Bagaimana Cara Memilih Kaca Film Mobil Terbaik agar Awet?

0
55
Bagaimana Cara Memilih Kaca Film Terbaik agar Awet?
Bagaimana Cara Memilih Kaca Film Terbaik agar Awet?

Cara memilih kaca film mobil terbaik agar awet digunakan merupakan hal penting untuk dilakukan. Benda ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga kalian harus membelinya dengan teliti. Salah membeli, kaca film tersebut bisa saja palsu dan tidak awet ketika dipakai.

Baca juga : Jangan Asal Pilih Ban, Ini Beberapa Tipe Ban Beserta Peruntukannya

Kaca film untuk mobil merupakan kebutuhan yang cukup penting bagi sebagian besar orang. Ini digunakan untuk melindungi mobil bagian interior dari sengatan sinar matahari. Kemudian, silau saat berkemudi juga bisa dikurangi dengan menggunakan benda ini.

Tips Memilih Kaca Film Mobil Terbaik

Tips Memilih Kaca Film Mobil Terbaik
Tips Memilih Kaca Film Mobil Terbaik

Ketika kalian ingin membeli benda tersebut, pilihlah dengan saksama. Jangan asal-asalan ketika membelinya jika tidak ingin kecewa nantinya. Kaca film paling menakjubkan akan membuat kalian berkendara dengan nyaman baik pada malam hari maupun siang hari.

Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, berikut beberapa hal penting untuk dipertimbangkan sebelum memilihnya. Kalian bisa menyimaknya dengan saksama agar tidak keliru.

  • Memilih Merek Terbaik

Kaca film terbaik untuk mobil bisa didapatkan ketika kalian memilih merek yang ternama. Kaca film ternama memang memiliki karakter tersendiri sesuai dengan jenis mobil yang kalian miliki sendiri.

Tiap kaca film memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika kalian memilih brand yang memang sudah eksis sejak lama, ini pasti karena penggunaan dari barang tersebut memang baik.

  • Menyesuaikan dengan Budget

Harga kaca film terbaik memang cukup mahal dibandingkan dengan merek yang abal-abal. Meskipun demikian, kalian bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Pastikan kualitasnya tahan lama.

Kemampuan untuk menolak panas serta sinar ultra violet sudah jelas dibutuhkan dalam hal ini. Maka, kalian bisa membaca spesifikasinya dengan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk membelinya.

  • Memperhatikan Tingkat Kegelapan

Memperhatikan kepekatan warna kaca film juga menjadi sebuah hal penting yang harus kalian pertimbangkan. Ini juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 55/2012 tentang kendaraan.

Secara eksplisit, penggunaan kaca film untuk mobil memang diperbolehkan dengan kepekatan warna tidak lebih dari 60%. Ini disebabkan karena kaca film yang sangat gelap seringkali disalahgunakan.

  • Lakukan Pemasangan dengan Professional

Ketika sudah mendapatkan produk kaca film terbaik, maka pemasangan juga harus dilakukan dengan sangat professional. Ini bisa saja mengeluarkan budget yang lebih jika kalian menggunakan jasa ahli.

Pemasangan yang dilakukan sendiri biasanya tidak sebaik dengan pemasangan yang dilakukan di toko. Maka, pertimbangkan untuk memasangnya langsung dengan ahlinya agar hasilnya tidak mengecewakan.

Bahan Kaca Film Terbaik dan Aman Digunakan

Jika kalian sudah mengetahui langkah apa saja yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan kaca film yang benar-benar pas, maka bahan seperti apa yang harus dipilih? Ini terkadang menjadi pertanyaan bagi sebagian besar orang.

Memang benar, materi untuk pembuatan kaca film terbaik sangat bervariasi. Materinya meliputi carbon film, ceramic film, hingga dyed carbon. Untuk harga yang paling murah adalah yang terbuat dari dyed carbon. Namun, daya tahannya juga singkat sesuai harganya.

Untuk bahan kedua yaitu carbon film memiliki daya kekuatan yang cukup menarik. Ini memiliki tingkat kekuatan memudar yang lebih rendah dibandingkan dengan dyed carbon. Namun, kekurangan dari bahan ini adalah pengemudi mengalami silau akibat pancaran lampu mobil.

Pancaran lampu mobil dari arah berlawanan dank abut yang tebal akan menjadi masalah jika menggunakan bahan carbon film. Untuk jenis terakhir dari bahan kaca film terbaik adalah bahan ceramic film.

Ini bisa digunakan dalam hal meminimalisir masalah silau. Selain itu, bahan ini juga memiliki karakter menolak panas yang memang tinggi. Namun demikian, bahan ini rupanya membuat kaca film cenderung cepat memudar karena teroksidasi.

Kalian bisa menggunakan bahan jenis lainnya. Ini adalah nano carbon ceramic. Bahan ini menggabungkan kelebihan yang dimiliki oleh ceramic film dengan carbon. Sehingga, kekurangannya dapat diminimalisir.

Untuk jenis bahan ini memiliki umur yang cukup panjang jika dibandingkan dengan bahan-bahan lainnya. Maka, kalian dapat mempertimbangkannya jika ingin mendapatkan kaca film terbaik yang benar-benar awet ketika digunakan.

Perlu diingat bahwa sinar ultraviolet memang membuat kerusakan dan membuat interior bagian dalam mobil menjadi pudar. Hal yang lebih parah lagi adalah ketika ini bisa merusak kulit mobil. Maka, kalian bisa memilih kaca film yang bisa menolak sinar UV sekaligus kulit dan interior.

Tips Merawat Kaca Film Terbaik

Jika kalian sudah menemukan produk kaca film yang benar-benar pas dengan mobil, hal lain yang perlu diperhatikan adalah perawatannya. Perawatan harus dilakukan dengan maksimal mengingat kaca film ini merupakan bagian yang penting dari kendaraan tersebut.

Harga kaca film terbaik kan juga tidak murah. Maka, untuk merawat benda yang berkualitas baik dan bergaransi harus kalian imbangi dengan perawatannya yang maksimal. Jadi penggunaannya dapat dilakukan hingga bertahun-tahun lamanya.

Lalu, bagaimana langkah yang perlu kalian tempuh dalam melakukan perawatan terhadap kaca film tersebut?

  • Biarkan Hingga 7 Hari Setelah Pertama Pemasangan

Jika kalian sudah memasang kaca film, biarkan selama kurun waktu 7 hari. Jangan diapa-apakan terlebih dahulu selama waktu tersebut. Biasanya, petugas yang melakukan pemasangan tersebut akan menempelkan stiker.

Stiker ini berisi dilarang membuka kaca film terbaik jendela samping selama 2×24 jam. Kalian benar-benar harus menuruti hal tersebut jika memang ingin kaca filmnya awet. Jika dibuka, gesekan maka lem pada kaca tersebut bisa saja terkelupas.

  • Menjemur Mobil pada Bawah Sinar Matahari

Kaca film mobil akan melekat dengan sempurna setelah pemasangan. Setelah kalian mendapatkan kaca film mobil, sebaiknya jemurlah di bawah panas sinar matahari. Ini akan membuat lem benar-benar melekat dengan sempurna.

Ini juga akan bisa menghilangkan balon-balon udara yang mungkin muncul. Balon-balon udara tersebut bisa saja muncul akibat dari pemasangan kaca film pada mobil yang memang belum sempurna.

  • Perhatikan Cairan Pembersih Kaca Mobil

Membersihkan dan mencuci mobil merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap pemiliknya. Maka, kalian harus menggunakan cairan pembersih yang khusus . Jika tidak memiliki, kalian bisa menggunakan air hangat dengan campuran sabun.

Bersihkanlah noda dengan hati-hati. Gunakan saja kain microfiber dalam membersihkannya. Kain microfiber ini akan membuat mobil menjadi kaca film tidak baret ketika sedang dibersihkan.

  • Tidak Membiarkan Kaca Film dalam Kondisi Basah

Jika ingin memiliki kaca film dan awet, maka jangan pernah membiarkan benda tersebut menjadi basah. Basah bisa saja terjadi karena kehujanan ataupun ketika kalian membuang sampah dari jendela.

Jika hal tersebut terjadi, segera bersihkan dan keringkan. Air bisa saja akan menerobos masuk ke dalam dan bahkan mengikis lem. Ini juga bisa menimbulkan bercak dan jamur jika tidak segera dibersihkan.

Penyebab Kaca Film Mobil Buram dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kaca Film Mobil Buram dan Cara Mengatasinya
Penyebab Kaca Film Mobil Buram dan Cara Mengatasinya

Pengemudi akan menjadi tidak nyaman ketika kaca film mobil menjadi buram. Bukan hanya tidak nyaman, ini bahkan akan mengganggu pengendara. Salah-salah, kecelakaan bisa saja terjadi karena hal tersebut.

Ada berbagai macam hal yang bisa membuat kaca film pada mobil menjadi buram dan tidak nyaman digunakan.

  • Jamur

Penyebab yang biasanya terjadi adalah dikarenakan jamur. Ini terjadi karena kelembaban udara yang tinggi karena hujan. Awalnya air mungkin akan mengering namun akhirnya membuat noda-noda kecil dan berubah menjadi jamur.

Maka, sebaiknya kalian langsung membersihkan jika terdapat air di kaca film. Ini akan membuat kaca menjadi buram karenanya.

  • Baretan

Baret halus maupun kasar tentu saja akan membuat kaca menjadi buram. Ini bisa terjadi karena wiper tidak bisa berfungsi dengan baik. Baretan kaca karena air bisa menggunakan kain microfiber dan lakukan dengan lembut.

  • Kaca Retak

Kaca retak bisa saja terjadi karena hantaman. Hantaman bisa terjadi karena benda tumpul maupun benda kasar yang melaju ketika mobil dalam kecepatan tinggi. Ini tentu saja bisa membuat kaca buram ketika hujan.

Untuk mengatasi berbagai macam kendala di atas, kalian bisa melakukan perawatan menggunakan benda seperti wiper yang lembut dalam mengelap. Nyalakan juga AC untuk menghilangkan embun ketika hujan.

Kalian juga bisa menggunakan defogger agar kaca mobil tidak buram ketika hujan. Terakhir, jika kaca menjadi buram, gunakan shampoo rambut untuk membersihkannya. Formulanya yang lembut akan mencegah adanya embun sehingga kelembaban tetap terjaga.

Baca juga : Ciri Khusus Kampas Rem Mulai Tipis, Kalian Harus Tahu

Lakukanlah perawatan dengan sebaik mungkin agar kaca film kalian menjadi awet. Beli yang benar-benar terpercaya agar hasilnya benar-benar maksimal. Kaca film terbaik akan membuat waktu berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here