Tips Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor yang Sangat Mudah

0
36
Tips Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor yang Sangat Mudah
Tips Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor yang Sangat Mudah

Cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor saat ini memang lebih mudah dipraktekkan. Oleh karena itu, kalian wajib tahu agar kendaraan yang dimiliki dapat terhindar dari pencuri.

Baca juga : Cara Memilih Motor Second agar Tidak Menyesal di Akhir

Hal ini tentunya agar tidak mengalami kerugian karena motor hilang. Jadi kalian memang harus memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Misalnya saja, parkir tidak boleh sembarangan tempat.

Kenali Tips untuk Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor 

Kenali Tips untuk Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor 
Kenali Tips untuk Memperkecil Tingkat Kehilangan Motor

Memastikan kendaraan kalian di tempat yang memiliki penjagaan ketat juga bisa menjadi salah satu upaya agar keamanan motor lebih terjamin. Kalian harus bisa menghindari parkir yang ada di pinggir jalan atau tidak ada penjagaan.

Apalagi saat ini sudah terbantu adanya aplikasi yang dapat digunakan sebagai pelacak motor. Hadirnya aplikasi ini tentunya turut membantu orang lain untuk menangani kasus kendaraan yang hilang. 

Namun, kalian tetap harus tahu beberapa cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor yang ada di bawah ini. Hal ini tentunya agar dapat meminimalisir terjadinya risiko kehilangan motor.

  • Pasang Alarm pada Kendaraan 

Cara pertama, yaitu memasang alarm di kendaraan. Apabila ada orang yang memiliki niat ingin mencuri, maka kalian tinggal menghentikan aksinya karena alarm akan langsung berbunyi.

  • Kunci Stang di Kanan

Memang kunci stang tidak bisa memberikan jaminan motor lebih aman di tempat tertutup atau parkiran. Akan tetapi, setidaknya kalian sudah berusaha untuk melakukan pencegahan agar motor terjaga.

Biasanya, Stang yang sudah dikunci ke kanan akan membuat pencuri lebih sulit untuk memasukkan alat atau kunci T. Sehingga kendaraan kalian akan lebih aman dan terjaga dengan baik.

  • Terapkan Sistem Keyless Ignition

Berikutnya, cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor kalian dapat menggunakan sistem keyless ignition. Hal ini karena bisa langsung mendeteksi remote kunci dan keamanan motor lebih terjamin meskipun jarak kendaraan hanya 1 meter. 

Secara otomatis, posisi remote kunci di luar radius, membuat motor terkunci langsung dan mesin akan mati. Dengan begitu, pencuri tidak akan langsung langsung mengambil kendaraan kalian.

  • Pasang Baut Baja

Umumnya, baut baja dapat langsung dipasang pada bagian ban maupun piringan cakram rem. Sehingga para pencuri yang ingin membawa kabur kendaraan akan berpikir ulang karena melihat baut baja terletak kendaraan.

  • Memarkir di Lokasi Paling Dalam 

Berikutnya, parkir kendaraan di bagian yang paling dalam juga bisa menjadi cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor. Sehingga, risiko terjadinya kehilangan akan lebih rendah dan usahakan pasang gembok agar tingkat keamanan lebih maksimal.

  • Copot CDI

Capacitor Discharge Ignition atau CDI sebenarnya dikenal sebagai alat yang berguna untuk bisa menjalankan pengapian terhadap kendaraan. Misalnya saja pada skuter matik, kalian bisa melakukan pasang dan copot CDI dengan mudah.

Langkah untuk Atasi Motor yang Hilang 

Pertama, hal yang harus kalian lakukan jika motor hilang yaitu lapor terlebih dahulu ke petugas keamanan. Sebagian besar kasus, kendaraan dapat ditemukan langsung dengan cara mengecek kamera CCTV yang ada disekitarnya sebelum kalian memutuskan lapor ke polisi. 

Biasanya, rekaman CCTV ini digunakan untuk bisa melacak pencuri kendaraan. Jadi kalian juga bisa langsung buat berita kehilangan dengan menyebarluaskan melalui media massa. Hal ini tentunya agar bisa lebih cepat menangani kasus pencurian kendaraan tersebut.

Kalian juga bisa membuat informasi melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, dan lainnya. Jadi apabila sudah banyak orang yang tahu kendaraan kalian hilang, maka lebih besar peluang menemukannya. 

Selanjutnya, cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor bisa dengan menginstal aplikasi pelacak kendaraan. Kehadiran aplikasi pelacak ini lebih berfungsi untuk mempermudah mengetahui kendaraan kalian dibawa kabur kemana. 

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan iklan yang biasanya disiarkan di radio. Hal ini karena biasanya pencuri akan lebih pintar dan mempunyai alat praktis agar target tidak curiga. 

Aplikasi yang Digunakan untuk Melacak Kehilangan Motor

Pada dasarnya, saat kalian kehilangan kendaraan tidak perlu panik. Apalagi dengan adanya perkembangan zaman, saat ini telah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak kendaraan, antara lain:

  • Aplikasi One Stop GPS

Pertama, cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor yaitu aplikasi One Stop GPS. Sebenarnya, aplikasi ini telah terintegrasi dengan sinyal Telkomsel dan mempunyai fitur menarik didalamnya.

Kalian bisa memperoleh notifikasi aplikasi ini saat batas kecepatan sudah melewati kendaraan. Selain itu, juga ada baterai lain yang dapat digunakan hingga 3 jam. 

  • Aplikasi GPS Tracker Superspring

Aplikasi yang satu ini juga direkomendasikan karena sudah ada sejak 2008 dan lebih berpengalaman. Jadi bisa lebih mudah mengatasi kasus kehilangan kendaraan.

Aplikasi ini siap melayani 24 jam pelanggan karena sudah ada customer service. Kelebihan dari alat ini yaitu bisa membuat mesin mati meski jaraknya jauh. Selain itu, sudah ada sinyal GPS dan GSM.

  • Aplikasi ID Track

Cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor bisa gunakan aplikasi ID Track. Aplikasi ini juga mempunyai berbagai macam fitur yang menarik, bahkan bisa membuat lokasi kendaraan terdeteksi dengan mudah. 

  • Aplikasi Fleet Management GPS Tracking

Aplikasi ini sebenarnya bisa langsung di-download di Play Store dengan mudah. Fitur yang bisa kalian nikmati yaitu memonitor dan melacak kendaraan, sehingga saat ada pencuri bunyi alarm akan keluar.

  • Aplikasi Share GPS Location

Aplikasi ini ternyata juga bisa langsung melacak motor yang hilang. Nantinya, aplikasi ini akan memberikan sinyal lokasi terakhir motor kendaraan. 

Tips Pasang GPS untuk Cegah Kehilangan Motor

Tips Pasang GPS untuk Cegah Kehilangan Motor
Tips Pasang GPS untuk Cegah Kehilangan Motor

Cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor yang paling canggih adalah pasang GPS di kendaraan. Nantinya, kalian bisa memantau kendaraan hanya melalui handphone, berikut tipsnya.

  • Pilih Jenis GPS Terlebih Dahulu 

Pertama, pilihlah jenis GPS kendaraan yang kualitasnya sangat bagus. Jadi kalian bisa langsung tentukan kualitas GPS sesuai dengan fitur tersedia. 

  • Pilih Posisi Tepat

Kalian harus memposisikan GPS agar lebih menghadap miring atau ke bawah. Jika sudah dipasang dengan benar maka akan keluar suara klik. Kalian juga bisa menggunakan perekat yang paling kuat saat ingin memasangnya. 

  • Pastikanlah GPS Telah Terhubung dengan Aki

Cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor berikutnya, pastikan kalian sudah memasang GPS yang akinya terhubung. Hal ini karena aki berguna sebagai sumber energi. Jadi GPS akan berjalan sesuai fungsinya dengan maksimal. 

  • Antena GPS Telah Dipasang 

Biasanya, ada 2 antena yakni GPS berguna untuk memancarkan sinyal dan GSM. Pemasangan antena ini dapat dilakukan di bawah jok, agar lebih terlindungi dari sinar matahari maupun air dan berada tepat dekat aki.

Jadi cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor sebenarnya bisa menggunakan fitur lengkap GPS. Kalian bisa langsung memantau orang dan mengontrol kendaraan dari jarak jauh jika ada yang mencurigakan.

Contohnya saja, kalian lupa mengunci atau mematikan kendaraan. Maka GPS ini dapat digunakan tanpa perlu ke area parkir terlebih dahulu. Ini pasti sangat memberikan keuntungan karena lebih mudah dan praktis.

Jadi memasang GPS memang harus tepat dan benar. Dikarenakan jika salah maka akan membuat fungsinya rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

Oleh karena itu, sebelum kalian mempersiapkan semuanya perlu beberapa alat terlebih dahulu. Contohnya saja seperti power kabel, GPS, Microphone, dan plug socket relay

Tersedia juga alat seperti isolasi, tang, gunting, obeng dan tespen. Berikutnya, untuk menangkap sinyal perlu sebuah chip GSM. Akan tetapi, sebelumnya kalian harus terlebih dahulu daftar kartu SIM.

Oleh sebab itu, jaringan sinyal yang ada pada kartu SIM harus dipastikan stabil dan luas. Ini juga bisa dijadikan sebagai cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor. 

Langkah selanjutnya, bisa pasang chip SIM. Umumnya, pemasangannya harus melalui GPS yang mati. 

Saat ini, kalian bisa langsung coba untuk cek sinyal agar bisa menghidupkan alat tersebut. Jadi agar bisa membuat sinyal tampak kuat, maka stiker hologram dihadapkan ke tanah.

Sementara itu, untuk cara memasangnya yaitu bisa menggunakan minus kabel pada GPS yang akan disambungkan dengan minus aki kabel. Hal ini bisa dilakukan untuk langkah selanjutnya pada kabel plus baik GPS maupun aki.

Jadi agar tidak ditemukan oleh orang lain dengan mudah maka letaknya harus bisa disembunyikan. Sehingga langkah ini bisa langsung digunakan sebagai cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor. 

Jadi kalian memang dilarang untuk memberi tahu lokasi GPS kepada teman maupun saudara. Selain itu, secara berkala kalian bisa melakukan pengecekan ulang bisa pastikan alat sudah terpasang.

Selanjutnya, kalian harus bisa memastikan GPS kembali agar percobaan tersebut kerjanya maksimal. Kalian bisa membawa motor ke tempat tertentu, kemudian bisa dilacak menggunakan handphone.

Nantinya, GPS akan bekerja secara optimal jika koordinat lokasinya telah dikirim tepat. Pada dasarnya, cara untuk meningkatkan keamanan dari sebuah kendaraan sangatlah banyak.

Baca juga : Cara Bikin Awet Sokbreker Motor yang Wajib Diketahui

Oleh karena itu, kalian harus bisa lebih paham dengan caranya. Cara untuk memperkecil tingkat kehilangan motor ini bisa dilakukan dimana saja.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here