3 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap dengan Tepat

0
59
3 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap dengan Tepat
3 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap dengan Tepat

Munculnya asap pada kendaraan bermotor memang menjadi masalah yang menjengkelkan, oleh karena itu perlu 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap. Banyak kendaraan roda dua mengeluarkan asap tanpa disadari oleh pengendara.

Baca juga: Tips Mengatasi Rangka Sepeda Motor Berkarat Secara Mudah

Kalian tidak perlu panik dalam mengatasi kerusakan pada kendaraan pribadi. Sebab masalah serius tetap bisa teratasi dengan mudah setelah kalian mengikuti langkah-langkah cermat yang kita pahami secara bersama-sama.

Sejatinya, kondisi motor ngebul dapat kembali normal seperti sebelumnya apabila sudah kalian perbaiki. Untuk bisa memperbaiki kendaraan ngebul, pastikan mengetahui beberapa penyebab utama mengapa masalah ini bisa muncul.

Tenang saja, kita telah merangkum 3 tips jitu untuk mengembalikan motor yang berasap agar normal seperti semula. Ikuti penjelasan kita berikut agar paham 3 cara mengatasi kendaraan berasap dengan tepat.

Pentingnya Memahami 3 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap

Pentingnya Memahami 3 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap
Pentingnya Memahami 3 Cara Memperbaiki Sepeda Motor Berasap

Kerusakan yang timbul pada kendaraan bermotor sejatinya bukan menjadi masalah sulit bagi pengguna. Jika kalian mau mempelajari penjelasan kita, tentu saja tidak perlu mengunjungi bengkel servis motor terdekat.

Kalian bisa belajar memperbaiki motor secara mandiri supaya lebih hemat dan pintar mengatasi permasalahan tersebut. Contohnya dalam kendaraan yang muncul asapnya, kalian harus berani melakukan perbaikan sendiri terlebih dahulu.  

Pentingnya mengetahui cara memperbaiki kendaraan roda dua yang mengebul sudah pasti agar kembali dalam kondisi awal. Setiap pengguna motor pasti tidak ingin kendaraannya mengeluarkan asap yang justru mengganggu pengendara lainnya.

Asap dari kendaraan bermotor juga menambah polusi udara yang ada di jalanan. Oleh karena itu, langsung saja ketahui apa saja penyebab umum sebuah kendaraan roda dua mengebul secara tiba-tiba berikut.

5 Faktor Penyebab Munculnya Asap Mengepul pada Motor

5 Faktor Penyebab Munculnya Asap Mengepul pada Motor
5 Faktor Penyebab Munculnya Asap Mengepul pada Motor

Sebelum mengetahui 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap dengan benar, alangkah baiknya pahami faktor penyebab masalah tersebut bisa muncul. Tidak ada masalah tanpa penyebab, begitu pula dalam kerusakan alat transportasi.

Kendaraan roda dua pada umumnya menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama, sehingga terjadi pembakaran di dalam mesin. Apabila ada kerusakan di komponen tertentu, biasanya pembakaran tidak bisa berjalan secara lancar.

Proses pembakaran di dalam mesin tidak sempurna mengakibatkan kepulan udara hitam yang keluar dari knalpot kendaraan beroda dua. Yuk kenali 5 faktor penyebab motor bisa mengeluarkan udara hitam sebagai berikut.

Oli Tidak Ganti dalam Waktu Lama

Oli mesin yang tidak ganti dalam waktu cukup lama biasanya sudah kotor. Hal tersebut mempengaruhi buangan udara menjadi hitam karena mesin tidak mampu membakar oli mesin yang kotor secara sempurna.

Salah Isi Bahan Bakar

Dalam 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap, penyebab lain hal tersebut bisa dari kesalahan pengguna saat mengisi bahan bakar. Kalian harus paham standar bahan bakar untuk motor pribadi.

Karburator yang menjadi sistem injeksi akan bermasalah jika tidak menerima bahan bakar sesuai. Alhasil, saat salah mengisi bahan bakar pada motor justru menghasilkan kepulan udara hitam dengan jumlah yang banyak. 

Kerusakan Pada Sistem Pelumas, Pembakaran, dan Pendingin

Kerusakan Pada Sistem Pelumas, Pembakaran, dan Pendingin
  • Kurang Pelumas

Penyebab lain timbulnya kepulan udara hitam dari mesin karena kurangnya pelumas. Sistem pelumas sangat penting terutama pada bagian mesin-mesin yang memiliki pergerakan cukup intens saat motor sedang menyala.

3 cara memperbaiki sepeda motor berasap dengan kurangnya pelumas mesin dapat mengalami gesekan secara berlebihan. Apabila terus terjadi gesekan berlebihan, tentunya bisa membuat mesin panas dan mengeluarkan udara berwarna hitam.

  • Sistem Pembakaran Rusak

Di dalam kendaraan roda dua terdapat sistem pembakaran meliputi busi, katup, dan koil. Apabila di antara komponen tersebut mengalami kerusakan, sudah pasti pembakaran pada mesin terjadi kurang sempurna.

Oleh karena itu asap kotor keluar ke bagian knalpot kendaraan setelah sistem pembakaran tidak berfungsi seperti normalnya. Namun bukan hanya sampai di sini saja, karena masih ada penyebab selanjutnya.

  • Masalah Sistem Pendingin

Panduan 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap akan kita berikan sehabis mengetahui penyebab utama permasalahan ini muncul. Penyebab udara kotor berwarna hitam pada motor karena terdapat masalah di sistem pendingin.

Setiap jenis mesin roda dua memerlukan sistem pendinginan secara maksimal untuk menjaga suhu mesin. Apabila suhu mesin terlalu panas, sudah pasti tinggal menunggu keluar sebuah kepulan asap pada knalpot.

Dengan adanya beberapa faktor yang menyebabkan bagaimana motor bisa menghasilkan asap, kita jadi tahu cara mengatasinya. Langsung saja, ikutilah penjelasan kita sampai habis tentang 3 cara menghilangkan asap hitam knalpot.

Cara 1: Langsung Mengganti Oli Mesin 

Oli mesin memiliki waktu maksimal untuk penggunaan di kendaraan bermotor agar menghasilkan kinerja mesin yang optimal. Apabila asap motor muncul terus menerus, sebaiknya cek keadaan oli kendaraan kalian.

Urutan 1 dari 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap dengan mengganti oli mesin sangat ampuh mengatasi masalah tersebut. Langkah mengganti oli sangat mudah, berikut ini cara selengkapnya.

Pastikan mesin dalam keadaan mati, buka plug dan tutup oli untuk membuang cairan oli lama pada mesin. Setelah itu, isi mesin dengan oli baru dan pastikan memakai kualitas oli terbaik.

Isi oli mesin harus sesuai dengan kapasitas serta ketentuan yang berlaku pada kendaraan pribadi milik kalian. Jangan sampai level pengisian oli terlalu tinggi, namun sesuaikan pada tanda pengukur yang ada.

Setelah berhasil mengisi oli mesin baru, maka nyalakan kendaraan kalian secara dengan penuh hati-hati. Biarkan mesin menyala beberapa menit supaya oli mesin sudah tercampur merata sebagai pelumas komponen-komponen mesin.

Belum cukup dengan langkah pertama, kalian juga bisa mencoba menghilangkan udara hitam pada kendaraan roda dua lewat cara lain. Untuk memahami cara selanjutnya, pembahasan di bawah ini wajib kalian perhatikan.

Cara 2: Sesuaikan Campuran Bahan Bakar Secara Tepat

Cara kedua dari 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap adalah menyesuaikan bahan bakar kendaraan. Pastikan cek terlebih dahulu campuran bakar dari kendaraan roda dua, apakah sudah benar atau belum.

Kalian bisa menyesuaikan campuran bahan bakar dengan langkah awal mematikan mesin terlebih dahulu. Kemudian, buka karburator atau memeriksa komponen sistem injeksi guna mengetahui kualitas beserta fungsinya.

Periksa pula bagian busi untuk memastikan bahwa komponen tersebut masih berada di dalam kondisi terbaik. Selanjutnya, kalian dapat menyesuaikan campuran bahan bakar dengan mengatur sekrup campuran secara manual.

Campuran bahan yang optimal mampu menghasilkan pembakaran terbaik sehingga tidak menghasilkan asap hitam. Penyetelan pada campuran bahan bakar sangat berpengaruh pada kualitas pembakaran mesin transportasi roda dua jenis apapun.

Memasuki cara paling akhir, kita akan membeberkan tips jitu menghilangkan udara hitam kendaraan khusus untuk kalian. Jangan sampai ketinggalan berikut ini adalah cara ketiga dalam mengatasi munculnya sebuah asap hitam.

Cara 3: Servis Sistem Pembakaran

Akhirnya kita masuk pada 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap paling akhir yaitu dengan melakukan servis pada sistem pembakaran. Komponen sistem pembakaran meliputi katup, koil, hingga busi.

Kalian harus mengecek busi dengan melepaskannya dari mesin untuk memastikan kondisinya masih layak atau perlu ganti baru. Selain itu, periksa juga koil beserta kabel pada busi agar komponen saling terhubung.

Jangan lupakan katup, jangan sampai ada kebocoran supaya pembakaran berlangsung secara maksimal. Kalian bisa menyesuaikan dan mengganti katup dengan yang baru untuk meningkatkan kualitas pembakaran pada mesin kendaraan bermotor.

3 cara memperbaiki sepeda motor berasap telah terbukti paling tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Apabila ada komponen yang rusak, tentunya bisa diganti dengan kualitas minimal sesuai pabrikan asli.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Motor Karbu dan Injeksi untuk Memilihnya

Kualitas komponen sangat penting untuk diperhatikan pengguna roda dua agar bisa memperbaiki kerusakan. Kini kalian jadi paham cara mengatasi kepulan berasap secara mudah dan tepat.

Pastikan untuk mengikuti setiap panduan kita dengan benar agar proses servis motor berjalan lancar. Gunakan 3 cara memperbaiki sepeda motor berasap untuk membuktikan bahwa masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini