Cara Menggunakan Car Seat yang Benar dan Tepat

0
34
Cara Menggunakan Car Seat yang Benar dan Tepat
Cara Menggunakan Car Seat yang Benar dan Tepat

Cara menggunakan car seat yang benar saat ini memang sangat dianjurkan. Hal ini tentunya dilakukan agar anak lebih terjaga keselamatannya saat sedang di dalam mobil

Baca juga : Aplikasi Rental Mobil Terpercaya di tahun 2023, Solusi Mudah dan Praktis

Di negara Indonesia, memang pemakaian car seat saat ini belum banyak diketahui seperti stroller. Padahal, untuk orang tua yang menggunakan mobil sehari-hari, tentunya alat ini berperan penting. Apalagi dalam hal menjaga buah hati saat berada di mobil.

Mengenal Cara Menggunakan Car Seat yang Benar

Mengenal Cara Menggunakan Car Seat yang Benar
Mengenal Cara Menggunakan Car Seat yang Benar

Saat ini, tingkat kesadaran para orang tua masih minim untuk meletakkan anaknya pada car seat ketika di mobil. Namun, mungkin sebagian besar orang tua tersebut mempunyai alasan kenapa anaknya lebih baik dipangku dibandingkan diletakkan di car seat.

Salah satunya mungkin karena harganya yang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan gendongan. Namun, perlu kalian ketahui bahwa alat ini memang sangat penting sekali bagi anak.

Tips Memakai Car Seat yang Tepat 

Apabila kalian sudah membaca penjelasan yang di atas tentang car seat. Tentunya, sudah paham betul kenapa car seat ini sangat dibutuhkan oleh anak.

Selain itu, kalian juga harus tahu bagaimana cara menggunakan car seat yang benar. Ini tentunya dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, berikut penjelasannya. 

  • Pasang Car Seat dengan Benar

Pertama, kalian harus bisa memastikan bahwa car seat yang berada di jok telah terpasang dengan baik. Usahakan tidak mengalami pergeseran sekitar 1 inci.

Kemudian, bisa langsung memasang sabuk pengaman kepada anak dengan benar. Kalian harus bisa memastikan bahwa sabuk yang digunakan telah berbunyi ‘Klik’. 

Jadi hal tersebut harus kalian lihat saat ingin menguncinya. Lalu lanjut untuk mengecek cara kerja car seat kurang lebih dua minggu sekali.

Kalian harus bisa memastikan bahwa cara menggunakan car seat yang benar. Jadi sabuk pengaman yang telah diletakkan dalam mobil tidak akan mudah melingkar di bahu, pinggang anak maupun dada serta tidak ada kelonggaran.

  • Melakukan Cek Berat Badan Anak

Biasanya, car seat ini mampu menahan berat badan anak atau bayi hanya sampai 9 kg saja. Selain itu, ada juga carseat yang mampu menahan bobot anak sampai 18 kg. Car seat jenis ini dapat langsung digunakan sampai balita.

Namun, tetap saja kalian tidak bisa memaksakan car seat apabila sudah tampak sempit. Jadi bila terlihat kepala anak melebihi car seat di bagian atas maka tandanya telah kekecilan.

  • Letakkan Carseat di Jok Belakang

Umumnya, setiap mobil telah didesain memiliki airbag apabila benturan terjadi. Hal ini tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan bayi bila car seat dipasang pada bagian jok depan mobil.

Dikarenakan nantinya bayi akan lebih sulit bernafas apabila tiba-tiba air bab berubah mengembang. Oleh karena itu, cara menggunakan car seat yang benar adalah meletakkan alat ini di jok belakang mobil.

  •  Menghadapkan Bayi ke Belakang

Tips selanjutnya, kalian bisa membuat bayi menghadap ke belakang sampai berumur satu tahun. Jika tidak bayi yang sudah mempunyai berat sekitar 9 kg. 

Hal ini dilakukan agar bagian tulang leher, kepala maupun tulang belakang bayi dapat terlindungi. Apalagi bila suatu saat terjadi kecelakaan tidak terduga. 

Biasanya, Anak berusia diatas atas satu tahun atau berat badan yang dimilikinya sekitar 9-18 kg sudah diperbolehkan duduk menghadap ke depan. Jadi cara menggunakan car seat yang benar juga harus diterapkan. 

Hal ini tentunya karena agar anak bisa menekuk kakinya. Jadi kalian jangan terlalu bersemangat jika ingin membuat car seat ke tempat duduk tambahan atau booster seat.

Dikarenakan ini cara menggunakan car seat yaitu membuat posisi duduk anak semakin tinggi. Sehingga anak dapat menggunakan sabuk pengaman dengan nyaman dan aman. 

Untuk booster seat ini baru bisa digunakan anak saat sudah tinggi sekitar 1,4 meter atau berusia 8 tahun. Jadi pemakaian booster seat yang terlalu cepat malah akan menimbulkan risiko lainnya seperti tercekik. 

Ini karena sabuk pengaman tersebut belum mampu melewati perut dan bahu anak. Jadi cara menggunakan car seat yang benar juga harus menjadi pertimbangan.

Apakah Car Seat Penting Digunakan Setiap Berpergian?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul dipikiran orang tua adalah apakah car seat ini perlu digunakan untuk bayi saat berpergian? Maka jawabannya sangat perlu sebenarnya.

Apalagi bagi orang tua yang lebih mengutamakan keselamatan anaknya. Pasti sudah memikirkan berbagai macam cara untuk bisa membuat anak nyaman saat berada di dalam mobil. 

Berikut ini sudah ada beberapa alasan yang membuat car seat saat penting untuk bayi. Mulai dari cara menggunakan car seat yang benar dan lainnya.

  • Dapat Mengontrol Gerakan 

Apabila kalian tidak menggunakan car seat di mobil, maka jika terjadi pergerakan tidak bisa terkendali. Apalagi diketahui bahwa tulang tengkorak yang ada pada bayi belum menyatu.

Jadi car seat ini memiliki kemampuan untuk melindungi tulang tengkorak yang ada pada bayi. Dikarenakan jika terjadi benturan keras maka akan berdampak fatal.

Apalagi tulang rusuk bayi tidak sekuat seperti orang dewasa. Jadi apabila dada bayi mengalami hantaman benda keras malah akan membahayakan paru-paru maupun jantung. Oleh karena itu, kalian harus melakukan cara menggunakan car seat yang benar.

  • Mampu Melindungi Postur Tubuh Bayi

Sampai saat ini, masih banyak sekali orang tua yang berpikir bahwa car seat ini bukan termasuk produk yang tepat. Apalagi untuk bayi yang baru lahir karena memang tulang belakang yang dimilikinya masih sangat lembut.

Namun, faktanya kursi car seat ini bisa membuat tubuh bayi semakin terlindungi. Sehingga tidak heran sebagian besar negara seperti Jerman, Inggris, maupun Prancis lebih memilih anaknya menggunakan car seat. 

  • Mampu Mencegah Anak Terlempar Keluar Mobil 

Biasanya jika terjadi sebuah kecelakaan, maka mobil akan langsung mengalami guncangan. Ini tentunya malah membuat orang yang ada di dalam mobil mudah terlempar, baik melewati pintu, dasbor, maupun kaca belakang. 

Salah manfaat dari cara menggunakan car seat yang benar ini anak akan terlindungi dari mobil sehingga tidak terlempar keluar. Jadi pemakaian alat ini akan lebih mudah menyelamatkan buah hati.

  • Mampu Memberikan Kenyamanan saat Beristirahat

Meskipun pada dasarnya, tidak ada senyaman pelukan dari ibu, namun jika bayi mendekap saat berkendara di carseat akan lebih aman. Bayi juga akan lebih nyaman saat ingin istirahat di mobil. 

Apalagi, saat ini untuk seluruh produk dari car seat ini sudah mengikuti postur tubuh bayi dan mempunyai busa yang nyaman. Cara menggunakan car seat ini juga mampu melindungi anak saat terjadinya guncangan maupun sedang lewat jalanan rusak. 

Tips Memilih Car Seat yang Tepat

Tips Memilih Car Seat yang Tepat
Tips Memilih Car Seat yang Tepat

Dalam memilih sebuah car seat untuk sang anak juga tidak bisa sembarang. Hal ini tentunya agar bisa mendapatkan fungsi keamanan terbaik. Ada serangkaian cara menggunakan car seat yang benar saat memilihnya, antara lain:

  • Pilihlah Merk yang Telah Terpercaya

Terkadang orang tua lebih tergiur dengan harga car seat murah untuk anaknya. Sehingga banyak orang yang tidak melihat car seat dari merek yang direkomendasikan orang lain.

Pada car seat ini harus dibeli dengan teliti dan tidak boleh sembarangan. Lihatlah car seat dari kualitas besi, bahan, sampai tali pengamannya. Jadi jangan sampai karena harga car seat yang murah, membuat keselamatan dari anak tidak terjaga.

Kalian juga harus memilih car seat yang sudah lulus uji atau terverifikasi. Selain itu, kualitas dari bahan yang digunakan oleh car seat ini. Jadi cara menggunakan car seat yang benar kalian harus memiliki izin standar keselamatan.

  • Mampu Menyesuaikan Usia dan Berat Badan Anak

Umumnya, tidak semua car seat cocok untuk bayi. Jadi kalian harus bisa mengetahui kegunaan dari car seat ini untuk kebutuhan bayi.

Biasanya, untuk cara menggunakan car seat berdasarkan berat badan dan usia anak. Jika dilihat dari jenisnya, car seat terbagi atas tiga jenis, yakni:

  • Toddler car seat dikhususkan untuk bayi yang berusia 1-4 tahun. Dimana berat badan bayi antara 10-20 kg.
  • Infant car seat dikhususkan untuk bayi yang berusia 0-1 tahun. Dimana berat badannya harus maksimal 10 kg, alat ini juga dirancang agar bisa langsung diputar hingga 45 derajat.
  • Young children car seat ini berguna untuk anak yang berusia 4-8 tahun. Dimana berat badannya tidak boleh lebih dari 20 kg.
  • Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya, cara menggunakan car seat yang benar harus memilih car seat yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja, saat kalian ingin melakukan perjalanan jauh.

Usahakanlah kalian sudah memilih produk yang nyaman. Selain itu, kalian juga harus bisa memastikan bahwa semua bagian dari car seat ini telah lengkap. 

Mulai dari seat belt atau harness sampai unsur keselamatan lainnya. Kursi yang dimiliki oleh seat belt juga harus tampak lebih baik agar dapat menjaga anak selama di perjalanan. 

Baca juga : Ini Dia Cara Mematikan Alarm Mobil, Tidak Perlu Panik!

Jadi beberapa tips yang ada di atas perlu kalian pahami. Cara menggunakan car seat yang benar ini memang sangat mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here