selanjutnya dapat datang ke kantor samsat terdekat terlebih dahulu. 

Tujuannya adalah mengajukan penggantian machine block mobil. Sesudah itu, akan langsung mengisi formulir SPPKB atau surat pendaftaran dan pendataan kendaraan bermotor. Silahkan berikan dokumen persyaratan yang sudah kalian bawa kepada petugas. 

Melakukan Pengujian Fisik Kendaraan 

Setelah memenuhi sejumlah syarat mengurus pergantian mesin mobil diatas, maka tahap berikutnya adalah melakukan pengujian fisik dari kendaraan. Sebelumnya, petugas akan memberikan resi kepada pihak pemohon kemudian pemohon dapat menghubungi bagian uji kendaraan. 

Ketika proses dari pengujian fisik kendaraan, maka pihak petugas akan langsung melakukan pemeriksaan mobil dan kesesuaian dengan nomor pada engine. Sesudah itu, petugas akan memberikan resi dari uji fisik agar masuk ke tahap selanjutnya. 

Proses Penggantian Administrasi dari Kendaraan 

Prosedur berikutnya yang harus kalian lewati berikutnya adalah penggantian administrasi dari mobil. Pada tahap inilah, petugas akan melakukan pemeriksaan pada pajak kendaraan termasuk data pada mobil melalui NPPKB. 

Sesudah itu, kalian bisa langsung membayar biaya NPPKB sekaligus pencetakan dari SPKD. Setelah dokumen tersebut telah berhasil tercetak, maka sudah menjadi tanda bahwa mesin tersebut sudah legal di mata hukum. 

Biaya Penggantian dan Jenis Layanan dari Samsat untuk Ganti Mesin

Walaupun banyak orang sudah menyiapkan dokumen dan syarat mengurus pergantian mesin mobil, tetapi tidak sedikit mungkin masih mengurungkan niat untuk melakukannya termasuk kalian. Salah satu faktornya adalah terkait dengan masalah biaya dimana mungkin terdengar mahal karena dilakukan di samsat. 

Tetapi faktanya melakukan penggantian mesin alias engine swap langsung melalui SAMSAT ternyata tidak akan memungut biaya sepeserpun alias gratis. Sebab hanya perlu melakukan pembayaran untuk SKPD sesuai dengan jenis kendaraan kalian. 

Namun jangan khawatir juga, sebab biaya pembayaran dari SKPD tersebut juga relatif murah dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Bahkan bisa dibilang hanya berada dibawah kisaran dari 100 ribu rupiah. 

Setelah mengurusi semua syarat mengurus penggantian mesin mobil ini, maka pengguna akan langsung memperoleh sejumlah produk layanan dari pihak samsat. Tentu saja, produk layanan tersebut akan memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. 

Beberapa layanan yang akan kalian dapatkan tersebut seperti BPKB sudah memperoleh legalisasi oleh pihak samsat, dokumen SKPD yang terbaru, surat tanda nomor kendaraan (STNK) terbaru, sumbangan wajib dana kecelakaan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas hingga tanda nomor kendaraan bermotor baru. 

Dengan sejumlah layanan itulah ternyata akan memberikan sejumlah keuntungan tersendiri bagi para pengguna dibandingkan melakukan pergantian sendiri. Sedangkan waktu penyelesaiannya biasanya akan berbeda-beda dan tergantung dimana kantor samsat pilihan. 

Beberapa daerah mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu saja setelah kalian membawa dokumen syarat mengurus pergantian mesin mobil dan melewati sejumlah tahapan. Tetapi di sisi lain, terdapat kantor samsat yang mengharuskan kalian menunggu setidaknya dalam waktu sebulan dahulu. 

4 Tips Penting sebelum Mengganti Engine Mobile 

Walaupun syarat mengurus pergantian mesin mobil tersebut sudah lengkap, tetapi kalian juga harus mengetahui sejumlah tips penting sebelum memutuskan untuk menggantinya tersebut. Hal tersebut sangat penting, sebab kegiatan engine swap inilah juga mempunyai sejumlah risiko. 

Nah, berikut ini sejumlah tips sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian block machine pada mobil:

Menentukan Tujuan Terlebih Dahulu

Proses penggantian tersebut sebaiknya harus mempunyai tujuan jelas seperti meningkatkan performa dari kendaraan. Tetapi kalau bisa melakukan restorasi mesin asli, maka jauh lebih baik melakukan restorasi saja. 

Sebab dengan hal tersebut bisa membantu untuk meminimalisir biaya yang akan kalian keluarkan nantinya. 

Pastikan Dokumen Pembelian Mesin Jelas 

Salah satu syarat mengurus pergantian mesin mobil adalah dokumen pembelian dari mesin baru tersebut harus jelas. Terlebih lagi nantinya dokumen tersebut akan kalian bawa ke kantor samsat untuk melakukan pendataan ulang. 

Pastikan Mengetahui Jenis Mesin 

Apabila sudah yakin akan melakukan penggantian mesin, maka sebaiknya juga harus mempertimbangkan jenis yang akan dipakai. Cek apakah spesifikasinya sudah sesuai dengan jenis mobil atau tidak. 

Sebab kalau komponen mesin itulah mempunyai peran sangat penting pada performa kendaraan. Di samping itu, pastikan juga tersedia adanya suku cadang ketika akan melakukan penggantian. 

Pastikan Mengetahui Risiko 

Tips terakhir yang harus kalian pahami adalah pastikan juga mengetahui bagaimana risiko dari proses penggantian tersebut. Jangan sampai memilih machine yang jarang dipakai karena kita jamin akan kesulitan dalam menemukan suku cadang nantinya. 

Berapakah Perkiraan Penggantian Mesin Mobil

Berapakah Perkiraan Penggantian Mesin Mobil
Berapakah Perkiraan Penggantian Mesin Mobil

Selain memahami bagaimana syarat mengurus pergantian mesin mobil, kalian juga harus memahami berapakah perkiraan biayanya. Hal tersebut sangat penting karena proses tersebut mungkin akan membuat kalian mengeluarkan uang tidak sedikit. 

Itulah sebabnya sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian, maka harus menyiapkan budget cukup terlebih dahulu. Kalian tentu tidak mendapatkan mesin terbaik sehingga mobil kesayangan bisa melaju lebih optimal bukan?

Berdasarkan dengan sejumlah data yang sudah ada, ternyata mengganti mesin tersebut membutuhkan biaya 15-30 juta. Tentu saja, jumlah tersebut merupakan biaya yang sangat tinggi untuk melakukan pergantian. 

Tetapi masih terdapat sejumlah faktor yang menentukan berapakah biaya dari pergantian tersebut misalnya saja harga mesinnya sendiri hingga teknisi pemasangannya. Bahkan beberapa mesin mungkin akan menghabiskan biaya hingga ratusan juta rupiah. 

Baca juga: Cara Blokir STNK Kendaraan Termudah Baik Offline dan Online

Kalau kalian memiliki mobil tua dan performa semakin menurun serta mesin tidak dapat diperbaiki kembali, maka pertimbangkan untuk mengganti engine didalamnya. Pahami terlebih dahulu syarat mengurus pergantian mesin mobil di samsat sekaligus sejumlah tips. 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini