Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat

0
205
Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat
Penyebab dan Cara Mengatasi Setir Mobil Berat

Mengatasi setir mobil berat termasuk salah satu solusi untuk mengatasi masalah pada mobil. Ada berbagai macam masalah yang sering datang pada mobil dan perlu diantisipasi segera agar tidak menghambat -aktivitas yang bergantung pada kendaraan tersebut. 

Baca juga : Dampak Kebocoran Cairan Power Steering dan Cara Mengatasinya

Beberapa orang mungkin menggunakan mobil sebagai kendaraan yang nyaman dan bisa menunjang aktivitas lebih cepat untuk sampai tujuan. Namun sayangnya perawatan mobil ternyata tidak sederhana, sebab ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan untuk menunjang kenyamanan berkendara.

Salah satunya adalah setir mobil, memastikan setir mobil dalam keadaan yang baik tentu bisa membuat kalian semakin nyaman berkendara. Sekalipun jarang mengalami masalah, tetapi ketika setir terasa berat maka harus segera tahu cara mengatasi setir mobil berat.

Ketahui Alasan Setir Mobil Berat

Ketahui Alasan Setir Mobil Berat
Ketahui Alasan Setir Mobil Berat

Sebelum kalian mengatasi setir mobil berat pastikan dulu mengetahui penyebabnya. Setir mobil yang terlalu berat bisa membuat rasa tidak nyaman dalam mengemudi. Nah, berikut ini beberapa penyebab setir mobil terasa berat, seperti berikut;

  • Posisi Ban Depan Kurang Tepat

Penyebab pertama yang memungkinkan setir mobil terasa berat adalah posisi ban depan yang tidak sejajar atau kurang tepat. Setir mobil yang sudah dikendalikan bisa jadi dikarenakan ban depan mengalami masalah dalam hal tersebut harus segera diatasi.

Biasanya ban depan mobil dipasang dengan sudut kemiringan tertentu. Hal ini memiliki tujuan agar selama berkendara dapat melaju dengan stabil. Tetapi posisi tersebut bisa saja berubah seiring dengan penggunaan mobil yang terlalu sering dan dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu sebelum mengatasi setir mobil berat sebaiknya Kalian cari tahu terlebih dahulu Apakah posisi ban sudah sesuai atau kurang tepat.

  • Perhatikan Cairan Power Steering

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah cairan power steering. Jadi di dalam mobil Ada komponen tersebut yang memiliki fungsi untuk mengendalikan gerak mobil ketika sedang digunakan atau melaju. Dalam power steering tersebut ada cairan yang akan memberikan tekanan pada piston.

Dengan penggunaan mobil yang terlalu sering dan dalam jangka waktu lama, cairan tersebut tentu akan berkurang. Pengurangan volume cairan power steering bisa menjadi alasan kenapa setir terasa berat. Memeriksa volume cairan power steering bisa menjadi salah satu cara mengatasi setir mobil berat. 

  • Terjadi Kerusakan Rack Steer

Penyebab selanjutnya bisa saja dikarenakan rack steer rusak. Hal ini menjadi salah satu penyebab kenapa setir mobil terasa berat ketika dikendalikan. rack steer merupakan komponen yang terdiri dari beberapa bagian seperti rack gear, pinion gear, dan rack seal.

Kemudian pada bagian rack gear akan ada tiga buah seal yang memiliki hubungan atau terhubung dengan power steering untuk menunjang fungsi setir menjadi lebih maksimal. Apabila digunakan terlalu lama dan tidak pernah dicek maka komponen mobil yang satu ini juga rentan mengalami kerusakan dan bisa membuat setir mobil terasa berat.

  • Adanya Kerusakan pada Long Tie Rod

Penyebab selanjutnya bisa juga karena long tie rod mengalami kerusakan. Di dalam mobil Ada komponen yang bernama long tie rod dan memiliki fungsi untuk menghubungkan Rock steer dengan steering knuckle. 

Di dalam komponen long tie rod juga ada komponen lain yaitu ball joint yang memiliki fungsi sebagai engsel. Jika komponen long tie rod rusak maka ball joint akan menjadi longgar dan bisa menyebabkan setir terasa berat. Selain membuat setir terasa berat ternyata kondisi tersebut juga membuat setir bergetar. 

Jadi sebelum mengatasi setir mobil berat cek terlebih dahulu bagian long tie rodnya.

  • Ada Kerusakan pada Power Steering Belt

Penyebab selanjutnya bisa membuat setir mobil terasa berat dan menyebabkan ketidaknyamanan ketika menggunakan kendaraan tersebut adalah kerusakan pada power steering belt. 

Jadi komponen tersebut memiliki peran untuk bisa mengatur putaran power steering. Ketika komponen yang satu ini rusak maka setiap tersebut akan terasa berat. Akan tetapi kerusakan dalam komponen yang satu ini sering terjadi dan cukup lumrah apabila mobil digunakan terlalu sering.

Hal ini dikarenakan material tersebut terbuat dari karet dan memiliki daya tahan yang cukup terbatas.

Cara Mengatasi Setir Mobil Berat agar Lebih Nyaman

Cara Mengatasi Setir Mobil Berat agar Lebih Nyaman
Cara Mengatasi Setir Mobil Berat agar Lebih Nyaman

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan setir mobil terasa berat, kini saatnya kalian mengetahui bagaimana cara mengatasi setir mobil tersebut agar terasa lebih ringan dan nyaman ketika dikendarai. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi setir mobil terasa berat yang bisa dilakukan;

  • Perhatikan Tekanan Ban

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan tekanan ban. Apabila setir mobil terasa mulai berat maka salah satu penyebabnya adalah tekanan ban yang terlalu kempes. Sebenarnya hal ini sering terjadi namun membuat kemudian menjadi susah untuk dibelokkan.

Cara mengetahui apakah tekanan ban mobil sudah normal atau belum hanya perlu melihat secara fisik ban tersebut terlihat kempes atau tidak. Hal ini termasuk salah satu cara mengatasi setir mobil berat. 

Selain melihat secara fisik ternyata kalian juga bisa mencoba untuk menggunakan batang besi atau benda keras untuk memukul ban. Ban mobil memang tidak selunak ban motor sehingga untuk melihat kekurangan angin bisa menggunakan alat dan tidak bisa menggunakan tangan saja.

  • Perhatikan Pengaturan FWA

Cara selanjutnya bisa digunakan untuk mengatasi setir mobil yang terlalu berat adalah memperhatikan pengaturan FWA. Sebenarnya roda mobil ini memiliki posisi yang tidak vertikal atau memiliki kemiringan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemiringan tersebut dinamakan sudut chamber atau FWA (Front Wheel Alignment). 

Hal tersebut merupakan pengaturan yang dilakukan untuk bisa mengatur posisi roda depan. Apabila pengaturan sudah tepat maka kemudi akan terasa lebih ringan. Untuk bisa mengatasi, kalian cukup membawa mobil ke bengkel sehingga bisa dilakukan balancing roda. 

Selain itu biasanya ada beberapa proses servis mobil untuk sudut roda dan menyeimbangkan roda mobil dan hal ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi setir mobil berat. 

  • Cek Kondisi Power Steering

Bisa dilakukan adalah selalu cek kondisi cairan power steering mobil kalian. Jadi power steering menggunakan prinsip hidrolik di mana pemindahan tenaga bisa dilakukan. Karena itu power steering memerlukan cairan khusus yang bisa bertahan pada suhu tinggi dan tekanan yang tinggi. 

Biasanya pada oli power steering akan menggunakan jenis ATF atau Automatic Transmission Fluid. Sewajarnya oli akan mengalami dehidrasi ketika digunakan terlalu sering. Apabila oli sudah mengalami dehidrasi maka kemampuan untuk melumasi dan mengantarkan tenaga pada kendaraan tersebut akan berkurang.

Hal ini menjadi salah satu alasan daya yang dihasilkan oleh power pompa steering tidak dapat 100% bekerja. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu penyebab mobil terasa berat. Kekurangan minyak power steering juga bisa menjadi penyebab, maka dari itu selalu cek kondisi dan pastikan bahwa minyak power steering dalam keadaan baik sebagai salah satu cara mengatasi setir mobil berat.

Tidak hanya memperhatikan volume dari minyak power steering tetapi juga melihat kualitas dari minyak tersebut. Jika sudah berwarna hitam sebaiknya segera ganti agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

  • Cek Kondisi Rack

Langkah selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi keadaan setir mobil yang terlalu berat adalah melihat kondisi rack. Rack kemudi adalah bagian utama dari kemudi mobil. Faktor umur dari mobil yang digunakan cukup lama dan sering tentu membuat kondisi dari rack tersebut menjadi rusak dan aus.

Apabila sudah mengalami kerusakan pada bagian tersebut maka kemudi mobil juga menjadi kurang nyaman bahkan terasa berat untuk digunakan. Mengatasinya lebih baik segera dibawa ke bengkel mobil terdekat. Jika belum sempat memiliki waktu untuk membawa ke bengkel mobil sebaiknya kendarai mobil dengan kecepatan sedang saja.

Ini dilakukan untuk menghindari beberapa hal yang kurang menyenangkan dan menjaga keselamatan yang terjadi ketika mengendarai mobil tersebut. Jadi pastikan untuk melihat dan selalu cek kondisi rack sebagai salah satu cara mengatasi setir mobil berat. 

Baca juga : Penyebab Mesin Overheat dan Solusi untuk Mengatasinya

Ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk membuat aktivitas berkendara menggunakan mobil terasa lebih nyaman. Salah satunya adalah memperhatikan kondisi setir jangan sampai adanya kerusakan dan membuat kurang nyaman. Lakukan berbagai macam hal untuk mengatasi setir mobil berat sesuai kondisinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini